E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

Journal Information
ISSN / EISSN : 2087-3565 / 2528-5041
Published by: Universitas PGRI Semarang (10.26877)
Total articles ≅ 515
Current Coverage
DOAJ
Archived in
SHERPA/ROMEO
Filter:

Latest articles in this journal

Achmad Sulchan, Maryanto Maryanto, R Sugiharto, Budisidhabhiprodjo Budisidhabhiprodjo
E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, Volume 13, pp 425-428; https://doi.org/10.26877/e-dimas.v13i3.4792

Abstract:
Segala bentuk permasalahan pasti ada cara penyelesaiannya baik melalui negosiasi, konsiliasi, dan mediasi. Selama ini di Kelurahan Sambirejo Kecamatan Gayamsari Kota Semarang, penyelesaian suatu sengketa melalui pola tradisi lokal yaitu musyawarah mufakat tanpa disertai surat perjanjian, surat perdamaian, dan lain-lain. Hal ini bisa memunculkan permasalahan lagi di kemudian hari karena tanpa ada suatu hitam di atas putih. Masyarakat belum tahu teknik pembuatan surat-surat hukum non litigasi. Melalui program pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan masyarakat mahir dalam pembuatan surat-surat hukum non litigasi, yaitu pembuatan surat di luar penyelesaian peradilan. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini dengan metode sosialisasi, ceramah, tanya jawab, diskusi dan pelatihan dalam pembuatan surat-surat non litigasi. Hasil pengabdian kepada masyarakat ini yaitu masyarakat mampu menuangkan penyelesaian segala sesuatu sengketa dalam tulisan sesuai mekanisme penyelesaian sengketa dan mahir dalam teknik mediasi agar tidak muncul sengketa baru lagi.
Oktafiani C Pratiwi, Sofa Marwah, Soetji Lestari
E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, Volume 13, pp 447-452; https://doi.org/10.26877/e-dimas.v13i3.4911

Abstract:
Muslimat Banyumas merupakan salah satu organisasi perempuan yang memiliki anggota cukup besar dan tersebar di seluruh pelosok desa. Namun, dalam pengelolaan organisasi, Muslimat Banyumas memiliki kelemahan dalam hal administrasi perkantoran. Karena kegiatan Muslimat Banyumas yang utama adalah kegiatan sosial dan dakwah yang mengutamakan keihklasan dalam bekerja bagi para pengurus dan anggotanya. Selain itu, Muslimat Banyumas sangat kental dalam hal kohesi sosial sehingga hubungan kekeluargaan lebih penting dibandingkan hal-hal yang bersifat formal dan administratif. Padahal, dengan modal sosial yang dimiliki Muslimat Banyumas tadi, Muslimat Banyumas akan lebih maju dan menjadi organisasi modern apabila pengelolaan organisasi lebih memperhatikan tertib administrasi sehingga akan mempermudah dalam mencapai tujuan berorganisasi. Oleh karena itu, tujuan dari pelatihan adalah untuk meningkatkan kapasitas Muslimat Banyumas dalam penataan administrasi organisasi. Metode yang digunakan dalam pelatihan adalah ceramah dan diskusi. Para peserta dituntut untuk mengetahui tentang macam-macam surat dinas serta mengetahui aplikasi surat dinas yang paling sederhana yang bisa diimplementasikan di Muslimat. Hasil kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan yang dimiliki oleh pengurus Muslimat tentang administrasi perkantoran yang ditunjukkan dengan meningkatnya nilai post-test. Dari kegiatan ini, peserta pelatihan juga merasa mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk diterapkan dalam tata administrasi di Muslimat.
Kamilia Mustikasari, Siti Mawaddah, Sarah Miriam
E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, Volume 13, pp 421-424; https://doi.org/10.26877/e-dimas.v13i3.4536

