Journal Information
ISSN / EISSN : 2549-8037 / 2549-8045
Published by: Institut Informatika Indonesia Surabaya (10.34148)
Total articles ≅ 126
Current Coverage
DOAJ
Archived in
SHERPA/ROMEO
Filter:

Latest articles in this journal

Saddam Husein Dio Darmawan, Rinabi Tanamal
Teknika, Volume 10, pp 152-159; https://doi.org/10.34148/teknika.v10i2.346

Abstract:
Vespa Piaggio adalah salah satu motor yang sangat diminati oleh semua kalangan, salah satunya kalangan muda. Kendala pada Vespa ini berfokus hanya pada penjualan unit baru, sedangkan bengkel service Vespa ini tidak banyak tersedia. Dikarenakan sulitnya mencari bengkel service, pengguna motor Vespa matic akan kesulitan dan mungkin mengabaikan perawatan motor ini. Untuk mengantisipasi hal ini dibuatlah sistem pakar identifikasi kerusakan motor Vespa matic berbasis Android yang akan membantu para pengguna motor Vespa matic untuk mengatasi hal tersebut. Aplikasi sistem pakar ini dibuat berdasarkan fakta dan aturan yang bersumber dari hasil wawancara dan observasi penulis kepada pakar ahli. Lalu diimplementasikan ke dalam metode forward chaining yang dimodifikasi agar keputusan yang diambil sesuai dan tepat. Expert system ini mengaplikasikan McGoo dan Thunkable sebagai pembuat aplikasi sistem pakar. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi Android untuk mendeteksi kerusakan Vespa matic yang dapat menjadi pedoman penggantian part secara tepat sehingga tidak memerlukan banyak biaya dan waktu. Dari tingkat kepuasan pengguna terhadap aplikasi adalah sebagai berikut: aplikasi mudah digunakan memiliki nilai 90,6%, hasil solusi kerusakan aplikasi dapat dipahami mempunyai nilai 97,3%, diagnosis yang disampaikan aplikasi sesuai dengan hasil kerusakan Vespa matic memiliki nilai 90,6%, tampilan dan tombol-tombol pada aplikasi memberikan respon yang sesuai dan akurat memiliki nilai 84%, aplikasi benar-benar dapat mendeteksi kerusakan Vespa matic memiliki nilai 90,6%.
Beta Andri Anggiano Uliansyah, Agung Darono, Febrian
Teknika, Volume 10, pp 160-168; https://doi.org/10.34148/teknika.v10i2.344

Abstract:
Analitika data keuangan negara merupakan sekumpulan kerangka konsepsual yang digunakan untuk mengidentifikasi, mengekstraksi, dan mendapatkan pola atau anomali tertentu dari berbagai data keuangan negara untuk selanjutnya dapat disajikan dalam bentuk wawasan (insights), visualisasi ataupun model yang diharapkan dapat membantu pengambilan keputusan yang berkaitan dengan berbagai fungsi dan bidang pengelolaan keuangan negara. Penelitian ini dengan menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif menjelaskan bagaimana analitika data keuangan negara dapat dilaksanakan dengan menggunakan use case data dasar Dana Alokasi Umum (DAU) yang telah tersedia dan dapat diakses secara bebas oleh publik melalui situs web Kementerian Keuangan. Kajian ini menggunakan kombinasi beberapa paket perangkat lunak dan teknik analisis data untuk menyajikan berbagai insights yang dapat disajikan dari data yang telah tersedia tersebut. Penelitian ini dengan use case yang ada menemukan bahwa data keuangan negara telah disajikan dengan struktur data standar relatif memudahkan para pihak yang ingin menggunakan data tersebut untuk berbagai kepentingan. Rekomendasi kebijakan yang diajukan berdasarkan hasil kajian ini adalah: (1) data yang disediakan dapat mencakup seluruh data yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan negara; (2) data disediakan dalam struktur standar sehingga memudahkan pengguna yang membutuhkan data tersebut. Untuk cakupan organisasi pemerintahan dalam skala yang lebih besar, penelitian ini merekomendasikan agar setiap instansi pemerintah dapat menyediakan data operasionalnya dengan struktur data yang mudah untuk diolah kembali sehingga memungkinkan data tersebut digunakan untuk kepentingan publik yang lebih luas.
Risa Sri Marlianti, Sudin Saepudin
Teknika, Volume 10, pp 137-145; https://doi.org/10.34148/teknika.v10i2.367

