JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah)

Journal Information
ISSN / EISSN : 2622-0768 / 2622-0776
Published by: STKIP Nurul Huda (10.30599)
Total articles ≅ 36
Filter:

Latest articles in this journal

Istiqamah Isti
JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), Volume 3, pp 58-65; https://doi.org/10.30599/jemari.v3i2.991

Abstract:
Berbagai permasalahan serta problematika pendidikan di Indonesia seiring dengan bertambahnya waktu semakin kompleks. Rendahnya pemahaman nilai-nilai agama Islam menjadi sorotan masyarakat dalam proses pembelajaran, proses pembelajaran di Indonesia yang saat ini dilakukan secara integrative atau tematik memberikan kebebasan terhadap pendidik dalam mengintegrasikan strategi, media, metode, atau beberapa materi pembelajaran dalam satu pertemuan pembeljaaran. Proses pembelajaran tematik yang saat ini dilaksanakan sangat minim sekali dengan integrasi nilai-nilai agama Islam, hal ini dibuktikan dengan rendahnya pemahaman peserta didik terhadap nilai-nilai agama Islam serta banyak terjadi peyimpangan dan pelanggaran-pelanggaran nilai atau norma di lingkungan Sekolah, oleh sebab itu dalam peneltitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seperti apa integrasi nilai-nilai agama islam terhadap proses pembelajaran tematik yang saat ini menjadi permasalahan yang di alami oleh kebanyakan peserta didik dengan rendahnya pemahaman peserta didik terhadap nilai-nilai keagamaan. Peneliti dalam melaksankan kegiatan penelitian menggunkan metode penelitianlibrary research dengan mengambil sumber data dari jurnal atau artikel peneltian. Penelitian yang akan dilakukan oleh penwliti bertujuan 1) Mengetahui nilai-nilai ajaran agama Islam yang diterapkan dalam pembelajaran tematik kelas V SD/MI, 2) Mengetahui cara atau metode yang diintegrasikan oleh pendidik dalam membiasakan nilai-nilai agama Islam terhadap peserta didik melalui pembelajaran tematik, 3) Mengetahui faktor pendukung dan pengehambat dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan terhadap peserta didik melalui pembelajaran tematik. nilai-nilai agama mampu menghadirkan suatu kontruksi wacana kegamaan yang kontekstual dengan memperhatikan apa yang ada di lingkungan sekitar dengan tema yang ada. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian studi pustaka (Library Reseaarch) hal ini dikarenakan sumber data yang tidak mudah untuk didapatkan di lapanagan dan mengharuskan mengambil sumber data dari buku, jurnal atau artikel penelitian yang membahas fokus penelitian yang hampir sama dengan fokus penelitian yang akan dilakukan oleh peneliti “Integrasi Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembelajaran Tematik. Pendekatan dalam penelitian ini mengggunakan pendekatan kualitatif, hal ini dikarenakan peneltian yang dilakukan oleh peneltiti membahas fenomena atau kejadian sosial yang menjadi permaslahan dalam pembelajaran tematik di Sekolah Dasar.
Syarah Aini
JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), Volume 3, pp 83-89; https://doi.org/10.30599/jemari.v3i2.900

Abstract:
Penelitian bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai kemampuan literasi metematika siswa sebelum dan setelah menggunakan model Learning Cycle 5E. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini siswa kelas III MI Matla’ul Atfal Kota Bandung yang berjumlah 18 orang. Berdasarkan hasil penerapan model Learning Cycle 5E adanya peningkatan aktivitas guru dan siswa. Hasil aktivitas guru siklus 1 tindakan I, 88%, siklus I tindakan II, 94%, siklus II tindakan I, 100%, siklus II tindakan II, 100%. Hasil aktivitas siswa siklus I tindakan I, 60%, siklus I tindakan II, 71%, siklus II tindakan I, 79%, siklus II tindakan II, 86%. Kemampuan literasi matematika siswa pra siklus hanya memperoleh nilai rata-rata 47 (sangat kurang), pada siklus I tindakan I memperoleh hasil 64 (kurang), pada siklus I tindakan II meningkat dengan hasil 76 (cukup baik), selanjutnya pada siklus II tindakan I mengalami peningkatan dengan hasil 79 (baik) dan tindakan II memperoleh hasil cukup memuaskan yaitu 81(baik). Maka dapat disimpulkan bahwa menggunakan model Learning Cycle 5E dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa.
Ratih Purnama Pertiwi
JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), Volume 3, pp 73-82; https://doi.org/10.30599/jemari.v3i2.924

