SMARTICS Journal

Journal Information
ISSN / EISSN : 26230429 / 24769754
Current Publisher: University of Kanjuruhan Malang (10.21067)
Total articles ≅ 18
Filter:

Latest articles in this journal

Arief Bramanto Wicaksono Putra, Yusi Aribah
SMARTICS Journal, Volume 5, pp 44-54; doi:10.21067/smartics.v5i1.3405

Abstract:Akuisisi merupakan proses awal untuk mendapatkan citra digital. Pada penelitian ini menerapkan akuisisi dengan jenis-jenis proyeksi sudut yang bertujuan untuk menganalisis perbandingan hasil akuisisi yang data sudutnya bervariasi dari sebuah obyek wajah. Ekstraksi ciri dilakukan untuk memperoleh nilai spesifik dari akuisisi wajah, obyek penelitian berupa wajah memiliki 9 sampel dengan identitas sudut 0o, +15o, +45o, +75o, +90o, -15o, -45o, -75o, dan -90o. Pada proses ekstraksi ciri menggunakan Correlation Coefficient semua hasil akuisisi obyek wajah telah melalui tahapan pre-processing. Pengujian performansi dari variasi proyeksi tersebut menggunakan metode Euclidean Distance sebagai pengukur jarak kedekatan antar variasi sudut, dimana selisih antar jarak yang diperoleh akan menjadi nilai dari performansi yang diinginkan. Hasil performansi akuisisi terbaik dari obyek A adalah sudut 0o terhadap +15o dan -15o, obyek B sudut 0o terhadap +15o dan -15o, dan obyek C sudut 0o terhadap +90o dan -90o.
Rito Putriwana Pratama, Muhammad Faisal, Ajib Hanani
SMARTICS Journal, Volume 5, pp 22-26; doi:10.21067/smartics.v5i1.2848

Abstract:Plagiarisme merupakan tindakan mengambil gagasan, mengambil hasil riset, mengakuisisi hasil riset, dan meringkas suatu tulisan tanpa menyebutkan sumbernya. Metode cosine similarity merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk menghitung nilai kemiripan antar dokumen. Tahapan yang dilakukan sistem untuk menghasilkan nilai kemiripan antar dokumen yaitu dengan membandingkan dokumen jurnal yang di upload dengan dokumen repository yang diperoleh dari hasil grabbing data DOAJ dan tersimpan di database. Dalam perhitungan metode yang dilakukan akan diperoleh presentase nilai kemiripan antar dokumen. Setelah itu akan dihitung kembali untuk mencari nilai kemiripan dokumen jurnal antar publisher yang ada di dokumen repository. Berdasarkan skenario uji coba yang dilakukan dengan menghitung jumlah dokumen relevan terambil dibagi dengan jumlah dokumen yang ada dalam database kemudian dikali 100%, maka diperoleh nilai recall pada Aplikasi Deteksi Plagiarisme Menggunakan Metode Cosine Similarity yaitu 13%. Sedangkan untuk memperoleh nilai precision dilakukan skenario pengujian dengan menghitung jumlah dokumen relevan terambil dibagi dengan jumlah dokumen relevan dalam pencarian kemudian dikali 100% diperoleh hasil 8%.
Achmad Teguh Wibowo, Anggri Sartika Wiguna
SMARTICS Journal, Volume 5, pp 34-43; doi:10.21067/smartics.v5i1.3327

