Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer)

Journal Information
ISSN / EISSN : 2301-7988 / 2581-0588
Published by: LPPM STMIK Atma Luhur (10.32736)
Total articles ≅ 283
Filter:

Latest articles in this journal

, Tri Sugihartono, Fransiskus Panca Juniawan
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), Volume 10, pp 405-412; https://doi.org/10.32736/sisfokom.v10i3.1285

Abstract:
Pahlawan Indonesia adalah para pejuang yang sering disebut pahlawan nasional yang rela berkorban demi bangsanya untuk mempertahankan daerah dari para penjajahan dari bangsa lain. Berkat perjuangan yang sangat heroik, para pahlawan nasional diabadikan sebagai gambar uang kertas Indonesia. Kebanyakan masyarakat maupun pelajar yang tidak mengetahui sejarah perjuangan para pahlawan nasional yang ada pada uang kertas Indonesia saat ini. Dengan hal tersebut penulis ingin menyajikan suatu aplikasi dengan menampilkan objek 3D yang menceritakan masing-masing sejarah pahlawan nasional yang ada pada uang kertas Indonesia dalam bentuk augmented reality dengan memanfaatkan smartphone android dan untuk uang kertas sebagai marker. Dalam pembangunan aplikasi ini, menggunakan model Multimedia Development Life Cycle. Metodologi pengembangan menggunakan pemrograman berorientasi objek. Dan tools UML, usecase diagram, activity diagram, sequence diagram dan dibantu oleh vuforia unity. Hanya bermodal smartphone android dan marker uang kertas Indonesia, pengguna hanya menjalankan aplikasi dengan menyorotkan kamera smartphone ke uang kertas yang dimiliki akan muncul video uang berbicara yang disorotkan dengan marker uang tersebut. Hasil perancangan dan pembangunan aplikasi ini memberikan kemudahan dalam mempelajari pengenalan tokoh pahlawan bagi pengguna.
Herdian Nuryansyah, Egy Hermawan
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), Volume 10, pp 298-305; https://doi.org/10.32736/sisfokom.v10i3.1199

Abstract:
Ekstrakurikuler dalam pendidikan dimaksud untuk menjawab kebutuhan peserta didik. Dengan mengikuti ekstrakurikuler maka siswa akan dibantu dengan pola belajar yang kreatif mampu meningkatkan kreativitas. Kenyataannya dalam jam-jam sekolah yang terbatas banyak kegiatan yang tidak selalu dapat dilakukan, maka terciptalah ekstrakurikuler yang dimana pelaksanaannya dilakukan diluar jam sekolah untuk menampung peserta didik dalam memenuhi kebutuhan minat dan bakat mereka. Pengelolaan sistem informasi ekstrakurikuler di SMK Negeri 5 Bandung memiliki kendala, dimana siswa tidak mendapatkan informasi seperti jadwal, nilai, esktrakurikuler dan pendaftaran ekstrakurikuler dilakukan dengan cara mengumpulkan formulir pendaftaran dimana kegiatan ini mengakibatkan file-file yang tentunya sangat tidak efektif di zaman sekarang. Dari permasalahan yang ada maka peneliti membuat sistem informasi manajemen ekstrakurikuker berbasisweb dengan bahasa pemrograman HTML, PHP, Bootstrap, MySQL dan database . Sistem ini diuji menggunakan metode pengujian usability testing yang langsung diujikan kepada anggota ekstrakurikuler. Metode yang digunakan dalam pembangunan sistem tersebut adalah metode waterfall. penelitian ini memberikan hasil bahwa sistem dapat membantu pembimbing ekstrakurikuler dalam mengelola informasi kegiatan ekstrakurikuler.
Ryan Aji Wijaya, Karmilasari Karmilasari
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), Volume 10, pp 438-443; https://doi.org/10.32736/sisfokom.v10i3.1267

