JRST (Jurnal Riset Sains dan Teknologi)

Journal Information
ISSN / EISSN : 25799118 / 25499750
Total articles ≅ 16
Current Coverage
DOAJ
Archived in
SHERPA/ROMEO
Filter:

Latest articles in this journal

Susastro Susastro, Novi Indah Riani, Alaya Fadlu Hadi Muhammad
JRST (Jurnal Riset Sains dan Teknologi), Volume 3; doi:10.30595/jrst.v3i1.4176

Abstract:Dual Translasional dynamic vibration absorber (dDVA) dua buah masa DVA yang dapat bergerak pada arah translasional dan diberikan pada sistem guna meredam getaran translasi- rotasi sistem. Penelitian terkait penggunaan dual translasional DVA untuk mengurangi getaran dengan metode simulasi telah dilakukan, namun belum ada kajian terkait penggunaannya metode eksperimental dalam penelitian tersebut guna melakukan hasil validari dari hasil simulasi yang dilakukan. Dalam penelitian ini dilakukan kajian terkait karakteristik response getaran sistem 2 DOF setelah penambahan dual translasional DVA dengan pendekatan eksperimental dan membandingkan hasilnya dengan data hasil simulasi. Perbandingan antara data hasil eksperiment dan simulasi dilakukan guna mengetahui tingkat error yang terjaidi antara kedua metode tersebut. Data hasil simulasi diperoleh dengan mensimulasikan kembali persamaan gerak yang ada dari studi literatur, seangkan data hasil eksperiment diperoleh melalui pengujian melalui alat uji DVA dengan dilakukan beberapa perubahan fekuensi eksitasi. Dari hasil penelitian ditunjukan karakteristik getaran hasil eksperiment adalah sama dengan karakteristi getaran hasil simulasi, dengan rata-rata tingkat segnifikansi sebesar 91,5%. Adanya error yang terjadi antara hasil simulasi dan eksperiment lebih dikarenakan oleh tersalurnya sebagian getaran dari sistem utama kepada lingkungan di sekitar sestem, sehingga mengakibatkan adanya perbedaan hasil anara simulasi dan eksperiment.
Devillya Puspita Dewi, Kuntari Astriana
JRST (Jurnal Riset Sains dan Teknologi), Volume 3; doi:10.30595/jrst.v3i1.3596

Abstract:Buah bit merupakan salah satu bahan makanan lokal yang kaya kandungan gizi dan senyawa aktif. Kandungan yang tinggi dalam buah bit diantaranya adalah kalium. Senyawa aktif dalam buah bit diantaranya antioksidan (betalain). Mineral kalium dan antioksidan ini merupakan zat yang dapat menurunkan hipertensi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas pemberian jus buah bit (Beta vulgaris L) terhadap kejadian hipertensi pada lansia. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan rancangan Pre test post test control trial dengan intervensi pemberian jus buah bit beberapa 3 kali frekuensi kepada lansia. Sampel yang akan diambil berjumlah 22 lansia hipertensi. Data yang diambil tekanan darah, status gizi. Analisa data menggunakan paired t test. Dari hasil penelitian dapat diperoleh data bahwa sebagian besar responden berumur >60 tahun (elderly) 54,5%, jenis kelamin perempuan 90,1% dan mempunyai status gizi normal 59,1%. Tekanan darah sistolik sebelum pemberian jus buah bit 140-159 mmHg Borderline Isolated 40,9% dan sesudah pemberian jus buah bit 45,5%. Selisih tekanan darah sistolik sebelum dan setelah pemberian jus buah bit 15,86 dan selisih tekanan darah diastolik sebelum dan setelah pemberian jus buah bit sebanyak 5,00. Tekanan darah diastolik sebelum pemberian jus buah bit 90-104 mmHg (sedang) 45,5% dan setelah pemberian jus buah bit , 85 mmHg (normal) 36,4%. Ada pengaruh pemberian jus buah bit terhadap kejadian hipertensi pada lansia.
Teguh Marhendi, Anggit Aji Pramono
JRST (Jurnal Riset Sains dan Teknologi), Volume 3; doi:10.30595/jrst.v3i1.3048

