Jurnal Gantang

Journal Information
ISSN / EISSN : 2503-0671 / 2548-5547
Current Publisher: Universitas Maritim Raja Ali Haji (10.31629)
Total articles ≅ 85
Current Coverage
DOAJ
Archived in
SHERPA/ROMEO
Filter:

Latest articles in this journal

Mitha Frilia, Hapizah, Ely Susanti, Scristia Scristia
Published: 30 September 2020
Jurnal Gantang, Volume 5, pp 191-201; doi:10.31629/jg.v5i2.2362

Abstract:
Perkembangan teknologi di era industri 4.0 membuat perubahan pada sistem pendidikan. Sistem pendidikan telah berubah menjadi lebih modern dengan penggunaan teknologi yang dipakai pada proses pembelajaran. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar yang valid dan praktis untuk pembelajaran berbasis masalah dikelas VIII dengan objek penelitiannya ialah bahan ajar berbasis android. Desain penelitian yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE meliputi (1) analisis, (2) desain dan (3) pengembangan. Pengumpulan data menggunakan lembar validasi, observasi dan angket. Kelayakan bahan ajar ditentukan oleh ahli materi dan ahli media. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar sudah valid dilihat dari hasil validasi dan one-to-one sedangkan kepraktisan pada bahan ajar dilihat dari hasil data observasi dan angket, pada hasil data observasi didapatlah rata-rata 86% yang terkategori sangat praktis dan pada hasil data angket didapatlah rata-rata 86,33% yang terkategori sangat praktis sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis android pada materi prisma untuk pembelajaran berbasis masalah dikelas VIII sudah dikategorikan valid dan praktis.
Nurlaili, Utti Marina Rifanti, Ridho Ananda
Published: 30 September 2020
Jurnal Gantang, Volume 5, pp 113-121; doi:10.31629/jg.v5i2.2515

Abstract:
Kemampuan berpikir matematis dalam pembelajaran rekayasa atau keteknikan merupakan kemampuan mendasar dalam pencapaian pembelajaran lulusan. Peningkatan kemampuan berpikir matematis khususnya kemampuan komunikasi juga harus diupayakan dalam pembelajaran Matematika Diskrit bagi mahasiswa Teknik Telekomunikasi khususnya aplikasi graf. Kajian yang dilakukan dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi mahasiswa menggunakan pendekatan MEAs dalam penyelesaian masalah pada aplikasi graf. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif dengan metode penyajian secara deskriptif dan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian berjumlah 29 mahasiswa yang berasal dari satu kelas pada Mata Kuliah Matematika Diskrit Prodi Teknik Telekomunikasi Tahun Ajaran 2019/2020. Hasil penelitian menujukkan bahwa kemampuan komunikasi mahasiswa sebesar 31,03% kategori tinggi, 27,59% kategori sedang, 41,38% kategori rendah. Mahasiswa kemampuan tinggi sudah mampu mengkomunikasikan jawaban secara matematis dengan tepat. Pada mahasiswa yang memiliki kemampuan komunikasi sedang sudah mampu untuk mengkomunikasikan jawaban secara matematis namun masih ada kekurangan. Sedangkan mahasiswa yang memiliki kemampuan rendah kurang mampu mengkomunikasikan jawaban secara matematis dengan tepat. Perancangan materi pembelajaran dengan focus pada peningkatan kemampuan komunikasi khususnya komunikasi matematis mahasiswa masih dibutuhkan dalam pembelajaran aplikasi graf.
Devi Wahyu Safitri, Zulkardi, Hapizah
Published: 30 September 2020
Jurnal Gantang, Volume 5, pp 151-162; doi:10.31629/jg.v5i2.2306

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan bahan ajar determinan dan invers matriks berbasis android untuk SMA Kelas XI yang valid dan praktis, dan (2) mengetahui efek potensialnya terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI. IPA 6 SMA Negeri 8 Palembang yang terdiri dari 34 orang sebagai subjek penelitian. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau development research yang terdiri dari dua tahapan, yaitu: tahap preliminary meliputi analisis dan desain, dan tahap formative evaluation meliputi self evaluation, prototyping (expert review, one to one, small group), dan field test. Teknik pengumpulan data dengan walkthrough, observasi, wawancara dan tes. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) bahan ajar determinan dan invers matriks berbasis android untuk SMA Kelas XI terkategori valid dan praktis, dan (2) bahan ajar yang dikembangkan memiliki efek potensial terhadap hasil belajar peserta didik rata-rata terkategori baik, yaitu 13 orang memiliki kemampuan dalam kategori sangat baik, 12 orang terkategori baik, 4 orang terkategori cukup, dan 5 orang terkategori kurang.
Sari Saraswati Sari, Iesyah Rodliyah
Published: 30 September 2020
Jurnal Gantang, Volume 5, pp 133-142; doi:10.31629/jg.v5i2.2415

