JPMB : Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter

Journal Information
ISSN / EISSN : 2622-5387 / 2622-6928
Total articles ≅ 25
Filter:

Latest articles in this journal

Ahmad, Habib Ratu Perwira Negara, Malik Ibrahim, Desventri Etmy
JPMB : Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, Volume 3, pp 66-79; doi:10.36765/jpmb.v3i1.224

Abstract:
Tujuan dari kegaitan pelatihan agar guru bisa melakukan pembelajaran secara online melalui rumah tanpa tatap muka langsung dengan siswa. Langkah langkah yang dilakukan dalam pelatihan ini adalah pertama, menerapkan protokol Kesehatan sebelum, ketika dan sesudah melakukan pelatihan. Kedua, memperkenalkan tentang pembelajaran daring. Ketiga, menjelaskan tentang google classroom dan cara penggunaannya. Dan keempat praktik pengunaan google classroom. Dari pelaksaan yang dilakukan di dapatkan hasil bahwa peserta pelatihan dapat memahami materi dengan baik.
Lelisari, Imawanto, Rukimin
JPMB : Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, Volume 3, pp 80-89; doi:10.36765/jpmb.v3i1.223

Abstract:
Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan memberikan pemahaman kepada warga perumahan Grand Muslim kluster Istanbul, Desa Terong Tawah Kabupaten Lombok Barat tentang pentingnya pengawasan berbasis RT untuk mengurangi penyebaran Covid-19. Adapun usaha dalam mengurangi penyebaran Covid-19 telah dilakukan hal-hal sebagai berikut: membuat spanduk/ papan informasi terkait dengan aturan untuk memasuki kawasan perumahan Grand Muslim kluster Istanbul, melakukan pedampingan kepada ketua RT 03 dalam membentuk tim pengawasan di kluster Istanbul perumahan Grand Muslim, melakukan penyemprotan dengan menggunakan disenfektan di Mesjid Jami’ Annur dan perumahan warga di kluster Istanbul perumahan Grand Muslim, membuat tempat cuci tangan dan sabun cair kepada warga, tahap terakhir adalah pembagian masker kepada warga.
Kiki Riska Ayu Kurniawati, Farah Heniati Santosa, Samsul Bahri
JPMB : Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, Volume 3, pp 58-65; doi:10.36765/jpmb.v3i1.225

Abstract:
Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan kemampuan dalam mengantisipasi penyebaran covid-19. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah sosialisasi hidup bersih untuk mengantisipasi pencegahan penyebaran virus, menyediakan tempat cuci tangan dan cara melakukan penyemprotan. Adapun jumlah peserta adalah warga BTN Grand Muslim Cluster Istanbul Desa Terongtawah Kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok Barat yang berjumlah 40 KK. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah warga BTN Grand Muslim Cluster Istanbul Desa Terongtawah Kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok Barat memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk mengantisipasi penyebaran covid-19 serta lebih waspada dan tenang dalam menghadapi pandemi yang sedang berlangsung.
Gilang Primajati, Agus Sofian Eka Hidayat
JPMB : Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, Volume 3, pp 26-35; doi:10.36765/jpmb.v3i1.217

Abstract:
: Pengabdian ini dilaksanakan atas kerjasama antara pihak dusun Barong Birak dan organisasi kepemudaan/kerelawanan (OKP) yang ada di Pulau Lombok. Kegiatan pengabdian Sosialisasi Gempa dan Bale Terpadu (BATU) adalah sebuah konsep yang ditujukan bagi masyarakat desa pasca terjadinya gempa bumi Lombok yang diperuntukkan bagi anak-anak & pemuda usia sekolah dalam rangka pengetahuan tentang mengendalikan risiko dan trauma healing. BATU di dusun Barong Birak sebagai wahana untuk memberikan motivasi, akses informasi, keahlian, ilmu dan wawasan tambahan kepada masyarakat desa akan pentingnya pendidikan dan keterampilan untuk menatap dan merajut kembali masa. Metode yang digunakan adalah metode langsung dengan tatap muka dalam sosialisasi dan kelas-kelas motivasi kepada anak-anak usia sekolah dasar dan kelas-kelas keahlian bagi pemuda dan masyarakat seperti pelatihan computer dan bahasa inggris. Hasil yang diperoleh sangat antusiasnya anak-anak usia sekolah dasar mengikuti kelas-kelas motivasi pasca trauma gempa yang menjadi momok kehidupan mengingat berkurangnya motivasi untuk menatap masa depan. Untuk pemuda dan masyarakat pada umumnya sangat sulit untuk diakomodir karena keperluan mereka untuk bekerja memenuhi kebutuhannya masing-masing. Akan tetapi kami memanfaatkan waktu hari libur atau sore hari setelah mereka pulang bekerja untuk mengikuti kegiatan ini.
Alma Agustin, Indri Meirista, Frayuda Sistradinata Edwar, Friska Ayuningtias, Lesra Indriani
JPMB : Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, Volume 3, pp 52-57; doi:10.36765/jpmb.v3i1.221