Abstract:Feedback mahasiswa untuk dosen dalam bidang pengajaran sangat diperlukan untuk meningkatkan kinerja universitas dalam manjalankan proses bisnisnya. Universitas sebagai lembaga pendidikan tidak lepas dari bidang pengajaran, bidang ini sangat berpengaruh karena dengan pengajaran yang baik maka bisa didapatkan lulusan yang kompeten dan bermanfaat untuk kemajuan bangsa. Pemanfaatan teknologi single page application(SPA) untuk pembuatan aplikasi feedback merupakan bentuk kepedulian universitas terhadap bidang pengajaran yang dilakukan, teknologi ini sangat berbeda dengan teknologi model view controller (MVC) yang sudah mulai ditinggalkan. SPA mempunyai kelebihan yaitu lebih ringan dalam sisi server karena cara kerjannya tidak lagi menggunakan dua bahasa (client side dan server side) dalam memproses data dan menampilkan ke monitor, melainkan menggunakan satu bahasa yaitu javascript dalam menangani semuanya. Otomatis server tidak terlalu banyak membutuhkan resource lebih untuk menjalankan aplikasi ini. Dengan adanya aplikasi ini maka tujuan dari universitas untuk memberikan pengajaran yang maksimal ke mahasiswa dan penggunaan resource komputer yang minimal dapat tercapai.
Michel Farrel Tomatala
SMARTICS Journal, Volume 5, pp 1-13; doi:10.21067/smartics.v5i1.3208

Abstract:Ketidakstabilan permintaan yang tinggi maupun rendah pada waktu tertentu serta permintaan secara mendadak mengakibatkan sulitnya menentukan jumlah produksi yang tepat. Ini mengakibatkan masalah penumpukan stok persediaan saat kelebihan jumlah produksi dan masalah sebaliknya yaitu kekurangan jumlah produksi sehingga tidak dapat memenuhi jumlah permintaan. Sebab itu dibutuhkan suatu aplikasi yang bisa dengan mudah digunakan untuk menentukan jumlah produksi yang tepat. Aplikasi ini menggunakan metode Fuzzy Tsukamoto dengan tiga tahap perhitungan jumlah produksi yaitu fuzzifikasi, inferensi dan defuzzifikasi. Pada tahap awal, variabel permintaan, persediaan dan produksi masing-masing dibagi menjadi tiga himpunan fuzzy. Variabel permintaan terdiri dari TURUN, TETAP dan NAIK, variabel persediaan terdiri dari SEDIKIT, SEDANG, dan BANYAK, serta variabel produksi terdiri dari BERKURANG, TETAP dan BERTAMBAH. Kombinasi semua himpunan fuzzy dibentuk menjadi sembilan rules fuzzy yang digunakan dalam tahap inferensi. Ditahap inferensi, dicari nilai keanggotaan anteseden (α) dan nilai jumlah produksi kira-kira (z) setiap rules-nya. Jumlah pakaian yang akan diproduksi (Z) dicari dengan metode defuzzifikasi rata-rata terpusat. Aplikasi ini memiliki tingkat kesalahan sebesar 0.324673 % setelah diuji menggunakan 29 sampel dengan metode Mean Absolute Percentage Error (MAPE), sehingga disimpulkan bahwa aplikasi ini memiliki kinerja efektif tanpa mengurangi ketepatan perhitungan dan dapat digunakan untuk menentukan jumlah produksi dalam waktu singkat.
Meme Susilowati, Alan Anggara Kusuma
SMARTICS Journal, Volume 5, pp 27-33; doi:10.21067/smartics.v5i1.3444

Abstract:Laporan ini berisi tentang hasil penelitian terkait software requirement specification informasi manajemen pada Usaha Dagang Wonorejo yang memiliki menu Sales and Marketing, Manufacturing and Production, Finance and Accounting. Pada pembuatan software requirement specification ini disusun berdasarkan ISO/IEC/IEEE 29148-2011, metode penelitiannya meliputi studi literatur dari buku atau tesis yang berkaitan dengan pembuatan dokumen software requirement, dokumen yang digunakan menjadi refrensi untuk studi literatur adalah tesis dari peneliti terdahulu, selain itu penulis juga menggunakan teori ISO/IEC/IEEE 29148-2011 sebagai dasar pembuatan dokumen software requirement specification sehingga dokumen tersebut akan memiliki standar internasional, lalu juga melakukan observasi lapangan dengan cara terjun secara langsung ke perusahaan untuk mempelajari alur bisnis yang diterapkan diperusahaan dan melakukan wawancara pada pihak yang terkait didalam perusahaan sehingga data yang didapat lebih akurat dan lebih obyektif. Dokumen software requirement specification ini juga dilengkapi dengan logical database dari menu sales and marketing, menu manufacturing and production, dan menu finance and accounting sehingga dengan pemaparan logical database yang terdapat didalam dokumen software requirement specification tersebut bisa digunakan untuk memudahkan penelitian yang selanjutnya guna melakukan analisis sehingga pengembang berikutnya akan lebih mudah untuk membuat dokumen software requirement specification yang lebih baik dari sebelumnya.
Nino Catur Novrianto, Ade Trio Avangki, Qismi Widia Ningsih, Zefid Frenda Fathoni, Bambang Bane Ray
SMARTICS Journal, Volume 4, pp 56-61; doi:10.21067/smartics.v4i2.3028

