Jambura Journal of Mathematics

Journal Information
ISSN / EISSN : 26545616 / 26561344
Current Publisher: Universitas Negeri Gorontalo (10.34312)
Total articles ≅ 14
Filter:

Latest articles in this journal

Tuti Adawiyah, Muhamad Nizam Muhaijir
Jambura Journal of Mathematics, Volume 2, pp 39-48; doi:10.34312/jjom.v2i1.2407

Abstract:Varian metode Abbasbandy tanpa turunan kedua merupakan salah satu metode iterasi yang memiliki orde konvergensi empat yang digunakan untuk menyelesaikan persamaan nonlinear. Penelitian ini memodifikasi varian Abbasbandy menjadi metode iterasi tiga langkah. Turunan yang terdapat pada metode iterasi tersebut diaproksimasi menggunakan interpolasi polinomial, interpolasi Hermit orde dua dan interpolasi Lagrange orde tiga. Secara analitik, metode baru ini mempunyai konvergensi orde tujuh dengan melibatkan empat evaluasi fungsi sehingga indeks efisiensi . Simulasi numerik dilakukan menggunakan beberapa fungsi untuk membandingkan metode ini dengan beberapa metode lain seperti metode Newton, metode Abbasbandy, metode Halley, metode Arif-Muhaijir, dan metode Wartono-Rosela untuk menunjukkan performa metode iterasi yang ditemukan.
Nosva Adam Yunus, Evi Hulukati, Ismail Djakaria
Jambura Journal of Mathematics, Volume 2, pp 30-38; doi:10.34312/jjom.v2i1.2591

Abstract:Artikel ini membahas tentang pengaruh pendekatan kontekstual terhadap kemampuan penalaran ditinjau dari gaya kognitif peserta didik. Jenis penelitian Quasi Experiment dengan desain Faktorial menggunakan uji analisis dua jalur dan uji Tukey. Metode pengumpulan data melalui pemberian tes kemampuan penalaran dan Group Embedded Figures Test (GEFT). Temuan penelitian menunjukkan bahwa pada pembelajaran kontekstual subjek bergaya kognitif Field Independent menguasi lebih tiga dari empat indikator pemampuan penalaran matematis dengan nilai . Sementara pada pembelajaran langsung, subjek bergaya kognitif Field Independent hanya menguasi kurang tiga dari empat indikator kemampuan penalaran matematis dengan nilai nilai . Dengan demikian, terdapat pengaruh pendekatan kontekstual terhadap kemampuan penalaran peserta didik yang mempunyai gaya kognitif Field Independent.
Caicy Magelo, Evi Hulukati, Ismail Djakaria
Jambura Journal of Mathematics, Volume 2, pp 15-21; doi:10.34312/jjom.v2i1.2593

Abstract:Artikel ini membahas tentang perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematik peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran open-ended dan model pembelajaran langsung ditinjau dari motivasi belajar matematika. Penelitian menggunakan metode eksperimen semu dengan desain treatment by level 2 x 2. Penelitian ini dilaksanakan pada peserta didik kelas VII MTs Negeri 1 Banggai Kab. Banggai semester genap Tahun Pelajaran 2018-2019. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan berpikir kreatif matematik dan instrumen motivasi belajar. Analisis data berpikir kemampuan berpikir kreatif matematik yang pengelompokannya didasarkan pada skor instrumen motivasi belajar yang menjadi variabel atribut mencakup motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah. Data penelitian dianalisis dalam dua bagian yakni analisis deskripsi dan analisis inferensial yaitu analisis dua jalur (anava 2 x 2) dan uji lanjut Tukey untuk pengujian hipotesis. Berdasarkan analisis data penelitian, diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran open-ended dan pembelajaran langsung pada motivasi belajar dan kemampuan berpikir kreatif matematik. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa model pembelajaran open-ended lebih berpengaruh positif terhadap terhadap kemampuan berpikir kreatif matematik peserta didik ditinjau dari tingkat motivasi belajar.
Dwi Agoes Setiawan, Sri Wahyuningsih, Rito Goejantoro
Jambura Journal of Mathematics, Volume 2, pp 1-14; doi:10.34312/jjom.v2i1.2320