Abstract:
Website Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Depok dibuat sebagai sarana penyimpanan dan pengelolaan data dalam organisasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kualitas website PCNU Depok dilihat dari maintainability, flexibility dan testability. Tahapan penelitian yang dilakukan : analisis modul website, instalasi website PCNU, instalasi composer, instalasi PHPMetrics, menjalankan aplikasi PHPMetrics untuk mengukur kualitas website PCNU, menganalisis hasil pengukuran dari PHPMetrics.Penelitian kualitas website dengan metode maintainability index mehasilkan nilai 63,57 yang diklasifikasikan sebagai low maintainability. Low maintainibility index berdampak kepada lemahnya modul website untuk dilakukan perawatan dan pengembangan berdasarkan Lines Of Code, Cyclomatic Complexity, dan Halstead Volume. Faktor flexibility, website mendapatkan klasifikasi moderate atau batas wajar karena memiliki coupling = cohesion. Testability pada website memiliki klasifikasi baik dengan nilai rata-rata 16,65. Dengan nilai testability baik website mendapatkan nilai positip pada proses testing dan maintenance sehingga modul tidak sulit untuk dimengerti dan dikembangkan.
Anisah Anisah, Delpiah Wahyuningsih, Ellya Helmud, Tedy Suwanda, Parlia Romadiana, Devi Irawan
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), Volume 10, pp 419-425; https://doi.org/10.32736/sisfokom.v10i3.1300

Abstract:
Management arsip digital saat ini sudah menjadi pilihan baik pada instansi pemerintah maupun swasta. dikarenakan dapat mengefisienkan tempat penyimpanan, memudahkan pendataan, memudahkan penelusuran dan monitoring terhadap arsip serta lebih rapinya pengarsipan surat-surat atau dokumen yang ada pada institusi. Penelusuran arsip secara manual tentu membutuhkan waktu yang agak lama, dibandingkan dengan menggunakan sistem digital yang sudah memanfaatkan Database Management System (DBMS). Dalam hal ini, kantor Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang menjadi salah satu sasaran untuk mengembangkan sistem manajemen arsip digital yang mana sistem yang berjalan saat ini untuk penelusuran dan penyimpanan arsip dari berbagai bidang masih menggunakan lemari arsip/menggunakan sistem yang manual. Meningkatnya volume arsip dari hari ke hari menjadi permasalahan yang serius karena dibutuhkan waktu yang lama untuk melakukan pencarian arsip yang diinginkan dan sulitnya memonitor arsip di berbagai bidang pada instansi. Sehingga sebuah management arsip digital berbasis web menjadi solusi atas permasalah yang ada. Metode analisis dan perancangan menggunakan Object Oriented Analisys and Design( OOAD) dan database menggunakan MySQL. Management arsip yang dihasilkan mampu mempercepat proses pencarian arsip dan memonitor pergerakan arsip dari berbagai bidang pada instansi.
Helena Nurramdhani Irmanda, Ria Astriratma, Nurul Chamidah, Mayanda Mega Santoni
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), Volume 10, pp 306-311; https://doi.org/10.32736/sisfokom.v10i3.1221

Abstract:
Penelitian ini dilakukan untuk membuat sampiran pantun otomatis berbasis pencocokan pola dan menganalisis tingkat naturalness dari pantun yang dihasilkan. Pada tahapan awal akan dibangun database berisi template dan kamus istilah. Sistem ini memerlukan input dari pengguna berupa isi dari pantun sebagai kata kunci. Kemudian dilakukan penentuan template. Dari kata kunci yang dimasukan oleh pengguna akan diperoleh rima. Rima ini akan dicocokan ke dalam database kamus istilah dan mengambil istilah dengan rima yang bersesuaian. Langkah terakhir yaitu melakukan penggabungan antara variable pada template dengan istilah yang terpilih sehingga membentuk teks sampiran yang utuh. Untuk tahap evaluasi naturalness dilakukukan dengan memberikan survey kepada responden untuk menilai hasil teks sampiran dari aspek keterbacaan, kejelasan, dan ketepatannya. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa metode pattern-matching dapat digunakan untuk membuat teks sampiran pantun secara otomatis sesuai dengan kaidah, baik secara jumlah larik dan rimanya. Hal ini sejalan dengan hasil evaluasi naturalness yang baik dari pengguna dalam aspek readability, clarity, dan general approriateness yang cukup tinggi masing-masing sebesar 95%, 93% dan 97,5%.
Madhiyono Madhiyono, Sandy Kosasi, David David
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), Volume 10, pp 328-333; https://doi.org/10.32736/sisfokom.v10i3.1292

