Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH

Journal Information
ISSN / EISSN : 2356-4903 / 2579-8359
Published by: Fakultas Pertanian Universitas Galuh (10.25157)
Total articles ≅ 224
Filter:

Latest articles in this journal

Deti Maryam, Iwan Setiawan, Agus Yuniawan Isyanto
Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH, Volume 7, pp 789-796; https://doi.org/10.25157/jimag.v7i3.4017

Abstract:
Agroindustri merupakan adalah kegiatan pengolahan suatu produk pertanian dari bahan mentah menjadi bahan jadi atau setengah jadi sehingga menjadi produk yang mempunyai nilai ekonomi yang tinggi. perubahan suatu nilai suatu komoditas karena adanya perlakuan dalam suatu produksi disebeut nilai tambah. .Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui biaya, penerimaan dan pendapatan agroindustri keripik beledag, dan (2) Menganalisis nilai tambah agroindustri keripik beledag. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan studi kasus pada agroindustry keripik beledag di Desa Citereup Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis. Nilai tambah dianalisis dengan menggunakan metode Hayami. Hasil penelitian menunjukan: (1) biaya total yang dikeluarkan sebesar Rp 54.003.307, penerimaan yang dipeoleh sebesar Rp 60.200.000, dan pendapatan Rp 6.196.693, dan (2) Nilai tambah yang diterima sebesar Rp 13.750/kg bahan baku.
Rizqi Primaputra, Dini Rochdiani, Muhamad Nurdin Yusuf
Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH, Volume 7, pp 862-867; https://doi.org/10.25157/jimag.v7i3.4042

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola aliran rantai pasok nata de coco pada Agroindustri Nata De Coco, kinerja rantai pasok, efisiensi rantai pasok pada Agroindustri Nata De Coco. Penelitian ini berlokasi di Agroindustri Nata De Coco di Desa Bojongmengger Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus pada agroindustri. Studi kasus bertujuan untuk mengembangkan metode rantai pasok pemasaran. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara sengaja (purposive sampling) peneliti mengadakan telaah secara mendalam, kesimpulan hanya berlaku atau terbatas pada kasus tertentu saja/ tidak dapat digeneralisasikan sehingga produktivitas penelitian lebih tinggi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa (1) stakeholder yang terlibat dalam rantai pasok nata de coco terdiri dari pengepul air kelapa, produsen, pengepul lokal dan pabrik. aliran barang terjadi dari hulu sampai hilir, aliran informasi terjadi dari hulu ke hilir dan sebaliknya, sementara itu, aliran keuangan dari hilir ke hulu.
Aditiya Burhanudin, Muhammad Rio Laksnono, Agnes Ayu Rahmawati
Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH, Volume 7, pp 520-533; https://doi.org/10.25157/jimag.v7i3.3481

Abstract:
ABSTRAK Buah naga merupakan salah satu komoditas hortikultura yang memiliki prospek agribisnis yang baik. Naura farm merupakan salah satu industri kecil tempat pengolahan buah naga menjadi produk-produk yang bernilai jual tinggi dengan melalui berbagai tahapan dalam pengolahan agroindustri. Pemahaman mengenai manajemen usahatani diperlukan guna mengelola kegiatan off farm agar dapat beroperasi sesuai standar operasional prosedur dan mendatangkan profit maksimum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) manajemen off farm pada agroindustri buah naga di Desa Sumber sari Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember, dan (2) konsep agribisnis berkelanjutan komoditas buah naga di Desa Sumbersari Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode penelitian survei. Data yang dikumpulkan meliputi data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Manajemen off farm komoditas buah naga di Desa Sumbersari Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember meliputi kegiatan perencanaan hingga proses pengendalian, adanya penerapan fungsi manajemen ini membantu produsen dalm peningkatan kualitas hasil olahan sehingga memiliki daya saing. 2) Konsep agribisnis berkelanjutan komoditas buah naga di Desa Sumbersari memiliki beberapa kendala. Permasalahan yang dihadapi saat off farm maupun on farm di Naura Farm, yaitu pertama permasalahan bahan baku, sumberdaya manusia, rendahnya teknologi, jangkauan pasar
Dede Tatang, Muhamad Nurdin Yusuf, Agus Yuniawan Isyanto
Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH, Volume 7, pp 565-578; https://doi.org/10.25157/jimag.v7i3.3684

