Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer)

Journal Information
ISSN / EISSN : 2301-7988 / 2581-0588
Published by: LPPM STMIK Atma Luhur (10.32736)
Total articles ≅ 323
Filter:

Latest articles in this journal

Ibnur Rusi
Jurnal Sisfokom (sistem Informasi Dan Komputer), Volume 11, pp 154-161; https://doi.org/10.32736/sisfokom.v11i2.1244

Abstract:
A website is one of the choices of means used to facilitate an agency in providing information. A quality website is a website that can give satisfaction to users. The availability of features on the website that suit user needs, attractive website appearance, easy-to-remember steps, and feedback are some of the essential points that can satisfy users. Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Singkawang is a school that uses a website to provide information; until now, the MAN Singkawang website has never measured the quality of the website, so schools do not know the user satisfaction. This study aims to implement the Webqual and EUCS methods to determine the effect of website quality on end-user satisfaction. The test is carried out through several levels, namely, validity test, reliability test, t-test, F test, and coefficient of determination test. The results of the statement test stated that all questions were valid and reliable; there was a positive and significant influence of website quality through the independent variables Webqual and EUCS on the dependent variable user satisfaction (satisfaction), either partially or simultaneously. The coefficient of determination test results obtained a value of 58.8%, meaning that the ability of the independent variable to provide an explanation related to the dependent variable is relatively high. In other words, the independent variable offers a lot of information needed to predict the dependent variable. As for the calculation of user satisfaction on the MAN Singkawang website, a user satisfaction value of 83% is obtained. This value indicates that the students of MAN Singkawang are very satisfied through the quality provided on the MAN Singkawang website.
Hersatoto Listiyono, Sunardi Sunardi, Agus Prasetyo Utomo, Novita Mariana
Jurnal Sisfokom (sistem Informasi Dan Komputer), Volume 11, pp 208-213; https://doi.org/10.32736/sisfokom.v11i2.1419

Abstract:
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah guna menganalisis dan menjelaskan pengaruh kemudahan dan kegunaan teknologi Learning Management System (LMS) terhadap niat mahasiswa dalam menggunakanya selama masa pandemi COVID 19. Variabel bebas adalah Kemudahan Penggunaan dan Kegunaan/kemanfaatan teknologi LMS, serta variabel terikatnya adalah Niat Pengguna LMS. Jenis penelitian penjelasan (explanatory research), yaitu melalui pengujian hipotesa dengan menjelaskan hubungan kausal antar variabel. Responden adalah mahasiswa Universitas Stikubank Semarang yang tersebar di 4 fakultas. Sampel sebanyak 93 responden dengan menggunakan teknik insedentil non propability sampling. Analisis data yang digunakan deskriptif kuantitatif dan analisis regresi linier berganda. Hasil uji hipotesis terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel Kemudahan Penggunaan terhadap Niat Pengguna dengan nilai beta sebesar 0,207. Sementara itu variabel Kemanfaatan terhadap Niat Pengguna juga berpengaruh positif signifikan dengan nilai beta sebesar 0,664. Niat mahasiswa menggunakan LMS pada e-learning sebesar 68,8% (Adjusted R2) dipengaruhi variabel kemudahan dan kemanfaatan, sisanya sebesar 31,2% dipengaruhi oleh variabel lain. Selain itu, manfaat yang dirasakan memiliki pengaruh paling besar pada niat perilaku untuk menggunakan LMS.
Estie Grace Melisa Sinulingga, Kristoko D. Hartomo
Jurnal Sisfokom (sistem Informasi Dan Komputer), Volume 11, pp 172-179; https://doi.org/10.32736/sisfokom.v11i2.1411

