Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah

Journal Information
ISSN / EISSN : 2654-3923 / 2621-6051
Current Publisher: UIR Law Review (10.25299)
Total articles ≅ 17
Filter:

Latest articles in this journal

Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, Volume 2, pp 50-61; doi:10.25299/syarikat.2019.vol2(1).3702

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan wisata syariah di Sumatera Barat dengan menggunakan analisis SWOT. Lokasi penelitian adalah di Sumatera Barat dan objek penelitian ini adalah pemerintah daerah Sumatera Barat yaitu Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat. Analisis data menggunakan analisis model SWOT. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa stretegi pengembangan wisata syariah di Sumatera Barat adalah menjadikan pariwisata sebagai sektor unggulan, diimplementasikan melalui suatu Gerakan terpadu pengembangan kepariwisataan, Rapat-Rapat Koordinasi dengan Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota dan Stakeholder terkait, kesepakatan Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota menjadikan Sumatera Barat sebagai Destinasi Wista Halal, terpilihnya Sumbar sebagai Destinasi Halal Terbaik Nasional, terpilihnya Sumbar sebagai Destinasi Kuliner Halal Terbaik Nasional, terpilihnya Sumbar sebagai World’s Best Halal Destination, terpilihnya Sumbar sebagai World’s Best Halal Culinary Destination, Sosialisasi Wisata Halal bagi Stackholder Pariwisata, memberikan subsidi untuk pengurusan Sertifikasi Halal untuk industri (rumah makan/restoran), menyusun Ranperda Pariwisata Halal.
Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, Volume 2, pp 16-26; doi:10.25299/syarikat.2019.vol2(1).3694

Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi semakin berkembangnya sistem teknologi informasi yang berimbas pada perkembangan pemasaran yakni memanfaatkan teknologi informasi dalam melakukan transaksi pembelian secara online. Pembelian secara online merupakan salah satu alternatif yang dipilih karena alasan kemudahan, cepat dan praktis. Selain itu, tidak sedikit juga konsumen memilih pembelian secara offline dengan alasan kepercayaan dan keamanan. Salah satunya dalam produk hijab. Ada kemudahan dalam pembelian hijab secara online namun barang yang dipesan tidak sesuai dengan visualisasi gambar. Sementara dalam pembelian hijab secara offline barang yang diinginkan bisa diketahui spesifikasinya namun jangkaun lokasi dan biaya menjadi hambatan bagi konsumen. Untuk itu, penulis tertarik untuk meneliti analisis komparasi strategi pemasaran dalam transaksi jual beli online dan offline pada hijab (studi kasus: Mahasiswi Universitas Islam Riau) berdasarkan faktor produk, harga, promo, tempat, orang, proses dan bukti fisik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan strategi pemasaran dalam transaksi jual beli online dan offline pada hijab (studi kasus: Mahasiswi Universitas Islam Riau). Subjek dalam penelitian ini adalah Mahasiswi Universitas Islam Riau. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah strategi pemasaran dalam transaksi jual beli online dan offline pada hijab. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengambilan sampel adalah menggunakan rumus Slovin, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan ialah menggunakan angket. Jenis penelitian ini merupakan komparatif dimana proses perhitungannya menggunakan SPSS For Windows versi 23.0 dengan uji analisis paired sample t-test (Uji t dua sampel berpasangan). Sampel penelitian ini sebanyak 99 orang. Berdasarkan hasil uji Perbandingan (Paired T-test) diketahui nilai signifikansi sebesar 0,008 < 0,05 (nilai probabilitas). Dan berdasarkan nilai -thitung < -ttabel yaitu -2,692 < -0.196, maka ini membuktikan terdapat perbedaan strategi pemasaran dalam jual beli online dan offline pada hijab (Mahasiswi Universitas Islam Riau).
Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, Volume 2, pp 27-36; doi:10.25299/syarikat.2019.vol2(1).3698

Abstract:
Pemerintah memiliki peran penting dalam pengelolaan dan pengembangan wakaf uang terutama di Indonesia. Mereka membangun beberapa peraturan di pengelolaan dan pengembangan wakaf uang untuk mengelola wakaf uang serta itu berfungsi sebagai dana sosial. Oleh karena itu, Artikel ini membahas tentang mengelola wakaf uang dan lembaga keuangan yang terlibat dalam wakaf uang seperti kementerian agama, BWI, LKS PWU dan lain-lain; bagaimana untuk pengelolaan wakaf uang secara profesional, peran Nazir dalam mengelola wakaf uang, tata cara wakaf uang, manfaat wakaf uang. Sebagai kesimpulan dari tulisan ini adalah adanya regulasi wakaf uang telah memberikan pengaruh besar dalam mengelola dan pengembangan wakaf uang dan membutuhkan lebih banyak niat pemerintah untuk mengawasi dan mengontrol pengelolaan manajemen wakaf uang di Indonesia, tulisan ini juga dianjurkan bahwa perlu nazir profesional dalam pengelolaan wakaf uang di Indonesia.
Nurhadi Nurhadi
Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, Volume 2, pp 75-90; doi:10.25299/syarikat.2019.vol2(1).3726

