JRST (Jurnal Riset Sains dan Teknologi)

Journal Information
ISSN / EISSN : 25799118 / 25499750
Total articles ≅ 28
Current Coverage
DOAJ
Archived in
SHERPA/ROMEO
Filter:

Latest articles in this journal

Nuril Azizah, Gita Ayu Khoirunnisa, Nuril Nuzulia, Reza Selvyana Muhammad, Mukhamad Su'udi
JRST (Jurnal Riset Sains dan Teknologi), Volume 3; doi:10.30595/jrst.v3i2.4142

Abstract:
Monotropa merupakan Angiospermae yang tidak berkolofil sehingga tidak mampu untuk melakukan fotosintesis. Monotropa mendapatkan nutrisi untuk pertumbuhan dan perkembangannya melalui mekanisme miko-heterotrof, yaitu dengan berasosiasi dengan jamur mikoriza. Mikoriza bersimbiosis dengan akar tumbuhan autotrof untuk mendapatkan hasil fotosintesis, nutrisi tersebut kemudian ditransfer ke tumbuhan Monotropa. Sel-sel hifa yang berhubungan dengan epidermis akar tumbuhan autotrof dan Monotropa merupakan titik transfer nutrisi. Hifa mikoriza akan membentuk selubung (sheath) ke akar tumbuhan yang kemudian akan membentuk struktur hartig net yang menembus epidermis akar. Hartig net akan terus mengintrusi ke sel korteks akar yang kemudian akan membentuk fungal pegs. Fungal pegs ini yang akan menginduksi terbentuknya transfer sel untuk mentransfer nutrisi dari mikoriza ke Monotropa
Susastro Susastro, Novi Indah Riani, Alaya Fadlu Hadi Muhammad
JRST (Jurnal Riset Sains dan Teknologi), Volume 3; doi:10.30595/jrst.v3i1.4176

Abstract:
Dual Translasional dynamic vibration absorber (dDVA) dua buah masa DVA yang dapat bergerak pada arah translasional dan diberikan pada sistem guna meredam getaran translasi- rotasi sistem. Penelitian terkait penggunaan dual translasional DVA untuk mengurangi getaran dengan metode simulasi telah dilakukan, namun belum ada kajian terkait penggunaannya metode eksperimental dalam penelitian tersebut guna melakukan hasil validari dari hasil simulasi yang dilakukan. Dalam penelitian ini dilakukan kajian terkait karakteristik response getaran sistem 2 DOF setelah penambahan dual translasional DVA dengan pendekatan eksperimental dan membandingkan hasilnya dengan data hasil simulasi. Perbandingan antara data hasil eksperiment dan simulasi dilakukan guna mengetahui tingkat error yang terjaidi antara kedua metode tersebut. Data hasil simulasi diperoleh dengan mensimulasikan kembali persamaan gerak yang ada dari studi literatur, seangkan data hasil eksperiment diperoleh melalui pengujian melalui alat uji DVA dengan dilakukan beberapa perubahan fekuensi eksitasi. Dari hasil penelitian ditunjukan karakteristik getaran hasil eksperiment adalah sama dengan karakteristi getaran hasil simulasi, dengan rata-rata tingkat segnifikansi sebesar 91,5%. Adanya error yang terjadi antara hasil simulasi dan eksperiment lebih dikarenakan oleh tersalurnya sebagian getaran dari sistem utama kepada lingkungan di sekitar sestem, sehingga mengakibatkan adanya perbedaan hasil anara simulasi dan eksperiment.
Devillya Puspita Dewi, Kuntari Astriana
JRST (Jurnal Riset Sains dan Teknologi), Volume 3; doi:10.30595/jrst.v3i1.3596

