Journal of Educational Review and Research

Journal Information
ISSN / EISSN : 2597-9752 / 2597-9760
Current Publisher: STKIP Singkawang (10.26737)
Total articles ≅ 19
Filter:

Latest articles in this journal

Slamat Fitriyadi, Iip Istirahayu, Sri Mulyani
Journal of Educational Review and Research, Volume 3, pp 71-79; doi:10.26737/jerr.v3i2.2110

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui tingkat minat siswa terhadap permainan tradisional lompat tali; 2) Mengetahui tingkat sikap sportivitas siswa dalam permainan tradisional lompat tali; 3) Mengetahui dan menganalisis pengaruh minat permainan tradisional lompat tali terhadap sikap sportivitas siswa dalam permainan tradisional lompat tali. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain survey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD Negeri 15 Singkawang yang berjumlah 242 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 150 siswa yang diambil dengan teknik sampling Proportionate Stratified random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi non partisipan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif presentase dan statistik inferensial parametris menggunakan bantian aplikasi SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat kemampuan siswa dalam bermain permainan tradisional yaitu sebesar 77,37% dan termasuk dalam kategori sangat tinggi. Hal tersebut dibuktikan dengan menjumlah keseluruhan skor yaitu 4178, kemudian dibagi nilai skor item tertinggi yaitu 36 dan kemudian dikali 100% kemudian dibagi jumlah sampel 150. Dan diperoleh hasil 77,37% dengan kategori sangat tinggi. (2) tingkat kerja sama siswa yaitu sebesar 81,18%. Hal tersebut dibuktikan dengan menjumlah skor sebesar 5358, kemudian dibagi dengan jumlah skor item tertinggi dan kemudian dikali 100% kemudian dibagi sampel 150. Dan diperoleh hasil 81,18% dengan kategori sangat tinggi. (3) bahwa nilai R Square sebesar 0,452 yang artinya pengaruh yang ditimbulkan dari permainan tradisional lompat tali terhadap sikap sportivitas siswa yaitu sebesar 45,2%
Evinna Cinda Hendriana, Anita Wardani
Journal of Educational Review and Research, Volume 3, pp 122-126; doi:10.26737/jerr.v3i2.2170

Abstract:
Jutaan anak- anak telah terkena dampak bencana setiap tahun. Terbukti bahwa partisipasi anak memiliki hasil positif dalam fase penyelamatan, bantuan, dan rehabilitas bencana. Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kesiapsiagaan anak menjadi sangatlah penting, mengingat Indonesia merupakan negara rawan bencana. Langkah strategis yang dapat dilaukan untuk meningkatkan kesiap siagaan anak yaitu dengan memberikan pelatihan tentang penanggulangan bencana. Penanggulangan bencana melibatkan anak dengan memberikan ketrampilan keselamatan dan hidup dasar yang diperlukan untuk aman “get save” dan tetap aman “stay safe” selama bencana berlangsung sehingga siswa dapat terhindar dari dampak bencana, serta dapat membantu dirinya sendiri pada saat terjadi bencana.
Mertika Mertika, Dewi Mariana
Journal of Educational Review and Research, Volume 3, pp 99-104; doi:10.26737/jerr.v3i2.2154

Abstract:
Penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui fenomena game online dikalangan anak sekolah dasar mengenai dampak positif dan negatif game online. Artikel ini merupakan hasil analisis dengan mengkaji literature yang mempunyai kaitan dengan topik pembahasan. Model artikel ini adalah studi literature. Dari hasil analisis dan pengkajian literaur yang dilakukan menunjukkan bahwa, fenomena penggunaan game online dikalangan anak sekolah dasar memiliki dampak postifi dan negatif. Dampak positif game online adalah dapat melatih anak dalam kerjasama, konsentrasi, bahasa inggris, kecepatan, kreativitas, kesenangan, kesabaran, dan mengurangi stress. Sedangkan dampak negatif game online yaitu kecanduan, menimbulkan sikap buruk baik seperti tutur kata yang diucapkan saat bermain dan sikap buruk saat bermain seperti menepuk meja, merampas/mencuri hak orang lain, bermalas-malasan dengan kegiatan lain selain bermain game online.
Fajar Wulandari
Journal of Educational Review and Research, Volume 3, pp 105-110; doi:10.26737/jerr.v3i2.2158