Abstract:
Terminal Palabuhanratu merupakan terminal penumpang tipe B yang merupakan terminal utama terbesar di kawasan Sukabumi bagian selatan. Terminal ini terletak di Jalan Pasar Palabuhanratu, Desa Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. Terminal yang dikelola oleh Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat ini menyediakan pelayanan angkutan Mobil Penumpang Umum (MPU), angkutan perintis, dan angkutan antar kota. Pengelola Terminal Tipe B Palabuhanratu belum mengimplementasikan Enterprise Architecture (EA) untuk menyelaraskan strategi SI/TI dengan strategi bisnisnya. Dalam implementasinya, pihak pengelola Terminal Tipe B Palabuhanratu memberikan pelayanan informasi dengan baik kepada calon penumpang, walaupun belum terstruktur secara sistematis dalam penerapan perancangan SI/TI sehingga proses pelayanan untuk kegiatan bisnis belum berjalan secara maksimal. Umumnya dalam memberikan informasi layanan transportasi mengenai waktu pemberangkatan, rute tujuan, tarif, dan pengaduan. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah Perancangan Enterprise Architecture untuk pengelolaan layanan transportasi dan pelayanan pengaduan di Terminal Tipe B Palabuhanratu dengan menggunakan model TOGAF ADM dan akan menghasilkan sebuah blue print yang nantinya dapat digunakan sebagai acuan dalam mengimplementasikan pembuatan sistem, sehingga pengelola terminal dapat dengan mudah memberikan informasi dan dapat meningkatkan pelayanan di Terminal Tipe B Palabuhanratu. Metode penelitian ini menggunakan model TOGAF Architecture Development Method (ADM) untuk mendukung Perancangan Enterprise Architecture Sistem Terminal Tipe B Palabuhanratu.
Gugus Wijonarko, Alexander Wirapraja
Teknika, Volume 10, pp 146-151; https://doi.org/10.34148/teknika.v10i2.381

Abstract:
Sumber daya manusia merupakan aspek vital dalam pengembangan bisnis perusahaan, utamanya untuk meningkatkan layanan kepada stakeholder termasuk pelanggan, maka hal yang diperlukan terlebih dahulu adalah membenahi aspek internal. Penggunaan pencatatan secara konvensional sudah dianggap tidak relevan dengan era digital saat ini. Bilamana perusahaan ingin meningkatkan daya saingnya maka diperlukan pemanfaatan teknologi dalam operasional pekerjaan yang mereka lakukan, salah satunya adalah mengembangan peran teknologi dan informasi dalam departemen manajemen sumber daya manusia dengan menerapkan aplikasi opensource berbasis web yaitu OrangeHRM. Dalam penelitian ini dilakukan dengan pendekatan terhadap pengguna aplikasi OrangeHRM dengan mengambil sampel pengguna yang bekerja pada departemen sumber daya manusia, untuk menguji hubungan antar variabel dengan menggunakan tiga variabel yaitu kualitas website (Webqual 4.0) sebagai variabel untuk mengukur persepsi kualitas dari aplikasi OrangeHRM terhadap pengguna melalui tiga indikator, yaitu kualitas informasi, interaksi layanan dan faktor penggunaan, variabel kepuasan karyawan sebagai bentuk perasaan karyawan dalam menggunakan aplikasi dan variabel produktivitas kerja yang merupakan tingkat perubahan yang dialami oleh karyawan setelah menggunakan OrangeHRM. Metode pengukuran menggunakan analisis SEM, sedangkan pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan metode pengambilan sampel secara purposive sampling terhadap 120 responden. Hasil yang didapatkan adalah variabel Webqual 4.0 memiliki pengaruh terhadap kepuasan karyawan dan berdampak kepada meningkatnya efektivitas dan produktivitas pekerjaan yang dilakukan di departemen sumber daya manusia perusahaan setiap responden.
Abraham Agung, Rinabi Tanamal
Teknika, Volume 10, pp 128-136; https://doi.org/10.34148/teknika.v10i2.368

