Jurnal Buana Akuntansi

Journal Information
ISSN / EISSN : 2528-1119 / 2580-5452
Total articles ≅ 74
Filter:

Latest articles in this journal

Imam Abu Hanifah, Agus Sholikhan Yulianto
Jurnal Buana Akuntansi, Volume 7, pp 1-16; https://doi.org/10.36805/akuntansi.v7i2.2211

Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh antara kompleksitas produk dan kualitas komunikasi terhadap IOCM dan OBA. Penelitian sebelumnya telah dilakukan di negara-negara lain seperti di Negara-negara Eropa dan Amerika. Penelitian terkait tema ini tidaklah banyak dilakukan oleh peneliti lain, dan penelitian ini merupakan satu dari sedikit penelitian yang memberikan bukti empiris pada hubungan IOCM dan OBA yang disebabkan oleh kompleksitas produk dan kualitas komunikasi. Penelitian ini fokus pada perusahaan di Indonesia yang berusaha meningkatkan kompetitifnya. Metode yang digunakan dengan mengumpulkan data survey yang dilakukan kepada para manajer tingkat menengah pada perusahaan yang terdaftar di Kementerian atau Dinas Perindustrian. Pengambilan sampel dengan metode purpossive sampling, dan metode analisis data mengunakan SEM Partial Least Square (PLS). Uji kualitas meliputi uji reliabilitas dan uji validitas dengan software Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompleksitas produk dan kualitas komunikasi berpengaruh terhadap IOCM dan OBA. Temuan lain juga menunjukkan bahwa praktek IOCM akan berpengaruh pada pelaksanaan OBA. Pembuatan produk yang sesuai dan rumit, disertai dengan informasi yang lengkap dan memadai secara empiris dapat mempengaruhi peningkatan pelaksanaan IOCM dan OBA. Semoga hasil penelitian ini memberikan manfaat bagi perkembangan ilmu akuntansi di Indonesia.
Dian Fitria, Ade Elsa Betavia
Jurnal Buana Akuntansi, Volume 7, pp 29-38; https://doi.org/10.36805/akuntansi.v7i1.2115

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari pendidikan etika dan religiusitas dalam pengambilan keputusan audit. Data yang di gunakan adalah data primer yang di peroleh dari 176 mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Padang. Analisis yang regresi linier berganda untuk menguji hipotesis yang di ajukan. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh religiusutas dan pendidikan etika dalam pengambilan keputusan Audit. Pendidikan etika mampu mengenaralisasikan keputusan audit. Keberadaan pendidikan etika yang diberikan pada mahasiswa akuntansi semester akhir mampu menurunkan dilema etika dalam pengambilan keputusan audit. Disisi lain, religiusitas masih belum mampu memberikan pengaruh yang signifikan dalam pengambilan keputusan audit.
Nabila Putri Maharani, Yenni Khristiana
Jurnal Buana Akuntansi, Volume 7, pp 83-96; https://doi.org/10.36805/akuntansi.v7i1.2176

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari profitabilitas, leverage, komite audit, dan kepemilikan institusional terhadap integritas laporan keuangan. Integritas laporan keuangan didefinisikan sebagai sejauh mana laporan keuangan yang disajikan menunjukkan informasi yang benar dan jujur. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018 – 2020. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian yaitu 19 perusahaan dengan 57 sampel yang didapat melalui metode purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil uji yang telah dilakukan, diketahui bahwa (1) profitabilitas berpengaruh terhadap integritas laporan keuangan, (2) leverage berpengaruh terhadap integritas laporan keuangan, (3) komite audit berpengaruh terhadap integritas laporan keuangan, (4) kepemilikan institusional tidak berpengaruh terhadap integritas laporan keuangan.
Dian Fitria Handayani, Ade Elsa Betavia
Jurnal Buana Akuntansi, Volume 7, pp 29-38; https://doi.org/10.36805/akuntansi.v7i1.2216

