Equivalent Jurnal Ilmiah Sosial Teknologi

Journal Information
ISSN / EISSN : 2775-0329 / 2775-0833
Published by: Ridwan Institute (10.46799)
Total articles ≅ 40
Filter:

Latest articles in this journal

Divia Zulianti, Zuhrinal M. Nawawi
Equivalent Jurnal Ilmiah Sosial Teknologi, Volume 4, pp 1-7; https://doi.org/10.46799/jequi.v4i1.69

Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah unutk mengetahui pengaruh motivasi dan mental berwirausaha terhadap minat berwirausaha mahasiswa Program Studi S1 Manajemen Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Objek pada penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi S1 Manajemen UINSU Medan angkatan 2018-2021 yang mayoritas sudah pernah menempuh mata kuliah Kewirausahaan. Penelitian ini mengunakan pengumpulan data primer dan sekunder. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sejumlah 30 mahasiswa dari jumlah populasi 250 mahasiwa. Data dioleh dengan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi ganda, uji uji hipotesis dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi berwirausaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha, mental berwirausaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha dan secara garis besar motivasi berwirausaha dan mental berwirausaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha para mahasiswa Program Studi S1 Manajemen UINSU Medan.
Sahat Martua, Rakhmi Mashita
Equivalent Jurnal Ilmiah Sosial Teknologi, Volume 4, pp 60-64; https://doi.org/10.46799/jequi.v4i1.71

Abstract:
Pentingnya memiliki tingkat self efficacy yang baik dapat membantu mahasiswa mengatasi kendala-kendala yang dihadapi selama proses menyelesaikan studi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh psikoterapi shalat terhadap peningkatan self efficacy selama penyelesaian tugas akhir pada mahasiswa Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan melibatkan 127 mahasiswa Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa psikoterapi shalat memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap peningkatan self efficacy selama penyelesaian tugas akhir pada mahasiswa Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Eka Rizki Nuraini
Equivalent Jurnal Ilmiah Sosial Teknologi, Volume 4, pp 19-30; https://doi.org/10.46799/jequi.v4i1.68

Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kontrol diri peserta didik kelas X di SMK Negeri se-Kota Serang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan angket kontrol diri. Partisipan dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas X yang berjumlah 365 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran kontrol diri peserta didik terbagi menjadi tiga kategori, yaitu tinggi dengan presentasi 13%. Kategori sedang dengan presentase 76%, dan kategori rendah dengan presentase 12%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peserta didik yang termasuk dalam kategori sedang dan rendah masih memerlukan sebuah upaya untuk meningkatkan kontrol dirinya. Upaya tersebut tertuang dalam pembuatan Program Bimbingan dan Konseling Pribadi-Sosial untuk meningkatkan kontrol diri peserta didik.
Sekar Ayu, Adella Aisiyah, Diva Rizqi Salsabilla, Regita Nailuvar
Equivalent Jurnal Ilmiah Sosial Teknologi, Volume 4, pp 73-81; https://doi.org/10.46799/jequi.v4i1.65

Abstract:
Penemuan berbagai senyawa obat baru dari bahan alam semakin memperjelas peran penting metabolit sekunder tanaman sebagai sumber bahan baku obat. Umumnya dihasilkan oleh tumbuhan tingkat tinggi, yang bukan merupakan senyawa penentu kelangsungan hidup secara langsung, tetapi lebih sebagai hasil mekanisme pertahanan diri organisme. Makanan yang mengandung senyawa lignan seperti biji rami, wijen, bunga matahari, kacang-kacangan, dan buah-buahan. Biji rami merupakan bahan makanan sumber yang mempunyai kandungan lignan paling tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengisolasi dan menentukan struktur molekul lignan yang terdapat dalam beberapa jenis tanaman atau buah-buahan seperti Biji Rami, Durian, Meniran, Tanaman Mahkota Dewa dan juga Daun Sirih. Metode yang digunakan adalah dengan melakukan review terhadap artikel terkait pada jurnal internasional dan nasional. Berdasarkan studi referensi menunjukkan Biji rami, Durian, Meniran, Tanaman Mahkota Dewa dan Daun sirih sangat berpotensi dan prospektif sebagai jenis tanaman yang mengandung senyawa lignan. Tantangan yang sangat penting dalam pengembangan tanaman obat adalah kualitas yang konstan, pasokan bahan baku yang kontinyu dan khasiatnya terjamin.
Harman Harman, Edi Rande Padang
Equivalent Jurnal Ilmiah Sosial Teknologi, Volume 4, pp 31-38; https://doi.org/10.46799/jequi.v4i1.67

