Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis

Journal Information
EISSN : 2655-8238
Published by: Universitas Dharma Andalas (10.47233)
Total articles ≅ 85
Filter:

Latest articles in this journal

Auzan Widyan, Anief Fauzan Rozi
Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, Volume 3, pp 395-411; https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i2.296

Abstract:
PT XYZ merupakan perusahaan yang menyediakan sarana produksi peternakan. Tranksaksi penjualan dicatat sebagai arsip perusahaan, laporan penjualan, dan laporan laba rugi. Lebih dari 1.500 lembar faktur tercetak setiap bulan. Namun, dalam hal promosi produk, belum menggunakan hasil analisis dari riwayat transaksi penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi produk menggunakan algoritma ECLAT. Algoritma ECLAT (Equivalence Class Transformation) menggunakan konsep pencarian depth-first untuk menemukan itemset yang sering muncul dalam transaksi. Langkah penelitian, yaitu wawancara untuk akuisisi data, pra-pemrosesan data, transformasi data, dan proses data mining dengan algoritma ECLAT untuk menemukan frequent itemset dan menggunakan hasil frequent itemset sebagai basis pembuatan pola aturan asosiasi. Hasil analisis menujukkan bahwa sistem dapat memberikan rekomendasi aturan asosiasi secara efektif dari 14.617 riwayat transaksi. Minimum support tertinggi yang dapat digunakan untuk menemukan kombinasi k-itemset adalah 1%. Hasil aturan asosiasi pertahun dari riwayat transaksi tahun 2018-2020 menunjukkan perbedaan hasil dengan ragam terbanyak terjadi tahun 2020, yaitu 5 aturan asosiasi. Setiap aturan asosiasi yang muncul memiliki nilai confidence yang kuat yakni di atas 50%.
Wirawan Galeh Pradhana, Albert Yakobus Chandra
Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, Volume 3, pp 431-441; https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i2.299

Abstract:
Di tengah persaingan ketat pangsa pasar jasa perbaikan bodi dan cat mobil dengan bengkel independen di Yogyakarta, Nasmoco Bantul diharapkan dapat menarik pelanggan sebanyak-banyaknya untuk dapat melakukan perbaikan bodi dan cat terutama pelanggan yang menggunakan asuransi yang prosentasenya mencapai 70% (berdasarkan rerata data invoice bulanan Nasmoco Bantul). Namun hal tersebut belum mencapai target yang diharapkan karena Nasmoco Bantul belum memiliki database yang menyimpan data pelanggan yang lengkap dengan asuransi yang digunakan. Maka pada penelitian akan dibuat sebuah sistem database yang akan me-manage dan menyimpan data pelanggan berikut dengan asuransi yang mereka gunakan yang nantinya informasi dari database tersebut dapat digunakan untuk melakukan proses pemasaran perbaikan body and paint. Serta sistem ini juga dilengkapi dengan sebuah SPK yang bertujuan untuk membantu pihak management dalam menentukan pemberian diskon kepada rekanan perusahaan asuransi dengan memakai beberapa indikator. Sistem ini merupakan aplikasi berbasis web yang menggunakan framework CodeIgniter. Metode SPK yang digunakan dalam menentukan pemberian diskon menggunakan metode SMARTER.
Gushelmi Gushelmi, Dodi Guswandi
Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, Volume 3, pp 380-386; https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i2.259

Abstract:
Showroom Ragasa Motor Padang is a showroom that sells various types of used cars. The old system of selecting used cars in The Ragasa Motor Padang Showroom is that customers come directly to the address of this Showroom and the selection process is still done by manual means. With the development of internet technology today is increasing rapidly and in order to be accessible to everyone, the AHP can do a comparison of the criteria in pairs on the selection of used cars and can determine the consistency of the comparison data paired with a threshold value of < 0.1. The purpose of this research is to make it easier for customers to choose used cars quickly and accurately, as well as the application of programs used to make it easier for customers to use them. The result of this study is the SPK System that was built to be able to take the decision of the selection of used cars in the Showroom Ragasa Motor Padang with the selection of the 2nd alternative with a value of 2.55 as the best choice.
Alvin Anzas Islami, Siti Ramadhani
Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, Volume 3, pp 412-418; https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i2.300

