Generation Journal

Journal Information
ISSN / EISSN : 2580-4952 / 2549-2233
Published by: Universitas Nusantara PGRI Kediri (10.29407)
Total articles ≅ 58
Filter:

Latest articles in this journal

Muhammad Yusril Ihza, M. Ghofar Rohman, Azza Abidatin Bettaliyah
Generation Journal, Volume 6, pp 37-44; https://doi.org/10.29407/gj.v6i1.16295

Abstract:
Internet of Things adalah konsep untuk menghubungkan sebuah alat atau barang (things) dengan jaringan sehingga bisa dikontrol dengan mudah melalui perangkat lain. Dengan memanfaatkan konsep Internet of Things di sebuah gedung atau ruangan, maka dapat mengendalikan peralatan listrik didalamnya dari jarak jauh melalui jaringan internet. Penelitian ini memiliki tujuan untuk dapat membantu pegawai UNISLA agar dapat memonitoring dan mengontrol lampu dan AC secara mudah dan cepat. Untuk mempermudah proses perancangan aplikasi ini juga menggunakan flowchart, usecase dan conceptual data modeling sehingga dibuat dengan terstruktur. Cara engontrolannya pun mudah hanya melalui website lalu menekan tombol switch on atau off pada ruangan yang diinginkan sehingga file json yang berisi data status lampu dan AC akan berubah, kemudian perintah atau status data akan di teruskan ke wemos, setelah itu wemos memberi perintah kepada relay untuk menyalakan atau mematikan lampu dan AC sesuai dengan data status yang berada di file json. Kelebihan dari menggunakan IoT ini adalah pengontrolan ini bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. Penelitian dilakukan dengan membuat membuat sebuah prototype gedung c UNISLA dan sistem kontrol berbasis website, adapun alat-alat yang digunakan dalam pengontrolan adalah wemos, relay, sensor ldr, sensor dht, kabel jumper, dan wemos di program dengan arduino IDE.
Agus Setia Budi, Purnomo Hadi Susilo
Generation Journal, Volume 6, pp 31-36; https://doi.org/10.29407/gj.v6i1.16668

Abstract:
Bandar udara merupakan salah satu infrastruktur penting yang diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat. Bandar udara berfungsi sebagai simpul pergerakan penumpang atau barang dari transportasi udara ke transportasi darat atau sebaliknya, salah satunya adalah Bandar Udara Internasional Juanda. Namun perlu dilakukan manajemen yang baik pada bandar udara karena kurangnya penjadwalan yang tertata. Dibutuhkan sistem untuk mengurangi kesalahan yang sering terjadi dan sistem yang mendukung. Penelitian ini bertujuan untuk menangani dan memberikan solusi terbaik untuk mengatasi permasalahan perhitungan jumlah penumpang pesawat di Bandar Udara Internasional Juanda.Dalam hal ini penulis mengadakan penelitian tentang prediksi calon penumpang pesawat pada Bandar Udara Internasional Juanda menggunakan metode Double Exponential Smoothing yang nantinya diharapkan dapat memberikan solusi terhadap permasalahan perhitungan penumpang pesawat untuk memprediksi calon penumpang pesawat sehingga dapat ditentukan penjadwalan yang tepat dengan jumlah pesawat yang diperlukan.Implementasi sistem ini menggunakan website dengan framework codeigniter dengan tingkat akurasi hasil mencapai 98% didukung dengan pola data yang sesuai, dalam hal ini data jumlah penumpang pertahun memiliki pola data statis yang mengandung data trend. Tingkat akurasi data diperoleh dari metode testing menggunakan Mean Absolute Percentage Error yang hasilnya kurang dari 25%.
Elly Fitriani, Purnomo Hadi Susilo, Agus Setia Budi
Generation Journal, Volume 6, pp 58-67; https://doi.org/10.29407/gj.v6i1.16118