Abstract:
Penelitian ini merupakan penelitian kajian lieratur, yang mengkaji tentang sumber belajar, terutama lingkungan sebagai media belajar bagi siswa di kalangan sekolah dasar. Lingkungan merupakan objek belajar yang dapat dilihat langsung oleh siswa dan dapat ditunjukan kepada siswa secara langsung pula. pemanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar, maka diharapkan dapat membantu dalam peningkatan mutu pembelajaran siswa dalam proses pembelajaran. Sumber belajar sebagaimana diketahui adalah sarana atau fasilitas pendidikan yang merupakan komponen penting guna terlaksananya proses belajar mengajar di sekolah, khususnya di lingkungan anak sekolah dasar. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan oleh peneliti dengan mengumpulkan data sekunder melalui jurnal-jurnal penelitian terdahulu menunjukkan bahwa media ajar melalui lingkungan memberikan rangsangan positif kepada siswa untuk dapat mudah memahami materi ajar khususnya pada materi yang bertema lingkungan dan menunjukkan nilai yang tinggoi pada beberapa jurnal yng dianalisis pada siswa di sekolah dasar
Dwi Pranajaya, Nurhayati Nurhayati, Nindy Citroresmi Prihatingtyas
Journal of Educational Review and Research, Volume 3, pp 86-98; doi:10.26737/jerr.v3i2.2147

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep matematis siswa dalam materi himpunan pada kelas VII SMPN 8 Singkawang. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif berasal dari istilah bahasa inggris to describe yang berarti memaparkan atau menggambarkan sesuatu hal, misalnya keadaan, kondisi, atau hal lain-lain dengan demikian yang dimaksud dengan penelitian deskriptif yang hasilnya dipaparkan dalam bentuk penelitian, dengan pendekatan kualitatif. Instrumen penelitian yang dilakukan peneliti adalah berkaitan dengan teknik pengumpulan data yang digunakan, maka alat pengumpulan data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis. Pengumpulan data melalui teknik tes dilakukan dengan memberikan instrumen tes yang terdiri dari seperangkat pertanyaan atau soal berupa soal tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan angket minat belajar untuk memperoleh kemampuan siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif, sehingga analisis data pengamatan penelitian ini juga diolah dengan analisis deskriptif untuk menggambarkan serta mendeskripsian keadaan pemahaman konsep matematis siswa dalam materi himpunan. Hasil penelitian Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dari 30 siswa dan hasil yang dilakukan peneliti di SMPN 8 Singkawang dengan kemampuan pemahaman konsep masuk dalam kategori tinggi dan minat belajar siswa masuk dalam kategori sedang.
Shirajuddin Shirajuddin, Eka Murdani, Intan Kusumawati
Journal of Educational Review and Research, Volume 3, pp 80-85; doi:10.26737/jerr.v3i2.2146

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran peningkatan pemahaman konsep siswa setelah diterapkan model pembelajaran POEW pada materi kalor dan perpindahannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre eksperimental design dengan rancangan one-group pre test-post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 5 Singkawang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XA dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Peningkatan pemahaman konsep siswa diukur dengan menggunakan alat ukur tes yang berjumlah 14 soal pilihan ganda yang sebelumnya telah validasi. Dari hasil analisis N-gain, diperoleh peningkatan pemahaman konsep sebesar 0,62 dengan kriteria sedang.
Dian Mayasari, Iip Istirahayu, Katarina Mawarni
Journal of Educational Review and Research, Volume 3, pp 111-115; doi:10.26737/jerr.v3i2.2155

Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemandirian anak usia dini di TK Negeri Pembina Singkawang dan hubungan pola asuh orang tua terhadap kemandirian anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel penelitian berjumlah 20 orang tua anak di TK Negeri Pembina Singkawang yang diambil secara acak yaitu dari Kelas TK B1 dan kelas TK B2. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Tingkat kemandirian anak usia dini di TK Negeri Pembina Singkawang pada kategori sangat tinggi sebanyak 2 orang dengan persentase 20%, kategori tinggi sebanyak 12 orang dengan persentase 60%, kategori sedang sebanyak 6 orang dengan persentase 30%, kategori rendah dengan persentase 0% dan kategori sangat rendah dengan persentase 0%. Hasil perhitungan korelasi product moment menunjukkan rxy = 0,37, hal ini menunjukkan terdapat hubungan antara pola asuh orang tua dengan kemandirian anak usia dini di TK Negeri Pembina Singkawang.
Rini Setyowati, Anita Wardani
Journal of Educational Review and Research, Volume 3, pp 116-121; doi:10.26737/jerr.v3i2.2169