Abstract:
Buah bit merupakan salah satu bahan makanan lokal yang kaya kandungan gizi dan senyawa aktif. Kandungan yang tinggi dalam buah bit diantaranya adalah kalium. Senyawa aktif dalam buah bit diantaranya antioksidan (betalain). Mineral kalium dan antioksidan ini merupakan zat yang dapat menurunkan hipertensi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas pemberian jus buah bit (Beta vulgaris L) terhadap kejadian hipertensi pada lansia. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan rancangan Pre test post test control trial dengan intervensi pemberian jus buah bit beberapa 3 kali frekuensi kepada lansia. Sampel yang akan diambil berjumlah 22 lansia hipertensi. Data yang diambil tekanan darah, status gizi. Analisa data menggunakan paired t test. Dari hasil penelitian dapat diperoleh data bahwa sebagian besar responden berumur >60 tahun (elderly) 54,5%, jenis kelamin perempuan 90,1% dan mempunyai status gizi normal 59,1%. Tekanan darah sistolik sebelum pemberian jus buah bit 140-159 mmHg Borderline Isolated 40,9% dan sesudah pemberian jus buah bit 45,5%. Selisih tekanan darah sistolik sebelum dan setelah pemberian jus buah bit 15,86 dan selisih tekanan darah diastolik sebelum dan setelah pemberian jus buah bit sebanyak 5,00. Tekanan darah diastolik sebelum pemberian jus buah bit 90-104 mmHg (sedang) 45,5% dan setelah pemberian jus buah bit , 85 mmHg (normal) 36,4%. Ada pengaruh pemberian jus buah bit terhadap kejadian hipertensi pada lansia.
Teguh Marhendi, Anggit Aji Pramono
JRST (Jurnal Riset Sains dan Teknologi), Volume 3; doi:10.30595/jrst.v3i1.3048

Abstract:
Perubahan penggunaan lahan yang tidak sesuai kaidah konservasi dapat mengurangi tingkat resapan air tanah dan dapat meningkatkan puncak banjir. Daerah Aliran Sungai Serayu Hulu, sejak tahun 2011-2016 terus mengalami perubahan penggunaan lahan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perubahan penggunaan lahan menggunakan ArcGIS.10.3. Perubahan penggunaan lahan yang digunakan antara tahun 2011-2016 dengan prediksi perubahan antara 2017 – 2026. Analisis prediksi dilakukan menggunakan model persamaan statistika. Prediksi debit puncak di dianalisis pada titik kontrol Bendung Gerak Serayu untuk mengetahui perubahan debit puncak antara tahun 2017 – 2026. Hasil analisis menunjukan perubahan penggunaan lahan untuk kawasan vegetasi tahun 2011 – 2016 mengalami penurunan sebesar 9,46%, sedangkan bukan vegetasi mengalami kenaikan sebesar 44,46%.. Hasil prediksi debit puncak di titik kontrol Bendung Gerak Serayu pada tahun 2017 – 2026 relatif mengalami kenaikan, yaitu: Q2017 = 655,55 m3/s, Q2018 = 675,90 m3/s, Q2019 = 693,85 m3/s, Q2020 = 709,91 m3/s, Q2021 = 724,43 m3/s, Q2022 = 737,69 m3/s, Q2023 = 749,89 m3/s, Q2024 = 761,18 m3/s, Q2025 = 771,70 m3/s, Q2026 = 781,53 m3/s.
Eri Widianto, Dian Budhi Santoso, Kardiman Kardiman, Najmudin Fauji
JRST (Jurnal Riset Sains dan Teknologi), Volume 3; doi:10.30595/jrst.v3i1.3653