Abstract:Kuliner merupakan suatu hal yang paling sering dicari masyarakat. Warung Lumayan sebagai mitra kami yang memiliki usaha yang cukup besar. Tetapi terdapat suatu permasalahan dalam bidang promosi dan pelayanan. Untuk itu kami membuat aplikasi berbasis Android yang bisa membantu masalah promosi dan pelayanan. Android adalah Smartphone yang diperkirakan akan menjadi platfrom smartphone terpopuler menurut Indonesia consumer electronics report - Q1 2012. Dengan aplikasi Eattoria para pengusaha khususnya di bidang kuliner sepeti restoran, kafe, dan warung kecil lainnya dapat mempromosikan tempat usahanya secara luas. Dengan adanya aplikasi Eattoria, Warung Lumayan lebih dikenal dimasyarakat luas. Warung Lumayan bisa mempromosikan menu makanan dan minuman tanpa harus membuat pamflet dan banner. Dengan Eattoria masyarakat/konsumen dapat lebih mudah mencari tempat kuliner yang diinginkan dengan aplikasi Eattoria mulai dari restoran atau kafe mewah hingga warung sederhana.
Muhammad Shibgah Aulia, Maman Abdurrahman, Aji Gautama Putrada
SMARTICS Journal, Volume 5, pp 14-21; doi:10.21067/smartics.v5i1.3287

Abstract:Tujuan akhir dari penelitian ini adalah untuk mendeteksi kadar glukosa dalam darah menggunakan metode non-invasive melalui nafas mulut manusia.Pada penderita dibetes melitus tipe 1 umumnya mempunyai kadar saliva yang rendah yang dapat menyebabkan bau mulut atau disebut Halitosis .Metode yang dapat digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan sensor nafas berupa MQ-4 dan Figaro TGS-2602 pada hembusan nafas mulut manusia guna mendapatkan hasil berupa kadar hydrogen sulfide(H2S) dan methane(CH4) dari nafas seseorang.Hasil akan didapatkan dalam satuan mg/dl setelah data diperoleh oleh sensor dengan filter Lowpass lalu diproses menggunakan algoritma machine-learning berupa K-Nearest Neighbor dengan metode klasifikasi Regression .Hasil dari 5 data tes sampel diabetes melitus serta 40 data training diabetes melitus dapat mendeteksi glukosa dalam darah dengan tingkat akurasi 80% serta akan dibandingkan dengan riset sebelumnya.Sample 40 data training diambil dari beberapa pasien yang mempunyai pengidap penyakit diabetes melitus dan non-diabetes melitus menggunakan alat glukometer dengan tingkat akurasi alat 95%.Diharapkan sistem ini dapat memberi solusi pada pengidap penyakit diabetes melitus tipe 1 untuk sesorang yang menderita penyakit tersebut.
Dimas Wahyu Wibowo, Pramana Yoga Saputra, Eka Larasati Amalia, Farida Ulfa
Published: 31 October 2018
SMARTICS Journal, Volume 4, pp 52-55; doi:10.21067/smartics.v4i2.3185

