POSITIF : Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi

Journal Information
ISSN / EISSN : 2620-3227 / 2460-9552
Published by: P3M Politeknik Negeri Banjarmasin (10.31961)
Total articles ≅ 38
Filter:

Latest articles in this journal

Rahimi Fitri, Syamsudin Noor, Ida Hastuti
POSITIF : Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi, Volume 7, pp 51-59; https://doi.org/10.31961/positif.v7i1.1016

Abstract:
Implementation of online learning requires adequate preparation and support of resources, first is the software or tools used in online lectures, where Poliban has e-learning that can be used or can use other tools. Both hardware or computer equipment with the required specifications, one of which is a camera used for video conferencing, and what is very important is a stable internet network connection. Therefore, if at least these three things can be fulfilled, then online lectures can be carried out well. However, in reality, there are several problems faced by both lecturers and students, especially related to the unstable internet network signal, so that the implementation of online lectures cannot run optimally. To find out the problems faced by users, a measurement instrument for the implementation of E-learning on user satisfaction is needed. In making a good instrument model, a test is needed to ensure that the indicators used in the instrument used are valid and reliable and have a good level of reliability. Based on the problems mentioned above, this research will conduct instrument testing using validity tests and reliability tests where in the analysis process a Partial Least Square (PLS) application framework is used in SEM which is a statistical model that provides an approximate calculation of strength. hypothetical relationships among variables in a theoretical model The results of the research that have been carried out show that the results of the validity test of the instrument for measuring the implementation of e-learning on user satisfaction at the Banjarmasin state polytechnic get a loading factor value above 0.5 on the intended construct, these results indicate that the indicators used in this study are valid. or has met convergent validity, then based on the reliability test it shows that the composite reliability value for all constructs is above 0.7 which indicates that all constructs in the estimated model meet the criteria for discriminant validity. The lowest composite reliability value is 0.837 in the System Quality construct, this shows that the test instrument shows a good level of reliability, or in other words, the questionnaire results can be trusted.
Ika Intan Rahmawati, Riyan Apriyanto
POSITIF : Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi, Volume 7, pp 31-43; https://doi.org/10.31961/positif.v7i1.1075

Abstract:
COVID-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh jenis corona virus yang baru ditemukan. Indonesia mengonfirmasi kasus pertama infeksi virus corona penyebab Covid-19 pada awal Maret 2020. Sejak itu, berbagai upaya penanggulangan dilakukan pemerintah untuk meredam dampak dari pandemi Covid-19 di berbagai sektor. Salah satu upaya penanggunalangan penularan Covid-19 dengan melakukan pembatasan aktivitas masyarakat. Hal ini berpengaruh pada aktivitas bisnis yang kemudian berimbas pada perekonomian. Pelemahan ekonomi akibat Covid-19 berdampak terhadap peningkatan penduduk miskin di Indonesia. Salah satu langkah yang dijalankan oleh pemerintah dalam menghadapi Covid-19 adalah dengan pemberian bantuan social yang diutamakan kepada keluarga miskin. Faktor yang menjadi permasalahan dalam pelaksanaan suatu program ini adalah menyangkut identifikasi target dan ketepatan penerimanya yang kurang tepat sasaran. Oleh karena itu, kelurahan selaku instansi pemerintahan terdekat dengan masyarakat dalam proses pendataan keluarga miskin perlu mengklasifikasikan kelompok miskin ke dalam tiga kategori, yaitu hampir miskin, miskin dan sangat miskin. Dalam menentukan kriteria miskin tersebut diperlukan adanya model pengambilan keputusan yang dikenal dengan Sistem Pendukung Keputusan (SPK). Metode Simple Additive Weighting (SAW) dipilih karena metode ini menentukan nilai bobot untuk setiap atribut. Hasil yang diperoleh dari perangkingan metode Simple Additive Weighting didapat 9 keluarga dengan kategori sangat miskin dengan nilai ranking tertinggi yaitu 0.91. Kata Kunci: Bantuan, Covid-19, Simple Additive Weighting (SAW).
Titania Dwi Andini, Puji Subekti, Mufidatul Islamiyah
POSITIF : Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi, Volume 7, pp 70-76; https://doi.org/10.31961/positif.v7i1.1060

