Jurnal Algoritma

Journal Information
ISSN / EISSN: 14123622 / 23027339
Total articles ≅ 601

Latest articles in this journal

Ayu Latifah, Eri Satria, Alwi Iswahyudi Nugraha
Published: 1 November 2022
Journal: Jurnal Algoritma
Jurnal Algoritma, Volume 19, pp 790-797; https://doi.org/10.33364/algoritma/v.19-2.1234

Abstract:
Indonesia memiliki banyak akan budaya, bahasa, dan sejarah serta cerita rakyatnya, cerita rakyat dapat mengasah kreativitas dan imajinasi, karena dalam cerita rakyat mengandung nilai edukatif yang dapat mendidik moral dan karakter pada generasi muda. Penelitian ini bertujuan membuat game bergenre Role Playing Game yang dapat mengenalkan cerita rakyat khususnya pada asal usul Pulomas. Cerita tersebut berasal dari wilayah Jawa bara. Dalam pengembangan ini menggunakan metodologi Game Development Life Cycle. Hasil dari penelitian ini berupa game dengan memanfaatkan genre Role Playing game pada pengenalan cerita rakyat yang dapat diakses menggunakan smartphone untuk kalangan remaja. Diharapkan dengan adanya game ini dapat memberikan pengalaman baru dalam pengenalan cerita rakyat kepada user dan dapat meningkatkan minat pengguna dalam mempelajari suatu cerita rakyat yang ada di Indonesia.
Muhammad Rikza Nashrulloh, Ridwan Setiawan, M Rizki Nur Jamil
Published: 1 November 2022
Journal: Jurnal Algoritma
Jurnal Algoritma, Volume 19, pp 729-737; https://doi.org/10.33364/algoritma/v.19-2.1202

Abstract:
CV Serin Transport adalah anak perusahaan dari PT Fajar Prakasa, CV Serin Transport yang bergerak pada bidang jasa pelayanan pengiriman barang. Jasa pelayanan pada CV Serin Transport di antara lain adalah penditrubusian pupuk baik subsidi dan non subsidi adapun wilayah pengantaran diantara lain kabupaten Garut, Ciamis, Tasikmalaya, Sumedang.. Permasalahan yang ada pada CV Serin Transport dalam penjadwalan keberangkatan Armada masih menggunakan manual yaitu hanya menggunakan microsoft excel juga penyimpanan data, keamanan data, dan penyajian informasi yang kurang efisien dan efektif, serta rekapitulasi oleh bagian Administrasi yang dikerjakan oleh satu orang. Jika ada Armada yang menanyakan informasi jadwal keberangkatan untuk pengiriman barang, akibat hal itu terjadi jadi penghambat pekerjaan dan membuat efesiensi waktu terganggu dan mengurangi kinerja dan profit pada perusahaan.. Sistem Informasi Manajemen Kendaraan pada CV Serin Transport, yang dibangun untuk mencatat penjadwalan pengiriman barang dan menghasilkan laporan penjadwalan pengiriman barang untuk mempermudah penyajian informasi kepada Pemilik dan Armada. Sistem Informasi Manajemen Kendaraan ini menggunakan Metode RAD (Rapid Application Development) dengan menggunakan beberapa tahapan yaitu pemodelan bisnis, pemodelan data, pemodelan proses, pembuatan aplikasi, pengujian, dan penjualan. Hasil yang di harapkan dalam pembuatan Sistem Manajemen Kendaraan pada CV Serin Transport dapat mengoptimalkan kinerja dari perusahaan.
Ayu Latifah, Dewi Tresnawati, Hariyana Sanjaya
Published: 1 November 2022
Journal: Jurnal Algoritma
Jurnal Algoritma, Volume 19, pp 515-526; https://doi.org/10.33364/algoritma/v.19-2.1138