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan blended learning berbasis Edmodo pada mata kuliah Kalkulus Dasar yang valid, praktis, dan memiliki efek potensial. Jenis penelitian ini adalah design research tipe development study yang terdiri dari tahap preliminary dan formative evaluation. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Unhasy Tebuireng. Data dikumpulkan melalui walkthrough, angket dan wawancara. Data dianalisis menggunakan siklus evaluasi formatif. Penelitian ini menghasilkan serangkaian kegiatan pembelajaran Kalkulus Dasar dengan model blended learning berbasis Edmodo yang valid, praktis, dan memiliki efek potensial terhadap proses pembelajaran. Hasil walkthrough pada expert review menunjukkan bahwa blended learning yang dikembangkan valid dan dapat diterapkan. Hasil kepraktisan blended learning yang dikembangkan berdasarkan pada data hasil wawancara pada one-to-one dan small group yang menyatakan bahwa blended leraning yang dikembangkan mudah diakses dan dapat diterapkan. Sedangkan efek potensial terhadap proses pembelajaran berdasarkan hasil angka yang menunjukkan bahwa blended learning berbasis Edmodo yang dikembangkan dapat diterapkan, tersedianya sumber belajar yang lengkap, proses pembelajaran dapat tuntas, dan mampu membantu mahasiswa belajar diluar kelas.
Mirta Fera, Wengki Nopriadi,
Published: 30 September 2020
Jurnal Gantang, Volume 5, pp 171-177; doi:10.31629/jg.v5i2.2159

Abstract:
Penulisan artikel ini bertujuan untuk melihat kelayakan modul matematika kontekstual pada materi penyajian data pada siswa kelas VII paket B di PKBM Harapan Bangsa ditinjau dari aspek efektifitas, dan kepraktisannya. Penelitian ini merupakan jenis kualitatif dengan metode diskriptif. Pengumpulan data menggunakan soal post test untuk mendapatkan data kuantitatif dan angket respon siswa untuk mendapatkan data kualitatif. Berdasarkan hasil dari post test, diketahui bahwa ketuntasan hasil belajar peserta didik adalah 80% atau sebanyak 8 orang peserta didik yang tuntas tuntas dari 10 siswa yang mengikuti post test. Dapat dinyatakan bahwa modul Matematika kontekstual pada materi penyajian data efektif. Hasil output person item map dari hasil angket respon siswa yang diolah dengan aplikasi winstep dengan pemodelan rasch diketahui bahwa 9 responden masuk kedalam kelompok praktis dan 1 responden masuk dalam kelompok tidak praktis , sehingga modul Matematika kontekstual pada materi penyajian data bisa dinyatakan praktis. Dapat disimpulkan bahwa modul matematika kontekstual pada topik penyajian data untuk peserta didik kelas VII paket B layak untuk digunakan.
Yesi Gusmania, Nina Agustyaningrum
Published: 30 September 2020
Jurnal Gantang, Volume 5, pp 123-132; doi:10.31629/jg.v5i2.2493

Abstract:
Hasil-hasil penelitian terdahulu menunjukkan bahwa trigonometri menjadi salah satu mata kuliah yang konsepnya sulit dipahami mahasiswa. Penelitian ini bermaksud mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa pada mata kuliah trigonometri. Terdapat empat indikator pemahaman konsep matematis yang diukur yaitu (1) menyatakan ulang sebuah konsep; (2) konsep disajikan ke berbagai bentuk representasi matematis; (3) menggunakan dan memanfaatkan serta memilih prosedur atau operasi tertentu; (4) mengaplikasikan konsep atau algoritma dalam pemecahan masalah. Dengan metode deskriptif kualitatif penelitian ini melibatkan seluruh mahasiswa program studi pendidikan matematika Universitas Riau Kepulauan tahun akademik 2019/2020. Metode tes dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data. Tes yang di gunakan berbentuk soal essay yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa secara keseluruhan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa masih tergolong rendah. Persentase pencapaian indikator pemahaman konsep matematis terendah pada indikator kedua yaitu 40,09%, disusul oleh indikator keempat yaitu 47,41%, serta indikator pertama dan ketiga dengan persentase pencapaian yang sama yaitu 53,02%.
Malik Abdul Azis, Enita, Lieska Maulita Shamimi,
Published: 30 September 2020
Jurnal Gantang, Volume 5, pp 163-170; doi:10.31629/jg.v5i2.2265