Abstract:Perubahan penggunaan lahan yang tidak sesuai kaidah konservasi dapat mengurangi tingkat resapan air tanah dan dapat meningkatkan puncak banjir. Daerah Aliran Sungai Serayu Hulu, sejak tahun 2011-2016 terus mengalami perubahan penggunaan lahan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perubahan penggunaan lahan menggunakan ArcGIS.10.3. Perubahan penggunaan lahan yang digunakan antara tahun 2011-2016 dengan prediksi perubahan antara 2017 – 2026. Analisis prediksi dilakukan menggunakan model persamaan statistika. Prediksi debit puncak di dianalisis pada titik kontrol Bendung Gerak Serayu untuk mengetahui perubahan debit puncak antara tahun 2017 – 2026. Hasil analisis menunjukan perubahan penggunaan lahan untuk kawasan vegetasi tahun 2011 – 2016 mengalami penurunan sebesar 9,46%, sedangkan bukan vegetasi mengalami kenaikan sebesar 44,46%.. Hasil prediksi debit puncak di titik kontrol Bendung Gerak Serayu pada tahun 2017 – 2026 relatif mengalami kenaikan, yaitu: Q2017 = 655,55 m3/s, Q2018 = 675,90 m3/s, Q2019 = 693,85 m3/s, Q2020 = 709,91 m3/s, Q2021 = 724,43 m3/s, Q2022 = 737,69 m3/s, Q2023 = 749,89 m3/s, Q2024 = 761,18 m3/s, Q2025 = 771,70 m3/s, Q2026 = 781,53 m3/s.
Eri Widianto, Dian Budhi Santoso, Kardiman Kardiman, Najmudin Fauji
JRST (Jurnal Riset Sains dan Teknologi), Volume 3; doi:10.30595/jrst.v3i1.3653

Abstract:Pembangkit listrik tenaga surya dan angin merupakan pembangkit listrik berbasis energi terbarukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konfigurasi pembangkit terbaik menggunakan Software HOMER (Hybrid Optimization Model for Energy Renewable) di Pantai Sedari, Kecamatan Cibuaya, Karawang. Pantai Sedari, Cibuaya terletak pada koordinat 5o57.6’S dan 107o18.4 E. Data potensi energi surya dan angin didapatkan dari retSCREEN NASA. Hasil penelitian diperoleh potensi energi matahari rata-rata sebesar 5,17 kWh/m2/hari dan potensi tenaga angin sebesar 3,50 m/s. Desain pembangkit listrik hybrid menggunakan HOMER terdiri dari PV 0,075 kW, G1 1 kW dan Gen 2,7 kW dengan converter 25 kW, diperoleh Biaya Net Total Masa Kini (Total Net Present Cost/NPC) sebesar $ 82.080,25. Penelitian ini memberikan informasi penting tentang potensi energi terbarukan (surya dan angin) khususnya di daerah Pantai Sedari Kabupaten Karawang.
Novianti Puspitasari, Andi Tejawati, Friendy Prakoso
JRST (Jurnal Riset Sains dan Teknologi), Volume 3; doi:10.30595/jrst.v3i1.3112

Abstract:Bahan bakar merupakan salah satu kebutuhan yang saat ini tidak bisa dilepaskan dari masyarakat. Bahan bakar cair terutama bensin atau premium, pertalite, pertamax, dan solar merupakan bahan bakar yang digunakan pada alat transportasi. Semakin banyak alat transportasi yang dimiliki masyarakat dapat memungkinkan tidak tersedianya stok bahan bakar di salah satu SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) tertentu. Dengan tidak tersedianya stok persediaan bahan bakar di SPBU, hal ini dapat menimbulkan beberapa masalah, seperti antrian yang panjang pada salah satu SPBU, serta kurangnya kebutuhan bahan bakar pada masyarakat. Salah satu metode untuk memecahkan masalah tersebut adalah menggunakan metode Fuzzy Tsukamoto. Fuzzy Tsukamoto merupakan salah satu metode yang termasuk ke dalam sistem inferensi fuzzy. Metode ini dapat menentukan jumlah produksi, sehingga jumlah produksi sebuah barang dapat diprediksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Tsukamoto mampu memprediksi jumlah penerimaan stok bahan bakar yang seharusnya diterima oleh SPBU pada periode berikutnya. Dimana, hasil pengujian ketepatan prediksi diukur dengan menggunakan metode MAPE (Mean Absolute Percentage Error) dengan nilai persentase error yang didapatkan adalah sebesar 16 %, sehingga kinerja sistem dalam memprediksi stok bahan bakar dapat dikatakan bagus.
Aminudin Aminudin, Zamah Sari, Setio Basuki
JRST (Jurnal Riset Sains dan Teknologi), Volume 3; doi:10.30595/jrst.v3i1.3964

