Antivirus : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika

Journal Information
ISSN / EISSN : 19785232 / 2527337X
Current Publisher: Center of Language and Culture Studies (10.30957)
Former Publisher: Universitas Islam Balitar (10.35457)
Total articles ≅ 54
Filter:

Latest articles in this journal

Rizky Alifian, Usman Nurhasan
Antivirus : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, Volume 13, pp 1-14; doi:10.35457/antivirus.v13i1.736

Abstract:Saat ini perkembangan teknologi sangat cepat maka dari itu perkembangan dalam memberikan informasi juga harus mengikuti zaman dalam jurnal ini akan dijelaskan bagaimana proses dalam pembuatan sebuah Sistem Informasi dimana nantinya Sistem Informasi tersebut berbasis website dan akan menggunakan platform wix untuk membantu dalam membuat website tersebut. Dalam Sistem Informasi ini akan membantu memberikan informasi dari Balai Besar Pelatihan Peternakan. Balai Besar Pelatihan Peternakan Kota Batu (BBPP) Kota Batu adalah salah satu lembaga pendidikan dalam bidang pertanian dan peternakan. BBPP Kota Batu melalui divisi diklat limbah dan hasil ikutan ternak membuat suatu diklat pengolahan limbah. Pelaksanaan diklat pengolahan limbah yang banyak menggunakan praktek memerlukan multimedia pembelajaran interaktif yang dapat membantu menyajikan materi dengan mudah dipahami. Multimedia pembelajaran interaktif dikembangkan dengan tujuan untuk menghasilkan produk yang berupa multimedia pembelajaran interaktif yang valid, yang akan menjadi alternatif dalam pencapaian tujuan pembelajaran yang ditentukan, serta dapat meningkatkan daya serap peserta diklat pengolahan limbah di BBPP Kota Batu. Dalam Pembuatan Sistem Informasi berbasis website ini digunakan platform wix, dimana platform tersebut sangat berguna dan mudah digunakan untuk admin dikarenakan fungsi untuk membuat website menggunakan drag and drop sehingga admin dapat membuat desain tampilan sesuai dengan kebutuhan.
Eka Larasati Amalia, Agung Nugroho Pramudhita, M Ridlwan Aditya
Antivirus : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, Volume 13, pp 15-23; doi:10.35457/antivirus.v13i1.715

Abstract:This study aims to help beginner farmers to determine the location of the chicken farm construction using the MOORA method. The location factor for determining chicken farms is one of the important factors, because if the farm location is close to the highway, then the chicken will be exposed to transportation noise and easily stressed, but vice versa if the chicken farm is close to the cutting or sales location such as the market, the transportation costs will be relatively cheaper. The MOORA method has simple and stable mathematical calculations. MOORA method has the right mathematical calculation results in making a decision. The MOORA method has advantages over other methods, which are simpler and easier to implement. The level of selection in the MOORA method which is quite good can decide on an alternative solution in a problem.
Chusnul Chotimah, Kurnia Paramita Kartika
Antivirus : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, Volume 13, pp 36-47; doi:10.35457/antivirus.v13i1.811

Abstract:Water requirements for mint / peppermint leaves are important so that mint / peppermint leaves grow and multiply well. Not only that, mint leaf protection from pests / insects is also important so that mint / peppermint leaves can live and have perfect leaf quality until harvest time. But in practice, humans are often negligent in watering and protecting pests on plants. To overcome these problems, mint / peppermint watering and automatic pest control use an arduino uno microcontroller as one solution. Automatic watering uses RTC as a schedule for minting and PIR sensors for detecting the movement of pests / insects approaching the mint leaves. The purpose of making this tool is to design hardware, software, and to find out the performance of an arduino uno microcontroller-based automatic watering pest control system. The making of this tool is based on arduino uno microcontoler combined with RTC (Real Time Clock) sensor and PIR (Passive Infrared) sensor. Here Arduino Uno as the main microcontroller, relay as a pump and fan switch, RTC as a regulator of mint leaves watering schedule, and PIR sensor to detect any movement of pests / insects that approach the mint leaves. Based on the results of the tests carried out, the automatic pest control and sprinkler system on the arduino uno microcontroller-based mint leaves has been successful. All programs run well according to the previous plan. And for the performance of mint leaves as a whole is in accordance with the established functions. For further research watering and repelling pests on mint leaves can automatically be added to the temperature sensor for use during the rainy season. Because in this study the tool is only used during the dry season.
Eka Yuniar, Heri Purnomo
Antivirus : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, Volume 13, pp 24-35; doi:10.35457/antivirus.v13i1.714