Abstract:
Institut Asia Malang memiliki beberapa sistem yang bisa mendukung operasional kegiatan belajar mengajar diantaranya sistem sarana prasarana. Sistem ini perlu dibangun selain merupakan kebutuhan institusi dalam mengorganisir dan menata administrasi saran prasarana, tetapi juga merupakan salah satu penilaian pendukung saat BAN (Badan Akreditasi Nasional) melakukan assessment. Penilaian ini sangat berpengaruh sehingga diharapkan dengan adanya poin lebih kredibilitas masyarakat kepada Institut Asia Malang meningkat. Metode yang digunakan untuk membangun sistem informasi sarana dan prasarana Institut Asia Malang adalah metode Waterfall yang memiliki 5 fase yaitu : Communication, Planning, Modeling, Construction dan Deployment. Metode ini digunakan dalam membangun Sistem Informasi Sarana dan Prasarana Asia Malang (SISAPRA) karena bersifat sistematis, berurutan dalam membangun software. Dalam penelitian kali ini juga menggunakan 7 tahapan sehingga dapat dilihat sistematikanya. Aplikasi SISAPRA dapat diakses melalui Web maupun mobile dikarenakan layoutnya responsive untuk kedua jenis gadget yang sering digunakan oleh pengguna. Diharapkan aplikasi ini dapat membantu dalam menata administrasi dan mengetahui status barang baik lokasi maupun kondisi fisik.
Rahardhiyan Wahyu Putra, Ulla Delfana Rosiani
POSITIF : Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi, Volume 7, pp 44-50; https://doi.org/10.31961/positif.v7i1.1092

Abstract:
Sistem Pendukung Keputusan merupakan suatu system yang mendukung manusia untuk menentukan sesuatu berdasarkan perhitungan matematika. Sistem Pendukung Keputusan akan dibuat oleh peneliti sebagai alat yang nantinya digunakan untuk membantu para Fresh Graduate untuk memilih pekerjaan sesuai dengan minatnya. Objek penelitian yang akan digunakan yaitu para lulusan Jurusan Teknologi Informasi pada Politeknik Negeri Malang. Penggunaan metode untuk sistem ini menggabungkan metode SAW dan Topsis. Penelitian ini menggunakan lima kriteria yaitu IPK, akreditasi, usia, Pendidikan terakhir dan kemampuan berbahasa inggris. Sistem akan menilai dari setiap input user pada tiap kriteria lalu dilakukan perhitungan dengan metode SAW dan Topsis. Diharapkan adanya sistem pendukung keputusan ini membantu para Fresh Graduate terutama lulusan jurusan teknologi informasi pada politeknik negeri malang menemukan pekerjaan yang sesuai
Siti Nurul Afiyah, Wahyu Dini Aula Nabila
POSITIF : Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi, Volume 7, pp 60-69; https://doi.org/10.31961/positif.v7i1.1064

Abstract:
Pada PT. BPR Ploso Saranaartha Jombang terdapat beberapa permasalahan yang kerap muncul mengenai pemberian kredit pada debitur. Saat ini bank tersebut memberikan kredit kepada nasabahnya masih dengan cara seleksi debitur, belum ada prosedur secara sistematis dalam menentukan apakah suatu nasabah tersebut layak diberikan kredit atau tidak. Hal inilah yang mengakibatkan banyaknya kredit macet yang dapat merugikan pihak bank.. Algoritma Iterative Dichotomiser 3 (ID3) merupakan salah satu algoritma yang dapat digunakan untuk menyelesaikan kasus ini. Dalam penyelesaiiannya nanti ID3 akan melakukan proses preprocessing data terlebih dahulu yang bertujuan untuk membuang data-data yang tidak penting guna mendapatkan data yang benar-benar dibutuhkan. Setelah itu ID3 akan membentuk sebuah pohon keputusan berdasarkan rules yang dihasilkan. Setiap root node dalam sebuah pohon keputusan terbentuk berdasarkan nilai gain terbesar dari tiap-tiap input atribut. Dalam perhitungan algoritma ini diperlukan sebuah dataset yang cukup untuk digunakan proses training. Dataset yang digunakan untuk proses training ini berjumlah 300 record data yang terdiri dari 272 data dengan kolektibilitas lancar dan 28 data dengan kolektibilitas macet. Terdapat pula data yang akan digunakan untuk proses testing berjumlah 20 record data nasabah baru yang terdiri dari 8 data dengan kolektibilitas macet dan 12 data dengan kolektibilitas lancar. Dalam uji coba yang telah dilakukan terhadap dataset menghasilkan 10 rules. Setelah dilakukan proses testing atau pengujian terhadap data testing dihasilkan output dengan tingkat keakurasian 88,51%. Artinya dari 300 record data yang telah ditraining dapat meng-cover 19 data dari 20 record data testing.
Faris Ade Irawan, Effan Najwaini
POSITIF : Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi, Volume 7, pp 17-22; https://doi.org/10.31961/positif.v7i1.654