Abstract:
Currently, advances in information technology have had a tremendous impact in all aspects of life, especially PTIPD UIN SUSKA RIAU also requires information technology that can assist employees' work. With information technology, data at PTIPD UIN SUSKA RIAU can be processed quickly and efficiently to increase the effectiveness and efficiency of completing work and the scope of communication and information. The processing of hardware data collection documentation carried out by PTIPD is still carried out outside the system, causing the data collection documentation process to be longer and less efficient. The solution given to overcome this problem is to make a hardware data collection system. Making a hardware data collection system included in the system provides information about the list of goods and officers. While the software used is a DBMS (DataBase Management System) used as a data storage medium is MySql, the programming languages ​​PHP, CSS, JavaScript, and HTML are used as interfaces, which aim to make it easier users and administrators to manipulate data.
Yoyon Efendi, Rometdo Muzawi, Unang Rio, Lusiana Lusiana
Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, Volume 3, pp 419-424; https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i2.304

Abstract:
Pada saat pandemik ini diperlukan inovasi dalam pembelajaran secara daring. Untuk mengatasi kebosanan karena sudah memasuki 3 semester dengan menggunakan media online. Dosen dituntut untuk dapat memberikan inovasi dengan teknologi dalam media pembelajarannya. Salah satunya teknologi Virtual Reality yang dapat diterapkan di kelas dengan berbasis 3D. mata kuliah yang dipakai pada VR class ini yaitu Internet of things. Aplikasi 3D VR Class menggunakan smartphone berbasis android dan tambahan alat bantu VR Box. Aplikasi ini telah digunakan oleh 16 mahasiswa di STMIK Amik Riau dengan hasil baik. Dengan adanya aplikasi ini membantu dosen dalam meningkatkan kualitas pembelajaran ditengah merosotnya minat siswa dalam pembelajaran secara daring.
Inne Irianti Sinon, Anief Fauzan Rozi
Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, Volume 3, pp 425-430; https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i2.301

Abstract:
Kelapa sawit merupakan jenis tumbuhan yang termasuk dalam keluarga tumbuhan genus elais dan arecaceae. Tumbuhan kelapa sawit banyak di tanam di Indonesia yang seb tropis. Buah kelapa sawit sendiri di fungsikan untuk diambil buahnya yang mana berfungsi sebagai bahan baku utama pembuatan minyak kelapa sawit. untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal maka para pelaku usaha wajib memilih biji kelapa sawit terbaik, agar nantinya hasil panen yang ditentukan juga akan lebih maksimal. Berdasarakan pembahasan diatas maka didapat kan suatu masalah yaitu dalam pemilihan biji kelapa sawit yang terbaik. Berdasarkan masalah tersebut maka dibutuhkan suatu sistem informasi pendukung keputusan yang mana akan menghasilkan suatu output rekomendasi keputusan dalam pemilihan biji kelapa sawit terbaik. Dengan demikian dapat diusulkan pembuatan susatu sistem pendukung keputusan pemilihan biji kelapa sawit yang mana dalam proses perhitungannya menggunakan metode MOORA. Dari hasil uji yang dilakukan dari 5 alternatif didapatkan hasil Biji Kelapa Sawit Grad A memiliki nilai tertinggi yaitu dengan nilai 31,87.
Surya Andika, Siti Ramadhani
Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, Volume 3, pp 387-394; https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i2.298

Abstract:
Dinas Perkebunan Provinsi Riau adalah suatu instansi yang bertugas melaksanakan urusan pemerintahan dan perkebunan. Provinsi Riau memiliki dua jenis aset, yaitu aset tetap dan aset tidak tetap, untuk itu diperlukan nya sebuah sistem informasi untuk pendayagunaan aset. Sementara sistem yang digunakan saat ini untuk pengajuan dan pencatatan laporan aset masih dilakukan secara manual menggunakan formulir pengajuan kemudian diserahkan kebagian perlengkapan aset dan dalam pencatatan aset masih menggunakan pembukuan laporan informasi aset. Dari masalah tersebut juga terdapat keluhan dari beberapa pegawai dari bidang lain, dengan proses yang cukup ribet karena harus bolak balik ke ruangan perlengkapan dalam pengajuan permintaan barang. Untuk mempermudah pengelolaan nya, dibuatlah sebuah Sistem Informasi Pendayagunaan Aset yang di harapkan dapat membantu kinerja pegawai Dinas Perkebunan Provinsi Riau. Metodologi yang digunakan dalam pembuatan sistem adalah metode Agile dengan aktifitas yang berpusat pada pengembangan model menggunakan Unified Model Language(UML). Berdasarkan hasil pengujian blackbox dan User Acceptance Test(UAT) didapatkan bahwa Sistem Informasi yang telah dirancang dapat memudahkan pekerjaan pegawai, dan administrator bidang perlengkapan/aset dalam melakukan pengajuan aset, konfirmasi pengajuan, cetak laporan aset dan pengelolaan data aset.
Andrew Kurniawan Vadreas
Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, Volume 3, pp 276-286; https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i2.242

