Parta: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Journal Information
ISSN / EISSN: 28094433 / 28095081
Total articles ≅ 30

Latest articles in this journal

I Made Andi Putra Negara Suandi, Ni Wayan Ari Sudiartini
Parta: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 3, pp 39-44; https://doi.org/10.38043/parta.v3i1.3452

Abstract:
Badan usaha milik Desa ini adalah salah satu lembaga yang bergerak di bidang sosial dan ekonomi dan sebagai penyedia layanan terhadap masyarakat desa utamanya mengenai bidang usaha. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, fokus penelitian: (1) Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (2) Pengaruh masyarakat sebelum dan sesudah adanya Keberadaan Badan Usaha Milik Desa. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh yang signifikan terhadap ekonomi masyarakat Desa Penyaringan.  
Pither Boimau, Aplonia Bani, Jidon Nubatonis, Nengah Dasi Astawa
Parta: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 3, pp 32-38; https://doi.org/10.38043/parta.v3i1.3446

Abstract:
Sistem yang digunakan dalam pengukuran tingkat kepuasan mitra Pengabdian Masyarakat ini menggunakan sistem survey yang dilakukan pihak dosen dan mitra pengabdian. Sampel yang digunakan adalah sampel total yaitu diambil dari seluruh populasi pengabdian yang menjadi sasaran pengabdian masyarakat. Dalam survey ini, instrumen yang digunakan adalah berupa pengamatan dan kuesioner yang diisi oleh seluruh mitra pengabdian. Analisis tingkat kepuasan dilakukan dengan metode pendekatan deskriptif kualitatif dengan membuat tabel frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sangat bermanfaat terhadap pemecahan masalah ekonomi dan perlu adanya tindak lanjut dari institusi terhadap masyarakat nelayan sebagai masyarakat binaan.
Jefry Tarantang, Rahmad Kurniawan, Wahyu Akbar, Fatma Sumiati, Heni Rahayu
Parta: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 3, pp 25-31; https://doi.org/10.38043/parta.v3i1.3564

Abstract:
Pembelajaran online menimbulkan banyak kendala atau tantangan yang harus dihadapi oleh siswa, guru dan juga orang tua pada masa pandemic COVID-19. Kegiatan edukasi ini bertujuan untuk memberikan tips dan cara menghadapi pembelajaran online bagi orang tua. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode service learning. Melalui kegiatan ini, kesadaran orang tua terhadap sikap dan cara mendampingi anaknya mengikuti pembelajaran online meningkat. Orang tua tidak hanya mempersiapkan fasilitas anak untuk mengikuti pembelajaran online, tetapi juga memperhatikan mentalitas dan mampu meningkatkan motivasi anak untuk mengikuti pembelajaran online.
Gusti Ayu Ketut Rencana Sari Dewi, Made Arie Wahyuni, Made Dwi Ariani Mayasari
Parta: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 3, pp 6-13; https://doi.org/10.38043/parta.v3i1.3559

Abstract:
Masa pandemi yang terjadi saat ini berdampak serius pada sektor ekonomi. Banyak perusahaan tutup yang menyebabkan lebih dari 3 juta kepala keluarga kehilangan pekerjaan. Kondisi berat tersebut harus dihadapi oleh keluarga-keluarga Indonesia, khususnya menjadi tantangan yang berat bagi kaum ibu sebagai pilar keluarga. Para ibu harus terus mendampingi anak-anaknya untuk melakukan pembelajaran jarak jauh dari rumah, mendukung ketahanan keluarga serta mengelola keuangan keluarga saat terdampak secara ekonomi. Desa Sinabun adalah desa di kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng yang mempunyai potensi unggulan untuk dikelola dan diolah menjadi industri makanan, industri kerajinan dan produk penunjang keagamaan yang mempunyai nilai jual cukup tinggi. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini memberikan pelatihan dan pendampingan kepada Kelompok PKH di Desa Sinabun dalam pengelolaan keuangan keluarga dan perencanaan usaha (home industry) agar para Ibu dapat menjalan peran ganda dengan maksimal serta mampu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan keluarga. Tujuan secara umum pengelolaan keuangan keluarga dan perencanaan usaha (home industry) agar para Ibu dapat menjalan peran ganda dengan maksimal serta mampu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan keluarga. Tujuan Khusus kegiatan pengabdian kepada masyarakat yaitu peserta mampu mengidentifikasi sumber pendapatan dan pengeluaran keluarga, serta menghitung rata-rata jumlah pendapatan pengeluaran mereka, peserta mampu menentukan prioritas dapat memahami cara membuat perencanaan usaha dengan Bisnis Model Canvas dan memasarkan produk secara digital.
Samsul Huda
Parta: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 3, pp 14-18; https://doi.org/10.38043/parta.v3i1.3590