Abstract:
Tujuan Pengabdian masyarakat dilakukan untuk dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat terhadap perilaku hidup bersih di Dusun Lopak Sepang, Desa Tebat Patah, Kecamatan Taman Rajo, Kabupaten Muaro Jambi. Pemilihan Desa Tebat Patah sebagai tempat pengabdian dikarenakan desa ini, memiliki kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) yang cukup tinggi yaitu 86 kasus. Metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah DBD tersebut yaitu: 1. Peninjauan lingkungan. 2. Edukasi masyarakat melalui penyuluhan secara door to door terkait pencegahan dan penanggulangan DBD, seperti perilaku hidup bersih dan sehat, melakukan gerakan pemberantasan sarang nyamuk dengan 3M (menguras, menutup, membuang). 3. Pembagian bubuk larvasida kepada warga dan menjelaskan cara pemakaian serta manfaat bubuk larvasida tersebut. Masyarakat sangat antusian saat dilakukan penyeluhhan ditandai interaksi tanya jawab mengenai DBD dan pembagian larvasida secara gratis serta meningkatkan pemahaman serta kesadaran terhadap pentingnya hidup bersih dan sehat.
Ainin Amini, Abdurrahman Abdurrahman, Syaharuddin Syaharuddin, Johriah Rizky Eka Tuningsih, Julianti Agustina
JPMB : Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, Volume 3, pp 10-16; doi:10.36765/jpmb.v3i1.99

Abstract:
Abstrak: Generasi emas merupakan target pemerintah Indonesia yang harus dicapai pada tahun 2045. Oleh sebab itu, berbagai upaya terus dilakukan oleh setiap kalangan termasuk dosen dan mahasiswa. Tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk meningkatkan motivasi belajar sebanyak 15 siswa yang bersekolah di daerah tertinggal. Kegiatan dilaksanakan selama 3 tahapan yakni pengenalan, bermain, dan pemberian motivasi dan reward. Selama pelaksanaan kegiatan, siswa sudah menunjukkan motivasi dan antusiasme yang cukup tinggi, sebanyak 98% siswa merasa terinspirasi untuk tetap bersekolah dengan baik demi tercapai cita-cita yang mereka sampaikan saat kegiatan berlangsung. Gold generation is the Indonesian government target to be achieved in the year 2045. Therefore, various efforts continue to be done by every circle including lecturers and students. The purpose of this activity is to improve the motivation of learning as many as 15 students attending the disadvantaged areas. The activity is conducted for 3 phases namely introduction, play, and giving motivation and reward. During the implementation of the activities, students have demonstrated high motivation and enthusiasm, as many as 98% of students feel inspired to stay well in school to achieve the goals they convey during the activity
Imtihanatun Najahah
JPMB : Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, Volume 3, pp 1-09; doi:10.36765/jpmb.v3i1.75

Abstract:
Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada ibu yang memiliki balita usia 0-23 bulan tentang pertumbuhan balita dan untuk mengetahui pertumbuhan anak usia 0-23 bulan di Wilayah Kerja UPT BLUD Puskesmas Kuripan. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode penyuluhan dan pemeriksaan pertumbuhan balita. Sasaran pengabdian adalah ibu yang memiliki anak usia 0-23 bulan yang berada di Wilayah Kerja UPT BLUD Puskesmas Kuripan yaitu sejumlah 30 orang, kegiatan diselesaikan dalam tiga tahapan kegiatan yaitu pre test, pelaksanaan dan post test. Selanjutnya dilakukan pemeriksaan pertumbuhan pada balita mencakup pemeriksaan berat badan, panjang/tinggi badan dan lingkar kepala balita. Hasil kegiatan penyuluhan pertumbuhan pada balita yaitu terjadi peningkatan rata-rata hasil pre test dan post test, yaitu dari rata-rata 54,33 meningkat menjadi rata-rata 67,67. Adapun untuk pemeriksaan pertumbuhan balita meliputi berat badan balita rata-rata berada pada Z score -0.659, panjang/tinggi badan balita rata-rata berada pada Z score -2.163 dan lingkar kepala balita rata-rata berada pada Z score -1.0047. Dari hasil pengabmas ini dapat disimpulkan terdapat peningkatan tingkat pengetahuan ibu setelah dilakukan penyuluhan, berat badan balita rata-rata normal, panjang/tinggi badan balita rata-rata pendek atau stunting dan rata-rata lingkar kepala balita berada dalam kondisi normal.
Yudin Citriadin, Yunita Marliana, Kiki Riska Ayu Kurniawati
JPMB : Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, Volume 3, pp 36-42; doi:10.36765/jpmb.v3i1.219