Abstract:Analisis data time series menggunakan metode Winter’s exponential smoothing dan Pegel’s exponential smoothing merupakan analisis data yang dipengaruhi oleh pola data musiman. Winter’s exponential smoothing merupakan metode peramalan yang mengasumsikan pola data bersifat trend aditif sedangkan Pegel’s exponential smoothing menyajikan sembilan model klasifikasi yang memisahkan faktor trend dan musiman. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh model yang tepat dan hasil peramalan dari data produksi kelapa sawit Provinsi Kalimantan Timur periode Januari 2014 sampai Desember 2017. Hasil peramalan diverifikasi menggunakan metode tracking signal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model musiman multiplikatif tanpa trend pada metode Pegel’s exponential smoothing dengan nilai MAPE sebesar 7,04% memiliki akurasi peramalan yang lebih baik daripada metode yang lainnya. Berdasarkan pemantauan menggunakan tracking signal diperoleh satu hasil peramalan yang bersifat bias. Model musiman multiplikatif tanpa trend dapat digunakan untuk meramalkan 3 bulan ke depan yaitu Januari, Februari dan Maret Tahun 2018. Hasil peramalan 3 bulan ke depan mengalami penurunan secara berturut-turut.
Rima Erfianti, Muhamad Nizam Muhaijir
Jambura Journal of Mathematics, Volume 2, pp 22-29; doi:10.34312/jjom.v2i1.2406

Abstract:Beberapa penelitian tentang optimalisasi produksi sudah dilakukan, salah satu metode yang sering digunakan adalah metode simpleks. Namun, metode ini memiliki keterbatasan, diantaranya hanya dapat digunakan pada kasus yang memiliki satu fungsi tujuan. Metode yang dapat digunakan untuk kasus-kasus yang memiliki lebih dari satu fungsi tujuan adalah program linier multi objective fuzzy. Metode ini digunakan untuk mengoptimalisasi produksi hijab di Toko Latifah Hijab dengan menentukan jumlah yang tepat untuk setiap model dan memperoleh keuntungan yang maksimum. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil perhitungan optimasi diantaranya jumlah hijab segi empat rimpel batik yang harus diproduksi sebanyak 320 buah, hijab pashmina instan sebanyak 6 buah, nilai variabel Lambda sebesar 0,58 yang menunjukkan derajat keanggotaan untuk setiap fungsi tujuan, keuntungan maksimum sebesar Rp 9.840.000 serta waktu pengerjaan minimum adalah 6.500 menit.
Muhammad Yahya Matdoan, Imanuel Y Rupilu, Yopi A Lesnussa, A Z Wattimena
Jambura Journal of Mathematics, Volume 1, pp 79-88; doi:10.34312/jjom.v1i2.2318

Latipah Latipah, Sri Wahyuningsih, Syaripuddin Syaripuddin
Jambura Journal of Mathematics, Volume 1, pp 89-103; doi:10.34312/jjom.v1i2.2347

Andrea Tri Rian Dani, Sri Wahyuningsih, Nanda Arista Rizki
Jambura Journal of Mathematics, Volume 1, pp 64-78; doi:10.34312/jjom.v1i2.2354

Wd Rifqah Amalliah Ndangi, Resmawan Resmawan, Ismail Djakaria
Jambura Journal of Mathematics, Volume 1, pp 54-63; doi:10.34312/jjom.v1i2.2100

Oni Soesanto, Pardi Affandi, Nurul Dasima Astuti
Jambura Journal of Mathematics, Volume 1, pp 104-110; doi:10.34312/jjom.v1i2.2353