Journal Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN)

-
70 articles
Page of 8
Articles per Page
by
Puput Irfansyah, Sugeng Haryono
Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN), Volume 3, pp 163-169; doi:10.26418/jp.v3i2.22702

Abstract:Pemanfaatan website dan sosial media sebagai mesin penjual sudah mulai berkembang sejalan dengan kemajuan e-commerce. Bank sampah merupakan sumber daya bahan sampah yang dapat didaur ulang dan dijadikan produk layak pakai yang keberadaannya hingga saat ini telah berlangsung namun belum memiliki media promosi online yang sesuai dengan kebutuhan. Pembuatan website yang sesuai dengan alur kebutuhan dimaksud agar website bisa memberikan kemudahan bagi pengelola bank sampah dalam memasarkan secara luas produk hasil daur ulang dan dapat menjangkau konsumen secara nasional. Website ini hanya kumpulan file yang terletak pada komputer yang terhubung ke internet. Konsep inti dari penerapan model e-commerce ini meliputi: kebutuhan, permintaan, informasi produksi, utilitas, pertukaran, konsumen dan transaksi penjual. Metode pendekatan yang digunakan adalah metode object-oriented design (OOD) atau perancangan berorientasi obyek menggunakan Unified Modelling Language (UML). Website e-commerce yang dirancang diuji validitasnya sehingga menghasilakan linieritas pengaruhnya.
Intan Mutia, Herlinda, Atikah
Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN), Volume 3, pp 152-162; doi:10.26418/jp.v3i2.22686

Abstract:Penelitian ini secara jangka panjang bertujuan memberikan kontribusi untuk memperkaya penerapan Knowledge Management System (KMS) Kurikulum 2013 pada Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN). Secara akademis dapat membantu untuk : 1) Menjadi pusat pengelolaan pengetahuan bagi lingkungan Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN), 2) Sistem dapat dijadikan sarana untuk menampung/menyimpan, mendiskusikan, memanfaatkan pengetahuan sesuai regulasi institusi, 3) mengoptimalkan pemanfaatan teknologi sistem informasi pada manajemen pengetahuan, demi efisiensi dan efektifitas proses belajar-mengajar dengan kurikulum 2013 di lingkungan internal Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN), 4) Membantu memudahkan guru mencari informasi, terutama mengenai ilmu pengetahuan berkenaan dengan mata pelajaran yang diampunya. Lokasi penelitian di Jakarta Selatan dengan subjek penelitian adalah Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 34 Pondok Labu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif jenis studi kasus dengan kerangka kerja model Amrit Tiwana dan pemetaan pengetahuan menggunakan siklus KM model Zack. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, wawancara, dan observasi. Dalam upaya memperoleh data penelitian yang dapat dipertanggungjawabkan atau absah, maka tahap analisis dan desain penelitian dengan pendekatan berorientasi objek dengan UML, sedangkan desain sistem meliputi perancangan database, arsitektur sistem dan antar muka KMS., Hasil penelitian ini berupa perancangan KMS berkualitas baik dengan fitur utama: input data guru, mata pelajaran, forum diskusi, memuat dan mengunduh berkas, dan pencarian berkas sesuai kurikulum 2013.
Alfannisa Annurullah Fajrin
Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN), Volume 3, pp 134-141; doi:10.26418/jp.v3i2.22929