Abstract:
Mesin mixer campuran batako dan paving block merupakan suatu alat yang digunakan untuk membantu proses pencampuran antara semen, pasir dan air. Mesin ini dibuat dengan tujuan untuk membantu para pekerja ataupun masyarakat dalam proses pencampuran bahan-bahan material batako dan paving block yang biasanya dilakukan secara manual. Metode penelitian dilakukan dalam beberapa tahap yaitu studi pustaka dan studi lapangan. Tahap perancangan terdiri dari indentifikasi masalah, membuat konsep rancangan seperti desain rancangan, perhitungan elemen mesin dan gambar kerja. Komponen mesin yang digunakan dalam rancangan adalah sistem penggeraknya menggunakan motor diesel, pulley and belt, gearbox, coupling flange, channel L, Roller ball bearing, wadah silinder dan poros pengaduk. Wadah tempat pengaduk berupa silinder dirancang dan dibuat dengan pemilihan menggunakan bahan pelat baja dengan tebal 5 mm. Diameter wadah silinder ini adalah 1200 mm tinggi tabung 400 mm. Selain itu empat buah sistem pengaduk secara mekanis dirancang dan dibuat, selanjutnya pengaduk ini bekerja dengan metode rotasi atau gerak putar. Poros pemutar dan empat buah pelat pengaduk dirancang dan ditempatkan didalam silinder berfungsi sebagai pengaduk mekanis material. Hasil yang didapat dari rancangan mesin mixer campuran batako dan paving block tipe vertikal berupa desain rancangan dan gambar kerja mesin mixer
Muhammad Bintang, Kasful Anwar Us
Equivalent Jurnal Ilmiah Sosial Teknologi, Volume 4, pp 39-50; https://doi.org/10.46799/jequi.v4i1.78

Abstract:
Manajemen produksi adalah sebuah penataan dari proses pengubahan bahan mentah menjadi suatu produk atau jasa yang memiliki nilai jual. Manajemen produksi juga merupakan bagain dari bidang manajemen yang memiliki peran untuk melakukan koordinasi beragam kegiatan agar tujuan bisnis bisa tercapai. Untuk mengatur produksi, perlu adanya keputusan yang ada hubungannya dengan usaha mencapai tujuan. Sehingga, barang dan jasa yang dihasilkan sesuai dengan yang sudah direncanakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Aktivitas atas fungsi poduksi pada PTP. Nusantara VI Kayu Aro,Efektivitas fungsi produksi pada PTP. Nusantara VI Kayu Aro, dan Mem-berikan saran atau rekomendasi untuk peningkatan efektivitas fungsi produksi pada PTP. Nusantara VI Kayu Aro di masa yang akan datang. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang membuat analisis sistem, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat populasi atau daerah tertentu. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu analisis data dengan cara membandingkan antara teori dengan kenyataan yang ada pada perusahaan. Analisis data yaitu Kondisi, Kriteria, Penyebab, dan Akibat. Hasil penelitian ini adalah Aktivitas fungsi produksi mulai dari jadwal induk produksi, perolehan bahan baku, tingkat produk cacat, perawatan peralatan dan fasilitas produksi, pengembangan angkatan kerja, pengendalian kualitas, dan aktivitas pengepakan dan penyimpanan produk jadi secara umum telah dilaksanakan dengan baik,Secara umum aktivitas fungsi produksi telah efektif namun demikian masih terdapat beberapa permasalahan pada aktivitas jadwal induk produksi dan aktivitas perolehan bahan baku yang disebabkan oleh ketidaktercapaian perolehan bahan baku, Adapun saran atau rekomendasi yang diberikan adalah pertimbangkan dengan matang atas kebijakan replanting dan pemangkasan dengan meminta pertimbangan dari para ahli pertanian yang ada di perusahaan. Selain itu, pencapaian positif yang dicapai perusahaan harus dipertahankan dan ditingkatkan.
Wahyu Andhyka, Dicky Prabowo Octianto
Equivalent Jurnal Ilmiah Sosial Teknologi, Volume 4, pp 82-93; https://doi.org/10.46799/jequi.v4i1.64

Abstract:
Sejak awal 2020 terjadi perubahan drastis dari perkuliahan tatap muka menjadi pembelajaran daring jarak jauh akibat Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia, namun aspek-aspek kehidupan tidak bisa terus dibiarkan berhenti karena adanya pandemi. Salah satu aspek yang terdampak adalah pendidikan, dimana harus beradaptasi dengan pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran jarak jauh membutuhkan sistem yang optimal untuk digunakan semua instrumen pendidikan. Salah satu opsi yang dapat digunakan adalah penggunaan Learning Management System, yang merupakan sistem berbasis website Asynchronous. Melalui sistem ini dosen dan mahasiswa bisa berinteraksi satu sama lain tanpa perlu adanya tatap muka. Tujuan dari penelitian ini ada mengevaluasi tentang bagaimana jalannya penggunaan LMS dalam Pembelajaran Jarak Jauh di ranah Universitas. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa Learning Management Sistem sekarang ini dapat digunakan selama masa darurat seperti sekarang, namun dengan beberapa hal yang masih perlu dibenahi.
Salma Auliannisa, Wahyu Andhyka Kusuma
Equivalent Jurnal Ilmiah Sosial Teknologi, Volume 4, pp 65-72; https://doi.org/10.46799/jequi.v4i1.66