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). peran penyuluh dalam pendampingan program intensifikasi minapadi; 2). tingkat penerapan program intensifikasi minapadi; dan 3). Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap tingkat penerapan intensifikasi minapadi pada Kelompoktani Mulyasari di Desa Arjasari Kecamatan Leuwisari Kabupaten Tasikmalaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitis dengan metode studi kasus. Pengambilan responden dilakukan dengan menggunakan metode sensus kepada 45 orang anggota Kelompoktani Mulyasari. Data primer dan data sekunder dikumpulkan melalaui observasi, wawancara, studi literatur dan dokumentasi. Peran penyuluh dan intensifikasi minapadi dianalisis secara deskriptif dan untuk mengetahui pengaruhnya dianalisis dengan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). peran penyuluh dalam melakukan pendampingan intensifikasi minapadi berada pada kategori berperan; 2) intensifikasi komponen inti minapadi berada pada kategori selalu diterapkan; 3). faktor yang berpengaruh terhadap intensifikasi minapadi pada Kelompoktani Mulyasari Desa Arjasari Kecamatan Leuwisari Kabupaten Tasikmalaya adalah umur, tingkat pendidikan, pendapatan, luas lahan, dan akses ke pasar output. Sementara faktor peran penyuluh, pengalaman, jumlah keluarga, keikutsertaan dalam kelompoktani dan akses ke pasar input tidak memberikan pengaruh nyata.
Niken Mareta Rindasari, Julehah Julehah, Neneng Masitoh
Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH, Volume 7, pp 534-544; https://doi.org/10.25157/jimag.v7i3.3562

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk (i) mengidentifikasi berbagai pencapaian dan realisasi program kerja komisi irigasi, (ii) menilai kinerja kelembagaan komisi irigasi dan (ii) merekomendasikan perbaikan kelembagaan komisi irigasi di Kabupaten Pandeglang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berbagai strategi, diantaranya adalah gabungan antara metode dokumentasi dan survei yang dilengkapi dengan metode observasi. Untuk penilaian kinerja komisi irigasi dengan metode penilaian cepat secara partisipatif terhadap 3 variabel meliputi pembentukan, sekretariat dan pendanaan yang di uraikan kedalam 10 variabel dengan 25 indikator penilaian kinerja komisi irigasi. Komisi irigasi telah melakukan 3 (tiga) sidang komisi irigasi dengan melakukan pengesahan tata tertib sidang dan menyusun Penyusunan dan Penetapan RTTG dan RTTD masa Tanam 2019 – 2020. Hasil penilaian kinerja komisi irigasi mendapatkan nilai skor 70 dengan kategori berkinerja cukup. Penilaian tersebut menjelaskan dalam pengelolaan kelembagaan komisi irigasi terdapat beberapa kendala yang perlu untuk di tingkatkan meliputi ketersediaan tenaga ahli dan narasumber dalam berbagai pelaksanaan kegiatan komisi irigasi, masih rendahnya dukungan pendanaan untuk kegiatan operasional komisi irigasi, dan sekretariat komisi irigasi yang masih bersifat sementara (sewa).
Andreas Simorangkir, Maria Maria
Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH, Volume 7, pp 591-605; https://doi.org/10.25157/jimag.v7i3.3878

Abstract:
Usaha jasa agrowisata semakin banyak bermunculan di wilayah Jawa Tengah dan ini membuat pelaku agrowisata harus dapat mempertahankan konsumen agar usaha dapat terus berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dinamika usaha serta hubungan kualitas pelayanan, fasilitas, lokasi dan promosi terhadap kepuasan pengunjung Agrowisata Kampoeng Banyumili. Penelitian ini dilakukan pada bulan November s/d Desember 2019 di Agrowisata Kampoeng Banyumili. Penelitian ini menggunakan dua jenis penelitian, deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Analisis data yang digunakan adalah korelasi rank spearman dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan, fasilitas dan promosi memiliki tingkat hubungan yang sedang dan positif serta berkorelasi signifikan terhadap kepuasan pengunjung, untuk variabel lokasi memiliki tingkat hubungan yang kuat dan positif serta berkorelasi signifikan terhadap kepuasan pengunjung. Sedangkan dinamika usaha Agrowisata Kampoeng Banyumili berada pada tahap kestabilan. Adapun hal yang harus diperhatikan pihak pengelola adalah penambahan petunjuk arah didalam lokasi Agrowisata Kampoeng Banyumili, agar pengunjung lebih mudah menemukan fasilitas sehingga, pengunjung akan merasa nyaman dan puas pada saat berwisata.
Devi Oktavina Putri, Muhamad Nurdin Yusuf, Agus Yuniawan Isyanto
Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH, Volume 7, pp 606-611; https://doi.org/10.25157/jimag.v7i3.3940

Abstract:
Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui titik impas (break even point, BEP) usahatani tomat di Desa Sindangjaya Kecamatan Mangunjaya Kabupaten Pangandaran. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan studi kasus pada kelompok tani Puncak Jaya. 21 anggota kelompok seluruhnya diambil sebagai sampel penelitian atau dilaksanakan sensus. Hasil penelitian menunjukkan BEP penerimaan Rp 965.888,82/ha/MT, BEP volume produksi 3.440,87 kg/ha, dan BEP harga Rp 826/kg.
Nisa Aprilianti, Iwan Setiawan, Muhamad Nurdin Yusuf
Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH, Volume 7, pp 634-642; https://doi.org/10.25157/jimag.v7i3.3978