Abstract:Persediaan dan Pengadaan penting bagi perusahaan. Bertujuan untuk inventarisasi barang secara efektif dan efisien sesuai dengan tujuan perusahaan. Departemen logistik harus mencari jumlah pemesanan yang optimal, baik sebagai kepuasan pelanggan maupun persediaan gudang, karena akan mempengaruhi nilai persediaan dan kepuasan pelanggan. Sistem pengadaan barang dari gudang pusat saat ini masih dilakukan secara default dan tidak optimal, sedangkan perusahaan cabang dapat meminta kebutuhan yang diinginkan, sehingga seringkali hasil yang didapat kurang optimal. Dengan kasus, dibutuhkan sistem yang bisa memudahkan pengambilan keputusan di perusahaan. Sistem yang digunakan dengan Fuzzy Inference System dengan metode Mamdani, yang dapat diterapkan pada toolbox fuzzy pada Matlab. Untuk mendapatkan output diperlukan empat tahap yaitu, pembentukan himpunan fuzzy, implikasi fungsi aplikasi, aturan komposisi dan defuzzifikasi. Variabel yang digunakan adalah jumlah yang tersedia, jumlah pesanan, harga dan durasi yang terjual untuk variabel input. Sedangkan variabel outputnya adalah pemesanan optimalisasi barang. Hasil yang diperoleh pada uji FIS sebesar 77, angka ini masih dalam parameter output medium dan large. Disimpulkan bahwa metode FIS Mamdani dapat membantu PT Hilti Nusantara Batam untuk membuat keputusan pemesanan optimasi.
Melda Zulika Lestari, Nurfia Oktaviani Syamsiah
Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN), Volume 3, pp 142-151; doi:10.26418/jp.v3i2.22946

Abstract:Unit Pengelolaan Keuangan Desa (UPKD) mulai aktif dengan disahkannya UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Desa diberikan kesempatan yang besar untuk mengurus tata pemerintahaan sendiri serta pelaksanaan pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat. UPKD di Kecamatan Sungai Pinyuh Kabupaten Mempawah merupakan wujud pelaksanaan dari Model Desa Prima yang sudah berjalan selama 8 tahun dengan sumber dana berasal dari APBN dan dikelola oleh Desa. Dana yang ada dipinjamkan kepada masyarakat Desa khususnya untuk para Ibu Rumah Tangga yang memiliki Usaha kecil. UPKD ini masih menggunakan pengolahan data dengan sistem yang sederhana yaitu dengan menggunakan aplikasi pengolah angka dan lembaran kertas. Oleh karena itu proses pencatatan transaksi dan penyusunan laporan kerap kali memakan waktu dan terjadi kekeliruan. Untuk itu dibangunlah suatu sistem informasi piutang dengan menggunakan model pengembangan waterfall, sehingga dapat dihasilkan suatu sistem yang mampu mempermudah pengolahan data serta dengan keamanan data yang lebih baik.
Meza Silvana, Ricky Akbar, Derisma
Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN), Volume 3, pp 124-133; doi:10.26418/jp.v3i2.22833

Abstract:Penerapan Teknologi Informasi (IT) saat ini sudah merambah ke semua sektor kehidupan, termasuk sektor kesehatan. Hampir semua rumah sakit dalam operasionalnya sudah menggunakan teknologi untuk membantu kelancaran bisnis tersebut. Semen Padang Hospital (SPH) yang merupakan Rumah Sakit perusahaan PT Semen Padang, sudah menggunakan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIM-RS, yang dapat mengelola data operasional sehari-hari, namun informasi yang dihasilkan masih sangat terbatas, sehingga pemanfaatan teknologi dan informasi belum maksimal. Peranan IT ini dapat ditingkatkan dengan menerapkan sistem yang dapat mengekstrak dan mengubah informasi bisnis dari data operasional yang ada, sehingga nantinya dapat memberikan dukungan terhadap keputusan-keputusan strategis bisnis di rumah sakit. Salah satu sistem yang diusulkan pada penelitian ini adalah pengembangan model Business Intelligence Manajemen Rumah Sakit dalam upaya mendukung manajemen untuk pengambilan keputusan yang dapat meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit. Metodologi yang digunakan pada penelitian ada 2 yaitu studi literature dan observasi dilapangan dengan mengamati berbagai bentuk informasi yang dihasilkan dari aplikasi Sistem Informasi Manajemen (SIM) yang berjalan di rumah sakit serta metode Business Intelligence Road Map yang merupakan metode untuk menggambarkan langkah dan prosedur pengembangan dan penerapan Business Intelligence (BI). Setelah itu melakukan ekstraksi data dari database yang digunakan oleh perusahaan dan mengubah informasi bisnis dari data operasional yang ada menjadi informasi strategis yang nantinya dapat memberikan dukungan dalam pengambilan keputusan untuk peningkatan pelayanan dan kemajuan bisnis rumah sakit. Hasil akhir dari penelitian ini adalah model dan penerapan aplikasi business intelligence untuk melakukan pengelolaan terhadap data rumah sakit dalam rangka mendukung manajemen dalam pengambilan keputusan-keputusan bisnis rumah sakit yang bersifat strategis untuk peningkatan mutu pelayanan.
Rizqi Mauludin, Anggi Srimurdianti Sukamto, Hafiz Muhardi
Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN), Volume 3, pp 117-123; doi:10.26418/jp.v3i2.22676