Abstract:Augemented Reality (AR) merupakan teknologi yang menggabungkan bedan maya 3D ke dalam dunia nyata dan dalam waktu nyata. Penelitian ini menggunakan teknologi AR ke dalam bentuk media pembelajaran pengenalan hewan unutk anak-anak. Aplikasi ini dirancang untuk memudahkan anak-anak dalam mengenal nama dan jenis hewan. AR dapat menyajkan pembelajaran yang interaktif, karena anak-anak tidak hanya belajar secara teori namun mereka juga dapat melihat objek hewan secara 3D. Aplikasi ini dibuat menggunakan AFrame Dari hasil pengujian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa aplikasi yang dibangun mampu menampilkan semua visualisasi objek 3D sehingga dapat digunakan untuk media pembelajaran
Nur Khairati, Muhammad Ghufron, Kurriawan Budi Pranata
Published: 30 October 2018
SMARTICS Journal, Volume 4, pp 44-48; doi:10.21067/smartics.v4i2.2666

Abstract:Baterai dinamis atau yang dikenal dengan Redox Flow Battery (RFB) merupakan jenis baterai sekunder yang banyak dikembangkan karena kemampuannya untuk menyimpan energi dalam jumlah besar. Pada penelitian ini, dikembangkan baterai dinamis berbasis asam timbal dimana timbal (Pb) dan timbal dioksida (PbO2) digunakan sebagai elektroda baterai dengan luas permukaan pelat (13,5 x 7,5) cm2. Baterai dinamis asam timbal diuji sehingga diketahui pengaruh perbedaan konsentrasi H2SO4 terhadap karakteristik baterai. Variasi konsentrasi H2SO4 yang digunakan adalah 20% dan 30%. Pengujian siklus pengisian-pengosongan dilakukan dengan alat BMS (Battery Management System) yaitu Turnigy Accucell-6 sebanyak 3 siklus dengan arus pembebanan 1 A. Berdasarkan hasil penelitian, kapasitas baterai dinamis asam timbal meningkat dengan meningkatnya konsentrasi H2SO4. Baterai dinamis asam timbal 30% menghasilkan kapasitas rata-rata tertinggi yaitu 4.657 mAh dengan efisiensi rata-rata 82,90%. Baterai dinamis 30% diuji masing-masing 1 siklus dengan variasi waktu pengisian untuk mengetahui waktu pengisian optimal baterai. Variasi waktu pengisian yang digunakan adalah 0,5; 1; 1,5; 2; 2,5 jam serta pengisian hingga titik cut-off . Hasil penelitian menunjukkan bahwa kapasitas baterai meningkat dengan meningkatnya waktu pengisian baterai, dengan efisiensi tertinggi baterai dinamis 30% adalah pada pengisian 2 jam.
Anggri Sartika Wiguna, Wahyudi Harianto
Published: 30 October 2018
SMARTICS Journal, Volume 4, pp 49-51; doi:10.21067/smartics.v4i2.3184

Abstract:Peningkatan kepadatan penduduk saat ini yang tinggi mendorong akan kebutuhan tempat tinggal yang semakin besar dimanfaatkan oleh developer perumahan dalam mempromosikan perumahannya. Banyaknya pilihan perumahan yang ditawarkan menyebabkan konsumen perlu memilih rumah yang sesuai dengan kriterianya. Dengan sedikitnya informasi yang didapat konsumen sering mengalami penyesalan karena rumah yang sudah dipilih memiliki harga yang lebih mahal dibanding rumah yang berada didekatnya. Aplikasi ini dibangun menggunakan metode case-based reasoning (CBR) dan algoritma Euclidean distance. Metode ini mendapatkan solusi melalui kasus-kasus yang sebelumnya ada dan melakukan perhitungan kemiripan antar kasus. Kriteria-kriteria yang diinginkan pengguna seperti harga, luas tanah, luas bangunan, jumlah kamar tidur, jumlah kamar mandi dan jumlah lantai menjadi adjustment feature. Descriptive feature meliputi lokasi kecamatan, fasilitas, akses jalan, kondisi jalan dan freedesign. Keluaran yang dihasilkan berupa rangking informasi rumah yang diurutkan berdasarkan nilai kecocokan yang paling tinggi dan ditambah dengan tampilan rumah dan keterangan rumah. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah aplikasi sistem pendukung keputusan pemilihan perumahanyang dapat memberikan informasi yang lebih lengkap secara efektif dalam memilih rumah di Kotamadya Malang yang sesuai dengan kriteria yang diinputkan.