Abstract:
Sistem presensi selalu menjadi masalah baik bagi dosen maupun mahasiswa. Sistem presensi manual menggunakan lembaran yang kemudian ditandatangani oleh mahasiswa. Lembaran tersebut direkap oleh dosen setiap akhir semester yang membuat waktu dosen untuk menyiapkan materi berikutnya terbuang sia-sia. Pentingnya perubahan dan penyerderhanaan sistem presensi dapat membantu dosen juga mahasiswa dalam hal peringatan mengenai jumlah presensi. Aplikasi sistem presensi dikembangkan dengan metode prototype yang menerapkan JSON Web Token, fingerprint, dan QR Code sebagai keamanan dan keaslian data serta algoritma haversine untuk perhitungan jarak mahasiswa dengan universitas. Sistem presensi dapat diakses oleh dosen melalui website dan mahasiswa melalui mobile yang dihubungkan dengan penerapan web service berbasis REST API. Pengujian dari sistem presensi menggunakan metode black box dengan hasil hampir sesuai dengan yang diharapkan. Hasil dari penelitian ini adalah dengan diciptakannya aplikasi presensi selanjutnya dapat mempermudah dosen maupun mahasiswa dalam hal proses. Hasil dari penelitian ini juga dapat menjadi acuan untuk peneliti berikutnya mengembangkan sistem presensi.
Wiyanto Wiyanto, Zulita Setyaningsih
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), Volume 10, pp 426-431; https://doi.org/10.32736/sisfokom.v10i3.1299

Abstract:
The Pandemic Covid-19 in Indonesia in 2020 had an impact on Termination of Employment (PHK), this has received various public opinions on social media. At a time when the poverty rate is high and unemployment increases every year, it becomes a factor of public disapproval of Termination of Employment (PHK). It is necessary to classify public opinion into a negative opinion or a positive opinion on this issue. The purpose of this study is to analyze the sentiment towards layoffs to determine negative or positive opinions using the Naïve Bayes algorithm by adding feature selection. The research stages consist of data collection, text preprocessing, feature selection, and application of algorithms. The testing process in this study uses the Rapid Miner application. The test results in this study using the Naive Bayes Algorithm, the accuracy value is 93.57% and for addition to the Naïve Bayes + PSO feature selection, the accuracy value is 93.71%. The best accuracy value in sentiment analysis of layoffs in the covid-19 pandemic is the addition of the PSO feature selection in the Naïve Bayes Algorithm, which is 0.14% better.
Eric Prima Wijaya, Sandy Kosasi, David David
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), Volume 10, pp 320-327; https://doi.org/10.32736/sisfokom.v10i3.1293

Abstract:
Pendataan memiliki pengaruh yang besar dalam kelancaran dan keefektifan proses usaha. Pendataan yang dilakukan dengan metode manual dapat menimbulkan berbagai kendala seperti sulitnya akses terhadap informasi, keterbatasan akses, dan proses penelusuran histori yang memerlukan banyak waktu. Tujuan penelitian menghasilkan aplikasi pendataan yang dapat dipergunakan untuk mengelola pendataan mencakup pengelolaan keuangan, produk, vendor, dan pekerjaan. Data yang digunakan merupakan data faktual dari Cloversy.id mencakup data keuangan, produk, vendor, dan daftar pekerjaan. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus. Metode pengembangan aplikasi menggunakan pendekatan Extreme Programming. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi web pendataan full stack yang dibangun dengan Node.js, Express, Ejs dan MongoDB sebagai teknologi utama. Dengan adanya aplikasi pendataan ini, kendala yang dialami Cloversy.id teratasi karena aplikasi pendataan yang dibangun dapat menyediakan informasi dan dapat mengelola berbagai jenis pendataan dengan cepat. Pengujian aplikasi dengan black box menunjukkan aplikasi berfungsi dengan baik.
Yurindra Yurindra, Sarwindah Sarwindah, Devi Irawan
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), Volume 10, pp 444-450; https://doi.org/10.32736/sisfokom.v10i3.1295