Abstract:
Aplikasi Shopee dirancang sebagai sebuah aplikasi e-commerce yang dapat membantu penggunanya untuk berbelanja secara efisien dan menghemat waktu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa sukses dari aplikasi Shopee dan variabel apa yang mempengaruhi kepuasan pengguna dari perspektif penggemar K-Pop selaku salah satu pengguna pada aplikasi tersebut. Penelitian ini akan menguji menggunakan lima variabel dari metode DeLone and McLean yaitu: kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, kegunaan dan kepuasan pengguna. Penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode kuantitatif berupa survey dengan kuesioner, kemudian analisis data menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan Smartpls V3. Data yang dihasilkan berupa hasil analisa dengan menampilkan data dari uji validitas dan uji reliabilitas. Kuesioner yang akan dibagikan kepada responden melalui jejaring sosial, dimana yang menjadi target untuk mengisi data pada kuesioner ini adalah para penggemar K-Pop yang sering atau sudah pernah menggunakan aplikasi Shopee. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat 1 (satu) hipotesis dari 6 (enam) hipotesis yang ditolak. Hipotesis yang ditolak merupakan sebuah hipotesis yang memprediksi Kualitas Informasi mempengaruhi Kegunaan menunjukkan koefisien 1.674 (t-statistik 1.96) tidak diterima. Hasil dari penelitian ini memberikan pandangan bahwa Kualitas Informasi dan Kegunaan memiliki pengaruh yang sangat tidak baik, oleh karena itu perlunya peningkatan untuk memperbaiki aplikasi menjadi lebih baik.
Asep Syaputra
Jurnal Sisfokom (sistem Informasi Dan Komputer), Volume 11, pp 142-147; https://doi.org/10.32736/sisfokom.v11i2.1370

Abstract:
Promosi sangat penting untuk mendukung kegiatan pemasaran. Saat mempromosikan sebuah produk masih menggunakan brosur, berbicara langsung dengan konsumen di lapangan sehingga memiliki banyak biaya, energi, kebutuhan waktu dan konsumen dan kurangnya ketertarikan koonsumen untuk membeli produk, oleh karena itu dengan pemanfaatan dari teknologi multimedia maka permasalahan tersebut diharapkan dapat diatasi. Pada penelitian ini menggunakan pengembangan model ADDIE, yang terdiri dari 5 langkah yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Animasi ini dibuat oleh Adobe oleh Effect CS6 dan dirancang untuk mengukur level valid dalam animasi Alpha Tester ini untuk mengukur validitas animasi dengan ulasan ahli, yaitu yaitu ahli design, ahli media, ahli bahasa, ahli materi. Untuk mengukur pemahaman dan minat konsumen, penulis menggunakan teknik sampling dalam penelitian ini dan penggunaan formula pengambilan sampel lambat untuk menentukan jumlah responden dari populasi. Dari hasil tes oleh para ahli yang diperoleh dengan hasil validitas, menyatakan bahwa ekstensi animasi ini sangat valid dengan memberikan rata-rata 4.15 dari hasil nilai validitas, dan merupakan rata-rata 4.31 dari responden.
Renny Puspita Sari, Ilhamsyah Ilhamsyah, Alfredo Michael Alliandaw
Jurnal Sisfokom (sistem Informasi Dan Komputer), Volume 11, pp 266-275; https://doi.org/10.32736/sisfokom.v11i2.1417

Abstract:
Pemilihan Jurusan pada SMA Negeri 3 Pontianak selalu dilakukan pada tiap tahun ajaran baru untuk para calon siswa. Penjurusan pun terbagi atas kelas MIA (Matematika Ilmu Alam) dan IIS (Ilmu-Ilmu Sosial). Agar bakat dan potensi para calon siswa dalam proses pembelajaran dapat berkembang secara maksimal, maka para calon siswa dalam mengambil penjurusan yang ingin dipilih harusnya tepat pada potensi akademik dalam diri mereka sendiri. Maka, agar tidak salah sasaran dibutuhkan sebuah Sistem Pendukung Keputusan yang mampu membantu menentukan jurusan terbaik bagi setiap siswa melalui metode MOORA (Multi-Objective Optimization on the basis of Ratio Analysis). Cara kerja metode MOORA adalah dengan memberikan bobot pada masing-masing kriteria yang sudah ditentukan yakni Nilai rata-rata Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, dan IPS serta Tingkatan nilai IQ pada masing masing calon siswa. Hasil perhitungan dari 50 sampel data calon siswa yang diolah menghasilkan keputusan yang terdiri dari 33 siswa untuk 6 kelas IPA dan 17 siswa untuk 3 kelas IPS. Hasil pengujian pun dapat disimpulkan bahwa penerapan metode MOORA dalam Sistem Pendukung Keputusan menghasilkan sebuah sistem yang memberikan hasil akhir rekomendasi.
Husnul Khatimi, Muhammad Alkaff, Muhammad Ridho A.G.D.
Jurnal Sisfokom (sistem Informasi Dan Komputer), Volume 11, pp 223-234; https://doi.org/10.32736/sisfokom.v11i2.1275