Abstract:Conversational Bot atau Chatbot adalah sebuah konten yang divisualisasikan dalam format obrolan dan pengguna dapat berinteraksi dengan sistem menggunakan teks. Teknologi cerdas ini merupakan salah satu perkembangan dari Revolusi Industri 4.0 yang harus diimplementasikan guna meningkatkan pelayanan pada information service di segala industri terutama di BALITTAS (Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat) yang dinamakan ALITTA. ALITTA diimplementasi dengan tujuan untuk membantu pelayanan informasi dengan mesin penjawab otomatis, yang dapat melayani satu per satu pertanyaan yang dikeluhkan oleh pelanggan maupun pencari informasi BALITTAS secara cepat dan tidak terkendala waktu seperti jam kerja kantor, maupun terkendala dengan jumlah tenaga kerja. Chatbot ini dibangun dengan menerapkan sistem pakar dengan menggunakan metode forward chaining. Metode forward chaining digunakan untuk mencari kesimpulan dari fakta-fakta yang terkumpul. Metode forward chaining yang digunakan dalam sistem ALITTA menyelesaikan proses pencarian jawaban berdasarkan kata kunci dari pertanyaan user, dengaan cara mencari kata kunci yang digunakan sebagai jawaban atas respon pertanyaan user yang telah didaftarkan sebagai intents. Hasil penelitian ini adalah terciptanya chatbot “ALITTA” sebagai asisten virtual dari BALITTAS yang dapat membantu masyarakat dalam mencari informasi secara flexibel dan tidak terikat waktu yang berkaitan dengan tanaman,hama, dan kegiatan-kegiatan lainnya yang terdapat di BALITTAS.
Mohammad Wahyu Habibulloh, Kurnia Paramita Kartika
Antivirus : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, Volume 13, pp 48-58; doi:10.35457/antivirus.v13i1.815

Abstract:Pada tugas akhir ini dibahas mengenai perancangan dan pembuatan charger otomatis pengontrol daya dan waktu berbasis arduino UNO. Pada charger biasa masih belum memiliki mekanisme untuk memutus aliran listrik yang masuk pada charger sepenuhnya, sehingga peneliti memiliki ide untuk mengembangkan charger otomatis untuk meningkatkan efisiensi pengisian baterai serta untuk meningkatkan umur pakai baterai smartphone. Alat ini digunakan untuk melakukan pengontrolan pada pengisian smartphone dengan dasar baterai yang digunakan yaitu kepasitas 4100mAH, dengan charger yang digunakan adalah charger xiaomi 0.35A. dengan menggunakan keypad sebagai pengimput sisa persentase baterai, charger akan mengisi baterai sesuai dengan waktu yang telah disetting pada masing-masing tombol keypad. Lamanya waktu pengisian baterai ditampilkan pada LCD. Ketika waktu pengisian telah selesai relay yang tersambung pada stopkontak charger akan memutus listrik yang mengarah pada charger untuk menghentikan proses pengisian dan buzzer akan menyala sebagai indikator pengisian telah selesai dan LCD akan menampilkan tulisan “pengisian telah selesai”. Melalui pengujian yang dilakukan oleh peneliti sendiri dan pengujian alat kepada user pengisian baterai dengan menggunakan charger otomatis berbasis arduino UNO didapatkan hasil yaitu charger otomatis dapat mengisi baterai dengan keakuratan dapat mencapai 98% hingga 99% dari kapasitas baterai dan dapat menghentikan pengisian sesuai waktu yang ditentukan. Saran yang dapat diberikan oleh penulis untuk penelitian selanjutnya yaitu penggunaan keypad custom yang dilengkapi dengan keterangan pada setiap tombol untuk memudahkan user, penggunaan rtc untuk melakukan penghitungan waktu pengisian baterai, serta pengembangan pada sumber daya cadangan alat jika terjadi pemadaman listrik.
Abdi Pandu Kusuma, Mega Sari
Antivirus : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, Volume 13, pp 59-71; doi:10.35457/antivirus.v13i1.727