Abstract:
Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat menjadikan kebutuhan akan suatu konsep dan mekanisme proses belajar mengajar di sekolah berbasis teknologi tidak bisa dihindari lagi. Konsep yang kemudian dikenal dengan istilah e-learning ini membawa pengaruh terjadinya proses transformasi pendidikan konvensional ke dalam bentuk penddidikan berbasis digital, baik secara isi dan sistemnya. Selain konsep pembelajaran yang berbasis digital, proses menentukan siswa berprestasi sudah selayaknya dilakukan secara digitalisasi juga. Kondisi yang saat ini ditemui yaitu sebagian besar lembaga pendidikan masih melakukan proses seleksi siswa berprestasi hanya berdasarkan penilaian yang lebih berfokus ke dalam bidang akademis (penguasaan konsep) yang hanya berdasarkan penilaian subjektif dari guru yang bersangkutan, siswa yang nilai raportnya menduduki peringkat 1 sampai 3 tingkat sekolah (paralel) akan dianggap sebagai siswa berprestasi, proses penilaian tersebut juga masih dilakukan secara manual. Pada penelitian ini dirancang suatu sistem yang bisa membantu pihak lembaga pendidikan dalam proses pembelajaran online dan menentukan siswa berprestasi. Proses ini diawalai dengan siswa dan guru yang menggunakan sistem pembelajaran online, data hasil dari proses pembelajaran online tersebut yang digunakan untuk proses perhitungan rumus densitas gauss algoritma naive bayes. hasil akhirnya yaitu prediksi untuk menentukan seorang siswa ke dalam kelas berprestasi atau tidak berprestasi
Titus Kurniawan Titus, Mohamad Jajuli
Generation Journal, Volume 6, pp 1-12; https://doi.org/10.29407/gj.v6i1.16103

Abstract:
Data merupakan suatu kumpulan fakta yang masih dapat diolah menjadi sebuah informasi yang menarik. Berbagai pengolahan data dilakukan secara komputerisasi, mulai dari penyimpanan data, arsip, membuat laporan, serta menghasilkan informasi, baik yang dibutuhkan secara perorangan maupun perusahaan. Dibutuhkan sebuah metode atau Teknik yang dapat merubah tumpukan data tersebut menjadi sebuah informasi yang berharga atau pengetahuan (knowledge) yang bermanfaat untuk mendukung pengambilan keputusan. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pola suatu kecelakaan lalu lintas di kecamatan cileungsi itu terjadi. Yang bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab, waktu, dan umur korban yang paling sering mengalami kecelakaan. Sehingga pemerintah dapat mengambil suatu keputusan dari hasil penelitian ini. Suatu teknologi yang dapat digunakan untuk mewujudkannya adalah data mining. Data mining merupakan suatu proses mencari pola atau informasi menarik dalam data terpilih dengan menggunakan Teknik atau metode tertentu. Data mining mampu menganalisa suatu data yang besar atau banyak. Salah satu Teknik atau metode yang dapat digunakan adalah K-Means Clustering. Algoritma K-Means Clustering merupakan suatu tata cara penganalisaan informasi ataupun tata cara data Mining yang melaksanakan proses pemodelan tanpa supervise (Unsupervised). Pada penelitian ini akan menghasilkan 3 cluster, untuk mengkategorikan lokasi tidak rawan, rawan, dan sangat rawan. Cluster 1 menghasilkan nilai evaluasi 0.35, pada cluster 2 menghasilkan nilai evaluasi 0.22, dan pada cluster 3 menghasilkan nilai evaluasi 0.38. Pada penelitian ini, menggunakan evaluasi silhoutte coefficient.
Zunita Wulansari, Mukh Taofik Chulkamdi
Generation Journal, Volume 6, pp 45-57; https://doi.org/10.29407/gj.v6i1.16416

Abstract:
Mendefinisikan produk dengan cara menampilkan sebuah produk dengan metode tertentu untuk menarik minat konsumen. Penataan barang disebut pameran namun pada kenyataannya masih banyak penjual yang tidak memperhatikan tampilan produk. Dengan memastikan banyak konsumen tidak membeli produk lain karena peletakan yang salah, mempertahankan pendapatan toko dan meningkatkan penjualan. Oleh karena itu peneliti mengembangkan sistem dan melakukan penelitian ini untuk membantu meningkatkan penjualan pada toko kelontong Mekar Sari. Ada solusi dari permasalahan yang ada di toko kelontong Mekar Sari. Dengan kata lain, data mining diterapkan untuk menentukan tata letak suatu produk dengan menggunakan metode apriori, dan hasilnya nanti dapat digunakan sebagai panduan lokasi di toko kelontong Mekar Sari untuk menentukan dan memandu tampilan produk. Mempromosikan produk yang kurang laku supaya lebih cepat penjualannya. Berdasarkan literatur  yang  ditinjau, diketahui bahwa algoritma apriori digunakan untuk menentukan solusi tata letak toko kelontong Mekar Sari, yang dapat diperhitungkan saat menentukan tata letak dan strategi penjualan yang lebih efektif.
Rangga Pradita
Generation Journal, Volume 6, pp 22-30; https://doi.org/10.29407/gj.v6i1.15885