Abstract:
Smart phone yang kita miliki dilengkapi dengan berbagai aplikasi berbasis android yang dibagikan secara gratis tetapi saangat bermanfaat dan dapat digunakan secara maksimal jika kita mengetahui cara penggunaannya, salah satu aplikasi tersebut adalah Carrymap Observer. Aplikasi ini memungkinkan kita menampilkan peta secara offline di smart phone tetapi dapat berintegrasi dengan GPS dan dapat dimanipulasi oleh penggunanya secara langsung. Kita membuat peta portabel sesuai tema yang kita inginkan yang akan diakses pada andoid smart phone yang kita miliki menggunakan perangkat Arc GIS sehingga dapat digunakan kapanpun, dimanapun sesuai keperluan. Banjarmasin disebut juga Kota Seribu Sungai, merupakan kota yang banyak dialiri sungai-sungai baik besar maupun kecil. Sungai Martapura adalah salah satu sungai terbesar dan membelah mengaliri Kota Banjarmasin. Masyarakat Kota Banjarmasin memanfaatkan Sungai Martapura sebagai pusat ekonomi dan transportasi. di tepian Sungai Martapura berjejer keramba milik warga. Kotak-kotak jaring yang mengapung itu berkelompok-kelompok. Ada yang puluhan, ada juga yang hanya beberapa. Para petaninya membudidayakan beberapa jenis ikan. Mayoritas patin dan bawal. Keberadaan keramba tersebut perlu di inventaris agar memudahkan dalam monitoring sehingga dampak baik dan buruk yang berhubungan langsung dengan kegiatan usaha tersebut dapat dikelola dan dipantau oleh pihak terkait. Dari penelitian ini dihasilkan peta portabel berbasis android smart phone, bersifat offline dan dapat dioperasikan melaui telepon pintar (smart phone) secara cepat kapan saja dan dimana saja. memberikan informasi tentang kepemilikan, jenis ikan yang dibudidayakan dan informasi lainnya yang dianggap penting. Berdasarkan penelusuran peneliti di Google Cendekia, tidak ditemukan penelitian sejenis, yaitu tema pembuatan peta portabel sebaran keramba apung budidaya ikan disepanjang Sungai Martapura di Banjarmasin. Sehingga perlu dilakukan penelitian ini agar menambah pustaka dan referensi untuk menunjang penelitian selanjutnya, karena banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari peta portabel yang dihasilkan, pembuatan basisdata usaha budidaya keramba ikan apung dan penerapan ilmu pengetahuan dibidang geospasial.
Aldi Surya Pranata, Ulla Delfiana Rosiani, Mustika Mentari
POSITIF : Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi, Volume 7, pp 10-16; https://doi.org/10.31961/positif.v7i1.1091

Abstract:
Malang Raya yang terdiri dari Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu merupakan salah satu tujuan wisata favorit di Jawa Timur. Banyaknya lokasi objek wisata yang menawarkan berbagai kelebihannya masing-masing. Hal ini seringkali menjadikan wisatawan lokal maupun non lokal kesulitan dalam memilih tujuan wisata, agar mampu memaksimalkan waktu kunjungan, biaya serta kepuasan yang diperoleh. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem pendukung keputusan (SPK) untuk penentuan lokasi wisata dengan metode Moora. Metode ini akan memberikan pembobotan kriteria sesuai dengan kondisi/preferensi pengguna, dan kemudian melakukan pengolahan pada data. SPK yang dibangun mampu menghasilkan rekomendasi dengan memberikan perankingan lokasi wisata kepada pengguna sesuai preferensinya. Sistem yang dibangun diuji dengan menggunakan 5 alternatif lokasi objek wisata yang berada di Kota Batu dan 3 kriteria yang terdiri dari 1 kriteria cost dan 2 benefit. Eksperimen yang dilakukan berhasil memberikan perankingan yang berbeda terhadap 5 alternatif.
Hikmayanti Huwaida, Rofi'i Rofi'I, Sri Imelda
POSITIF : Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi, Volume 7, pp 23-30; https://doi.org/10.31961/positif.v7i1.1038