Abstract:Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) merupakan sebuah lembaga pendidikan untuk mendidik santri agar dapat membaca Al-Quran sesuai dengan aturan yang berlaku. Salah satu metode yang dapat dipakai untuk belajar membaca Al-Qu’an dengan baik dan benar adalah Metode Tilawati. Metode Tilawati menawarkan suatu sistem pembelajaran Al-Qur'an yang yang mudah, efektif dan efesien demi mencapai kualitas bacaan, pemahamanan dan implementasi Al Qur'an. Tidak dapat dipungkiri, bahwa kehadiran teknologi informasi juga mempengaruhi perkembangan pendidikan, salah satunya adalah pendidikan di dalam lingkungan TPQ. Salah satu kendala yang dihadapi oleh TPQ yang menggunakan metode tilawati ini adalah tidak adanya media pembelajaran yang dapat digunakan oleh santri untuk mengulang pembelajaran yang telah dilakukan oleh santri secara mandiri. Untuk mengakomodasi dari permasalahan tersebut maka dalam penelitian ini akan dibangun sebuah aplikasi multimedia interaktif berbasis teknologi informasi yang dapat mencocokan antara huruf teks dengan hasil rekaman dari buku tilawati
Abdul Azis, Diaz Ayu Budi Utami
JRST (Jurnal Riset Sains dan Teknologi), Volume 2; doi:10.30595/jrst.v2i2.3138

Abstract:Kendaraan bermotor di Indonesia yang mendominasi adalah kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat atau lebih, faktor yang menyebabkan melonjaknya volume kendaraan bermotor di Indonesia adalah banyaknya pengendara kendaraan bermotor yang belum cukup umur dapat mengendarai keadaan bermotor, semakin tinggi volume kendaraan semakin tinggi pula tingkat kecelakaan, tingkat pencurian dan tingkat pelanggar lalu lintas. Lalu lintas merupakan hal yang sangat penting karena lalu lintas adalah berjalan bolak balik, hilir mudik dan perihal perjalanan di jalan dan sebagainya serta berhubungan antara sebuah tempat ke tempat lain. Pelanggaran lalu lintas yang sangat banyak di Indonesia mengakibatkan banyakya orang yang melanggar lalu lintas. Setiap pelanggar akan dikenakan Tilang oleh petugas tilang jika pengguna kendaraan tidak mematuhi aturan aturan berkendara, mulai dari kelengkapan kendaraan mereka sampai surat-surat kendaraan yang harus lengkap dan harus ada, proses untuk penilangan di Indonesia sendiri masih menggunakan Tilang Manual dengan kata lain proses tilang masih menggunakan kertas dengan menuliskan pelanggaran yang di lakukan oleh pelanggar pada secarik kertas, tetapi jika kertas tilang yang diterima oleh pelanggar hilang atau rusak maka pelanggar akan mengalami masalah jika akan sidang kendaraan di pengadilan negri, karena proses tilang harus membawa surat tilang yang diperoleh pada saat penilangan sebelumnya. Dengan (eM-Tilang ) Tilang Kendaraan Bermotor berbasis Mobile Phone (Android) guna proses tilang pada kendaraan bermotor di Purwokerto kabupaten banyumas guna memudahkan petugas tilang dan mempermudah juga bagi pelanggar lalu lintas dengan lebih cepat dan tepat guna.
Astrid Lestari Tungadi, Elisabeth Elisabeth
JRST (Jurnal Riset Sains dan Teknologi), Volume 2; doi:10.30595/jrst.v2i2.3517