Abstract:Kesulitan melakukan diagnosis penyakit ikan lele sangkuriang menjadi kendala bagi siswadan siswi Sekolah Menengah Kejuruan 1 Kademangan di Kabupaten Blitar. Seiring denganperkembangan jaman tentunya bertambah pula jenis penyakit yang menyerang pada ikan lelesangkuriang. Untuk mempermudah dalam proses diagnosis ikan penulis membuat sistem pakardiagnosis penyakit ikan lele sangkuriang dengan menerapkan dua metode, yaitu metode forwardchaining dan backward chaining. Analisis dilakukan dengan membandingkan metode forward chainingdan backward chaining. Analisis perbandingan metode mencakup tiga aspek yaitu kepuasan pengguna,kecepatan sistem dan keakurasian data. Untuk melakkan pengujian sistem penulis menggunakan aplikasiSPSS 16.0. Analisis dilakukan dengan menyebarkan kuesinoer kepada siswa dan guru dengan jumlah70 responden. Nilai dari kuesioner kemuadian di analisis menggunakan SPSS. Hasil analisis antarmetode forward chaining dan backward chaining adalah 59.328 dan untuk metode backward chainingadalah 55.385, artinya bahwa skor total tentang kepuasan pengguna kecepatan system dan keakurasiandata lebih tinggi dari pada skor total kepuasan pengguna kecepatan system dan keakurasian data padaMetode backward Chaining. Perbedaan rata-rata (mean difference) sebesar ( 59.328 - 55.385) 3.943.
Intan Nur Farida, Miftakhul Maulidina
Antivirus : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, Volume 12; doi:10.35457/antivirus.v12i2.514

Abstract:Prestasi mahasiswa secara akademik terdapat pada nilai hasil studi tiap akhir semester. Hasil studi menampilkan predikat nilai sesuai indeks prestasi kumulatif. Adapun predikat nilai prestasi mahasiswa mulai tertinggi antara lain cumlaude, sangat memuaskan dan memuaskan. Banyaknya mahasiswa yang lulus terlambat dari aturan pedoman akademik maka perlu dilakukan pengembangan sistem berbasis komputer untuk mengevaluasi prestasi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan agar mengetahui hasil perkiraan masa studi mahasiswa sesuai dengan pedoman akademik universitas atau terlambat berdasarkan predikat nilai indeks prestasi mahasiswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah naïve bayes dengan menghasilkan status kelulusan sesuai dan terlambat. Penelitian ini menunjukkan akurasi sebesar 70% dengan membandingkan hasil perhitungan sistem dengan data yudisium pada kenyataan.
Intan Nur Farida, Miftakhul Maulidina
Antivirus : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, Volume 12; doi:10.30957/antivirus.v12i2.514

Abstract:Prestasi mahasiswa secara akademik terdapat pada nilai hasil studi tiap akhir semester. Hasil studi menampilkan predikat nilai sesuai indeks prestasi kumulatif. Adapun predikat nilai prestasi mahasiswa mulai tertinggi antara lain cumlaude, sangat memuaskan dan memuaskan. Banyaknya mahasiswa yang lulus terlambat dari aturan pedoman akademik maka perlu dilakukan pengembangan sistem berbasis komputer untuk mengevaluasi prestasi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan agar mengetahui hasil perkiraan masa studi mahasiswa sesuai dengan pedoman akademik universitas atau terlambat berdasarkan predikat nilai indeks prestasi mahasiswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah naïve bayes dengan menghasilkan status kelulusan sesuai dan terlambat. Penelitian ini menunjukkan akurasi sebesar 70% dengan membandingkan hasil perhitungan sistem dengan data yudisium pada kenyataan.
Feri Andriawan
Antivirus : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, Volume 12; doi:10.35457/antivirus.v12i2.519

Abstract:Penelitian ini bertujuan untuk membantu pembudidaya ikan memberi pakan ikan koi sesuai jadwal dengan otomatis, karena pemberian pakan yang tidak teratur akan mempengaruhi pertumbuhan dan warna yang dihasilkan oleh ikan koi. Dalam pembuatan alatpenjadwal pakan ikan koi otomatis terdapat langkah-langkah yang dilakukan seperti menentukan komponen yang digunakan,komponen tersebut diantaranya mikrokontroler Arduino Uno, sensor utrasonik HC-SR04, RTC DS3231, motor servo, dan buzzer. Membuat desain alat dan rangkaian komponen yang dilanjutkan dengan perancangan alat penjadwal pakan ikan koi otomatis.Pengujian produk dilakukan di kolam ikan koi jenis fiber, pengujian ini difokusakan pada pemberian pakan dan deteksi ketersedian pakan dalam wadah. Berdasarkan pengujian sistem secara keseluruhan, pakan diberikan sesuai jadwal yang telah diatur pada program dan alarm indikator ketersedian pakan bekerja sesuai dengan batasan yang diberikan pada program.