Abstract:
The application of E-Government is a solution about how efforts to increase and benefit are obtained by the community from public services designed by the government under Mayor Regulation Number 41 of 2018 concerning E-Government Implementation utilizing Information Technology by forming an Android-based information system with the name Application Integrated Kelurahan Administration Services or can be called the "Palui Baiman" application. The Palui Baiman application is an application that can facilitate the means of submitting letters at the village level. The problem that arises is how the Palui Baiman application can be accepted by the people of Banjarmasin City. The objectives achieved in this study were to determine the level of acceptance and use of the people of Banjarmasin City towards the Palui Baiman application by applying the Technology Acceptance Model (TAM) and using the usefulness and convenience variables integrated with the acceptance variable. Based on the results of the analysis by applying multiple linear regression testing, it was concluded that the Palui Baiman application was able to increase public acceptance and use with the Banjarmasin City Government raising the value of ease of use of the application with the results obtained of 0.016.
Synatria Subekti, Rahmat Widadi, Dodi Zulherman
Jurnal Sisfokom (sistem Informasi Dan Komputer), Volume 11, pp 251-256; https://doi.org/10.32736/sisfokom.v11i2.1404

Abstract:
The number of people with disabilities is increasing, so it requires bionic devices to replace human motor functions. Brain-Computer Interface (BCI) can be a tool for the bionic device to communicate with the brain. Signal brain or Electroencephalogram (EEG) signal need to classify to drive the corresponding bionic device. This research goal is to classify the imagination of the right and left-hand movements based on the EEG signal. The system design in this research consists of EEG channel selection using Finite Impulse Response (FIR) filter, feature extraction using Common Spatial Pattern (CSP), and classification using Multilayer Perceptron Back Propagation (MLP-BP). The data used a secondary dataset from BCI Competition IV (2b) with 9 research subjects. The research scenario is carried out by trying to use several variations in the number of hidden layer nodes on each EEG channel. Based on the test, the best accuracy for MLP-BP is 68.7% using 24 nodes in the alpha channel.
Tutik Mutmainnatul Jannah, Latipah Latipah, Achmad Muchayan
Jurnal Sisfokom (sistem Informasi Dan Komputer), Volume 11, pp 214-222; https://doi.org/10.32736/sisfokom.v11i2.1434

Abstract:
Dalam dunia perdagangan, selalu terjadi persaingan antar pebisnis, sehingga mereka harus memikirkan strategi penjualan yang efektif. CV. Perkakas Indonesia adalah salah satu perusahaan yang memiliki kendala dalam manajemen stok sehingga sering terjadi pembatalan pesanan yang di akibatkan dari manajemen stok yang kurang efektif. Tujuan dari penelitian ini yaitu menerapkan aplikasi forecasting dengan Simple moving average untuk memprediksi penjualan di bulan selanjutnya, memudahkan Perusahaan dalam memilih keputusan untuk restock barang dalam jumlah banyak atau sedikit, tidak lagi terjadi selisih manajemen stok dalam artian penumpukan barang dan kekurangan stok serta perusahaan dapat melakukan pembelian barang dengan akurat. Metode Simple moving average atau juga disingkat SMA adalah salah satu metode dari Moving Average yang paling efisien dalam proses perhitungannya, Simple moving average merupakan metode peramalan yang dilakukan dengan mengambil nilai pengamatan, kemudian mencari rata- ratanya sebagai ramalan untuk periode di masa mendatang. Hasil analisis yang diperoleh dari data historis penjualan CV. Perkakas Indonesia pada bulan Januari 2022 sampai Juli 2022, dengan menggunakan nilai interval 2,3,4 dan 5 pada Penjualan selama 9 periode didapatkan nilai Interval 2 yang menghasilkan nilai akurasi forecasting MSE dan RMSE paling baik dan memiliki tingkat Mean Squared Error lebih kecil dibandingkan metode Simple moving average 3 Bulanan, 4 Bulanan, ataupun 5 Bulanan.
Renny Puspita Sari, Alfredo Michael Alliandaw
Jurnal Sisfokom (sistem Informasi Dan Komputer), Volume 11, pp 242-250; https://doi.org/10.32736/sisfokom.v11i2.1420

