Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Journal Information
ISSN / EISSN : 24776076 / 26858169
Current Publisher: Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (10.33084)
Total articles ≅ 24
Filter:

Latest articles in this journal

Eka Novita Sari, Rita Ramanianti
Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Volume 4, pp 9-15; doi:10.33084/tunas.v4i2.905

Abstract:Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Aktivitas belajar peserta didik pada saat pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada materi Penerapan Energi Gerak dengan menggunakan metode Demonstrasi berbantuan media konkret dengan kriteria baik. (2) Ada peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada materi Penerapan Energi Gerak dengan menggunakan metode Demonstrasi berbantuan media konkret. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berusaha untuk memecahkan atau menjawab permasalahan yang dihadapi pada situasi sekarang. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III-B SDI-Nurul Ihsan Palangkaraya yang terdiri dari 1 kelas yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa : (1) aktivitas peserta didik meningkat pada setiap siklus. Pada siklus I skor yang diperoleh peserta didik adalah 59 dengan rata-rata 2,95 dan persentase 73,75% sedangkan pada siklus II skor yang diperoleh peserta didik adalah 75,5 dengan rata-rata 3,77 dengan persentase 94,37%. Hal ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan media konkret aktivitas peserta didik lebih aktif. (2) Adanya peningkatan hasil belajar IPA setelah menerapkan metode Demonstrasi berbantuan media konkret. Pada tes awal persentase ketuntasan klasikal peserta didik hanya mencapai 30% dengan kategori kurang tercapai, siklus I persentase ketuntasan klasikal mencapai 76,66% dengan kategori cukup tercapai, siklus II ketuntasan klasikal meningkat hingga mencapai 93,33%.
Oktaviani Suka Tara, Karyanti Karyanti
Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Volume 4, pp 26-34; doi:10.33084/tunas.v4i2.907

Abstract:Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mendeskripsikan aktivitas belajar peserta didik pada pembelajaran Matematika dengan menggunakan model pembelajaran TGT berbantuan media Tali Pas pada peserta didik kelas II di SDN 2 Petuk Bukit Tahun Pelajaran 2017/2018. (2) mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Matematika dengan menggunakan model pembelajaran TGT berbantuan media Tali Pas pada peserta didik kelas II di SDN 2 Petuk Bukit Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan bulan Mei tahun 2018 yang berlokasi di SDN 2 Petuk Bukit, Jl Tumbang Talaken KM 86 Kecamatan Rakumpit Kota Palangka Raya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian seluruh peserta didik kelas II SDN 2 Petuk Bukit yang berjumlah 11 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) berbantuan dengan media Tali Pas: (1) Aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran Matematika dengan menggunakan model pembelajaran TGT berbantuan dengan media Tali Paspada peserta didik di SDN 2 Petuk Bukit Tahun Pelajaran 2017/2018 berkategori sangat baik dan aktif dengan nilai rata-rata pada siklus II 3,65 ( sangat baik). (2) Ada peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Matematika dengan menggunakan model pembelajaran TGT berbantuan dengan media Tali Pas pada peserta didik di SDN 2 Petuk Bukit Tahun Pelajaran 2017/2018. Pada observasi mendapatkan nilai rata-rata 49,09 dengan ketuntasan klasikal 36% meningkat pada siklus I mendapatkan nilai rata-rata 69,1 dengan ketuntasan klasikal 55% dan lebih meningkat pada siklus II dengan mendapatkan nilai rata-rata 84,5 dengan ketuntasan klasikal 100%.
Niddia Jayanti, Dedy Setyawan
Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Volume 4, pp 1-8; doi:10.33084/tunas.v4i2.904