Abstract:
Pemilihan Bupati merupakan agenda rutin demokrasi di Indonesia untuk memilih kepala daeranya. Berdasarkan azaz pemilihan umum dalam penyelenggaraan pemilu harus secara luber dan jurdil. Transparansi sangat dibutuhkan dalam proses pemilihan umum, hal ini agar dapat menghidari kesimpangsiuran informasi yang beredar dimasyarakat mengenai hasil pemilihan. Penggunaan quick count mampu meramalkan kemungkinan pemenang dalam pemilihan umum. Dengan menggunakan metode simple random sampling untuk memilih beberapa TPS secara acak. Pengumpulan hasil akan dilakukan oleh relawan untuk memasukkan hasil perolehan tiap pasangan calon dari tiap TPS yang sudah ditentukan sebelumnya, kemudian semua informasi yang telah dikirim relawan yang telah dikumpulakan akan dihitung oleh server untuk melakukan prediksi hasil pemilu secara cepat. Penyelenggaraan quick count telah dilindungi oleh undang-undang, selama hasil yang dikeluarkan bisa dipertanggungjawabkan. Dengan melihat hasil penelitian menunjukkan bahwa metode quick count dapat digunakan untuk memprediksi hasil pemilihan umum dengan tingkat akurasi mendekati perhitungan resmi yang dikeluarkan oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah Nganjuk.
Yoga Adi Nugraha, Ratih Kumalasari Niswatin, Risa Helilintar
Generation Journal, Volume 6, pp 13-21; https://doi.org/10.29407/gj.v6i1.15886

Abstract:
Pada masa pandemi covid-19 ini banuak sekali yang terkana dampaknya pada sektor perkeonomian masayarakat Indonesia. Salah satunya dikabupaten nganjuk. Dikabupaten nganjuk banyak sekali sektor umkm atau perusahaan yang mengalami penurunan penjualan pada produk mereka. Jika umkm tidak punya strategi yang tepat untuk mengelola produk mereka,maka biaya pengadaan tidak sebanding dengan biaya penjualan dan akan menimbulkan biaya penyimpanan yang besar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan melakukan perhitungan-perhitungan yang relevan dengan menggunakan metode EOQ Dalam penelitian ini, kami membangun sistem untuk menganalisa persediaan barang atau produk untuk menghemat biaya pengadaan karena perusahaan atau umkm sangat diperlukan dalam mengoptimalisasi proses produksi. Pengambilan data dilakukan dalam acuan tahun 2020. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam satu umkm pada Tahun 2020 menggunakan metode EOQ dapat diketahui efisiensi biaya pengadaan, kapan harus melakukan pemesanan kembali serta dapat diketahui berapa jumlah produk yang dipesan untuk bulan berikutnya. Berdasarkan hasil analisa metode eoq dibandingkan dengan kebijakan perusahaan dapat disimpulkan bahwa dengan metode eoq pada umkm dapat menghemat biaya pengadaan serta dapat menghemat produk yang dipesan supaya tidak menumpuk di gudang, sehingga dapat meminimalkan total biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan setiap periode.
Fajar Rohman Hariri, Chamdan Mashuri
Generation Journal, Volume 6, pp 68-77; https://doi.org/10.29407/gj.v6i1.16204