Abstract:
Seluruh warga negara berhak mendapatkan pendidikan tanpa membedakan asal – usul, status sosial ekonomi, maupun keadaan fisik seseorang termasuk anak – anak yang memiliki kelainanan sebagaimana diamanatkan dalam UUD 1945 Pasal 31 ayat 1. . Berdasarkan latar belakang masalah penelitian yang dikemukakan di atas, maka peneliti tertarik untuk menganalisis bagaimana proses pembelajaran anak autis dan problematika apa saja yang dihadapi oleh guru dalam menangani anak berkebutuha khusus anak autis di SD Negeri 1 Tugu Harum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik analisis deskriptif pula, yaitu berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan teknik wawancara, observasi da dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Proses pembelajaran di SD Negeri 1 Tugu Harum yaitu guru memberikan materi sesuai dengan kurikulum dari siswa reguler. Akan tetapi, tentu ada penyederhanaan untuk siswa autis seperti pada kemampuan bernalar. Problematika ketika proses pembelajaran siswa autis di SD Negeri 1 Tugu Harum yaitu problem sarana penunjang, ketidak ketercapaian pembelajaran, problem materi, problem motivasi, problem konsentrasi, problem pembelajaran ketika siswa autis tidak siap dalam proses pembelajaran atau menolak pembelajaran.
Tri Ratna Dewi
JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), Volume 3, pp 66-72; https://doi.org/10.30599/jemari.v3i2.1031

Abstract:
Artikel ini membahas mengenai bagaimana seorang guru memiliki keterampilam dalam menciptakan Lingkungan Pembelajaran yang Efektif. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari hasil penelusuran berbagai sumber pustaka dan pemanfaatan jurnal yang terkait dengan keterampilan guru dalam menciptakan Lingkungan Pembelajaran yang Efektif. Proses pembelajaran seharusnya mampu menciptakan suasana kelas atau iklim kelas yang kondusif untuk mendukung terciptanya kualitas proses pembelajaran yang baik. Penciptaan lingkungan pembelajaran yang efektif adalah soal mengetahui beberapa teknik (strategi) yang dapat dipelajari dan diterapkan setiap guru. Untuk menciptakan lingkungan yang efektiff dalam pembelajaran dapat dilakukan dengan beberapa hal, yaitu mengelola kelas secara efektif, mengelola aktivitas kelas secara efektif, dan manajemen dalam menghadapi perilaku yang bermasalah. Dalam hal ini menunjukkan seberapa jauh guru mengikuti aktivitas yang sedang berlangsung di kelas, mengatasi situasi tumpang tindih secara efektif, menjaga kelancaran dan kontinuitas pelajaran, melibatkan murid dalam berbagai aktivitas yang menantang, menunjukkan sikap tangkap, membagi perhatian, memusatkan perhatian, memberikan petunjuk yang jelas dan menegur dan memberi penguatan
Siti Nurjanah
JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), Volume 3, pp 51-57; https://doi.org/10.30599/jemari.v3i2.851