Abstract:
Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh dari pendidikan etika dan religiusitas dalam pengambilan keputusan audit. Sampel pada penelitian sebanyak 176 mahasiswa akuntansi dari Universitas Negeri Padang. Data diuji menggunakan regresi linier berganda. Penelitian ini menemukan bukti bahwa Pendidikan etika mampu mengenaralisasikan keputusan audit. Keberadaan pendidikan etika yang diberikan pada mahasiswa akuntansi semester akhir mampu menurunkan dilema etika dalam pengambilan keputusan audit. Disisi lain, religiusitas masih belum mampu memberikan pengaruh yang signifikan dalam pengambilan keputusan audit. Keyword: pendidikan etika, religiusitas, keputusan Audit, Profesi Akuntan
Warseno, Dharmendra, Susmita Handayani
Jurnal Buana Akuntansi, Volume 7, pp 39-62; https://doi.org/10.36805/akuntansi.v7i1.2103

Abstract:
Penelitian ini menguji pengaruh return on equity, current ratio dan penilaian lingkungan hidup terhadap nilai perusahaan dengan price earnings ratio sebagai variabel intervening yang di fokuskan pada perusahaan yang menerapkan akuntansi akresi pada tahun 2010-2015. Menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan tahunan perusahaan dan laporan kinerja lingkungan yang dipublikasikan oleh kementrian lingkungan hidup. Hasil proses seleksi sampel memperoleh 89 sampel yang terdiri dari 22 perusahaan. Metode analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil analisis menunjukkan current ratio berpengaruh terhadap price earnings ratio dan return saham, penilaian lingkungan hidup berpengaruh terhadap price earnings ratio tetapi penilaian lingkungan hidup tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham. Sedangkan return on equity tidak mampu mempengaruhi variabel price earnings ratio dan return saham.
Dedi Supriadi
Jurnal Buana Akuntansi, Volume 7, pp 17-28; https://doi.org/10.36805/akuntansi.v7i2.2212

Abstract:
Penelitian tentang koperasi karyawan kharisma karawang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh beban usaha terhadap sisa hasil usaha pada Koperasi Karyawan Kharisma Karawang tahun 2014-2018. Penelitian ini menggunakan metode eksplanatori yang bertujuan untuk menguji teori atau hipotesis hasil penelitian yang sudah ada dengan menjelaskan hubungan antara dua atau lebih gejala atau suatu hipotesis. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan yang diterbitkan oleh Koperasi Karyawan Kharisma Karawang tahun 2014-2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, studi kepustakaan dan internet browsing. Variabel penelitian yang difungsikan sebagai independen variabel adalah beban usaha, kemudian yang dijadikan sebagai variabel dependen adalah sisa hasil usaha. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa beban usaha tidak berpengaruh signifikan terhadap sisa hasil usaha, dengan demikian bahwa terjadi penolakan Ha atau penerimaan H0 yang berarti menunjukan tidak adanya pengaruh variabel beban usaha yang signifikan terhadap variabel sisa hasil usaha. Beban usaha memberikan pengaruhnya sebesar 39,7% terhadap sisa hasil usaha pada koperasi karyawan kharisma karawang, sedangkan sisanya 61,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini.
Neneng Sri Suprihatin Neneng, Nikke Yusnita Mahardini
Jurnal Buana Akuntansi, Volume 7, pp 63-82; https://doi.org/10.36805/akuntansi.v7i1.1809

Abstract:
Tujuan Penelitian ini untuk membuktikan pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung dari Related Party Transaction, Inventory Intensity, dan Kepemilikan Mayoritas terhadap Agresivitas Pajak melalui Manajemen Laba pada perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan jenis data yang digunakan adalah data sekunder pada laporan keuangan atau laporan tahunan yang dipublikasikan oleh perusahaan di Bursa Efek Indonesia. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode purposive sampling dan kriteria perusahaan terpilih menjadi 8 sampel yang berarti ada 48 data yang dapat dianalisis. Data dianalisis dengan SPSS versi 25, analisis data yang digunakan regresi berganda untuk melihat pengaruh langsung dan uji sobel untuk melihat ada tidaknya hubungan tidak langsung melalui manajemen laba. Dari hasil penelitian ini hanya tiga hipotesis yang diterima sementara tujuh lainnya ditolak. Related Party Transaction, Inventory Intensity, dan Kepemilikan Mayoritas tidak berpengaruh terhadap Manajemen Laba; Related Party Transaction, Inventory Intensity dan Kepemilikan Mayoritas berpengaruh terhadap Agresivitas Pajak; Manajemen Laba tidak berpengaruh terhadap Agresivitas Pajak. Dan tidak ada pengaruh Related Party Transaction, Inventory Intensity dan Kepemilikan Mayoritas terhadap Agresivitas Pajak melalui Manajemen Laba dan Manajemen Laba ditolak sebagai variabel intervening. Kata Kunci: Related Party Transaction, Inventory Intensity, Kepemilikan Mayoritas, Agresivitas Pajak, dan Manajemen Laba
Irfan Alfiansyah, Arif Afriady
Jurnal Buana Akuntansi, Volume 7, pp 97-105; https://doi.org/10.36805/akuntansi.v7i1.2213