Abstract:
Mata pelajaran Matematika dan IPA dianggap sebagai sesuatu yang sulit karena bersifat abstrak, sehingga guru dituntut untuk lebih kreatif dalam mengajar. Akan tetapi, kompetensi guru-guru di SD Islam Integral Hidayatullah Banjarbaru di bidang Matematika dan IPA masih kurang, terutama dalam hal menggunakan media belajar atau KIT. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan guru-guru melalui kegiatan pelatihan penggunaan KIT Matematika dan IPA. Metode yang digunakan adalah lewat demonstrasi, simulasi, dan praktik serta pendampingan. Keberhasilan metode yang diterapkan diukur dengan menggunakan pendekatan proses, melalui metode observasi dan wawancara sebelum dan setelah kegiatan berlangsung. Hasil evaluasi kegiatan menunjukkan bahwa mitra sangat antusias dan terbantu dengan adanya pelatihan ini. Pengetahuan dan ketrampilan mitra dalam menggunakan KIT Matematika dan IPA meningkat hingga 70%. KIT Matematika dan IPA juga sangat membantu dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Saat kegiatan pendampingan terlihat bahwa siswa lebih mudah memahami materi pelajaran dan bersemangat dalam belajar matematika.
Reza Budiawan, Rizza Indah Mega Mandasari, Mia Rosmiati, Cahyana Cahyana, Dahliar Ananda
E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, Volume 13, pp 492-495; https://doi.org/10.26877/e-dimas.v13i3.5599

Abstract:
Website merupakan alat pertukaran informasi yang banyak digunakan oleh perusahaan besar dan organisasi ternama. Perkembangan jaman dan revolusi industry 4.0 menyebabkan semakin mudahnya akses website oleh masyarakat. Hal ini berdampak pada perubahan kebutuhan fungsional sebuah website. Website juga dimanfaatkan secara personal untuk berbagi pengalaman perjalanan, menampilkan karya, memperlihatkan portfolio, atau kegiatan sebuah lembaga. Bagi sebuah lembaga, website dapat menjadi tempat untuk membangun citra/branding. Selain itu juga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen. Sehingga, dapat dikatakan kebutuhan literasi digital juga meningkat. PD Salimah Kota Bandung merupakan organisasi perkumpulan Muslimah yang tersebar di berbagai daerah. Banyak hal yang dilakukan oleh PD Salimah Kota Bandung. Kegiatan tersebut memerlukan tempat untuk mempublikasikannya. Sebagai organisasi yang besar dan tersebar baik di Indonesia dan luar negri, PD Salimah telah memiliki tempat untuk mempublikasikan rangkaian acara/kegiatannya. Sedangkan untuk PD Salimah Kota Bandung, belum memiliki website publikasi khusus untuk “menyuarakan” kegiatan yang dilakukan. Sehingga dibutuhkan sebuah website blog khusus ormas Salimah Bandung untuk membuat cakupan publikasi semakin luas.
Wiyaka Wiyaka, Entika Fani Prastikawati, Ab Prabowo Ka, Maria Yosephin Wl
E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, Volume 13, pp 570-577; https://doi.org/10.26877/e-dimas.v13i3.12030

Abstract:
Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah memperkenalkan guru taman kanak-kanak (TK) pada nursery rhymes sebagai media dalam pengajaran bahasa Inggris bagi anak-anak TK. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan adanya hasil observasi dan survey yang dilakukan oleh tim pengabdian pada beberapa TK di kelurahan Sukorejo-Gunungpati, Jawa Tengah. Survey sebelumnya menungkap bahwa para guru TK masih menggunakan media gambar sederhana dan metode dril dalam memperkenalkan bahasa Inggris ke siswa mereka. Sayangnya, para guru TK tersebut masih melakukan kesalahan dalam pengucapan selama praktik drilling. Untuk itulah, penting untuk mengatasi permasalahan tersebut melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Dengan melakukan serangkaian pelatihan, tim pengabdi kepada masyarakat mengajak dua puluh guru TK yang dating dari beberapa TK di Sukorejo untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini. Berdasarkan hasil pelatihan yang telah dilaksanakan, para guru TK sangat tertarik pada penggunaan nursery rhymes dalam memperkenalkan bahasa Inggris bagi siswa mereka. Hal ini dikarenakan para guru menganggap bahwa nursery rhymes merupakan media yang sangat tepat dan cocok dengan karakter siswa di TK. Dalam sesi praktik, para guru TK dapat mengimplementasikan bagaimana menggunakan nursery rhymes di kelas mereka. Hal ini menunjukan bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat berjalan dengan baik.
Dian Ridlo Pamuji, Galang Sandy Prayogo, Mohammad Nur Shodiq
E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, Volume 13, pp 429-433; https://doi.org/10.26877/e-dimas.v13i3.4846