Abstract:
Tanaman daun herbal memiliki potensi untuk menjadi alternatif pengobatan dan peningkatan daya saing ekonomi nasional karena Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi. mengenal tanaman daun herbal merupakan salah satu materi pembelajaran yang diberikan kepada anak Sekolah Dasar yang terdapat pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Seiring dengan mengikuti perkembangan zaman, media untuk menyampaikan suatu informasi terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu, dari mulai dengan menggunakan buku, pembelajaran langsung dilapangan, video edukasi dan teknologi-teknologi terbaru lain yang baru dikemukakan salah satunya adalah dengan Augmented Reality. Dengan adanya perkembangan teknologi Augmented Reality ini, dibuat penelitian yang ditujukan untuk membangun suatu media pembelajaran mengenal tanaman daun herbal secara interaktif yang untuk siswa kelas 4 Sekolah Dasar sebagai bahan bantu ajar di dalam kelas dalam memahami isi materi yang ada, Dengan dibuatnya penelitian ini, diharapkan mampu meningkatkan minat siswa dalam mempelajari tanaman daun herbal yang terdapat disekitar lingkungan mereka. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metodologi Research & Development yang terdiri dari tahapan analisis potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, hasil produk dan publikasi produk. Adapun hasil dari penelitian ini merupakan berupa produk aplikasi yang digunakan sebagai media pembelajaran pengenalan tanaman daun herbal untuk siswa Sekolah Dasar yang dikemas kedalam bentuk platform android untuk mengoperasikannya.
Yosep Septiana, Wiyoga Baswardono, Rosy Elisa Nurkholis Awaludin
Published: 1 November 2022
Journal: Jurnal Algoritma
Jurnal Algoritma, Volume 19, pp 578-589; https://doi.org/10.33364/algoritma/v.19-2.1151

Abstract:
Keberadaan institusi kesehatan yang membagikan pelayanan kesehatan dikala ini yang berkembang tidak hanya di rumah sakit, tetapi juga pada klinik. Salah satu klinik yang membagikan pelayanan kesehatan merupakan Klinik Baiturrahman yang berlokasi di Jalan. Merdeka Nomor. 217, Jayaraga, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44151. Klinik baiturrahman pastinya sediakan pelayanan kedokteran dasar serta spesialsik, dengan tenaga kesehatan yang mengabadikan diri dan mempunyai pengetahuan serta keahlian dalam bidang kesehatan. Tidak hanya itu kepuasan pasien pula ialah salah satu aspek terpenting yang membuat kegiatan pelayanan kesehatan berjalan dengan dinamis, terutama dalam pelayanan administrasi klinik khususnya untuk pasien rawat inap, klinik ini masih belum menggunakan teknologi data dalam melaksanakan pelayanan yang maksimal, masih banyak pasien yang tidak mengetahui data mengenai bayaran penyembuhan rawat inap secara totalitas, sehingga menyebabkan pasien ataupun keluarga pasien wajib mencari tahu mengenai data bayaran terhadap pegawai administrasi klinik. Oleh sebab itu tujuan dari riset ini ialah untuk merancang sistem data administrasi klinik berbasis web. Metodologi yang digunakan merupakan Extreme Programming (XP) yang mempunyai sebagian tahapan ialah planning (perencanaan), design (perancangan), coding (pengkodean), serta testing (pengujian). Tata cara pegujiannya menggunakan black box testing. Hasil dari riset ini berbentuk sistem data administrasi klinik yang bisa mempermudah dalam pencarian data menimpa bayaran penyembuhan rawat inap secara totalitas walaupun dari jarak jauh.
Fitri Nuraeni, Asep Deddy Supriatna, Amarullah Bachtiar
Published: 1 November 2022
Journal: Jurnal Algoritma
Jurnal Algoritma, Volume 19, pp 527-536; https://doi.org/10.33364/algoritma/v.19-2.1139