Abstract:Penerapan teknologi informasi juga telah banyak digunakan pada organisasi, baik yang berorientasi pada profit maupun non-profit, seperti pada organisasi gereja. Gereja Katolik Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga (GKSPMDkS) merupakan salah satu Gereja Katolik di kota Makassar. Seluruh kegiatan layanan umat masih bersifat manual sehingga pelayanan kepada umat, seperti pendataan data umat, permintaan surat keterangan, dan layanan lainnya berjalan lambat dan belum tertata dengan baik. Sumber daya manusia yang dimiliki oleh gereja sangat minim dibandingkan dengan jumlah umat. Pengambilan keputusan yang berhubungan dengan pelayanan kepada umat terkadang terjadi miss komunikasi antara Pastor Paroki dan anggota Dewan Pastoral sehingga dibutuhkan adanya pemanfaataan teknologi informasi untuk membantu proses pelayanan kepada umat, salah satunya dengan enterprise resource planning (ERP). ERP merupakan suatu cara untuk mengelola sumber daya perusahaan dengan menggunakan teknologi informasi. GKSPMDkS merupakan salah satu contoh organisasi bisnis yang berorientasi non-profit. Dengan adanya sistem ERP pada gereja diharapkan dapat meningkatkan efektifitas layanan umat dan mengintegrasikan komunikasi antar umat dan pihak gereja. Komponen yang dimiliki dalam sistem ERP di GKSPMDkS adalah komponen Finansial, Inventory, Layanan Umat (Service), Proses Pelayanan, Pengelolaan SDM, Distribusi Informasi, dan Penjualan Benda Rohani. Seluruh komponen tersebut diintegrasikan untuk meningkatkan efektifitas pelayanan umat dengan memaksimalkan penggunaan TIK yang dimiliki. Hasil penentuan prioritas pengembangan sistem ERP di GKSPMDkS menggunakan metode AHP menunjukkan komponen sistem layanan umat (service) menjadi komponen yang paling prioritas untuk dikembangkan. Hasil perancangan sub sistem pendataan umat diharapkan menjadi backbone untuk pengembangan sistem ERP di masa yang akan datang.
Yudha Saintika, Aditya Wijayanto, Citra Wiguna
JRST (Jurnal Riset Sains dan Teknologi), Volume 2; doi:10.30595/jrst.v2i2.3201

Abstract:Penanganan pascapanen berbagai hasil pertanian di Indonesia seringkali masih kurang optimal. Padahal untuk memperoleh produk yang berkualitas kegiatan pascapanen merupakan hal yang sangat penting. Salah satu hal yang paling mendasar dalam kegiatan pascapanen adalah pemutuan produk. Pemutuan yang dilakukan dengan pengukuran secara langsung masih memiliki banyak kekurangan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan suatu sistem informasi yang mampu memperoleh parameter visual dengan objek wortel yang berupa area citra, diameter citra, dan panjang citra. Dengan menggunakan metode korelasi parametrik maka tingkat keeratan hubungan antara parameter visual tersebut dengan parameter hasil pengukuran langsung dapat diketahui sehingga parameter-parameter pengukuran langsung seperti bobot, volume, panjang, dan diameter dapat diperkirakan dari parameter visual wortel. Dari proses pengujian didapatkan bahwa ketiga parameter visual yang didapatkan dengan nilai threshold tertentu mampu menunjukkan tingkat keeratan hubungan yang sangat kuat yaitu berkisar antara 0.900 – 1.000. Kemudian melalui metode korelasi parametrik tingkat keberhasilan klasifikasi kelas wortel diperoleh hingga 98.88 %.
Titin Aryani, Isnin Aulia Ulfah Mu'awanah, Aji Bagus Widyantara
JRST (Jurnal Riset Sains dan Teknologi), Volume 2; doi:10.30595/jrst.v2i2.3094

Abstract:Dewasa ini, pangan fungsional merupakan hal yang banyak diperbincangkan. Alternatif sumber pangan berbahan dasar lokal merupakan suatu prioritas. Diantara berbagai jenis pangan fungsional, substituen tepung seperti tepung kulit pisang merupakan salah satu topik yang menarik karena kebutuhan masyarakat akan tepung terigu merupakan kebutuhan yang tak bisa terhindarkan. Penelitian ini bertujuan melakukan studi literature karakteristik fisik dan kandungan gizi pada berbagai jenis tepung kulit pisang. Metode penelitian ini adalah penelitian studi literatur dengan mencari referensi penelitian yang relevan dengan karakteristik fisik, kimia dan kandungan gizi berbagai jenis tepung kulit pisang. Sumber data yang digunakan berasal dari Google Scholar. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yaitu data yang diperoleh dari laporan hasil penelitian, artikel jurnal, buku dan media elektronik. Hasil studi literatur menunjukkan secara umum, karakteristik tepung kulit pisang adalah berbentuk serbuk, berbau normal (khas pisang), memiliki rasa dekit getir dan berwarna coklat. Sedangkan, kandungan gizi tepung kulit pisang pada umumnya adalah mengandung karbohidrat, lemak, protein, air, abu, karoten, dan antosianin. Secara fitokimia, tepung kulit pisang juga memiliki aktivitas antioksidan yang cukup tinggi. Kesimpulan dari studi ini adalah tepung kulit pisang merupakan substituen tepung yang memiliki kandungan gizi memadai dengan karakter yang relatif baik jika digunakan sebagai pengganti tepung terigu.