Abstract:
Tahu adalah makanan yang berbahan utama kedelai, dan juga merupakan makanan favorit masyarakat Indonesia baik kalangan bawah sampai kalangan atas. Selain harganya murah, tahu mengandung air 86 %, protein 8-12%, lemak 4-6% dan karbohidrat 16%. Tahu juga mengandung berbagai mineral seperti kalsium, zat besi, fosfat, kalium, natrium; serta vitamin seperti kolin, vitamin B dan vitamin E. Mengingat semakin meningkatnya harga kebutuhan pokok yang ada sekarang ini, banyak masyarakat yang melakukan usaha kecil menengah demi memenuhi kebutuhan pokok tersebut. Salah satunya adalah dengan usaha produksi tahu. Sekarang banyak sekali ditemukan usaha kecil menengah masyarakat yang memproduksi tahu, salah satunya adalah di Dusun Timurejo Desa Gitik Kecamatan Rogojampi Kabupaten banyuwangi. Besar kecilnya kapasitas produksi usaha produksi tahu ditentukan pada saat pengepresan dan pemotongan tahu. Dengan semakin banyaknya hasil pengepresan dan pemotongan tahu dengan waktu yang singkat, maka tahu yang dihasilkannya pun semakin banyak. Saat ini proses pengepresan dan pemotongan tahu yang dilakukan oleh usaha mikro kecil menegah (UMKM) Produksi Tahu Desa Gitik selama ini masih secara manual dengan menggunakan tenaga manusia dan menggunakan alat-alat yang masih sangat tradisional. Berdasarkan hasil diskusi dan identifikasi masalah bersama mitra, mitra sangat membutuhkan alat atau mesin yang dapat memudahkan dan mempercepat proses pengepresan dan pemotongan tahu. Tahap awal kegiatan pengabdian ini adalah melakukan survey untuk mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi oleh mitra dan melakukan studi literatur untuk mendapatkan solusi atas permasalahan mitra. Setelah solusi permasalahan mitra didapatkan, langkah selanjutnya melakukan perancangan dan pembuatan komponen-komponen alat pengepres dan pemotong tahu semi otomatis. Alat yang dibuat dapat membantu masyarakat dalam meningkatkan produktivitas produksi tahu dibandingkan dengan proses manual atau tradisional. Selain itu, dengan adanya alat ini waktu produksi dapat dipersingkat dan pendapatan masyarakat meningkat.
Fadhlin Nugraha Rismi, Ali Basrah Pulungan, Hamdani Hamdani
E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, Volume 13, pp 584-589; https://doi.org/10.26877/e-dimas.v13i3.12940

Abstract:
Kapal merupakan sarana yang digunakan nelayan untuk mencari nafkah dimana dalam pengoperasiannya masih menggunakan minyak. Hal ini sangatlah tidak menguntungkan mengingat bahan bakar semakin mahal. Sehingga biaya yang dikeluarkan untuk operasional kapal tidak sesuai dengan hasil tangkapan yang diperoleh nelayan. Masalah ini menjadi latar belakang dalam Program Kegiatan Masyarakat dengan judul pemanfaatan energi terbarukan untuk penerangan kapal nelayan di Korong Tiram Nagari Tapakih Kecamatan Ulakan Tapakih Kabupaten Padang Pariaman Sumatera Barat. Tingginya harga bahan bakar minyak dapat diatasi dengan penggunaan panel surya yang dipasang di atap kapal sebagai alat konversi energi sinar matahari ke energi listrik, kemudian energi ini disimpan dalam baterai sehingga dapat digunakan untuk penerangan kapal. Sistem energi terbarukan memiliki konstruksi yang mudah dirawat dan mudah digunakan oleh nelayan. Kegiatan ini telah dilaksanakan dengan baik dan memberikan dampak positif bagi kelompok nelayan. Semua komponen sudah berfungsi dengan baik dan bisa diterapkan pada kapal nelayan sebagai energi alternatif untuk penerangan. Diharapkan pembangkit energi surya ini mampu mengatasi permasalahan nelayan sebagai sistem penerangan kapal.
Firmansyah Firmansyah, Yuliana F H, Deskoni Deskoni
E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, Volume 13, pp 549-556; https://doi.org/10.26877/e-dimas.v13i3.11698