Abstract:
Dalam pelaksanaan Reforma Agraria saat ini, serikat tani harus mampu mengumpulkan dan mengkonsolidasikan data objek dan subjek Reforma Agraria yang akan diusulkan melalui percepatan Lokasi Prioritas Reforma Agraria (LPRA). Namun serikat tani yang tergabung di Serikat Petani Pasundan (SPP), dalam pengelolaan data objek dan subjeknya masih menggunakan pencatatan dikertas, sehingga data rentan hilang, minimnya dalam akses informasi mengenai lahan garapan dan sulitnya dalam melakukan survey lokasi. Oleh karena itu sistem informasi geografis menjadi hal yang dibutuhkan oleh Serikat Petani Pasundan Kabupaten Garut sebagai sumber informasi lahan garapan dan bahan usulan kelengkapan administratif Lokasi Prioritas Reforma Agraria (LPRA), pembangunan sistem ini menggunakan metodologi Rational Unified Process (RUP) dengan tahapan inception, elaboration, construction dan transition serta menggunakan pemodelan Unified Modelling Language (UML). Dengan adanya sistem informasi geografis pemetaan lahan garapan ini, pengelolaan data objek dan subjeknya di lingkungan serikat petani Pasundan Kabupaten Garut menjadi lebih baik dan dapat menjadi suatu informasi yang cepat, tepat dan akurat.
Ayu Latifah, Raden Erwin Gunadhi Rahayu, Taufik Yuga Sakti
Published: 1 November 2022
Journal: Jurnal Algoritma
Jurnal Algoritma, Volume 19, pp 817-822; https://doi.org/10.33364/algoritma/v.19-2.1200

Abstract:
Perkembangan teknologi yang saat ini semakin bervariatif memunculkan juga skema kerja yang lebih beragam. Adanya sistem kerja jarak jauh yang saat ini banyak diterapkan di berbagai perusahaan besar membuktikan bahwa efektivitas kerja bisa didapatkan bukan hanya di dalam ruang kerja saja, melainkan dari luar juga. Metode kerja hybrid working merupakan salah satu metode kerja jauh yang diadaptasi dari flexible working arrangement (FWA). Tuntutan yang banyak dan beragam dari konsumen menjadikan metode kerja ini sebagai strategi untuk menyeimbangkan pola pekerjaan yang taktis dan adaptif. Pemerintah desa jayawaras menggunakan metode kerja ini kepada admin yang bertugas untuk memanage segala aktivitas melalui internet. Admin ini menjadi kunci dalam keberlangsungan aktivitas kerja yang dilakukan oleh pegawai desa jayawaras khususnya berkaitan dengan perangkat komputer dan absensi, dimana sistem absensi ini berkaitan dengan honor yang nantinya akan diterima oleh pegawai termasuk admin itu sendiri. Skema kerja jarak jauh atau hybrid working yang dilakukan admin ini mengharuskan dia untuk melakukan absensi secara manual ke kantor desa sehingga dia memerlukan waktu beberapa saat untuk pergi ke kantor desa hanya untuk melakukan absensi. Berdasarkan dari penelitian tersebut disimpulkan bahwa perlu adanya penerapan secara nyata terhadap sistem absensi jarak jauh sehingga dapat di pastikan apakah sistem tersebut benar – benar efektif secara fungsional?. Dari pertanyaan ini maka penulis akan mengarahkan penelitian ini diharapkan sistem ini akan dapat mengimplementasikan perkembangan teknologi modern ke dalam duni kerja yang substansial dengan metode penelitian Extreme Programmings, dan dapat melakukan absensi secara jarak jauh hanya dengan menggunakan perangkat android pribadi.
Dini Destiani Siti Fatimah, Yosep Septiana, Gilang Ramadhan
Published: 1 November 2022
Journal: Jurnal Algoritma
Jurnal Algoritma, Volume 19, pp 547-557; https://doi.org/10.33364/algoritma/v.19-2.1144