Abstract:
Penelitian yang Telah dilakukan dengan melakukan Peramalan Penjualan dengan menerapkan metode double exponential smoothing untuk peramalan terhada penjualan cat dinding pada Toko Material Bangunan (TB) Enggal Jaya Jombang. TB Enggal Jaya merupakan Toko yang bergerak dibidang penjualan material bahan baku dan alat – alat bangunan diantaranya dalah Cat dindning. Banyak varian merk cat dinding yang dijual, akan tetapi peneliti mengambil objek dan sampel cat dinding dengan merk Nippon Paint. Permintaan Cat Nippon sangat tinggi dan mengalami fluktuatif yang sangat bagus seperti terdapat pada grafik penjualan tertinggi adalah cat Nippon paint di tiap bulannya. Begitu juga dengan cat merk lain seperti Jotun, catylac, avitex meskipun hasil penjualan lebih rendah namun tetap mengalami perubahan. Perubahan kebutuhan permintaan menjadikan jumlah persedian cat yang harus disiapkan perusahaan menjadi ketidakpastian. Berbagai jenis dan merk cat yang bervariasi mempersulit pemilik usaha dalam manajemen persediaan cat. Penelitian ini memiliki tujuan membuat sistem informasi bisnis yang dapat menunjang TB.Enggal Jaya untuk melakukan peramalan jumlah cat Nippon paint yang akan dijual di bulan berikutnya, serta dapat mengetahui tingkat akurasi yang diperoleh dari penerapan Double Exponential Smoothing untuk memproyeksikan jumlah permintaan cat Nippon paint pada TB.Enggal Jaya. Metode Double Exponential Smoothing diapaki untuk memproyeksikan jumlah penjualan cat Nippon paint setiap bulannya dengan hasil rata-rata PE sebesar 0,14%. Berdasarkan perhitungan diperoleh hasil Double Exponential untuk peramalan penentuan penjualan cat Nippon paint diperoleh 0,14% dari rata-rata PE yang dihasilkan dan paling efektif dengan persentase yaitu 0,02% dan rata-rata tingkat error dengan nilai sebesar 0,14 % serta hasil persentase tingkat akurasi menggunakan Double Exponential Smoothing memperoleh rata-rata nilai akurasi kurang dari satu. Sehingga dapat disimpulkan proyeksi penjualan cat Nippon paint menggunakan metode ini sangat akurat
Tania Fatiah Rahmadanti, Mohamad Jajuli, Intan Purnamasari
Generation Journal, Volume 5, pp 81-90; https://doi.org/10.29407/gj.v5i2.15998

Abstract:
Online shopping is a transaction of buying and selling goods or services through intermediary media, namely social networks. There has been a change in consumption patterns and the way people spend their money, which was originally conventional to switch to E-Commerce services due to several factors, namely the increasing public interest in online shopping due to the COVID-19 virus outbreak, and throughout 2019 E-Commerce users who made transactions reached 168.3 million people. . Based on iprice report data in 2020, Shopee is the most visited E-Commerce with a total of 129,320,800 visitors. Shopee is only a third party that provides a place to sell and payment facilities, therefore Shopee is not responsible for marketing the products sold. To attract consumers, sellers need attractive promotions. Therefore, research is needed to classify E-Commerce users. The purpose of this research is to classify E-Commerce users based on the promotion used using the Naïve Bayes algorithm with the Knowledge Discovery in Database (KDD) methodology. Nine test scenarios were carried out with cross validation which showed that the best performance was a test scenario using 3 folds which resulted in performance with an accuracy value of 88.73%, and with a kappa value of 0.451 which was included in the moderate category. Based on these results, the model generated by the Naïve Bayes algorithm is quite consistent.
Achmad Rizaldi, Apriade Voutama, Susilawati Susilawati
Generation Journal, Volume 5, pp 91-101; https://doi.org/10.29407/gj.v5i2.16015

Abstract:
Dengue Fever is still a serious health problem and a major problem in the health sector in various parts of the world and also in Indonesia. This disease is an infectious disease and can infect all ages because there are still many people who still lack awareness in maintaining cleanliness to anticipate transmission. Data from the Ministry of Health of the Republic of Indonesia (Kemenkes RI) Indonesia recorded the number of people infected with Dengue Fever disease as many as 95,893 throughout 2020 and as many as 661 people died from this disease. The method used is using the certainty factor method where if it is interpreted this method will be used to help make a decision to diagnose the category of Dengue Fever level with a level of confidence in the form of a percentage of how much someone is infected with Dengue Fever in the existing category. The results obtained in the calculation of certainty factor get a result in the category of grade 1 of 98%, grade 2 of 98%, grade 3 of 99%, grade 4 of 99%. These results are enough to prove that this certainty factor method has a fairly high percentage level result.
Back to Top Top