Abstract:
Pajak ialah komponen penting yang mempengaruhi penerimaan pendapatan pada suatu negara. Tingkat kepatuhan wajib pajak yang rendah bisa berakibat pada kecilnya pemasukan kas negara, jadi bisa mengganggu kinerja pemerintah, karena mayoritas pengeluaran negara anggarannya dari penerimaan pajak. Supaya penerimaan pajak bisa maksimal, Dirjen Pajak melaksanakan moderenisasi pada sistem perpajakan dengan diciptakannya e-filing. Realisasi Pelaporan SPT Tahunan di Kanwil DJB Jawa Timur I, per 31 Mei 2018 baru sekitar 287.228 jumlah wajib pajak dari 363.397 wajib pajak yang wajib melaporkan SPT, artinya kepatuhan wajib pajak masih sekitar 79,04%. Kemudian dari 287.228 SPT, yang dilaporkan melalui fasilitas e-filing sebanyak 240.349. Hal ini dapat diartikan bahwa masyarakat Surabaya sudah mulai mau menggunakan sistem e-filing, namun dalam penngunaannya masih belum maksimal. Berdsarkan latar belakang yang sudah dijabarkan, maka peneliti berkeinginan mengetahui apakah faktor persepsi kegunaan, kemudahan, persepsi kepuasan, kualitas sistem, pemahaman wajib pajak dapat berpengaruh terhadap minat Wajib Pajak Orang Pribadi (WPOP) untuk memakai sistem e-filing. Dalam penelitian ini memakai data primer dengan teknik survei yang mempergunakan media angket. Populasinya yaitu para WPOP yang tercatat dan memakai e-filling di KKP wilayah Surabaya. Dalam mengambil sampelnya menggunakan accidental sampling. Sampel pada penelitian sejumlah 100 responden dan ditetapkan menggunakan rumus slovin. Analisis datanya menggunakan regresi linier berganda. Teori yang dipakai adalah teori TAM.
Imam Hizbullah, Munazat Salmin
Teknika, Volume 10, pp 122-127; https://doi.org/10.34148/teknika.v10i2.355

Abstract:
Perkembangan sistem informasi/teknologi informasi telah mendorong setiap institusi pemerintahan untuk mengelola informasi di ruang internal dan juga di ruang publik. Teknologi informasi sendiri dalam proses implementasinya dibutuhkan perencanaan yang matang dan pendekatan yang sistematis sehingga dapat sejalan dengan kebutuhan bisnis dari institusi serta dapat terjadi peningkatan produktivitas sesuai yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan kandidat sistem informasi dan desain infrastruktur teknologi informasi untuk mendukung kebutuhan bisnis serta roadmap yang nantinya digunakan sebagai panduan implementasi sistem informasi/teknologi informasi. Metode yang digunakan pada penelitian ini mengacu pada Framework TOGAF serta digunakan alat analisis value chain, Strength Weakness Opportunity Threat (SWOT), dan portofolio McFarlan. Penelitian ini menghasilkan 7 kandidat sistem informasi, desain infrastruktur, serta roadmap implementasi SI/TI pada Dinas Pariwisata Kabupaten Pulau Morotai.
Vincentius Riandaru Prasetyo, Njoto Benarkah, Vioni Jannet Chrisintha
Teknika, Volume 10, pp 114-121; https://doi.org/10.34148/teknika.v10i2.370

Abstract:
Program Information Technology di Jurusan Teknik Informatika, Universitas Surabaya, merupakan salah satu program yang menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar pada saat perkuliahan berlangsung. Akan tetapi, kurangnya informasi mengenai Program Information Technology menyebabkan kurangnya minat calon mahasiswa terhadap program tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah aplikasi chatbot yang dapat membantu user untuk memperoleh informasi-informasi terkait dengan Program Information Technology pada Jurusan Teknik Informatika, Universitas Surabaya. Chatbot yang dibangun hanya akan memproses pertanyaan dengan bahasa Inggris saja. Chatbot yang dibuat pada penelitian ini menggunakan pendekatan Natural Language Processing (NLP) untuk memproses pertanyaan yang disampaikan user dan untuk mendapatkan kata kunci dari informasi yang diinginkan user. Sistem akan melakukan pencarian informasi pada kamus informasi yang ada. Apabila informasi tidak ditemukan, maka sistem akan melakukan proses crawling untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan user. Pada penelitian ini, validasi sistem dilakukan dengan dua metode yaitu cross validation dan user validation. Berdasarkan validasi dengan metode cross validation didapatkan akurasi sebesar 83,33%. User validation dilakukan dengan cara meminta 10 user untuk melakukan uji coba sistem dan didapatkan akurasi sebesar 76%.
Putri Nastiti, Alwi Kesuma, Marvin Ariel Johannes, Christian Immanuel
Teknika, Volume 10, pp 104-113; https://doi.org/10.34148/teknika.v10i2.356

