Cendekiawan

Journal Information
ISSN / EISSN : 2685-6271 / 2685-595X
Published by: STKIP MBB PRESS (10.35438)
Total articles ≅ 38
Filter:

Latest articles in this journal

Nisa Awaliyah, Mohammad Fahmi Nugraha,
Published: 30 December 2021
Cendekiawan, Volume 3, pp 124-133; https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v3i2.205

Abstract:
Berdasarkan masalah pada proses pembelajaran tersebut maka melalui penerapan media pembelajaran kartu kuartet diharapkan mampu meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi gaya kelas IV SDN 1 Linggawangi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen, desain yang digunakan quasi experimental dengan one-group pretest-posttest. Penelitian dilakukan di SDN 1 Linggawangi dengan populasi 20 orang siswa denga menggunakan sampel jenuh dengan membagi siswa kedalam dua kelas yaitu kelas kontrol sepuluh siswa dan kelas eksperimen sepuluh siswa. teknik pengumpulan data yaitu dengan melakukan observasi, wawancara tidak tersetruktur, dokumentasi, nilai. validitas instrumen peneliti melakukan expert judgement. Hasil yang didapat Pada siswa kelas eksperimen saat proses pembelajaran berlangsung siswa menjadi fokus dan antusias dalam mengikuti proses pembelajaran dan berpengaruh pada prestasi belajar siswa dengan hasil yang diperoleh dari nilai rata-rata posttest dengan adanya peningkatan lebih besar dari kelas kontrol yaitu 83,5 > 61,5.
Sendi Debiyanto Sutardi, , Anggia Suci Pratiwi
Published: 30 December 2021
Cendekiawan, Volume 3, pp 92-105; https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v3i2.221

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation berbantuan praktikum sederhana terhadap prestasi belajar siswa materi suhu dan kalor di kelas V SDN 3 Cibalong. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design dengan desain penelitian yang digunakan yaitu Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 3 Cibalong dengan populasi siswa kelas V SDN 3 Cibalong yang berjumlah 28 orang. Sampel yang digunakan adalah total sampling dengan pengambilan sampel dengan cara simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan pretest dan posttest kemudian data dianalisis dengan menggunakan aplikasi SPSS 25. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSS 25, diperoleh sig. (2-tailed) 0,004, sehingga sig. (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,004 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan dan H_0 ditolak. Untuk t hitung yang diperoleh yaitu 3,203 yang berada pada wilayah yang positif. Dengan demikian 3,203 > 2,05553 sehingga H_0 ditolak. Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 88,29 dan nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 81,43. Sehingga 88,29 > 81,43. Maka model pembelajaran Group Investigation berbantuan praktikum sederhana berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa kelas V SDN 3 Cibalong pada materi suhu dan kalor mata pelajaran IPA.
Putri Handayani Kholidi
Published: 30 December 2021
Cendekiawan, Volume 3, pp 106-115; https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v3i2.223

Abstract:
Data menunjukkan bahwa kemampuan literasi membaca Indonesia tidak jauh berbeda dengan PISA. Secara keseluruhan, di antara 61 negara peserta survei, literasi membaca Indonesia menempati urutan ke-60 dalam hal literasi membaca. Menurut hasil Program Evaluasi Nasional Indonesia 2016 yang dilakukan oleh Pusat Penelitian Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, data menunjukkan bahwa rata-rata nasional sebaran literasi membaca siswa Indonesia adalah 46,83%. Hanya 6 0,06% termasuk kategori baik dan 47,11 termasuk kategori cukup. Hal ini mendorong peneliti dan pendidik untuk menggali metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan literasi membaca minimal. Penelitian ini akan fokus pada bagaimana metode numbering dapat meningkatkan motivasi dan kemampuan membaca peserta didik. Penelitian ini dilakukan melalui penelitian mendalam terhadap literatur-literatur terkait dengan numbered heads together yang diterbitkan baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Temuan utama dari penelitian ini adalah berkumpulnya sejumlah orang secara bersama-sama dapat merangsang semangat peserta didik, karena dapat meningkatkan kerjasama dan memberikan kesempatan untuk berbagi ide dan mempertimbangkan jawaban yang benar.
Hevitria, Yuanita, Ayen Arsisari
Published: 30 December 2021
Cendekiawan, Volume 3, pp 116-123; https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v3i2.228