Abstract:Perkembangan teknologi informasi di bidang pendidikan, salah satunya adalah teknologi Augmented Reality (AR) yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran multimedia termasuk media pembelajaran sistem pencernaan manusia. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran tentang sistem pencernaan manusia masih melalui media-media konvensional seperti papan tulis dan gambar - gambar yang terdapat di buku biologi. Sementara materi tentang sistem pencernaan manusia sangat sulit untuk dilihat langsung secara langsung karena sebagian besar berada didalam tubuh. Kelebihan dari Augmented Reality adalah tampilan visual yang menarik, karena dapat menampilkan objek 3D beserta animasinya yang seakan-akan ada pada lingkungan nyata dan disandingkan dengan informasi tentang objek 3D yang berupa suara, diharapkan dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran untuk mengenalkan sistem pencernaan pada manusia yang mampu membuat pengguna tertarik mempelajarinya. Pada penelitian ini digunakan Game Engine UNITY untuk membangun aplikasi berbasis Android serta Vuforia SDK agar aplikasi yang dibangun dapat menjadi aplikasi berteknologi Augmented Reality. Disertai dengan 1 gambar marker yang terdapat didalam buku pelajaran biologi yang apabila diarahkan ke aplikasi dapat menampilkan visualisasi objek 3D seperti gigi anak, gigi dewasa, gigi geraham, lidah, animasi pencernaan mulut, kerongkongan, lambung, usus halus dan usus besar. Aplikasi ini dapat bermanfaat bagi siswa sekolah menengah atas (SMA), yang memperoleh materi pembelajaran sistem pencernaan manusia. Berdasarkan pengujian kompabilitas, aplikasi ini sudah berjalan dengan baik pada perangkat mobile Android, mulai dari Android versi 4.2.0 (Jelly Beans) hingga Android versi 7.0 (Nougat). Dari hasil pengujian Pre Test dan Post Test yang telah dilakukan, untuk kelompok siswa yang belajar menggunakan buku biologi memiliki persentase kenaikan dari nilai Pre Test ke Post Test sebesar 14,5 %, sedangkan untuk kelompok siswa yang belajar menggunakan aplikasi Augmented Reality Sistem Pencernaan memiliki persentase kenaikan dari nilai Pre Test ke Post Test sebesar 24,8 %, yang berarti Augmented Reality dapat diterapkan sebagai media pembelajaran sistem pencernaan manusia.
Elly Yanuarti
Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN), Volume 3, pp 111-116; doi:10.26418/jp.v3i2.22093

Abstract:Peningkatan kemampuan dan profesionalisme PNS di lingkungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dilakukan melalui pendidikan berkelanjutan dalam bentuk pemberian tugas belajar. Kegiatan penyeleksian pegawai tugas belajar pada Badan Kepegawaian Daerah masih dilakukan secara manual, dimana teknologi informasi belum dimanfaatan secara optimal. Untuk mendukung kelancaran kegiatan tersebut maka diperlukan sebuah sistem informasi yang dapat melakukan pengolahan data seleksi penerimaan pegawai tugas belajar secara lebih efektif dan efisien. Metode yang digunakan dalam menganalisis dan merancang sistem adalah dengan metode analisis dan perancangan berorientasi objek menggunakan UML. Dengan adanya sistem informasi seleksi penerimaan pegawai tugas belajar maka pengolahan data serta penyajian informasi tentang seleksi penerimaan pegawai tugas belajar menjadi lebih cepat
Sukamto, Elfizar, Asriyani
Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN), Volume 3, pp 104-110; doi:10.26418/jp.v3i2.22069