Abstract:
Lately, many of the educational circles use LMS to conduct electronic learning. This is because the COVID-19 pandemic has an impact on the teaching and learning process. Therefore, the government took a policy to reduce the spread of the COVID-19 virus by carrying out social restrictions. This requires that teaching and learning activities, which were initially carried out in person and face-to-face, must be done online or remotely, which of course creates new problems for teachers and students. Some of the problems that exist include students' ignorance when the lecturer gives assignments, or even the internet problems faced by some students. In previous studies, several researchers used a usability scale to obtain data from multiple users. However, in this case, the authors collected data through interviews with several users regarding what they needed regarding LMS. From the data obtained, the researcher thinks that the LMS is less effective for online learning due to the lack of features contained therein. One of the features needed by some users is the notification feature to find out the latest information that has been shared.
Decya Holygina Benita, Wahyu Andhyka Kusuma
Equivalent Jurnal Ilmiah Sosial Teknologi, Volume 4; https://doi.org/10.46799/jequi.v4i1.77

Abstract:
Beradaptasi dengan pandemi Covid-19 membuat dunia pendidikan di Indonesia pun harus memutar otak untuk tetap bertahan dan menjaga kualitas pendidikan. Dengan memanfaatkan teknologi, terciptalah sistem pembelajaran e-learning untuk mempermudah proses pembelajaran secara daring. Untuk mendapatkan kualitas dan pengalaman belajar yang baik dan efektif, diperlukan pula sistem yang baik. Oleh karena itu pentingnya dalam mengembangkan suatu sistem, developer harus memahami user yang akan menggunakannya. User Persona merupakan salah satu metode elisitasi yang penting untuk proses penggalian kebutuhan. Hasil dari penelitian adalah ternyata User Persona membantu meningkatkan elisitasi kebutuhan dari permasalahan sistem lms yang digunakan Universitas Muhammadiyah Malang yang ada dengan lebih spesifik. Selanjutnya ini bisa menjadi perbaikan untuk kedepannya dalam meningkatkan fungsionalitas dari sistem sesuai dengan kebutuhan user.
Eka Aisyi Fiqriyah, Evi Afiati, Putri Dian Dia Conia
Equivalent Jurnal Ilmiah Sosial Teknologi, Volume 3, pp 92-112; https://doi.org/10.46799/jequi.v3i2.45

Abstract:
Penelitian ini dilakukan atas dasar kecemasan bahwa ada krisis kepercayaan diri selama masa remaja hingga dewasa yang dimulai dengan kurangnya partisipasi dalam metode untuk mengembangkan kepercayaan diri sejak usia dini, maka pengembangan modul bimbingan dan konseling dengan variasi warna dilakukan untuk digunakan oleh guru sebagai panduan dalam melaksanakan bimbingan. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui cara mengembangkan modul bimbingan dan konseling tentang bermain peran makro dan tingkat kelayakan modul bimbingan dan konseling tentang peran makro yang bermain untuk meningkatkan kepercayaan diri pada anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Prosedur penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE, yaitu (1) Analisis, (2) Pengembangan, (3) Desain, (4) Implementasi, (5) Evaluasi. Namun, penelitian ini baru mencapai tahap pengembangan. Penelitian ini dilakukan di RA Al Izzah dan instrumennya meliputi kuesioner ahli material, pakar media, ahli bahasa dan praktisi. Hasil penelitian ini adalah Pengembangan Modul Bimbingan dan Konseling Tentang Bermain Peran Makro Untuk Meningkatkan Kepercayaan Anak Usia Dini dan Tingkat Kelayakan Produk Modul Bimbingan dan Konseling Tentang Bermain Peran Makro Untuk Meningkatkan Kepercayaan Anak Usia Dini yang diperoleh dari validator ahli material dengan persentase 82,5%, ahli material II dengan persentase 72,5%, pakar media dengan persentase 85%, ahli bahasa dengan persentase 82,5%, dan diuji oleh praktisi dengan persentase 85% dari lima validator dalam uji kelayakan produk, modul yang dikategorikan valid/Memenuhi Syarat untuk diuji.
Back to Top Top