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisi pengaruh penerapan sistem pengendalian intern pemerintah, kompensasi, dan religiusitas terhadap pencegahan fraud di BPKA Kota Bandung. Data penelitian yang diperoleh dari hasil pengumpulan kuisioner sebanyak 26 responden yang merupakan pegawai di BPKA Kota Bandung. Metode analisis penelitian ini dilakukan dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pengendalian intern pemerintah dan religiusitas berpengaruh positif terhadap pencegahan fraud, sedangkan kompensasi tidak berpengaruh terhadap pencegahan fraud. Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset (BPKA) Kota Bandung diharapkan agar menjaga dan meneruskan penerapan sistem pengendalian internal pemerintah dan religiusitas karena telah terbukti dapat meningkatkan upaya pencegahan fraud sehingga kemungkinan terjadinya tindakan fraud semakin berkurang. Dengan adanya program-program dan penerapan standar kerja yang berlaku bagi seluruh pegawai Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Kota Bandung agar menjaga kedisiplinan dan senantiasa melindungi diri dari tindakan fraud.
Yenny Muliawaty
Jurnal Buana Akuntansi, Volume 6, pp 30-48; https://doi.org/10.36805/akuntansi.v6i2.1790

Abstract:
Penelitian ini menguraikan mengenai fenomena yang melibatkan konsultan pajak dalam beberapa kasus pelanggaran etika, salah satu kasus pada tahun 2020 yang dimana merugikan negara sebesar Rp 19,966 miliar lebih hal yang dilakukan oleh pihak konsultan pajak ialah membuatkan faktur pajak fiktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui perbedaan konsultan pajak yang memiliki sifat Machiavellian tinggi atau rendah dan kecenderungan internal atau eksternal locus of control terhadap pengambilan keputusan etis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu eksperimen dengan desain faktorial 2x2 between subject. Partisipan yang berpartisipasi dalam penelitian eksperimen ini adalah konsultan pajak yang terdaftar di Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI) cabang Surabaya. Data yang diperoleh dari eksperimen dianalisis dengan uji One Way ANOVA. Hasil ekpserimen menunjukkan bahwa semakin tinggi sifat Machiavellian yang dimiliki konsultan pajak maka keputusan yang akan diambil semakin tidak etis. Sebaliknya, semakin rendah sifat Machiavellian yang dimiliki konsultan pajak maka keputusan yang akan diambil semakin etis. Seseorang dengan locus of control tinggi yang memiliki kecenderungan internal locus of control akan lebih cenderung mengambil keputusan etis dibandingkan seseorang dengan locus of control rendah yang memiliki kecenderungan eksternal locus of control.
Glaudiana M Usatnoby, Nur Ida Iriani, Ahmad Mukoffi
Jurnal Buana Akuntansi, Volume 6, pp 49-62; https://doi.org/10.36805/akuntansi.v6i2.1455

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi sistem penjualan yang diterapkan pada Wewe travel. Penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi masukan bagi manajemen perusahaan travel agar bisa membuat evaluasi sistem penjualan yang benar. Dalam penelitian ini peneliti akan membandingkan sistem penjualan yang sedang berjalan dan dan sistem yang diusulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi sistem penjualan yang sudah diterapkan memang belum sesuai dengan prosedur yang ada sehingga harus ada suslan sistem. Dengan adanya usulan sistem maka evaluasi sistem penjualan bisa berjalan dengan baik dan juga lebih efektif dan efisien.
Back to Top Top