Abstract:
Kunci utama dalam keberhasilan praktek pendidikan inklusi adalah peran dan tanggung jawab guru prasekolah. Tindakan yang efektif dalam pengaturan inklusi harus disadari oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi persepsi guru prasekolah tentang peran mereka dalam konteks pendidikan inklusi. Peserta adalah 20 guru prasekolah yang memiliki setidaknya satu siswa berkebutuhan khusus dikelas. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara semi-terstruktur dengan para guru. Hasilnya adalah guru mengetahui peran dan tanggung mereka dalam pendidikan inklusif, namun mereka memiliki kekurangan yang signifikan dalam pengetahuan dan strategi memadai yang digunakan untuk memenuhi peran mereka. Penelitian ini diharapkan mampu berkontribusi dalam menggali pandangan guru prasekolah terhadap peran mereka dalam konteks pendidikan inklusif serta meningkatkan pengetahuan dan strategi guru dalam memenuhi peran tersebut. disimpulkan bahwa guru kurang memiliki pengetahuan, kesadaran dan keterampilan tentang sifat dan persyaratan pendidikan inklusi. Guru harus dibimbing mengenai peran yang harus mereka jalankan dalam lingkungan inklusif dan keterampilan yang dibutuhkan dalam pelaksanaanya.
Mauluda Nurhidayah, Fitri Fitri, Sri Mulyani
Journal of Educational Review and Research, Volume 3, pp 1-5; doi:10.26737/jerr.v3i1.2014

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Perencanaan, pelaksanaan, dan hasil memberikan tanggapan melalui strategi pembelajaran the power of two pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Selakau. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode kualitatif deskriftif. Data penelitian berupa proses pembelajaran memberikan tanggapan dan hasil belajar siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran the power of two. Teknik pengumpulan data menggunakan pengukuran dan observasi. Prosedur penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan langkah-langkah: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) 0bservasi, (4) refleksi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran the power of two dalam penelitian tindakan kelas dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran berbicara memberikan tanggapan. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dan kegiatan dalam partisipasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Kinerja guru dalam mengelola pembelajaran terus meningkat dari 75% pada siklus 1 menjadi 85,72 % pada siklus 2. Nilai kegiatan aktivitas siswa di kelas mengikuti proses pembelajaran pada siklus 1 mencapai 74,33% meningkat menjadi 83,33% pada siklus 2. Peningkatan belajar siswa dapat diketahui setelah membandingkan hasil, sebelumnya pada keterampilan berbicara hanya mencapai 40%, setelah mendapat tindakan siklus I persentase ketuntasan menjadi 60%. Terjadi peningkatan pada siklus II yaitu 85% mencapai pada peningkatan yang diharapkan.
Venita Utari, Mardian Mardian, Gunta Wirawan
Journal of Educational Review and Research, Volume 2, pp 82-86; doi:10.26737/jerr.v2i2.1997

Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui stratifikasi sosial yang terdapat dalam novel Negeri di Ujung Tanduk Karya Tere Liye.Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi sebagai berikut: (1) pendeskripsian kelas sosial dalam novel Negeri di Ujung Tanduk Karya Tere Liye; (2) pendeskripsian status sosial dalam novel Negeri di Ujung Tanduk Karya Tere Liye; (3) pendeskripsian kekuasaan dalam novel Negeri di Ujung Tanduk Karya Tere Liye;dan(4) pendeskripsian implementasi rencana pembelajaran di sekolah.Metode penelitian ini adalah metode deskriptif dengan bentuk kualitatif.Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologi sastra.Sumber data penelitian ini yaitu novel Negeri di Ujung Tanduk Karya Tere Liye.Data dalam penelitian ini yaitu berupa kata, frasa, dan kalimat.Teknik analisis data meliputi pengklasifikasian, penginterpretasian, dan penyimpulan.Berdasarkan hasil analisis dari Negeri di Ujung Tanduk maka dapat disimpulkan: (1)kelas sosial terdapat 11 kutipan yang terdiri dari pendidikan, ekonomi;(2) Status Sosial terdapat 12 kutipan yang terdiri dari status bawaan, simbol status, peran; (3) kekuasaan terdapat 10 kutipan yang berhubungan dengan bidang politik; (4) implementasi rencana pembelajaran di sekolah dapat diterapkan pada sekolah SMA kelas XII semester 1, pengajaran tentang novel yang meliputi standar kompetensi mendengarkan: 5. Memahami bentuk penggalan novel dengan kompetensi dasar 5.1 menjelaskan unsur intrinsik penggalan novel dengan menggunakan metode Jigsaw.
Back to Top Top