Abstract:
Dalam hal ini peneliti meneliti tentang pengaruh model pembelajaran berbasis masalah tipe means ends analysis (MEA) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah tipe Means ends analysis (MEA) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experimental desain. Adapun desainnya menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 6 Pangkalpinang dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah tipe Means ends analysis (MEA) dan model konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 6 Pangkalpinang yang berjumlah dua kelas, sampel dipilih dengan teknik pengambilan purposive sampling. Subjek penelitian ini adalah kelas V SD yang terdiri dari kelas VA berjumlah 32 orang dan kelas V B berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan berpikir kritis berbentuk uraian. Berdasarkan hasil perhitungan dengan uji pooled the variance diperoleh bahwa = 7,865 > = 1,694. Maka dapat disimpulkan H1 diterima, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah tipe Means ends analysis (MEA) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis di kelas V SD Negeri 6 Pangkalpinang.
Annisa Rachmawati, Minsih
Published: 29 December 2021
Cendekiawan, Volume 3, pp 79-91; https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v3i2.216

Abstract:
Tujuan dilakukan penelitian ini adalah: 1) Menjelaskan tahapan pembelajaran di SD Muhammadiyah Alam Surya Mentari Surakarta. 2) Menjelaskan tahapan Belajar Bersama Alam sebagai bentuk penerapan ekoliterasi di SD Muhammadiyah Alam Surya Mentari Surakarta. 3) Menjelaskan peran guru dalam pelaksanaan Belajar Bersama Alam sebagai bentuk penerapan ekoliterasi di SD Muhammadiyah Alam Surya Mentari Surakarta. 4) Menjelaskan kendala pelaksanaan Belajar Bersama Alam sebagai bentuk penerapan ekoliterasi di SD Muhammadiyah Alam Surya Mentari Surakarta. Metode di dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Dan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan dari peneliatian yang sudah dilakukan diperoleh hasil: a) Tahapan proses pembelajaran yang dilakukan di SD Muhammadiyah Alam Surya Mentari Surakarta dimulai dari Tahap Perencanaan, Tahap Pelaksanaan, Tahap Evaluasi, dan Tahap Tindak Lanjut. b) Tahapan Belajar diawali dari tahap perencanaan. Kedua, tahap pelaksanaan yaitu peserta didik langsung terjun ke alam secara langsung. Ketiga, tahap evaluasi, dan keempat yaitu tahap tindak lanjut. c) Peran guru dalam pelaksanaan Belajar Bersama Alam salah satunya sebagai rolle model , yaitu guru memberikan suri tauladan dan akhlaq yang baik d) Kendala dalam pelaksanaan Belajar Bersama Alam sebagai bentuk penerapan ekoliterasi di sekolah alam yaitu salah satunya faktor cuaca dan minimnya laboratorium alam di lingkup sekolah.
Agustin Noer Ovie, Anggia Suci Pratiwi, Meiliana Nurfitriani
Published: 29 December 2021
Cendekiawan, Volume 3, pp 65-70; https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v3i2.193

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan informasi mengenai objek penelitian. Jenis interferensi yang terjadi dideskripsikan secara tekstual sesuai dengan objek penelitian yaitu jenis-jenis interferensi bahasa. Objek pada penelitian ini adalah karangan narasi siswa yang berfokus pada bentuk interferensi bahasa Daerah ke dalam bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penilitian kaulitatif. Data diperoleh dengan teknik observasi, wawancara dan penugasan. Teknik observasi dan wawancara digunakan untuk mencari informasi mengenai keadaan sekolah, sedangkan teknik penugasan digunakan untuk mendapatkan sumber data tentang karangan narasi siswa. Sumber data berupa karangan narasi siswa tersebut kemudian dikumpulkan dan selanjutnya dianalisis. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan cara pandang dan dideskripsikan masing-masing menurut jenis interferensinya. Hasil analisis disajikan dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interferensi yang terjadi dalam karangan narasi siswa ini terdapat pada empat bidang linguistik, yaitu: fonologi, morfologi, leksikal, dan sintaksis. Interferensi yang terjadi pada bidang fonologi mencakup perubahan bunyi vokal sebanyak 8%. Pada morfologi terdiri atas interferensi pada afiksasi dan perulangan sebanyak 28%. Pada bidang leksikal, interferensi yang terjadi mencakup tiga kelas kata, yaitu: nomina, verba, dan adjektiva sebanyak 28%.
Dede Tika, Mohammad Fahmi Nugraha, Anggia Suci Pratiwi
Published: 29 December 2021
Cendekiawan, Volume 3, pp 71-78; https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v3i2.194