Abstract:
Islam adalah agama yang komprehensif yang merangkum seluruh kehidupan manusia termasuk kegiatan ekonomi. Era zaman modern dan serba canggih ini, fenomena perkembangan kegiatan bisnis yang ada harus di waspadai, agar tidak terjerumus prekatek riba. Lalu bagaimana menurut hadis dalam shahih bukhari berkaitan dengan riba? Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam kitab mausu’ah al-hadis al-Nabawiyah, dari persepktif shahih bukhari berkaitan dengan riba, penulis temukan ada 86 hadis dari riwayat bukhari. Dari 86 tersebut diambil sampel 5 hadis, yaitu hadis nomor 439 dalam kitab shahih bukhari, maka akan muncul pada Kitab: Shalat, Bab: Haramnnya memperdagangkan khamar di dalam masjid (sebelum turun ayat pengharaman meminumnya), No. Hadist: 439. Hadis Bukhari No. 439. Selanjutnya hadis nomor 1943 dalam kitab shahih bukhari, maka akan muncul pada Kitab: Jual beli, Bab: Pemakan riba, saksi dan penulisnya, No. Hadist: 1943. Kemudian hadis nomor 1944 dalam kitab shahih bukhari, maka akan muncul pada Kitab: Jual beli, Bab: Orang yang memberi makan riba, No. Hadist: 1944. berikutnya hadis nomor 2032 dalam kitab shahih bukhari, maka akan muncul pada Kitab: Jual beli, Bab: Menjual dinar dengan dinar secara tempo, No. Hadist: 2032.
Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, Volume 2, pp 37-49; doi:10.25299/syarikat.2019.vol2(1).3701

Abstract:
Salah satu perbankan syariah yang ada di Riau umumnya dan di Pekanbaru khususnya yaitu PT. Bank Riau Kepri Syariah. Secara resmi PT. Bank Riau Kepri Syariah Pekanbaru beroperasi di pusat kota Pekanbaru, yakni di Jl. Sudirman Pekanbaru. Dalam kegiatan usahanya PT. Bank Riau Kepri Syariah memiliki jenis simpanan seperti tabungan IB Sinar dan tabungan Umrah dan Haji. Secara parsial hasil penelitian ini terlihat nilai sig pada TBO adalah 0,130. Nilai sig lebih besar dari nilai probabilitas 0,050, atau nilai 0,130 > 0,05, maka H1 ditolak dan Ho diterima. Variabel X1 mempunyai thitung yakni 1,529 dengan ttabel=1,989. Jadi thitung < ttabel dapat disimpulkan bahwa variabel X1 tidak memiliki kontribusi terhadap Y atau TKK tidak berpengaruh signifikan terhadap TKI (Y). Untuk variabel Kepemimpinan (X2) Terhadap Kinerja (Y) terlihat nilai sig pada TK adalah 0,000. Nilai sig lebih kecil dari nilai probabilitas 0,050, atau nilai 0,000 < 0,05, maka H2 diterima dan Ho ditolak. Variabel X2 mempunyai thitung yakni 5,504 dengan ttabel=1,989. Jadi thitung > ttabel dapat disimpulkan bahwa variabel X2 memiliki kontribusi terhadap Y atau TK berpengaruh signifikan terhadap TKI (Y). Untuk variabel Kepuasan Kerja (X3) Terhadap Kinerja (Y) terlihat nilai sig pada TKK adalah 0,047. Nilai sig lebih kecil dari nilai probabilitas 0,050, atau nilai 0,047 < 0,05, maka H3 diterima dan Ho ditolak. Variabel X3 mempunyai thitung yakni 2,022 dengan ttabel=1,989. Jadi thitung > ttabel dapat disimpulkan bahwa variabel X3 memiliki kontribusi terhadap Y atau TKK berpengaruh signifikan terhadap TKI (Y). Sedangkan secara simultan/keseluruhan nilai F tabel dengan tingkat signifikan α = 5% dan Degrees of Freedom (df) sebesar 3; 81 adalah sebesar 2,717. Dari tabel diperoleh nilai Fhitung sebesar 25,294 dengan nilai probabilitas (sig)=0,000. Nilai Fhitung (25,294) > Ftabel (2,717), dan nilai sig lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05 atau nilai 0,000 < 0,05 maka keputusan yang dapat diambil adalah Ho ditolak dan hipotesis penelitian diterima, berarti variabel TBO (X1), TK (X2), dan TKK (X3), secara keseluruhan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Variabel TKI (Y).
Zulfikri Zulfikri
Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, Volume 2, pp 1-15; doi:10.25299/syarikat.2019.vol2(1).3638