Abstract:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Aktivitas peserta didik dalam belajar matematika dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan berbantuan media kartu pecahan pada kelas V/B SDN-2 Bukit Tunggal Tahun Pelajaran 2017/2018. (2) Peningkatan hasil belajar matematika dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan berbantuan media kartu pecahan pada kelas V/B SDN-2 Bukit Tunggal Tahun Pelajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V/B SDN-2 Bukit Tunggal yang berjumlah 21 orang peserta didik, yaitu laki-laki 13 orang peserta didik dan perempuan 8 orang peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Ada peningkatan aktivitas belajar Matematika dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan Berbantuan Media Kartu Pecahan pada peserta didik kelas V/B SDN-2 Bukit Tunggal Palangka Raya menjadikan peserta didik menjadi baik. Pada siklus I skor yang diperoleh 2,80 dengan kategori cukup, meningkat pada siklus II menjadi 3,74 dengan kategori baik. (2) Ada peningkatan hasil belajar Matematika peserta didik kelas V/B SDN-2 Bukit Tunggal Palangka Raya dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan Berbantuan Media Kartu Pecahan, hal ini dapat dilihat dari tes awal diperoleh nilai rata-rata 44,76 dengan ketuntasan klasikal 38,09%, siklus I diperoleh nilai rata-rata 66,19 dengan ketuntasan klasikal 61,90% dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 91,42 dengan ketuntasan klasikal 100%.
Devi Ratna Sari, Ramli Ramli
Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Volume 4, pp 55-61; doi:10.33084/tunas.v4i2.910

Abstract:Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan aktivitas belajar IPA peserta didik kelas V SDN - 2 Kasongan Baru dengan menggunakan metode Demonstrasi berbantuan dengan model Mind Mapping . (2) meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas V SDN - 2 Kasongan Baru Kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan dengan menggunakan metode Demonstrasi berbantuan dengan model Mind Mapping. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN � 2 Kasongan Baru yang berjumlah 12 orang peserta didik yang terdiri dari 7 orang peserta didik laki-laki dan 5 orang peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi, analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) aktivitas belajar peserta didik dengan penerapan metode Demonstrasi berbantuan dengan model Mind Mapping menjadi baik.Hal ini sesuai dengan keaktifan dan semangat peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran dan dibuktikan dengan hasil observasi pada siklus I aktivitas peserta didik memperoleh skor 3,8 yang termasuk kedalam kategori baik. (2) ada peningkatan hasil belajar IPA pada peserta didik kelas V SDN- 2 Kasongan Baru dengan penerapan metode Demonstrasi berbantuan dengan model Mind Mapping. Dibuktikan dari data pra tindakan atau pre test nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik adalah 40 dengan ketuntasan belajar klasikal 16% sedangkan pada siklus I (post test)memperoleh nilai rata-rata 92 dan nilai ketuntasan klasikal mencapai 100%.
Yossi Wulandari, Diplan Diplan
Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Volume 4, pp 35-41; doi:10.33084/tunas.v4i2.908

Abstract:Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan model Kooperatif Tipe Think Tpairs Share (2) mengetahui peningkatan hasil belajar IPA peserta didik dengan menggunakan model Kooperatif tipeThink Pairs Share . Bentuk penelitian kelas yaitu PTK. Subjek penelitian adalah seluruh peserta didik kelas V SDN-2 Langkai Palangkaraya berjumlah 15 orang peserta didik yang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 7 orang perempuan, analisis menggunakan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aktivitas belajar IPA kelas V SDN-2 langkai Palangkaraya dengan menggunakan model Kooperatif TipeThink Pairs Share berkategori baik atau aktif, (2) terdapat peningkatan hasil belajar IPA menggunakan model Kooperatif tipe think pairs share pada peserta didik kelas V SDN-2 Langkai Palangkaraya Tahun Pelajaran 2017/2018. Hal ini dibuktikan dari data awal rata-rata (56,66), mengalami peningkatan siklus I (67,33) dan siklus II (80,33).
Nor Safitri, Misyanto Misyanto
Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Volume 4, pp 42-54; doi:10.33084/tunas.v4i2.909