Abstract:
Kebijakan untuk melaksanakan pembelajaran online di era pandemi covid-19 menjadi sebuah tantangan khususnya bagi guru di SMP Xaverius 2 Palembang, dimana selama ini mereka masih mengalami kesulitan dalam mengembangkan pembelajaran online yang sistematis guna mendukung kegiatan pembelajaran agar mampu mencapai target yang telah ditetapkan. Dengan kondisi tersebut, maka tim pengabdian pada masyarakat Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya melakukan kegiatan pendampingan desain pembelajaran e-learning berbasis moodle bagi guru di SMP Xaverius 2 Palembang. Dimana kegiatan ini diikuti oleh 20 guru yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam menggunakan aplikasi pembelajaran e-learning berbasis moodle sebagai salah satu alternatif yang dapat mereka gunakan dalam menyusun pembelajaran online. Metode kegiatan yang dilakukan berupa kegiatan pelatihan terbimbing dan pendampingan dengan metode ceramah, diskusi, penugasan terbimbing dan mandiri yang dilaksanakan secara luring dan daring. Berdasarkan hasil kegiatan pendampingan diperoleh data bahwa terjadi peningkatan pemahaman guru terkait penggunaan e-learning berbasis moodle sebesar 40%.
Imagodei Chrishasiholan Tambun, Muhammad Zaidan Salahudin, Robert Loadijaya, Surya Hari Putra, Patricia Krista Gunawan Sunjono, Honey Wahyuni Sugiharto Elgeka
E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, Volume 13, pp 509-515; https://doi.org/10.26877/e-dimas.v13i3.7276

Abstract:
Masa pandemi COVID-19 adalah satu dari sekian banyak hal di dunia ini yang tidak dapat diprediksi oleh siapapun. Dalam masa pandemi COVID-19, perekonomian diberbagai negara tentunya menjadi berubah terkhusus dalam proses transaksi ekonomi yang dilakukan secara tatap muka. Indonesia tentunya mengalami dampak dari adanya COVID-19, hal ini membuat pertumbuhan ekonomi menjadi terasa semakin berat. Surabaya merupakan kota ke 5 dengan jumlah pelaku UMKM terbanyak se-Jawa Timur. Kondisi selama pandemi ini menjadi hal yang berat bagi masyarakat terutama bagi pelaku UMKM, maka diperlukannya pembekalan/penyuluhan untuk menumbuhkan inovasi/kreativitas oleh para pelaku UMKM agar dapat menaikkan daya jual dan daya saing terkhusus yang bagi pelaku UMKM yang belum memanfaatkan media daring. Pengabdian kepada masyarakat ini ditujukan kepada masyarakat di wilayah Kecamatan Karang Pilang, Surabaya. Kegiatan penyuluhan yang akan dilakukan berupa seminar daring mengenai pola pikir wirausahawan dalam mengatasi kebutuhan dan bertahan di masa pandemi dengan mengembangkan pola pikir wirausaha dan pengenalan media daring sebagai salah satu penerapan materi yang dapat dilakukan oleh masyarakat sasaran. Penyuluhan ini juga dilakukan agar masyarakat dapat adaptasi dan melakukan proses jual beli seiring perkembangan zaman di era industri 4.0.
Finisica Dwijayati Patrikha, , Renny Dwijayanti, Jaka Nugraha, Parjono Parjono
E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, Volume 13, pp 464-471; https://doi.org/10.26877/e-dimas.v13i3.5034

Abstract:
Computer Based Test merupakan sebuah sistem tes yang diterapkan dalam ujian Akhir Nasional di Indonesia, dengan menggunakan komputer dan koneksi internet atau lebih dikenal dengan CBT. Pelaksanaan ujian di sekolah masih bersifat Paper Based Test, berdasarkan analisis kebutuhan mitra dapat disimpulkan bahwa Guru belum terbiasa menggunakan CBT untuk melaksanakan evaluasi di sekolah dikarenakan evaluasi dan pelatihan CBT biasanya dilakukan secara terpisah serta terbatasnya jaringan internet yang ada di sekolah. Perlu adanya pembiasaan bagi Guru dalam membuat evaluasi dengan menggunakan CBT, yang dapat membantu Guru mempersingkat waktu dalam melakukan penilaian dan berfokus pada proses belajar dan pembelajaran. Aplikasi Free Quiz Maker merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk pelatihan CBT yang bersifat offline yang dapat membantu permasalahan Guru.
Back to Top Top