Abstract:
Akad murabahah adalah jual-beli barang pada harga asal dengan tambahan keuntungan yang sudah disepakati, Pelaksanaan akad ini menggunakan dua bentuk perjanjian yaitu konvensional dan syariah, bagaimana kepastian hukum akad ini ditinjau dari segi hukum positif Indonesia adalah penting untuk dipahami. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan penelitian hukum normatif (law research) namun di perkuat dengan data empiris. Sumber data berasal dari data primer dan sekunder, data tersebut kemudian dianalisa dengan menggunakan analisa secara logis. Penarikan kesimpulan dengan cara deskriptif metode deduktif. Hasil penelitian ini adalah Penerapan Akad Murabahah untuk membeli rumah dengan Pembiayaan Pemilikan Rumah (PPR) pada BRI Syariah Pekanbaru tidak dapat dijalankan secara murni sesuai dengan Keputusan DSN. No. 04/ DSN-MUI/ 2000 tentang Murabahah. Kepastian hukum pelaksanaan Akad Murabahah yang menggunakan wakalah merupakan kreasi hukum; Akad murabahah merupakan kepastian hukum alamiah/ natural certainty contract. Dengan demikian, sifat transaksinya fixed (tetap), dan predetermined (dapat ditentukan besarnya) dari sisi ini akad Murabahah lebih baik dari Perjanjian Kredit Bank Konvensional.
Risman Hambali, Nurul Huda
Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, Volume 2, pp 62-74; doi:10.25299/syarikat.2019.vol2(1).3714

Abstract:
Tanggung jawab sosial perusahaan/Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan satu dari beberapa tanggung jawab perusahaan kepada pemangku kepentingan (stakeholders). Tanggung jawab sosial perusahaan juga merupakan kewajiban perusahaan untuk perumusan kebijakan, mengambil keputusan dan melaksanakan tindakan yang memberikan manfaat kepada masyarakat. Pentingnya distribusi harta kekayaan dalam ekonomi Islam tidak berarti tidak memperhatikan keuntungan yang diperoleh dari produksi. Maka dalam distribusi, Islam telah membuat beberapa prinsip dasarnya, yaitu sebagai berikut; 1) Prinsip keadilan atau pemerataan, 2) Prinsip persaudaraan atau kasih sayang, 3) Prinsip jaminan sosial. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah; 1) Mengidentifikasi dan menganalisa dampak CSR PT. Pertamina (Persero) RU II Dumai periode 2011-2015 terhadap masyarakat. 2) Menganalisa kesesuaian antara informasi terkait dengan tanggung jawab sosial yang dilaksanakan oleh PT. Pertamina (Persero) RU II Dumai periode 2011-2015 dengan konsep dan karakteristik realisasi CSR berdasarkan distribusi pendapatan dalam Islam. Realisasi Corporate Social Responsibility/CSR Pertamina (Persero) RU II Dumai dalam Tinjauan Distribusi Pendapaatan dalam Islam sebagai berikut: 1). Realisasi CSR Pertamina Dumai berdampak positif terhadap kehidupan masyarakat. 2). Informasi-inforrmasi terkait dengan tanggung jawab sosial yang dilaksanakan oleh Pertamina Dumai periode 2011-2015 tidak sepenuhnya sesuai dengan konsep dan karakteristik realisasi CSR berdasarkan distribusi pendapatan dalam Islam.
Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, Volume 1, pp 111-127; doi:10.25299/syarikat.2018.vol1(2).3396