Abstract:
Kemampuan pengajuan dugaan merupakan kemampuan siswa dalam membuat dugaan hasil yang akan didapat dari suatu kegiatan atau masalah matematis. Salah satu masalah matematis yang memerlukan konjektur adalah Open Classical Analogy (OCA). Pada masalah OCA siswa dituntut untuk berpikir kreatif dalam menduga sifat dari suatu hal tertentu yang belum diketahui sebelumnya menggunakan analogi dengan hal yang telah mereka ketahui. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengajuan dugaan yang diberikan oleh siswa berdasarkan tingkat kemampuan penalaran siswa. Subyek penelitian ini adalah tiga siswa SMP kelas 9 di Surabaya yang dipilih dari 30 siswa yang memiliki tingkat kemampuan penalaran berbeda-beda. Hasil dari penelitian ini adalah kemampuan penalaran siswa berpengaruh pada bagaimana siswa tersebut mengajukan suatu dugaan dari property pengetahuan baru yang memiliki kesamaan dengan pengetahuan yang telah dipelajari sebelumnya.
Yunita Miftahul Jannah, Yuniawatika Yuniawatika, Alif Mudiono
Published: 30 September 2020
Jurnal Gantang, Volume 5, pp 179-189; doi:10.31629/jg.v5i2.2338

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk e-modul berbasis game based learning materi pengukuran dengan penguatan karakter gemar membaca dan menghargai prestasi untuk siswa SD yang valid menurut validator dan praktis menurut pengguna. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Borg and Gall bersumber buku Sugiyono yang terdiri atas 10 tahap. Jenis data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah kualitatif kuantitatif. Sumber data diperoleh dari hasil analisis kebutuhan, validasi ahli, uji coba produk, dan uji coba pemakaian. Teknik pengumpulan data melalui angket dan wawancara. Berdasarkan hasil validasi, produk memperoleh persentase kelayakan 95,48% dari validator materi, 99% dari validator bahan ajar, 96.03% dari validator bahasa dan 96.25% dari validator pengguna. Berdasarkan uji coba, produk memperoleh persentase kepraktisan 100% dari 6 siswa SDN Blitar dan 92,214% dari 18 siswa SDN Kauman II Kota Blitar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk masuk dalam kategori valid menurut validator dan praktis menurut siswa sehingga layak digunakan dalam pembelajaran.
Wandy Suhady, Yenita Roza, Maimunah Maimunah
Published: 30 September 2020
Jurnal Gantang, Volume 5, pp 143-150; doi:10.31629/jg.v5i2.2518

Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan instrument soal HOTS yang valid untuk dapat mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model tessmer dengan tahapan analisis, perancangan, pengembangan, formatively evaluate, Summatevely Evaluate. Instrumen yang digunakan adalah angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan software anates. Hasil dari penelitian ini adalah instrumen soal yang valid dari aspek materi dengan nilai 3,1, konstruksi dengan nilai 3,3 dan bahasa dengan nilai 3,3.
Rahmi Ramadhani, Yulia Fitri
Published: 30 September 2020
Jurnal Gantang, Volume 5, pp 95-111; doi:10.31629/jg.v5i2.2535

Abstract:
Tujuan penelitian adalah untuk melakukan validasi terhadap konten dan item soal pada E-Modul yang dikembangkan menggunakan aplikasi SIGIL berbasis EPUB3 dan melakukan pemetaan terhadap tingkat kesukaran soal dan kemampuan siswa dalam menjawab item soal pada materi statistika. Penelitian ini merupakan penelitian mix-mode yang terdiri dari review literatur, validasi item dan konstruk serta validasi pakar. E-Modul divalidasi menggunakan tiga tahapan, yakni validasi item dan konstruk menggunakan Rasch Model serta validasi konten E-Modul yang dilakukan oleh pakar. Total item tes sebanyak 25 soal pilihan ganda, terdiri dari soal ukuran pemusatan data, ukuran penyebaran data serta penyajian data. Item soal tersebut diuji pada 44 orang siswa level menengah. Hasil pengujian validasi item dan konstruk menunjukkan bahwa terdapat 6 soal yang valid dan reliabel serta tingkat kesukaran item soal terdiri dari sangat sukar, sukar, sedang, mudah dan sangat mudah. Hasil pengujian menggunakan variabel (wright) map menunjukkan bahwa dari 6 soal pilihan ganda yang valid, terdapat 3 soal yang memiliki bias perbedaan yang signifikan (faktor gender) dan masih perlu untuk dilakukan perbaikan. Berdasarkan hasil pengujian tersebut, dapat disimpulkan bahwa instrumen tes yang masih memiliki bias perbedaan perlu dilakukan perbaikan, namun secara konten materi statistika yang ada pada E-Modul sudah layak untuk digunakan dalam pembelajaran statistika.
Back to Top Top