Abstract:
Pemanfaatan teknologi internet sudah menjadi kebutuhan di era ini. Bahkan, cloud computing menggabungkan teknologi komputer dengan jaringan berbasis internet. Cloud Computing memudahkan pengguna untuk menjalankan program tanpa menginstal aplikasi terlebih dahulu dan lebih mudah untuk mengakses informasi melalui internet. Kelompok masyarakat dapat menggunakan teknologi ini untuk memajukan desa. Desa Plunturan merupakan salah satu desa yang berada di Kabupaten Ponorogo yang memiliki banyak produk budaya. Reyog adalah ikon seni desa Plunturan. Selain reyog, masih ada beberapa produk budaya, seperti gajah, jathilan, ganongan, tledekan, dan karawitan. Potensi Desa Plunturan dapat menarik perhatian wisatawan. Namun, masyarakat desa Plunturan masih belum memaksimalkan potensi seni tersebut. Seni pertunjukan belum mampu menarik wisatawan untuk datang ke desa Plunturan. Cloud computing berpotensi dapat meningkatkan pengenalan wisata budaya Plunturan. Dalam pelaksanaan pengabdian masyarakat bekerjasama dengan NGO ULAP dari Denmark, masyarakat dan pengelola desa wisata budaya Plunturan. Desa Plunturan dapat mengadopsi beberapa keuntungan layanan cloud sehingga publikasi desa wisata budaya dapat dimaksimalkan. Layanan cloud yang diadopsi meliputi desain, manajemen dokumen, dan website.
Dhara Ayu Crystrie, Syarifa Adhianur
Parta: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 3, pp 52-59; https://doi.org/10.38043/parta.v3i1.3573

Abstract:
Perkembangan teknologi yang semakin canggih memberikan dampak perubahan pada aktivitas dan pola hidup manusia. Segala sesuatu yang berebasis teknologi kecanggihan dan otomatisasi menjadikan suatu kenyamanan bagi manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Teknologi berkembang, ilmu pengetahuan juga ikut berkembang dengan demikian dapat melahirkan sumber daya manusia yang unggul, yang dapat menciptakan inovasi dalam ekonomi kreatif. Seperti munculnya inovasi baru pada bidang transporasi berupa ojek online. Kehadiran ojek online ini cukup menarik minat masyarakat untuk menggunakannya, karena dengan adanya ojek online memberikan banyak kemudahan untuk menjalankan aktivitasnya. Kehadiran ojek online ini memberikan banyak penawaran selain jasa antar, memberikan pelayanan lainnya yang lebih praktis, efektif dan efisien, sehingga bisa menarik minat konsumen. Bentuk inovasi ojek online ini hadir dengan beberapa perusahaan yang memiliki ciri sendiri baik dalam pelayanan atau kekreativitasan dari perusahaan tersebut. Penelitian ini dilkaukan menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dengan metode survey kepada pengguna atau pelanggadengan ojek online seperti Gojek, Grab dan Maxim. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Pengaruh Inovasi Ojek Menjadi Ojek online pada ekonomi kreatif di era revolusi 4.0 ini memiliki dampak bagi masyarakat khususnya masyarakat Tasikmalaya.
Ni Luh Putu Sandrya Dewi, Ni Putu Ayu Mirah Mariati, Ni Made Novita Artha
Parta: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 3, pp 19-24; https://doi.org/10.38043/parta.v3i1.3536

Abstract:
Dampak ekonomi yang terjadi pada beberapa perusahaan, salah satunya Perusahaan Dhepaner menyebabkan terjadinya penurunan penjualan. Tentu ini menjadi permasalahan bagi keuangan perusahaan. Berdasarkan hasil observasi di Perusahaan Dhepaner ditemukan sistem pengelolaan dana kas kecil di perusahaan Dhepaner kurang tertata dengan baik sehingga marketing perusahaan terhambat karena faktor kas kecil yang digunakan untuk marketing perusahaan habis. Selain itu, dana yang diperlukan untuk operasional menjadi tolak ukur utama dalam menjalankan operasional perusahaan untuk ketepatan waktu dalam penyelesaian target yang ditentukan dan akan dipertanggung jawabkan kepada pimpinan. Melihat kondisi tersebut, pengabdian kepada masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar hadir membawa misi untuk membantu perusahaan agar pengelolaan terhadap dana kas kecil tertata dengan baik dan efisien. Metode yang digunakan adalah Community development practice oleh Vincent II, J. W. (Jack) (2009). Hasil pengabdian ini dirasakan sungguh memberikan kemudahan dalam kegiatan pengelolaan keuangan bagi perusahaan khususnya petty cash.
Ayada Ulufal Qolbi, Novi Safitri, Dina Rizqianti, Muhammad Nabil, Hendri Hermawan Adinugraha
Parta: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 3, pp 60-64; https://doi.org/10.38043/parta.v3i1.3638

