Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan

Journal Information
ISSN / EISSN : 1979-0074 / 2580-5940
Current Publisher: Universitas Muhammadiyah Tangerang (10.31000)
Total articles ≅ 51
Filter:

Latest articles in this journal

Khoirul Anwar
Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, Volume 17; doi:10.31000/rf.v17i2.3037

The publisher has not yet granted permission to display this abstract.
Dhany Hermawan, Fujiah Fujiah
Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, Volume 17; doi:10.31000/rf.v17i2.3034

The publisher has not yet granted permission to display this abstract.
Abdul Basyit, Miftahul Zanah
Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, Volume 17; doi:10.31000/rf.v17i2.3046

Abstract:
Abstrak;Dalam dunia pendidikan media sosial memberikan kemudahan berinteraksi, mencari informasi, memberikan peranan positif serta ada yang memberikan pesanan negative. Manfaat facebook ditinjau sebagai KBM yaitu memberikan informasi positif untuk siswa dalam memberikan tugas melalui pesan atau grup facebook. Guru melakukan berbagai pengaturan privasi di facebooknya agar hanya bisa diakses oleh siswa, guru menguplod ringkasan materi pelajaran di halaman facebook, membahas soal-soal yang dianggap penting. Berdasarkan penelitian ini menyatakan adanya Pengaruh facebook terhadap prestasi belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran fikih di MTs Negeri 2 Kota Tangerang.
Zulfitria Zulfitria, Zainal Arif, Abidah Abidah, Arifah Arifah
Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, Volume 17; doi:10.31000/rf.v17i2.3036

Abstract:
AbstrakDilatar belakangi oleh era millenium sekarang ini, bahwa budaya mendongeng telah dianggap kuno dan mulai ditinggalkan. Dongeng merupakan cerita yang mengandung nilai-nilai moral dan sosial yang berguna untuk membentuk karakter anak. Pembentukan karakter anak dapat dilakukan di lingkungan pembelajaran sekolah dan lingkungan rumah atau keluarga. Strategi pembentukan karakter anak dilakukan dengan pemberian contoh, pembiasaan membaca serta mendengarkan dongeng, dan penciptaan lingkungan baca yang mendukung. Dongeng salah satu media yang dapat menyampaikan berbagai pesan dan menumbuhkan minat baca anak yang dibentuk sejak sini. Dongeng bagian dari budaya rakyat Indonesia. Pengaruh dongeng yang besar terhadap moralitas dan karakter anak-anak sangat mendukung dijadikannya dongeng sebagai cerita pendukung pendidikan karakter. Pemerintah Indonesia juga telah mencanangkan kebijakan gerakan nasional Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dengan berupaya membudayakan mendongeng untuk meningkatkan kecerdasan dalam membentuk karakter bangsa yang unggul, tangguh, dan berbudaya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif kajian Pustaka. Kesimpulan dari penelitian ini adalah mendongeng bisa dilakukan oleh orang tua dan guru sebagai pendidik dalam membentuk karakter anak agar menjadi lebih baik.
Eni Suhaeni
Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, Volume 17; doi:10.31000/rf.v17i2.3040

The publisher has not yet granted permission to display this abstract.
Sahlani Sahlani
Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, Volume 17; doi:10.31000/rf.v17i2.3047

Abstract:
Abstrak:Pendidik berkaitan langsung terhadap kualitas pendidik dan peserta didik dalam menjalankan kewenangan seorang supervaisor dalam tata kelola pendidikan yang menyentuh langsung terhadap peserta didik, Dalam upaya meningkatkan hasil dan mutu pendidikan, kompetesi pimpinan dan kompetensi pengawasan terhadap hasil yang diharapkan, merupakan salah satu faktor yang sangat penting. Kompetensi kepemimpinan harus memiliki kompetensi kepribadian, kompetensi manajerial, kompetensi kewirausahaan, kompetensi supervisi dan kompetensi sosial yang kesemuanya tidak terlepas dari wawasan dan nilai-nilai al-Qur`an. Sedangkan kompetensi pengawas sekolah meliputi kompetensi kepribadian, kompetensi supervisi manajerial, kompetensi supervisi akademik, kompetensi evaluasi pendidikan, kompetensi penelitian dan pengembangan dan kompetensi sosial.
Zulkifli Zulkifli
Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, Volume 17; doi:10.31000/rf.v17i2.3039

The publisher has not yet granted permission to display this abstract.
Zainal Arif
Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, Volume 17; doi:10.31000/rf.v17i2.3038

The publisher has not yet granted permission to display this abstract.
Ahmad Haromaini, Abdul Rachman
Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, Volume 17; doi:10.31000/rf.v17i2.3048

Abstract:
AbstrakHati merupakan inti dari tubuh manusia, baik dan buruknya sangat berpengaruh dari kondisi hati seseorang. Literatur penafsiran mengenai hati banyak ditemukan di beberapa kitab tafsir, salah satunya adalah Ibnu Katsir dalam kitab Tafsir al-Qur’an al-‘Azhim. Bagaimanakah sikap Ibnu Katsir dalam menafsirkan kata tersebut? Adakah kecenderungan konsistensi pengambilan sumber rujukan yang dilakukan ketika menafsirkan? Penelitian ini dilakukan dengan mengambil pembahasan secara tematik dan mengambil satu sumber data penelitian. Hasil penelitian menyebutkan bahwa adanya konsistensi dari tokoh yang menjadi sumber rujukan dalam penafsiran qalbun salim serta pemaknaan qalbun salim diartikan dengan selamat dari kotoran dan kemusyrikan dan yang bersih, hati yang hanya dimiliki oleh orang-orang yang beriman.
Zahara Zahara, Ibnu Sina
Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, Volume 17; doi:10.31000/rf.v17i2.3035

Abstract:
AbstrackSaat ini masyarakat dunia digemparkan oleh terjadinya wabah Coronavirus yang berasal dari kota Wuhan, China yang terjadi di bulan November 2019 tahun lalu. Corona virus ini sangat berbahaya karena sampai saat ini belum ditemukan obat atau vaksin penanggulangannya. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana peran teknologi pendidikan pada aktivitas kegiatan belajar mengajar selama masa karantina akibat dari virus corona ini yang selama ini proses belajar mengajar diadakan di sekolah atau kelas dengan mengunakan keterbatasan media teknologi tetapi dengan adanya pendemi covid-19, KBM dipindahkan di rumah secara E-Learning dengan mengunakan beberapa aplikasi dan berbagai alat technologi, pengajaran seperti smartphone, komputer dan notebook. Dampak yang disebabkan oleh virus corona ini menyangkut semua aspek dalam kehidupan masyarakat . Kajian ini dilakukan melalui studi pustaka dengan melihat hasil-hasil survei dan studi literatur, journal dan document beberapa media cetak maupun elektronik serta buku yang berhubungan dengan pengajaran dan sosial masyrakat, sosiologi dan antropologi. Kesimpulan dari tulisan ini menunjukkan adanya langkah pemerintah mengeluarkan kebijakan kepada masyarakat untuk tidak beraktivitas apapun diluar rumah, semua pekerjaan dilaksanakan dari rumah, termasuk kegiatan belajar dan mengajar (KBM.
Back to Top Top