Abstract:
Sebagai upaya mencegah meluasnya penularan Covid 19 dilakukan penyesuaian kebijakan pendidikan di Politeknik Negeri Banjarmasin. Politeknik Negeri Banjarmasin menerapkan pembelajaran daring. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh perceived enjoyment, perceived ease of use, dan actual technology use terhadap kepuasan mahasiswa dalam pembelajaran daring pada masa pandemi Covid 19. Penelitian deskriptif verifikatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner (google form). Dengan Populasi mahasiswa sebanyak 171 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Secara bersama perceived enjoyment, perceived ease of use, dan actual technology use berpengaruh signifikan terhadap sebesar 55,7%; 2) Secara parsial yang berpengaruh signifikan adalah perceived enjoyment dan actual technology use, sedangkan perceived ease of use tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa dalam pembelajaran daring.
Abdul Rozaq, Raden Kelik Hardinto, Fuad Sholihin
POSITIF : Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi, Volume 7, pp 1-9; https://doi.org/10.31961/positif.v7i1.1010

Abstract:
Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) POLIBAN merupakan sebuah Pusat yang memiliki tugas dan fungsi mefasilitasi kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh dosen di lingkungan Politeknik Negeri Banjarmasin. Mulai tahun 2018 data penelitian dan pengabdian kepada masyarakat pengelolaan dengan mengembangkan Sistem Informasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (SIPMA). Pengelolaan data tersebut dimulai dari menentukan skema yang akan diberikan pendanaan yang di dalamnya sudah dijelaskan mulai dari ruang lingkup penelitian, jadwal pengajuan proposal, review proposal sampai dengan pelaksanaan dan pelaporan. Sedangkan untuk melihat tingkat keberhasilan implementasi SIPMA, P3M Poliban belum melakukan evaluasi implementasi SIPMA tersebut. Berdasarkan permasalahan di atas, maka P3M Poliban membutuhkan sebuah kajian implementasi SIPMA, sehingga dapat diketahui tingkat keberhasilan dan kepuasan pengguna SIPMA. Penelitian ini menyebarkan alat ukur berupa kuesioner kepada pengguna SIPMA. Dimana dalam proses analisisnya digunakan kerangka kerja penerapan Partial Least Square (PLS) di dalam SEM yang merupakan sebuah model statistik yang memberikan perkiraan perhitungan dari kekuatan hubungan hipotesis di antara variabel dalam sebuah model teoritis. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa Kualitas Sistem berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pengguna dengan T-statistik sebesar 3,107 (> 1,96). Kualitas Informasi berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pengguna dengan T-statistik sebesar 2,215 (> 1,96). Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pengguna dengan T-statistik sebesar 2,909 (> 1,96). Kepuasan Pengguna berpengaruh signifikan terhadap Dampak Individual dengan T-statistik sebesar 15,652 (> 1,96). Dampak Individual berpengaruh signifikan terhadap Dampak Organisasi dengan T-statistik sebesar 10,410 (> 1,96).
Yussyafrida Choiriizzati Rochmana, Maftahatul Hakimah, Farida Farida
POSITIF : Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi, Volume 6, pp 132-136; https://doi.org/10.31961/positif.v6i2.995

Abstract:
Bayesian Network merupakan model yang termasuk dalam klasifikasi bayes, dimana metode ini mengasumsikan bahwa nilai variabel independen memiliki ketergantungan dengan nilai variabel lain. Bayesian Network memiliki keunggulan yaitu dapat memodelkan hubungan antar variabel dengan menggunakan graf atau semacam penggambaran alur hubungan antar variabel. Terdapat beberapa metode yang digunakan untuk menentukan struktur bayesian network. Metode pembentukan struktur jaringan Bayesian network pada penelitian ini adalah metode naïve bayes dan equivalence classes. Kedua metode pembentukan struktur ini diterapkan untuk klasifikasi kelayakan peminjaman dana Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM). Pada struktur metode naïve bayes variabel dependen menjadi pusat dari variabel independen sedangkan pada struktur metode equivalence classes setiap variabel memiliki hubungan antar variabel lain. Hasil pengujian dari metode naïve bayes dan equivalence classes dalam pembentukan struktur Bayesian network secara rata-rata adalah metode equivalence classes 79,53% dan naïve bayes 80,93%.
Back to Top Top