Abstract:
Pengelolaan pariwisata memerlukan dukungan dan kerjasama dari semua pihak, dengan fungsi dan perannya masing-masing. Pemerintah, masyarakat dan pihak swasta adalah kekuatan utama yang akan menguatkan pengembangan pariwisata. Pengelolaan kepariwisataan alam harus lebih mengedepankan segi kualitas dibandingkan kuantitas. Obyek dan daya tarik wisata yang berkualitas dapat dikembangkan dan dipasarkan sesuai dengan segmen wisatawan yang cocok, maka berbagai kelemahan yang selama ini dirasakan dalam kepariwisataan dapat dipecahkan. Tujuan pengabdian ini adalah menjelaskan pengelolaan kolaboratif kepariwisataan alam di Kabupaten Dompu. Metode pelaksanaan kegiatan adalah dengan cara melakukan penyuluhan dan edukasi terhadap pelaku jasa pariwisata. Hasil yang diperoleh adalah meningkatnya pemahaman pengelola jasa pariwisata dan memperkenalkan pariwisata alam yang ada di Kabupaten dompu secara meluas (nasional dan Internasional).
Debby Ummul Hidayah, Dias Ayu Budi Utami, Eka Tripustikasari Tripustikasari, Siti Alvi Sholikhatin, Pungkas Subarkah, Ruly Niko Dwi Putra
JPMB : Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, Volume 3, pp 17-25; doi:10.36765/jpmb.v3i1.165

Abstract:
Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini untuk memberikan keterampilan juga kemampuan dan mewujudkan program pokok PKK dalam melestarikan lingkungan hidup khususnya limbah plastik dengan pemanfaatan teknologi informasi yaitu penggunaan video tutorial sebagai media pembelajaran. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah dengan berbasis kelompok sebagai media belajar dan pendampingan, perencanaan serta monitoring. Adapun jumlah peserta yang hadir dalam kegiatan pengabdian ini sebanyak 23 orang terdiri dari ibu-ibu PKK Desa Rabak. Hasil dari pengabdian ini adalah ibu-ibu PKK Desa Rabak memiliki ilmu dan kemampuan untuk mengembangkan keterampilan dalam membuat bunga hias dari sampah plastik.
Mohammad Najib Rodhi, Abdurrahman, Raden Bagus Faisal Irany Sidharta, Irwan Cahyadi
JPMB : Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, Volume 3, pp 43-51; doi:10.36765/jpmb.v3i1.218

Abstract:
Pelatihan ini bertujuan untuk menumbuhkan motivasi kerja dan meningkatkan kemampuan dalam membuat pembukuan pada pemilik dan karyawan di Rumah Makan Taliwang 1 Cakranegara. Metode yang digunakan adalah dengan cara pemberian pelatihan tentang semangat motivasi kerja terhadap 15 karyawan dan menggunakan sistem melalui pendampingan pada karyawan. Tahapan yang dilakukan adalah tahap presentasi pelatihan, analisa, praktek dan evaluasi atas materi yang telah di sampaikan.Hasil Pengabdian ini menunjukkan bahwa motivasi karyawan meningkat setelah diberikan semangat motivasi oleh pemateri dengan ditunjukkan oleh antusiasme karyawan/partisipan dalam menceritakan masalah yang dihadapi selama berkerja dan usahanya dalam mencari solusi dari setiap masalah.Selain itu karyawan juga mampu meningkatkan kesadaran dan kemampuan softskill mereka dalam membuat pembukuan menggunakan system Ms.Office agar bekerja menjadi lebih efisien, dapat menghemat waktu dan meminimalisir kesalahanditunjukkan dengan hasil evaluasi praktek menyatakan karyawan sudah bisa menerapkan metode tersebut.
Back to Top Top