Abdi Masyarakat

Journal Information
ISSN / EISSN : 2715-8799 / 2715-9108
Total articles ≅ 63
Filter:

Latest articles in this journal

Kamarudin Kamarudin, Tawali Tawali
Abdi Masyarakat, Volume 3; https://doi.org/10.36312/abdi.v3i1.2157

Abstract:
Community service is the implementation of knowledge gained in schools, or lecturing process formally or informally. This community service aimed at giving English language training towards students of TK Melati Indah Sayang-Sayang, Cakranegara Mataram. This community service used lecturing, practice, and discussion. The respondents consisted of 30 students. The result of the training concluded that English language training towards students of TK Melati Indah Sayang-Sayang, Cakranegara Mataram was successful. It is proved from the students’ enthusiasm within the process of the training and their learning achievement after giving the training. Thus, the training of English language to the students is highly important especially in TK Melati Indah Sayang-Sayang as they will be the agent of change and future generation who will acquire English language well. Through this training, students of TK Melati Indah Sayang-Sayang are expected to have knowledge and basic experience to communicate through English language as their foundation and motivation to develop their skill.
Supriadin Supriadin, Nune Wire Panji Sakti, Elya Wibawa Syarifoeddin
Abdi Masyarakat, Volume 3; https://doi.org/10.36312/abdi.v3i1.2268

Abstract:
Seiring perkembangan zaman proses kegiatan belajar mengajar di kelas kini sudah memiliki banyak tantangan dan tuntutan. Salah satunya adalah semakin banyaknya jalur informasi yang dapat diakses oleh siswa hingga terkadang tidak jarang guru tertinggal jauh dari update-nya informasi yang sudah diterima oleh siswa. Oleh karena itu guru pun seolah-olah dipaksa harus mengimbanginya dengan mencari berbagai informasi tambahan menggunakan berbagai media seperti akses internet dan buku referensi terbaru dan up to date. Setelah selesai pelatihan e-learning dasar bagi guru SDN 43 Ampenan Kota Mataram yang diselenggarakan Tim Pengabdian Pada Masyarakat dalam bentuk teori dan praktik, para peserta pelatihan diharapkan mampu menyusun materi pembelajaran secara e-learning online dengan menggunakan platform Edmodo sehingga para guru tidak hanya terpaku pada satu model pembelajaran dengan menggunakan model konvensional saja. Berdasarkan uraian pelaksanaan kegiatan pengabdian ini, dapat disimpulkan bahwa partisipasi peserta pengabdian sebesar 100%. Peserta aktif bertanya dan mendengarkan berbagai hal tentang materi yang telah diberikan sampai kegiatan pelatihan e-learning berakhir. Peserta mengharapkan agar program serupa diadakan kembali dengan program pelatihan e-learning tingkat lanjut dan keterampilan pembuatan media pembelajaran lainnya.
Nurdin Nurdin
Abdi Masyarakat, Volume 3; https://doi.org/10.36312/abdi.v3i1.2323

Abstract:
IGTKI NTB berada di bawah IGTKI Nasional yang berkedudukan di ibukota negara. IGTKI NTB kepengurusannya berada di ibukota provinsi NTB. TK di provinsi Nusa Tenggara Barat sebanyak 2.317 sekolah yang terdiri dari 147 TK negeri dan 2.170 TK swasta. Guru TK se Provinsi NTB sebanyak 7.700 orang, yang belum berkualifikasi S1 sebanyak 3.200 orang dan yang sudah S1 sebanyak 4.500 orang. Dari jumlah guru yang sudah S1 sebanyak 167 orang telah tercatat menerima tunjangan profesi pendidik. IGTKI beranggotakan TK dan KB sebanyak 7.700 guru yang tersebar di seluruh wilayah NTB. Guru TK dan KB di NTB berkualifikasi beragam, ada lulusan SMP, SMA sederajat, Diploma dan Sarjana. Peningkatan kualifikasi guru lulusan SMP merupakan tanggung jawab direktorat kesetaraan. Sedangkan peningkatan kualifikasi yang lulusan SMA sederajat dan diploma merupakan tanggung jawab kementrian berkerjasama dengan Pemda setempat. Sementara mereka yang sudah berkualifikasi sarjana, dianggap sudah tidak perlu ditingkatkan lagi karena kualifikasinya sudah memenuhi syarat dalam undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2003.
Siti Nurhidayati, Khaeruman Khaeruman, Diah Lukitasari
Abdi Masyarakat, Volume 3; https://doi.org/10.36312/abdi.v3i1.2241