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Pendidikan karakter pada proses pembelajaran tema 1 sub tema 1 siswa kelas bawah di MI Subulussalam 02 Sriwangi mulai dari perencanan proses dan evaluasi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu Observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Hasil analisis implementasi Pendidikan karakter pada proses pembelajaran tema 1 sub tema 1 siswa kelas bawah MI subulussalam 02 Sriwangi yaitu Perencanaan pendidikan karakter yang dilakukan guru pada proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru meliputi perencanaan berupa silabus, RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang diintegrasikan nilai – nilai pembentuk karakter, perencanaan pembelajaran disesuaikan dengan karakteristik siswanya. Metode pembelajaran diserahkan langsung kepada masing-masing guru karena setiap guru mempunyai trik-trik dan strategi yang berbeda-beda yang disesuaikan dengan keadaan lingkungan sekolah dan siswanya. Sistem evaluasi di MI Subulussalam 02 Sriwangi melihat dari ulangan harian, ulangan semester, ulangan tengah semester, dan pengamatan keseharian tingkah laku anak namun untuk masa pandemi ini proses pembelajaran dilakukan daring maka untuk melihat proses pembelajaran itu dapat dilihat dari grup kelas. Selain itu sering juga dilakukan untuk para guru untuk mengetahui aktivitas – aktivitas yang dilakukan oleh guru dan peserta didik serta mengetahui kendala apa saja yang dialami oleh guru. Kata kunci: Pendidikan karakter, Proses belajar.
Nila Nila
JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), Volume 3, pp 47-50; https://doi.org/10.30599/jemari.v3i2.825

Abstract:
ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh lemahnya daya serap siswa sekolah dasar pada mata pelajaran matematika, sedangkan daya serap berkaitan dengan Implementasi teori kognitif Kognitif adalah proses mental yang berhubungan dengan kemampuan dalam bentuk pengenalan secara umum yang bersifat mental dan ditandai dengan representasi suatu objek ke dalam gambaran mental seseorang apakah dalam bentuk symbol, penelitian ini bertujaun untuk mengetahui penerapan teori kognitif dalam meningkatkan prestasi belaajar matematiak di kelas v.Metode penelitian ini dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi,dengan Teknik analisis data melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan pengmbilan keputusan.hasil penlitain terhadap implementasi teori kognitif dalam mennngkatkan prestasi belajar matematika kelas V memeberikan sumbangsih bagi siswa kelas V dalam prestasi belajar mempunyai peranan penting hal ini dikarenakan sebagian besar aktivitas dalam belajar selalu berhubungan denagn mengingat dan berpikir. Dalam hal ini implementasi teori kognitif secara optimal akan mampu memberikan dampak pada prestasi belajar terutama pada pembelajaran matematika kelas v. Kata Kunci, Teori Kognitif, Prestasi Belajar, Matematika
Irma Safitri
JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), Volume 3, pp 41-46; https://doi.org/10.30599/jemari.v3i1.773

Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan efektivitas pembelajaran dengan menggunakan online atau daring. Subjek pada jurnal adalah penelitian serta web yang membahas pembelajaran berbasis daring. Ruang lingkup dalam jurnal ini meliputi guru sekolah dan anak-anak sekolah dasar , serta peran dalam pemerintahan dalam mengupayakan pembelajaran berbasis daring saat ini. Perkembangan pendidikan ini sangat berpengaruh dengan adanya pesat nya kesuksesan suatu informasi dengan komunikasi yang baik . Dan teknologi yang berperan dalam lingkungan saat ini dan pendidikan pun menggunakan untuk pembelajaran daring, pembelajaran daring ini bermanfaat untuk informasi dan komunikasi antara penghubung siswa dengan internet yang biasanya dilakukan selamanya . Media daring ini menggunakan subjek penelitian dengan berbagai macam-macam seperti whatshapp,google classroom,Edmodo, dan website lain nya. Metode yang kita gunakan dalam pengumpulan data melalui siswa-siswa dengan tanya jawab melalui aplikasi whatshapp.
Sri Enggar Kencana Dewi
JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), Volume 3, pp 18-24; https://doi.org/10.30599/jemari.v3i1.772