Abstract:
Pembangkit listrik tenaga surya dan angin merupakan pembangkit listrik berbasis energi terbarukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konfigurasi pembangkit terbaik menggunakan Software HOMER (Hybrid Optimization Model for Energy Renewable) di Pantai Sedari, Kecamatan Cibuaya, Karawang. Pantai Sedari, Cibuaya terletak pada koordinat 5o57.6’S dan 107o18.4 E. Data potensi energi surya dan angin didapatkan dari retSCREEN NASA. Hasil penelitian diperoleh potensi energi matahari rata-rata sebesar 5,17 kWh/m2/hari dan potensi tenaga angin sebesar 3,50 m/s. Desain pembangkit listrik hybrid menggunakan HOMER terdiri dari PV 0,075 kW, G1 1 kW dan Gen 2,7 kW dengan converter 25 kW, diperoleh Biaya Net Total Masa Kini (Total Net Present Cost/NPC) sebesar $ 82.080,25. Penelitian ini memberikan informasi penting tentang potensi energi terbarukan (surya dan angin) khususnya di daerah Pantai Sedari Kabupaten Karawang.
Novianti Puspitasari, Andi Tejawati, Friendy Prakoso
JRST (Jurnal Riset Sains dan Teknologi), Volume 3; doi:10.30595/jrst.v3i1.3112

Abstract:
Bahan bakar merupakan salah satu kebutuhan yang saat ini tidak bisa dilepaskan dari masyarakat. Bahan bakar cair terutama bensin atau premium, pertalite, pertamax, dan solar merupakan bahan bakar yang digunakan pada alat transportasi. Semakin banyak alat transportasi yang dimiliki masyarakat dapat memungkinkan tidak tersedianya stok bahan bakar di salah satu SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) tertentu. Dengan tidak tersedianya stok persediaan bahan bakar di SPBU, hal ini dapat menimbulkan beberapa masalah, seperti antrian yang panjang pada salah satu SPBU, serta kurangnya kebutuhan bahan bakar pada masyarakat. Salah satu metode untuk memecahkan masalah tersebut adalah menggunakan metode Fuzzy Tsukamoto. Fuzzy Tsukamoto merupakan salah satu metode yang termasuk ke dalam sistem inferensi fuzzy. Metode ini dapat menentukan jumlah produksi, sehingga jumlah produksi sebuah barang dapat diprediksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Tsukamoto mampu memprediksi jumlah penerimaan stok bahan bakar yang seharusnya diterima oleh SPBU pada periode berikutnya. Dimana, hasil pengujian ketepatan prediksi diukur dengan menggunakan metode MAPE (Mean Absolute Percentage Error) dengan nilai persentase error yang didapatkan adalah sebesar 16 %, sehingga kinerja sistem dalam memprediksi stok bahan bakar dapat dikatakan bagus.
Aminudin Aminudin, Zamah Sari, Setio Basuki
JRST (Jurnal Riset Sains dan Teknologi), Volume 3; doi:10.30595/jrst.v3i1.3964

Abstract:
Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) merupakan sebuah lembaga pendidikan untuk mendidik santri agar dapat membaca Al-Quran sesuai dengan aturan yang berlaku. Salah satu metode yang dapat dipakai untuk belajar membaca Al-Qu’an dengan baik dan benar adalah Metode Tilawati. Metode Tilawati menawarkan suatu sistem pembelajaran Al-Qur'an yang yang mudah, efektif dan efesien demi mencapai kualitas bacaan, pemahamanan dan implementasi Al Qur'an. Tidak dapat dipungkiri, bahwa kehadiran teknologi informasi juga mempengaruhi perkembangan pendidikan, salah satunya adalah pendidikan di dalam lingkungan TPQ. Salah satu kendala yang dihadapi oleh TPQ yang menggunakan metode tilawati ini adalah tidak adanya media pembelajaran yang dapat digunakan oleh santri untuk mengulang pembelajaran yang telah dilakukan oleh santri secara mandiri. Untuk mengakomodasi dari permasalahan tersebut maka dalam penelitian ini akan dibangun sebuah aplikasi multimedia interaktif berbasis teknologi informasi yang dapat mencocokan antara huruf teks dengan hasil rekaman dari buku tilawati
Rr. Dewi Artanti Putri, Desi Sulistyowati, Tias Ardhiani
JRST (Jurnal Riset Sains dan Teknologi), Volume 3; doi:10.30595/jrst.v3i2.4911