Abstract:
Sabun merupakan kebutuhan utama masyarakat, terutama Tujuan pengabdian ini adalah membelajarkan masyarakat agar memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam membuat handsoap, deterjen cair dan sabun cuci piring untuk meningkatkan kesehatan dan perekonomian masyarakat pada masa pandemic covid 19. Melalui pelatihan ini masyarakat mampu membuat sendiri sabu cuci tangan, deterjen cair dan sabun cuci piring yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kebersihan baik diri maupun lingkungan dalam rangka menjaga kesehatan pada masa pandemic covid-19, selain itu masyarakat juga mampu membuka usaha kecil untuk menjual handsoap, deterjen cair dan sabun cuci piring untuk meningkatkan perekonomian.
Daryati Daryati, , Tommy Eka Miharja, Nasaruddin Ishak, Nur Rochimah
Abdi Masyarakat, Volume 3; https://doi.org/10.36312/abdi.v3i1.2354

Abstract:
This service is carried out on the basis of statistics which is considered a difficult science because there are many formulas that require accuracy and precision in their calculations. As well as the many problems of students' inability to access data processing software caused by the low level of literacy in students. This service is a training activity for data processing research based on statistical software that aims to improve the quality of human resources through the ability of students to process research data. The partners of this service are universities around BODETABEK with a focus on training activities on statistical software-based data analysis techniques such as SPSS and JASP for final year students at BODETABEK. The methods used in this training activity include lectures, discussions, questions and answers, direct demonstrations and assignments. These methods were developed according to the current situation and conditions. The target to be achieved in the implementation of this activity is to improve the ability of students to carry out data analysis with the help of software such as SPSS and JASP. In addition, as an output, coaching participants are expected to be able to use SPSS and JASP software in thesis and research which can then be uploaded
Hulyadi Hulyadi, Ahmadi Ahmadi, Yusran Khery, Husnul Hatimah, Dahlia Rosma Indah, Hendrawani Hendrawani
Abdi Masyarakat, Volume 3; https://doi.org/10.36312/abdi.v3i1.2346

Abstract:
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk menambahkan kreativitas guru dalam melihat permasalahan lingkungan disekitar sekolah. Salah satu permasalahan yang dihadapi guru di SMAN 08 Mataram aroma tidak sedap dari limbah pengolahan tahu, limbah organik dari daun-daun pepohonan yang ada disekitar sekolah dan. Limbah cair yang terbuang secara langsung keparit sekitar sekolah menimbut aroma tidak enak. Aroma ini menyebabkan siswa terganggu dalam melakukan proses kegiatan belajar. Dibutuhkan teknologi untuk mengatasi masalah tersebut. Pengolahan limbah menjedi pupuk organik cair menjedi salah satu solusi untuk menjawab permasalahan tersebut. Pembuatan pupuk organik membutuhkan mikroorganisme untuk menguraikan bahan organik menjadi mineral yang lebih mudah diserap oleh tanaman. Metode kegiatan berupa pelatihan kemudian dilanjutkan dengan pembautan starter dari limbah buah dan bahan organik yang kaya dengan mineral yang ada dilingkungan sekitar sekolah. Berdasarkan hasil evaluasi guru dan siswa menunjukkan antusias yang besar terbukti semua siswa mengikuti kegiatan sampe selesai. Banyaknya pertanyaan dari guru dan siswa bagaimana aplikasinya lebih lanjutnya terhadap tanaman juga merupakan bukti ketertarikan guru dan siswa untuk mengaplikasikan pupuk yang akan dibuat. Guru dan siswa berharap kegitan ini bisa dilanjutkan proses pengabdian ini bisa diintegrasikan dalam pembelajaran IPA untuk mengsilkan proses pembelajaran yang lebih bermakna.
Baiq Rina Amalia Safitri, Baiq Azmi Sukroyanti, Lovy Herayant, Saiful Prayogi, Wirawan Putrayadi, Pahriah Pahriah
Abdi Masyarakat, Volume 2; https://doi.org/10.36312/abdi.v2i2.1598

Abstract:
Tujuan pengabdian ini adalah meminimalkan dampak negatif internet. Metode pelaksanaan pengabdian, antara lain: (1) Persiapan kegiatan; 1) Mekanisme pelaksanaan kegiatan, sebelum terjun ke lapangan, maka perlu dilakukan beberapa hal sebagai bentuk persiapan, antara lain: (a) Melakukan pendataan dan verifikasi pelajar di desa Sukamulia. (b) Sosialisasi program kepada pelajar di desa Sukamulia terkait rencana program pengabdian dan karakteristik pelajar setempat yang akan dilibatkan dalam pelaksanaan program kerja. 2) Materi pengabdian, materi yang akan disampaikan kepada pelajar dalam pelatihan pembuatan akun dan cara menggunakan situs bimbingan belajar free antara lain: (a) Menyiapkan materi untuk pembuatan membuat akun zenius.net, (b) Menyiapkan materi cara menggunakan zenius.net. (2) Pelaksanaan pelatihan; pelatihan dilakanakan terhadap para pelajar yang ada di desa Sukamulia, menggunakan metode Direct Instruction. Hasil yang ingin dicapai dari kegiatan atau program Pengabdian ini adalah sebesar-besarnya untuk kepentingan para pelajar setempat sebagai berikut: (1) Akun situs bimbingan belajar dan menciptakan belajar mandiri para pelajar dengan memanfaatkan situs bimbingan belajar tidak berbayar untuk mengurangi dampak negatif internet dan meningkatkan motivasi serta meningkatkan prestasi belajar para pelajar. (2) Publikasi artikel dalam jurnal. Kesimpulannya dengan memanfaatkan Website Zenius.Net” yaitu diharapkan dapat memberikan teknologi dan keterampilan kepada para pelajar bagaimana cara membuat akun dan cara menggunakan situs bimbingan belajar Free, sehingga dapat mengurangi dampak negatif internet.
Lalu Hendra Maniza, Sulhan Hadi, Abdul Hafiz
Abdi Masyarakat, Volume 2; https://doi.org/10.36312/abdi.v2i2.1600