Abstract:
Perkembangan industri sale pisang yang ada di Desa Margajaya cukup penting dan menarik untuk diteliti, Sahabat merupakan industri yang berdiri relatif baru dengan memproduksi sale pisang yang cukup besar, jumlah penjualan produk sale pisang pada industri Sahabat belum efesien, karena produk yang dijual sering dikembalikan dalam jumlah cukup banyak oleh reseller. Penelitian ini bertujuan mengetahui ramalan permintaan produk sale pisang pada industri “Sahabat” di Dusun Cijoho Desa Margajaya Kecamatan Sukadana Kabupaten Ciamis pada bulan Maret samapai Desember tahun 2020. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2020. Responden dalam penelitian ini adalah pemilik agroindustri “Sahabat”. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan metode penelitian yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Analisis yang digunakan adalah Single moving average (Rata-rata bergerak tunggal). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan metode single moving average (rata-rata bergerak) untuk Forecast adalah 12.744 bungkus, dengan Mean Absolute Deviation sebesar 1.639 dan Mean Squared Error sebesar 7.658. Hasil ramalan pada bulan Maret dapat dihasilkan pula hasil peramalan atau perkiraan pada tahun 2020.
Wika Restika, Dini Rochdiani, Budi Setia
Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH, Volume 7, pp 670-675; https://doi.org/10.25157/jimag.v7i3.3985

Abstract:
ABSTRAKAgroindustri sale pisang gulung di Desa Sukahurip sudah bejalan cukup lama yaitu 10 tahun dan memiliki produk dengan kualitas tinggi dan diharapkan dengan adanya industri pengolahan akan membuat hasil pertanian menjadi suatu produk yang mempunyai nilai tambah dan bernilai ekonomi yang tinggi, sehingga mampu meningkatkan keuntungan. Besarnya keuntungan yang diterima dapat digunakan sebagai tolok ukur dalam melihat perkembangan agroindustri Sale Pisang gulung tersebut dalam jangka panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Biaya, penerimaan dan pendapatan, 2) Rentabilitas, 3) Penyerapan tenaga kerja agroindustri sale pisang gulung “UD Rizki Barokah” di Desa Sukahurip Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2020. Responden dalam penelitian ini adalah pemilik agroindustri “UD Rizki Barokah”. Jenis penelitan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan metode penelitian yang digunakan berupa data primer dan data skunder. Teknik penarikan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan dalam satu kali proses produksi menghasilkan sale pisang gulung sebanyak 112 kg dengan harga Rp 30.000,00. Berdasarkan hasil perhitungan biaya total Rp 3.158.845,87 , penerimaan Rp 3.360.000,00, pendapatan Rp 201.154,13 , Rentabilitas 0,06 % dari total biaya yang dikeluarkan, Banyaknya tenaga kerja yang terserap dalam satu kali proses produksi agroindustri sale pisang gulung sebanyak 13 orang dengan penyerapan tenaga kerja 0,32%.
Ratih Ambarsari, Agus Yuniawan Isyanto, Muhamad Nurdin Yusuf
Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH, Volume 7, pp 693-704; https://doi.org/10.25157/jimag.v7i3.4000

Abstract:
Kemiskinan mengakibatkan kerawanan pangan pada rumah tangga miskin di Kecamatan Cihaurbeuti, terdapat dua indikator dalam mengukur ketahanan pangan pada rumah tangga, yaitu kecukupan ketersediaan pangan dalam rumah tangga dan kualitas/ keamanan pangan rumah tangga. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) menganalisis ketahanan pangan rumah tangga miskin, 2) Menganalisis coping strategy yang dilakukan rumah tangga miskin, 3) Menganalsisis hubungan tingkat coping strategy dengan tingkat ketahanan pangan rumah tangga miskin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei yaitu menyebar kuisioner dan melakukan wawancara. Rumah tangga miskin yang terlibat dalam penelitian berjumlah 45 kepala keluarga. Hasil penelitian menunjukan, 1) Kondisi ketahanan pangan rumah tangga miskin di Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis dilihat dari pangsa pengeluaran pangannya tergolong rendah atau rawan pangan, 2) Coping strategy yang dilakukan rumah tangga miskin di kecamatan cihaurbeuti kabupaten ciamis secara umum rata-rata berkategori sedang, 3) Terdapat hubungan yang signifikan positif antara Coping strategy dan ketahanan pangan.
Back to Top Top