Abstract:Penelitian ini membahas tentang media pembelajaran Bahasa Arab, yaitu alat untuk menyampaikan materi yang digunakan untuk membantu pengajar atau guru dalam menyampaikan sebuah pembelajaran, juga salah satu alternatif untuk mempermudah siswa khususnya siswa Madrasah Ibtidaiyah dalam mempelajari Bahasa Arab. Pembuatan media pembelajaran Bahasa Arab ini menggunakan Adobe Flash CS4 Proffesional, sedangkan dalam perancangannya menggunakan Storyboard, Struktur Navigasi, dan Flowchart.Hasil pengujian terhadap media pembelajaran ini secara keseluruhan adalah sebanyak 33% menyatakan Sangat Baik, 29% menyatakan Baik, dan 8% menyatakan Kurang Baik. Ini menunjukkan bahwa lebih dari 60% responden menyatakan media pembelajaran ini sudah berjalan dengan baik. Sedangkan pengujian terhadap tampilan media pembelajaran dapat menarik minat belajar adalah sebanyak 60% menyatakan Sangat Baik, 30% menyatakan Baik, dan 10% menyatakan Kurang Baik. Hal ini menunjukkan bahwa 90% media pembelajaran ini dapat menarik minat belajar.
Mohamad Gibran Meidiyan, Husni Mubarok, Rianto Rianto
Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN), Volume 3, pp 96-103; doi:10.26418/jp.v3i2.22526

Abstract:Pada proses perkembangan suatu teknologi, pengetahuan (knowledge) dan informasi menjadi sangat penting untuk menjadi sumber daya utama yang akan sangat menunjang pada suatu instansi. Kepolisian Resor Tasikmalaya Kota (Polres Tasikmalaya Kota) sebagai suatu instansi pemerintah, mengolah dan mengelola data orang hilang merupakan salah satu tugas Polres Tasikmalaya Kota yaitu pelayanan kepada masyarakat. Sejalan dengan meningkatnya laporan orang hilang di Kota Tasikmalaya, Polres Tasikmalaya Kota membutuhkan suatu sistem yang dapat melakukan identifikasi data orang hilang berdasarkan pengetahuan (knowledge). Tujuan umum dari penelitian ini yaitu mengimplementasikan Knowledge Base pada Aplikasi Data Orang Hilang di Polres Tasikmalaya Kota yang sesuai dengan kebutuhan saat ini. Metode penelusuran yang digunakan pada penelitian ini adalah penelusuran runut maju (forward chaining). Hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi yang berjalan sesuai dengan harapan.
Alam Rahmatulloh, Husen
Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN), Volume 3, pp 89-95; doi:10.26418/jp.v3i2.22512

Abstract:Penelitian ini membahas mengenai permasalahan klasik dalam pengelolan anggaran, yang terjadi diberbagai bidang salah satunya pada dunia pendidikan. Meskipun pemerintah telah menyediakan berbagai sistem untuk pengelolaan anggaran, namun masih diperlukan manajemen anggaran di internal. Dimulai dari pengajuan rencana anggaran dari tiap unit, kemudian penggabungan data dalam satu satker, pengajuan revisi maupun pengajuan realisasi dan pelaporan maupun monitoring statistik oleh pimpinan Perguruan Tinggi. Maka pada penelitian ini dibuat sistem untuk mengelola anggaran internal satuan kerja berbasis web yang responsive agar memudahkan akses dan monitoring pada perangkat mobile. Hasil dari penelitian ini terciptanya suatu sistem yang dapat membantu manajemen anggaran internal yang dalam hal ini satker Universitas Siliwangi, sistem tersebut sangat membantu terutama bagi perguruan tinggi negeri baru yang masih minim pengalaman.
Page of 8
Articles per Page
by

Refine Search

Authors

New Search

Advanced search