Abstract:
PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk Cabang Pekanbaru adalah salah satu bank syariah yang ada dikota Pekanbaru yang menerapkan sistem bagi hasil kepada nasabahnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pendapatan masyarakat dan sistem bagi hasil (Mudharabah) dapat mempengaruhi minat masyarakat menabung atau lebih dominan dipengaruhi oleh faktor-faktor yang lain. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif, yaitu dengan menggunakan bantuan jawaban dari kuesioner dan kemudian diolah dengan SPSS seri 16, setelah itu membuat kesimpulan dari data yang diperoleh tersebut. Selain itu, metode wawancara juga dibutuhkan dalam membantu menyelesaikan penulisan ini. Dari data yang ada, diperoleh hasil bahwa kebanyakan responden menyatakan bahwa pendapatan masyarakat dan bagi hasil (Mudharabah) mempengaruhi minat mereka untuk menabung. Sementara faktor-faktor lain hanya sedikit sekali mempengaruhi minat menabung. Dari penelitian yang dilaksanakan dapat diperoleh kesimpulan bahwa pendapatan masyarakat dan bagi hasil (Mudharabah) dapat mempengaruhi minat masyarakat menabung pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk Cabang Pekanbaru.
Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, Volume 1, pp 63-75; doi:10.25299/syarikat.2018.vol1(2).3181

Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi banyaknya jumlah jamaah haji dan umroh dalam suatu biro haji dan umroh hal ini menjadi faktor yang sangat penting, maka untuk mencapai hal tersebut dibutuhkan promosi yang dapat meningkatkan jumlah jamaahnya. Pada dasarnya suatu promosi dilakukan untuk menyampaikan sesuatu. Promosi digunakan agar dapat mengubah cara pandang dan sikap orang lain terhadap sesuatu, Begitu juga dengan PT. Arminareka Perdana Perwakilan Pekanbaru. Adapun perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Pengaruh bauran promosi terhadap peningkatan jumlah jamaah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh bauran promosi terhadap peningkatan jumlah jamaah umroh. Subjek dalam penelitian ini adalah jamaah umroh PT. Armina reka Perdana Perwakilan Pekanbaru yang berjumlah 96 orang. Hasil penelitian ini diketahui hubungan bauran promosi terhadap peningkatan jumlah jamaah yang memiliki hubungan kuat, ini diketahui dari nilai koefesien korelasi sebesar 93,3%. Sedangkan hasil uji parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara bauran promosi terhadap peningkatan jumlah jamaah, ini diketahui dari t hitung sebesar 25,071. Kemudian terdapat kontribusi yang cukup besar antara bauran promosi terhadap peningkatan jumlah jamaah, ini diketahui besaran nilai koefesien determinasi sebesar 87%. Secara umum dapat disimpulkan bahwa Pengaruh bauran promosi terhadap peningkatan jumlah jamaah PT. Arminareka Perdana PerwakilanPekanbaru sangat tinggi.
Eka Nuraini Rachmawati, Wenny Darmaya
Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, Volume 1, pp 76-89; doi:10.25299/syarikat.2018.vol1(2).3182

Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi bahwa koperasi syariah menjanjikan suatu sistem operasional yang lebih adil dalam penetapan margin. Khususnya yang ada pada sistem profit loss sharing (bagi hasil) seperti mudharabah. Namun dalam perjalanannya, produk pembiayaan dengan akad mudharabah ini masih termarginalkan (tersisihkan) dan yang muncul ke permukaan adalah produk jual beli ‘mark up’ seperti murabahah. Yang tentunya masih dikhawatirkan publik sebagai upaya yang belum maksimal dijalankan. Adapun rumusan masalah yang diangkat yakni proses penetapan margin, metode perhitungan margin keuntungan dan nisbah, dan juga faktor apa saja yang menjadi pertimbangan BMT Al-Ittihad dalam penetapan margin pembiayaan murabahah dan mudharabah dan yang lebih diminati dari pembiayaan murabahah atau mudharabah dilihat dari keunggulan dan kelemahannya di BMT Al-Ittihad Rumbai Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penentuan margin, perhitungan rasio bagi hasil (Profit sharing ratio), metode perhitungan margin murabahah, dan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi pertimbangan oleh BMT al Ittihad dalam menentukan keuntungan dari margin Murabahah dan keuntungan dari rasio bagi hasil (Profit Sharing ratio). Hasil penelitian ini menemukan bahwa metode perhitungan margin murabahah menggunakan metode flat sedangkan perhitungan rasio bagi hasil (Profit Sharing Ratio) menggunakan metode pendapatan. Dan faktor-faktor yang menentukan margin dan rasio bagi hasil adalah proses pembiayaan, jumlah nominal (plafond), jangka waktu, persentase margin murabahah, metode rincian angsuran penetapan margin pembiayaan.
Back to Top Top