Abstract:
Edible film dari pati merupakan strategi penyusunan kemasan makanan bersifat biodegradable. Film dari pati memiliki kekurangan sebagai kemasan makanan karena realtif mudah robek, sehingga perlu penambahan plasticizer gliserol agar lebih elastis. Sedangkan untuk meningkatkan kuat tarik dan perbaikan struktur permukaan digunakan turunan selulosa yaitu CMC (Carboxy Methyl Cellulose). Umbi garut berpotensial sebagai bahan baku edible film dengan kandungan pati 86,1%. Dalam penelitian ini dilakukan sintesis edible film dengan penambahan konsentrasi CMC bervariasi (0%, 5%, 10%, 15%, 20% b/b). Selanjutnya dilakukan karakterisasi pengaruh konsentrasi CMC pada ketebalan, ketahanan, kelarutan dalam air, kuat tarik, perpanjangan, dan elastisitas. Edible film dengan penambahan 20% CMC menunjukkan karakteristik ketebalan (0,144 mm), ketahanan terhadap air (93,75%), dan kelarutan dalam air (34%) terbaik. Edible Film dengan penambahan CMC 10% menunjukkan karakteristik kuat tarik (3,5597 Mpa) dan elastisitas (25,85 Mpa) terbaik. Nilai perpanjangan terbaik (18,3%) dengan penambahan CMC 15%. Edible film yang telah diaplikasikan pada buah strawberry dapat memperpanjang umur simpan buah hingga 4 hari.
Dimara Kusuma Hakim, Dwi Yoga Yulianto, Achmad Fauzan
JRST (Jurnal Riset Sains dan Teknologi), Volume 3; doi:10.30595/jrst.v3i2.5165

Abstract:
Peningkatan jumlah traffic menyebabkan kerja server yang melayani permintaan menjadi semakin berat. Akibatnya performa server menurun dan sering terjadi gangguan pada layanan-layanan web tersebut. Sistem informasi layanan desa kabupaten Purworejo adalah salah satu aplikasi berbasis website yang berfungsi untuk menyimpan dan mengelola informasi serta layanan desa yang ada di kabupaten Purworejo. Kurang stabilnya kecepatan akses website ini menjadi salah satu kendala yang dihadapi oleh pengguna saat bekerja dengan website ini. Dengan pemanfaatan sistem operasi Ubuntu Desktop dan penerapan virtualisasi di Oracle VM VirtualBox serta menggunakan load balancing web server Nginx, beban web server saat terjadi request yang tinggi karena banyaknya pengguna yang mengakses sekaligus dalam kurun waktu yang sama dapat dibagi agar beban traffic web server tidak terlalu berat. Dalam penelitian ini hasil penggunaan algoritma least connection untuk load balancing lebih memberikan performa yang baik dibandingankan algoritma round robin terhadap kecepatan akses website saat terjadi request yang sangat banyak dari pengguna dalam waktu yang bersamaan.
Nur Ihda Farikhatin Nisa, Achmad Aminudin
JRST (Jurnal Riset Sains dan Teknologi), Volume 3; doi:10.30595/jrst.v3i2.4500

Abstract:
Water is one of the important components of human life or other living things. With the increasing number of residents, the need for clean water has also increased. However, this increase in demand is not offset by the availability of clean water due to the lower quality of water produced by the water treatment plant. Therefore, it is necessary to do alternative water treatment so that clean water needs can be sufficient. One method of processing clean water that can be done is the Jar test method. This study aims to determine the effect of coagulant dose addition on water quality parameters including pH, turbidity, TDS and total hardness of the Manisrejo City Madiun well water sample after water treatment. The research method is carried out through three stages, namely the preparation stage, the instrument analysis stage and the experimental stage. Where the type of coagulant used is Poly Aluminum Chloride (PAC). From the research that has been done, the optimum PAC coagulant dose is 43 mg / l. The conclusion obtained in this study is that the greater the coagulant dose added to the water sample, the smaller the pH value, the value of turbidity, the TDS value and the total hardness of the water sample.
Back to Top Top