Abstract:Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui aktivitas peserta didik pada saat pembelajaran Matematika dengan menggunakan model Snowball Trowing dan metode Demonstrasi dengan berbantuan media Konkret, (2) mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika dengan menggunakan model Snowball Trowing dan metode Demonstrasi dengan berbantuan media Konkret. Penelitian ini di lakukan pada minggu ke-2 bulan Maret 2018 yang berlokasi di SDN 8 Langkai Palangka Raya, Jl.Patih Rumbih Palangka Raya-Kalimantan Tengah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian seluruh peserta didik kelas III-b SDN 8 Langkai Palangka Raya yang berjumlah 20 peserta didik. Peserta didik laki-laki berjumlah 11 orang dan peserta didik perempuan berjumlah 9 orang. Tehnik penggumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) penggunaan model Snowball Trowing dan metode Demonstrasi dengan berbantuan media Konkret aktivitas peserta didik meningkat yang ditunjukan dengan perolehan skor hasil pengamatan di atas 3, (2) penggunaan model Snowball Trowing dan metode Demonstrasi dengan berbantuan media Konkret dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik yang ditunjukan dengan perolehan rata-rata nilai 67,3 pada siklus I dan meningkat menjadi 8,28 pada siklus II. Ketuntasan belajar secara klasikal juga mengalami peningkatkan dengan nilai 75% pada siklus I meningkat menjadi 96% pada siklus II.
Nureeta Yiran, Suniati Suniati
Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Volume 4, pp 16-25; doi:10.33084/tunas.v4i2.906

Abstract:Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mendeskripsikan aktivitas belajar peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Pahandut Palangka Raya pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan berbantuan Media Gambar, (2) Untuk meningkatkan hasil belajar IPS menggunakan model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan berbantuan Media Gambar pada peserta didik kelas IV di SD Muhammadiyah Pahandut Palangkaraya. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berusaha memecahkan atau menjawab permasalahan yang dihadapi pada situasi sekarang. Subjek dalam penelitian ini adalah terdiri dari 25 orang peserta didik, 10 orang laki-laki dan 15 orang perampuan. Untuk teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Sedangkan dalam penelitian ini mengunakan analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Aktivitas belajar IPS peserta didik menjadi baik selama mengikuti proses pembelajaran dengan mengunakan model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan berbantuan Media gambar. (2) Adanya peningkatan hasil belajar IPS peserta didik selama mengikuti pembelajaran dengan mengunakan model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Media gambar.
Desi Dwi Mariana Putri, Arif Supriyadi
Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Volume 4, pp 62-69; doi:10.33084/tunas.v4i2.911

Abstract:Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan aktivitas belajar Matematika dengan menggunakan model Model Explicit Instruction dan Course Review Horay berbantu media manipulatif. (2) Meningkatan hasil belajar Matematika dengan menggunakan model model Explicit Instruction dan Course Review Horay berbantu media manipulatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas V B berjumlah 27 peserta didik, terdiri dari 15 laki-laki dan 12 perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas belajar peserta didik dengan menggunakan model Explicit Instruction dan Course Review Horay berbantu media manipulatif pada peserta didik menjadi meningkat, nilai rata-rata siklus I adalah 2,87 dengan kriteria kurang baik dan siklus II nilai rata-rata 3,32 dengan kriteria baik. (2) Ada peningkatan hasil belajar Matematika dengan menggunakan model Explicit Instruction dan Course Review Horay berbantu media manipulatif pada peserta didik kelas. Nilai rata-rata pre test yaitu 44 dengan ketuntasan klasikal 25%, siklus I nilai rata-rata 63 dengan ketuntasan klasikal 51,85%, dan pada siklus II nilai rata-rata 79 dengan ketuntasan klasikal 92,59%.
Wahyu Wiranata, Misyanto Misyanto
Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Volume 2, pp 31-35; doi:10.33084/tunas.v2i1.561

The publisher has not yet granted permission to display this abstract.
Bulkani Bulkani, Eceng Frista Wara
Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Volume 4, pp 41-45; doi:10.33084/tunas.v4i1.501

The publisher has not yet granted permission to display this abstract.