Abstract:
Radio merupakan salah satu sarana informasi dan hiburan bagi masyarakat yang biasanya di dengarkan di sela-sela aktivitas. Penyiar radio menjadi salah satu unsur penting dalam suatu radio sangat menentukan penyampaian informasi maupun hiburan kepada pendengar. Untuk itu dibutuhkan sebuah support kepada penyiar agar selalu optimal dalam kerjanya, sehingga pendegar radio semakin banyak. Reward ataupun pembinaan keahlian dan ketrampilan dapat menjadi motivasi ataupun penghargaan bagi kerja penyiar. Oleh Karena itu perlu adanya suatu sistem yang membantu kerja program director dalam memilih seorang penyiar radio yang dapat dikategorikan sebagai penyiar radio yang berhak menerima reward berdasarkan kriteria-kriteria yang ada. Dari permasalahan tersebut maka dibuatlah sistem yang dapat mengakomodir semua faktor kriteria. Perhitungan penilaian kriteria menggunakan metode MFEP ini disebabkan karena pendekatan MFEP (Multi Factor Evaluation Process) ini dapat bekerja pada situasi yang kompleks dan memungkinkan untuk melakukan suatu analisa dengan data yang minimum. Hasil atau keluaran berupa report atau laporan nilai untuk penyiar radio yang berhak menerima reward berdasarkan kriteria maupun sub kriteria yang telah ditentukan.
Andhika Febi Hardina, Irwansyah Irwansyah
Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, Volume 3, pp 364-372; https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i2.256

Abstract:
Penelitian ini membahas mengenai kolom Hoax Buster pada covid19.go.id yang menjadi platform pemerintah dalam menyampaikan informasi terkait Covid-19 kepada masyarakat. Penelitian ini dilatar belakangi dimana banyak misinformasi yang beredar pada berbagai platform media sosial selama pandemi Covid-19 terjadi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis konseptual dalam meninjau berbagai sumber dari penelitian terdahulu. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa gangguan informasi terjadi karena adanya kepanikan masal dan kurangnya kesadaran, serta sedikit wawasan mengenai Covid-19. Dengan hadirnya Hoax Buster pada situs resmi pemerintah, diharapkan masyarakat dapat meningkatkan kemampuan dalam memfilter berita-berita hoaks mengenai Covid-19 sehingga mampu menekan angka Covid-19
Fadhila Hasna Athaya, Irwansyah Irwansyah
Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, Volume 3, pp 334-349; https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i2.254

Abstract:
Indonesia merupakan negara dengan jumlah pengguna aplikasi ad blocker tertinggi. Ini menyebabkan pemasar harus mencari cara lain untuk menjangkau target marketnya. Influencer marketing menjadi pilihan yang populer mengingat jumlah pengguna media sosial yang tinggi serta beberapa faktor lainnya yang mendukung keberhasilan teknik ini. Penelitian ini merupakan studi literatur dari perkembangan konsep Influencer Marketing selama 3 tahun terakhir dengan fokus utama untuk memetakan apa saja variabel yang mendukung performa seorang influencer. Dalam temuannya, faktor-faktor yang sering diangkat dalam penelitian adalah expertise, trustworthiness, credibility, sponsorship disclosure, hubungan parasosial, dan congruence. Sebagai saran untuk penelitian mendatang, perlu dikaji bagaimana aturan dan etika bagi para influencer dalam melakukan promosi di platformnya untuk menjaga keamanan konsumen.
Back to Top Top