Abstract:
Organisasi nirlaba adalah organisasi yang ada untuk tujuan menguntungkan lingkungan sosial daripada mengejar keuntungan finansial bagi organisasi. Salah satu contoh organisasi nirlaba yaitu organisasi mahasiswa. IKMAB merupakan sebuah organisasi yang mewadahi mahasiwa penerima beasiswa bidikmisi atau sekarang yang lebih dikenal KIP kuliah. Salah satu permasalahan yang muncul yaitu dalam mengelola laporan keuangan, IKMAB masih menggunakan pembukuan sederhana yang meliputi pemasukan dan pengeluaran saja tanpa dikelompokkan berdasarkan akunnya. Tujuan diadakannya program pelatihan ini adalah untuk memberikan pengetahuan mengenai ISAK 35 dan mengajarkan bagaimana cara penyusunan laporan keuangan berdasarkan ISAK 35. Metode dari pelaksanaan kegiatan ini berupa pelatihan dengan menggunakan media PPT. Setelah diadakannya pelatihan dapat disimpulkan bahwa sebagian besar pengurus IKMAB telah mengalami kemajuan. Hal ini bisa dilihat dari grafik posttest yang mengalami peningkatan poin rata-rata sebesar 45,51 poin dari pretest yang hanya mendapat rata-rata 28,24 poin.
Dwi Ermayanti Susilo Yanti, Ina Nikmatul Chasanah
Parta: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 3, pp 1-5; https://doi.org/10.38043/parta.v3i1.3594

Abstract:
Desa wisata merupakan aset kepariwisataan pada potensi pedesaan yang diberdayakan dan dikembangkan dengan segala keunikan dan daya tariknya untuk menarik kunjungan wisatawan ke lokasi desa tersebut. Pengembangan Desa Wisata dilatar belakangi oleh beberapa tujuan salah satunya yakni setiap desa harus memiliki produk unggulan sehingga kebutuhan akan konsep destinasi wisata yang berbeda antara desa satu dengan desa lainnya akan terwujud. Desa Pulosari hanya memiliki satu wisata yang masih aktif yaitu Candi Arimbi. Pihak BUMDes Sari Artha Pulosari Bareng saat ini sedang memikirkan bagaimana cara melakukan pemasaran untuk pengembangan wisata yang ada di Desa Pulosari dengan metode pemberian pelatihan yang sederhana guna mengenalkan cara promosi yang baik dan sesuai dengan kebutuhan desa wisata. Pelatihan tersebut dilaksanakan dan ditujukan untuk pemuda karang taruna di Desa Pulosari. Pelatihan ini berupa pembuatan desain promosi sehingga akan mengakomodasi kebutuhan pemuda karang taruna dalam meningkatkan promosi desa Wisata sehingga dapat menjadi solusi mengatasi permasalah di desa tersebut.
Hero Lay, A.A.Ngr. Eddy Supriyadinata Gorda
Parta: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 3, pp 45-51; https://doi.org/10.38043/parta.v3i1.3673

Abstract:
Pandemi Covid-19 telah banyak memberikan dampak kepada seluruh masyarakat di berbagai lapisan dan sektor kehidupan selama dua tahun pandemi dan virus corona Covid-19 masih terus mengalami mutasi. Berdasarkan survei mandiri dan wawancara yang dilakukan di desa renon banjar klod denpasar selatan menemukan bahwa masih kurangnya disiplin warga dalam mematuhi protokol kesehatan dalam menghadapi covid 19 ini sehingga menimbulkan kecemasan kepada warga sekitar. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada warga desa renon dalam bentuk edukasi protokol kesehatan secara langsung dari rumah ke rumah dan membagikan selebaran tentang gejala dan bahaya dari covid 19 varian terbaru omicron. Sasaran dari kegiatan pengabdian ini adalah warga desa renon banjar klod yang dilaksanakan pada Tahun 2022. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah terdapat peningkatan pemahaman warga Desa Renon tentang virus ini.
Back to Top Top