Abstract:
This community service report is entitled "Social Distancing Socialization for Millennial Generation in Padak Guar Village, Sambalia District, East Lombok Regency". The goal of this commonity service is, first, to raise awareness about the importance of social distancing and physical distancing; secondly, to provide knowledge for people in Padak Guar Village, East Lombok Regency about Covid 19, ways of transmission, symptoms and treatment and thirdly, to provide knowledge about how to carry out daily life activities so that people can meet their daily needs so that their economies remain walk normally. The method applied is face to face and discussion. The results obtained from this Community Service are increasing knowledge for the participants, in this case the people in Padak Guar Village, about the awareness of the importance of social distancing and physical discourse to agains the spread of the corona virus.
Supriadin Supriadin, Muhamad Ikhsan, Syahrir Syahrir
Abdi Masyarakat, Volume 2; https://doi.org/10.36312/abdi.v2i2.1616

Abstract:
Tujuan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah mengenalkan aplikasi E-elearning berbasis Learning Manaement System (LMS) Edmodo kepada guru SDN 19 Ampenan Kota Mataram. Keterampilan penggunaan media sosial yang dimiliki oleh guru diharapkan mempermudah proses pembelajaran dengan menggunakan Edmodo. Metode kegiatan yang dilakukan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah dalam bentuk ceramah, diskusi, dan praktek. Pelatihan akan dilakukan selama 1 hari, pelatihan akan fokus terhadap pengemasan konten pembelajaran, melakukan praktek dan simulasi proses pembelajaran dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada pada Edmodo. Modul pelatihan diberikan kepada peserta sebagai alat bantu dalam kegiatan praktek di kelas. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan di SD Negeri 19 Ampenan yang dihadiri 8 orang guru. Proses evaluasi dilakukan dengan pengisian kuisioner di akhir pelatihan. Hasil evaluasi pelaksanaan Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini menunjukkan bahwa kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman peserta mengenai penggunaan E-learning menggunakan Edmodo serta bermanfaat untuk menunjang proses belajar mengajar yang dilakukan di sekolah. Berdasarkan hasil observasi selama kegiatan, terlihat bahwa aktivitas peserta sangat baik, ini dapat dilihat dari banyaknya indikator-indikator aktivitas pelatihan yang muncul. Begitu juga dengan hasil angket yang diberikan ke peserta di akhir kegiatan, 90 % peserta puas dengan kegiatan ini. Pelaksanaan pelatihan telah dapat mencapai tujuan yang diharapkan, hal ini dapat dilihat dari tugas-tugas yang diberikan kepada peserta dapat diselesaikan dengan baik. Kepada peserta diharapkan hasil pelatihan dapat digunakan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis E-learning menggunakan LMS Edmodo yang sesuai dengan bidang studi yang diajarkan di kelas masing-masing.
Sugianto Sugianto, Kamarudin Kamarudin, Ahmad Hanan, Tawali Tawali
Abdi Masyarakat, Volume 2; https://doi.org/10.36312/abdi.v2i2.1617

Abstract:
Pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan intensive care bahasa Inggris ke pada pemuda dan anak-anak usia menengah atas. Mitra yang kami rangkul dalam kegiatan pengajaran bahasa Inggris ini adalah masyarakat desa menggala jeruk manis. Mitra kami berjarak sekitar seratus enam puluh kilo meter dari pusat kota Mataram. Target dari pelaksanaan pengajaran bahasa Inggris ini adalah untuk membantu masyarakat agar dapat menggunakan bahasa Inggris untuk keperluan di sekolah. Sedangkan luaran yang dihasilkan melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah laporan akhir kegiatan yang mendokumentasikan seluruh tahapan pelaksanaan kegiatan mulai dari awal sampai akhir kegiatan. Mekanisme pelaksanaan kegiatan pengajaran bahasa Inggris transaksional ini dilakukan dengan tiga tahapan penting yang terdiri dari tahapan perencanaan dan koordinasi, tindakan, dan evaluasi. Setiap tahapan pengabdian ini dilakukan secara kolaborasi dengan tim pengabdian ke pada masyarakat.
Back to Top Top