Abstract:
Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media toker terhadap prestasi belajar materi sistem pernapasan pada manusia kelas V di SDN Cintawangi. Penelitian ini termasuk penelitian (quasi eksperimen design) menggunakan desain Pretest-Posttest Nonequivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Cintawangi yang mengumpulkan 20 siswa. Sampel diambil secara random sampling yang menghasilkan 10 siswa kelas eksperimen dan 10 siswa kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara tidak terstruktur dan tes. Berdasarkan penelitian yang diperoleh bahwa dengan menggunakan media toker (torso kertas) dapat memengaruhi prestasi belajar siswa materi sistem pernapasan pada manusia kelas V di SDN Cintawangi. Hal ini juga terlihat dari perbedaan antara rata-rata prestasi belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 89 lebih besar dari pada kelas kontrol yaitu sebesar 66.
Tia Maryani, Yopa Taufik Saleh, Rahmat Permana
Published: 30 June 2021
Cendekiawan, Volume 3, pp 22-33; https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v3i1.209

Abstract:
The low skill of writing fiction stories at SDN SukasariI is the background of this research. The learning model used by the teacher is less varied, making it difficult for students to develop ideas and ideas in writing fiction stories. The purpose of this study was to determine the effect of the picture and picture learning model on writing fiction skills. In this study, the method used was experimental, with a quasi experimental design. The population used was all fourth grade students of SDN SukasariI, the sample taken in this study was the entire study population (total sampling), namely the fourth grade SDN Sukasari as many as 37 students. For data collection techniques, namely by interview, documentation, test bags. The tests used were pretest and posttest, and data were analyzed using SPSS 16. The data analysis technique used in this research was t-test. The results of the study showed that there was an increase in the results of the pretest and posttest, this is evidenced by the obtained significance value of 0.000. In accordance with the rules of decision making 0.000 <0.05, then Ho is rejected and Ha is accepted. This means that the picture and picture learning model affects the skills of writing fiction stories in fourth grade students of SDN Sukasari.
Nia Wahyu Wijayanti
Published: 30 June 2021
Cendekiawan, Volume 3, pp 59-64; https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v3i1.218

Abstract:
Media pembelajaran menjadi menarik perhatian siswa pada kegiatan belajar mengajar jika merangsang kegiatan belajar siswa. Salah satu media tersebut adalah media permainan. Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui implementasi media permainan dalam peningkatan kualitas pembelajaran matematika di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus. Teknik pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi, rubrik, tes dan catatan lapangan. Permainan yang diterapkan adalah permainan ular tangga, permainan sirkuit, dan monopoli bintang yang dimodifikasi dengan materi matematika sekolah dasar. Media permainan dalam ketiga sub penelitian tersebut bukan dimaksudkan untuk menerapkan konsep, melainkan sebagai pelatih ketrampilan. Media permainan membangkitkan semangat bagi siswa untuk meningkatkan keterampilannya dengan perasaan senang. Perasaan senang inilah yang mendorong siswa untuk terus berlatih. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media permainan dapat membantu dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di sekolah dasar ditinjau dari aspek keterampilan guru, aktivitas siswa, peningkatan hasil belajar, kualitas materi dan iklim belajar. Dibuktikan dari hasil skor yang mengalami peningkatan pada setiap siklus (I, II dan III) melalui implementasi ketiga media. Media permainan dapat membantu dalam peningkatan kualitas pembelajaran matematika di sekolah dasar khusunya kelas tinggi.
Wiputra Cendana, Clara Febria Mooy
Published: 30 June 2021
Cendekiawan, Volume 3, pp 45-51; https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v3i1.213

Abstract:
Di tengah pandemi COVID-19 telah terjadi perubahan di berbagai bidang kehidupan manusia, termasuk di bidang pendidikan. Untuk itu pembelajaran yang biasanya dilakukan di sekolah kini telah beralih ke pembelajaran berbasis rumahan (HBL) online, karena masyarakat dilarang berada di luar rumah dalam waktu yang lama dan berada di suatu tempat dalam skala besar. Tujuan penulisan jurnal ini adalah untuk memberikan solusi kepada guru yang mengalami kendala dalam melaksanakan pembelajaran sinkron yang tidak efektif. Solusi yang diberikan adalah penerapan asynchronous learning agar siswa dapat mempelajari materi pembelajaran secara mandiri dan tujuan pembelajaran dapat tercapai. Pembelajaran asinkron jenis ini berhasil dilaksanakan karena efektif dan dapat membantu siswa belajar tanpa waktu dan tempat yang tetap sehingga siswa dapat mengakses pembelajaran sesuai kebutuhan dan dapat diulang hingga siswa memahami dengan baik materi pembelajaran yang diajarkan. Saran bagi guru adalah menerapkan metode pembelajaran yang efektif digunakan dalam HBL online agar siswa dapat memahami materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru.
Back to Top Top