Abstract:
Penelitian in bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar pada siswa yang mengikuti bimbingan belajar dan tidak mengikuti bimbingan belajar siswa kelas V di SDN 01 Tulus Ayu serta untuk mengetahui perbedaan apa saja yang terdapat pada siswa yang mengikutI bimbingan belajar dan tidak mengikuti bimbingan belajar. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul diolah dengan analisis statistic deskriptif dan analisis statistic inferensial(Independent sample t test. Hasil analisis deskriptif hasil belajar siswa yang mengikuti bimbingan belajar masuk dalam kategori tinggi karena melebihi standar KKM disekolah yaitu dengan mean 83.09 dan siswa yang tidak mengikuti bimbingan belajar 76.32 . Berdasarkan data yang diperoleh dapat diketahui bahwa bimbingan belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil prestasi belajar siswa. Dari hasil analisis inferensial menunjukan Thitung 11.364,sedangkan Ttabel 2.018 penelitian ini menggunakan taraf signifikan 0.05. Dengan demekian T hitung jauh lebih besar t tabel, dan hipotesis nihil ditolak,artinya terdapat perbedaan prestasi belajar siswa yang mengikuti bimbingan belajar dan tidak mengikuti bimbingan belajar siswa kelas V SDN 01 Tulus Ayu. Kata Kunci : Bimbingan Belajar, Prestasi belajar
Muhammad Sufyan Ats Tsauri
JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), Volume 3, pp 24-30; https://doi.org/10.30599/jemari.v3i1.765

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrpsikan startegi menanamkan karakter melaui pembelajaran bahasa jawa di madrasah ibtidaiyah wahid hasyim depok sleman yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan datayang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi yang subjeknya berupa pendidik dan peserta didik. Analisis datadilakukan dengan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian yaitu upaya guru dalam memberikan pembiasaan karakter pada peserta didik melalui pembelajaran bahasa jawa, dapat diterapkan dengan teknik yaitu: memberikan penjelasan mengenai karakter, memberikan pembiasaan terhadap anak agar terbiasa melakukan tingkah laku yang berkarakter, proses pembelajaran yang dilakukan berlangsung secara interaktif,memilih dan mengembang tehnik belajar mengajar yang mempunyai kesempatan paling besar agar tujuan dalam proses belajar mengajar dapat tercapai, dan menambah kegiatan dengan mengaplikasikan tingkah laku dan sikap yang berkarakter
Seka Seka Andrean
JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), Volume 3, pp 31-40; https://doi.org/10.30599/jemari.v3i1.688

Abstract:
Agar anak memiliki keterampilan sosial dan komunikasi yang baik, maka perlu adanya keharmonisan didalam lingkungan keluarga. Lingkungan keluarga merupakan tempat dimana anak dibesarkan dan merupakan lingkungan yang pertama kali dijalani oleh seorang anak dalam mengarungi hidupnya, sehingga apa yang dilihat dan dirasakan oleh anak dalam keluarga akan dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pribadi seorang anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi keharmonisan keluarga dalam perkembangan keterampilan sosial anak. Peneliti melakukan penelitian di SDN Bangun Harjo dengan menggunakan metode kualitatif. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi yang subjeknya 10 siswa dan keluarga siswa kelas V di SDN Bangun Harjo. Analisis data dilakukan dengan menganalisis semua data dari hasil penelitian, supaya dapat dijadikan satu kesatuan kemudian diverifikasi. Berdasarkan penelitian bahwa kontribusi keharmonisan keluarga dalam perkembangan keterampilan sosial yaitu Menciptakan kehidupan beragama dalam keluarga, Mempunyai waktu bersama keluarga, Mempunyai komunikasi yang baik antar anggota keluarga, Saling menghargai antar sesama anggota keluarga. Kualitas dan kuantitas konflik yang minim.
Back to Top Top