Abstract:
Beasiswa diperlukan pada pendidikan untuk dapat membantu mahasiswa meraih pendidikannya ke tingkat Pendidikan yang lebih tinggi, yang mungkin biayanya sangat mahal. Bidikmisi adalah salah satu dari beasiswa yang ada pada Universitas Tanjungpura. Semua calon mahasiswa UNTAN didorong untuk mengajukan beasiswa bidikmisi setiap tahunnya. Namun karena keterbatasan kuota dana bidikmisi yang tersedia, tidak semua bisa mendapatkannya. Oleh karena itu, agar pemberian bantuan bidikmisi dapat dipergunakan secara maksimal, diperlukannya Sistem Pendukung Keputusan yang menerapkan cara perhitungan MOORA (Multi-Objective Optimization based on Ratio Analysis). Hal ini dilakukan untuk membantu kemungkinan bahwa beasiswa Bidikmisi dapat diberikan kepada orang yang tepat. Sebuah bobot diberikan untuk setiap kriteria oleh MOORA, yang meliputi usia, pendapatan orang tua, jumlah tanggungan, prioritas rumah dan nilai rata-rata rapor sekolah menengah/kejuruan. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu ketika pendekatan MOORA dipergunakan dalam Sistem Pendukung Keputusan, maka akan tercipta sistem yang membuat rekomendasi akhir kepada mereka yang akan diberikan dana beasiswa bidikmisi yang berupakan 5 orang penerima dari 30 orang sampel.
Sarwindah Sarwindah, Yurindra Yurindra, Marini Marini, Elvia Elvia
Jurnal Sisfokom (sistem Informasi Dan Komputer), Volume 11, pp 180-186; https://doi.org/10.32736/sisfokom.v11i2.1374

Abstract:
Tersedianya Layanan SPAB (Sarana Penyedia Air Bersih) merupakan salah satu usaha yang dimiliki oleh BUMDes di desa - desa. Pada layanan SPAB ini masih dihadapkan pada beberapa permasalahan yang cukup kompleks dan masih belum diatasi sepenuhnya. Terutama dalam info tentang layanan air bersih, kendalanya karena kurangnya sosialisai pelayanan tersebut. Oleh karena itu pada penelitian ini akan memberikan informasi tentang Sistem informasi Layanan SPAB( sarana Penyedia Air Bersih) berbasis Web. Untuk mengatasi masalah tersebut maka dibutuhkan pembaruan sistem yang terintegrasi database agar proses pencatatan seperti data pelanggan, dan data pengguna lebih efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan System Developmet Life Cycle (SDLC) dan model penelitian yang digunakan adalah Metode Rapid Application Development (RAD) serta alat bantu analisa dan desain sistem menggunakan Unified Modelling Language (UML) dan menggunakan Basis Data. Hasil yang diharapkan adalah meningkatkan tagihan pelanggan bisa dilakukan petugas dengan efisien demi meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan dan memudahkan pelanggan dalam memperoleh informasi tagihan SPAB (Sarana Penyedia Air Bersih) bagi masyarakat. Dengan adanya Pengembangan Sistem Layanan SPAB (Sarana Penyedia Air Bersih) berbasis Web maka proses pendaftaran hingga pengaduan pelanggan dapat dilakukan dengan efektif karena dilakukan secara online dan pelanggan pun bisa melihat informasi tagihannya di website. Dengan adanya sistem ini dapat mempermudah pelanggan dalam melakukan proses sehingga proses pelayanan jasa lebih mudah dan fleksibel dari segi waktu dan tempat.
Back to Top Top