Abstract:
Salah satu Peningkatan kualitas pelayanan public bagi masyarakat pedesaan adalah dapat dengan dilakukan melalui sebuah penyelesaian pengaduan yang mendapatkan respon yang cepat dari penyedia layanan yaitu dalam hal ini instansi pemerintah terkait baik di pusat maupun daerah. Segala bentuk kritik, saran maupun aduan yang disampaikan masyarakat pada suatu instansi merupakan sebuah koreksi untuk perbaikan pelayanan tersebut. Banyak Kantor Desa di Indonesia belum memiliki sistem layanan pengaduan yang teridentifikasi dan terdokumentasi dengan baik, sehingga timbul kendala dalam memberikan layanan pengaduan kepada masyarakat, seperti respon time pelayanan yang lambat dan dokumentasi pengaduan tidak tertata dengan rapi. Kendala lain timbul saat masyarakat kebingungan untuk menyampaikan keluhan tersebut dikarenakan tidak mengetahui harus mengadu kemana. Untuk mengatasi masalah tersebut, akan dirancang aplikasi layanan pengaduan berbasis Android yang menggunakan model prototype dan menggunakan MySql sebagai database pada server yang digunakan. Dengan itu diharapkan agar dapat memudahkan masyarakat dalam membuat laporan pengaduan. Aplikasi Android ini dapat digunakan masyarakat untuk melakukan layanan pengaduan secara online. Aplikasi ini juga dapat memudahkan Pemerintah desa dan kabupaten dalam melakukan dokumentasi dan mengevaluasi sistem layanan pengaduan masyarakat desa.
Devi Irawan, Eza Budi Perkasa, Yurindra Yurindra, Delpiah Wahyuningsih, Ellya Helmud
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), Volume 10, pp 432-437; https://doi.org/10.32736/sisfokom.v10i3.1302

Abstract:
Short message service (SMS) adalah salah satu media komunikasi yang penting untuk mendukung kecepatan pengunaan ponsel oleh pengguna. Sistem hibrid klasifikasi SMS digunakan untuk mendeteksi sms yang dianggap sampah dan benar. Dalam penelitian ini yang diperlukan adalah mengumpulan dataset SMS, pemilihan fitur, prapemrosesan, pembuatan vektor, melakukan penyaringan dan pembaharuan sistem. Dua jenis klasifikasi SMS pada ponsel saat ini ada yang terdaftar sebagai daftar hitam (ditolak) dan daftar putih (diterima). Penelitian ini menggunakan beberapa algoritma seperti support vector machine, Naïve Bayes classifier, Random Forest dan Bagging Classifier. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelesaikan semua masalah SMS yang teridentifikasi spam yang banyak terjadi pada saat ini sehingga dapat memberikan masukan dalam perbandingan metode yang mampu menyaring dan memisahkan sms spam dan sms non spam. Pada penelitian ini menghasilkan bahwa Bagging classifier algorithm ini mendapatkan ferformance score tertinggi dari algoritma yang lain yang dapat dipergunakan sebagai sarana untuk memfiltrasi SMS yang masuk ke dalam inbox pengguna dan Bagging classifier algorithm dapat memberikan hasil filtrasi yang akurat untuk menyaring SMS yang masuk.
Back to Top Top