Abstract:
Hotel merupakan salah satu contoh infrastruktur yang dapat mendukung pariwisata di suatu daerah. Di era digital seperti saat ini, banyak hotel yang melakukan pemasaran digital supaya dapat menjangkau lebih banyak wisatawan. Hal ini menjadi bentuk nyata bahwa sistem informasi menjadi landasan bagi pengembangan sebuah organisasi modern, salah satunya adalah industri perhotelan. Oleh karenanya setiap organisasi perlu didukung oleh rancangan arsitektur sistem informasi untuk pengembangan bisnis organisasinya. Arsitektur perusahaan akan mendukung model bisnis fungsional yang dapat disesuaikan dengan berbagai macam kegiatan pelayanan publik. Penelitian ini mengambil objek Hotel XYZ yang terletak di kota Yogyakarta. Arsitektur perusahaan pada penelitian ini akan dilakukan berdasarkan langkah-langkah dalam kerangka kerja The Open Group Architecture Framework (TOGAF). Tahapan yang dilakukan meliputi arsitektur visi, arsitektur bisnis, arsitektur data, arsitektur aplikasi, dan arsitektur teknologi. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya adalah analisis rantai nilai, analisis SWOT, dan business model canvas. Selain itu penelitian ini juga menghasilkan usulan aplikasi sistem informasi dan rencana arsitektur teknologi, yaitu sebuah sistem perbaikan untuk unit front office, dimana sistem all in one control yang saat ini dimiliki oleh Hotel XYZ dengan basis data terpusat dapat terintegrasi dengan platform afiliasi sistem tiket lainnya menggunakan API. Usulan strategi SI untuk unit front office ini juga didukung dengan usulan arsitektur teknologinya. Implementasi perencanaan SI/TI ini akan mendukung proses bisnis Hotel XYZ menjadi lebih efektif dan efisien.
Mohammad Farid Naufal, Selvia Ferdiana Kusuma, Kevin Christian Tanus, Raynaldy Valentino Sukiwun, Joseph Kristiano, Jeremy Owen Lieyanto, Daniel Cristianindra R.
Teknika, Volume 10, pp 96-103; https://doi.org/10.34148/teknika.v10i2.331

Abstract:
Kondisi pandemi global Covid-19 yang muncul diakhir tahun 2019 telah menjadi permasalahan utama seluruh negara di dunia. Covid-19 merupakan virus yang menyerang organ paru-paru dan dapat mengakibatkan kematian. Pasien Covid-19 banyak yang telah dirawat di rumah sakit sehingga terdapat data citra chest X-ray paru-paru pasien yang terjangkit Covid-19. Saat ini sudah banyak peneltian yang melakukan klasifikasi citra chest X-ray menggunakan Convolutional Neural Network (CNN) untuk membedakan paru-paru sehat, terinfeksi covid-19, dan penyakit paru-paru lainnya, namun belum ada penelitian yang mencoba membandingkan performa algoritma CNN dan machine learning klasik seperti Support Vector Machine (SVM), dan K-Nearest Neighbor (KNN) untuk mengetahui gap performa dan waktu eksekusi yang dibutuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan performa dan waktu eksekusi algoritma klasifikasi K-Nearest Neighbors (KNN), Support Vector Machine (SVM), dan CNN untuk mendeteksi Covid-19 berdasarkan citra chest X-Ray. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan 5 Cross Validation, CNN merupakan algoritma yang memiliki rata-rata performa terbaik yaitu akurasi 0,9591, precision 0,9592, recall 0,9591, dan F1 Score 0,959 dengan waktu eksekusi rata-rata sebesar 3102,562 detik.
Kathryn Widhiyanti, Agnes Karina Prita Atmani
Teknika, Volume 10, pp 88-95; https://doi.org/10.34148/teknika.v10i2.308

Abstract:
COVID 19 (Corona Virus Disease 2019) memberikan efek yang besar dalam bidang pendidikan, misalnya kegiatan belajar-mengajar mengalami perubahan dari pertemuan kelas menjadi sistem daring yang memanfaatkan teknologi dan internet. Siswa, mahasiswa, orang tua, dan pendidik harus beradaptasi dengan metode pembelajaran daring. Sebagai salah satu instansi pendidikan di bidang seni, Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta juga merasakan efek dari pandemi COVID 19 ini. Selain kegiatan belajar mengajar, adaptasi yang cepat juga dilakukan pada proses Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Program Diploma di jalur mandiri. Dalam kondisi COVID 19 ini, calon mahasiswa tentu juga akan terbatas untuk melaksanakan ujian secara langsung. Sistem Unggah Portofolio PMB Diploma dirancang untuk membantu calon mahasiswa supaya tetap dapat mendaftar ke ISI Yogyakarta dan tetap melanjutkan pendidikan untuk tingkat selanjutnya. Perancangan sistem unggah portofolio menggunakan metode prototyping dengan tujuan untuk mempercepat proses perancangan interface dan kinerja dari tim developer. Perancangan prototype menggunakan jenis Low Fidelity Prototype dan High Fidelity Prototype memberikan kemudahan komunikasi BAAKSI dan Tim Developer. Hasil usability testing yang diterapkan di akhir pengembangan memberikan hasil yang sangat baik yaitu antara 93% -100% untuk 5 kriteria yang diuji. Penerapan metode prototyping ini sangat sesuai diterapkan dalam proses perancangan sistem unggah portofolio yang hanya memiliki waktu developing singkat, namun dapat memberikan hasil rancangan interface yang optimal.
Back to Top Top