Abstract:
Stunting adalah penyakit tumbuh kembang anak yang ditandai dengan rendahnya tinggi badan serta dengan bertambahnya usia tubuhnya tetap tidak berkembang baik sesuai usianya dan berlangsung dalam waktu lama. Stunting bisa dipicu oleh beberapa faktor diantaranya infeksi atau kekurangan gizi pada ibu hamil, kekurangan gizi pada saat bayi, dan stimulasi yang buruk dari lingkungan. Seiring dengan adanya perkembangan teknologi didunia kesehatan seperti aplikasi sistem pakar yang dapat berfungsi untuk membantu seseorang untuk mendiagnosa suatu penyakit. Sistem pakar diagnosa penyakit stunting dapat membantu masyarakat dalam mengetahui keadaan anaknya apakah stunting atau tidak dengan begitu stunting pun dapat ditindak lanjuti dengan cepat. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini adalah membuat sebuah sistem pakar yang dapat mendekteksi penyakit stunting. Metode yang digunakan pada sistem pakar ini adalah metode certainty factor dengan memanfaatkan data gejala penyakit stunting. Aplikasi dirancang berbasis web dengan menggunakan metode pengembangan aplikasi sistem pakar ESDLC (Expert System Development Life Cycle) dan metode pengujian dengan blackbox testing. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi sistem pakar diagnosa penyakit stunting berbasis web. Penelitian ini diharapkan mampu menjadi alat yang mempermudah orang tua yang memiliki balita dalam mendiagnosa penyakit stunting.
Asri Mulyani, Muhammad Rikza Nashrulloh, Ai Karlina
Published: 1 November 2022
Journal: Jurnal Algoritma
Jurnal Algoritma, Volume 19, pp 810-816; https://doi.org/10.33364/algoritma/v.19-2.1198

Abstract:
Institut Teknologi Garut menerapkan sistem informasi akademik bagi mahasiswa sebagai institusi pendidikan. Ketika sebuah institusi menerapkan sistem informasi, penerimaan pengguna harus dipertimbangkan. Tidak pernah ada evaluasi penerimaan pengguna sistem sejak diterapkan. Penelitian ini menguji penerimaan siswa terhadap pengguna sistem dengan menggunakan Metode Technology Acceptance Model. Data evaluasi, kuesioner dikirim ke mahasiswa aktif Institut Teknologi Garut, dengan total 1.681 responden dan ukuran sampel 200. Hasil yang didukung hanya dua dari lima hipotesis yang diuji dalam penelitian ini. Salah satunya adalah bahwa Organisasi E-Resources berpengaruh positif terhadap Perceived of Ease of Use, dengan nilai probabilitas 0,000 atau kurang dari 0,05 yang menunjukkan bahwa pengaruh tersebut signifikan pada taraf signifikansi 5%. Organisasi E-Resources tidak berpengaruh terhadap Perceived of Ease of Use dengan nilai probabilitas 0,077 atau lebih besar dari 0,05 menunjukkan tidak signifikan pada taraf signifikansi 5%, Persepsi Kemudahan Penggunaan tidak berpengaruh terhadap Persepsi Kegunaan dengan nilai probabilitas 0 0,437 atau lebih besar dari 0,05, dan Perceived of Ease of Use tidak berpengaruh terhadap Attitude of Use dengan nilai probabilitas 0,385 atau lebih besar dari 0,05.
Leni Fitriani, Dini Destiani Siti Fatimah, Sinta Novitasari
Published: 1 November 2022
Journal: Jurnal Algoritma
Jurnal Algoritma, Volume 19, pp 537-546; https://doi.org/10.33364/algoritma/v.19-2.1140

Abstract:
Era saat ini, usia dini lebih tepengaruhi dengan game yang terdapat pada layer Android dibandingkan game kedaerahan lainnya. Teknologi informasi dapat menjadi perantara untuk dapat memberikan pengalaman baru pada peranti Android, yaitu media pembelajaran yang interaktif. harapan dari observasi ini adalah untuk membuat aplikasi media pembelajaran interaktif untuk mengenalkan bahasa asing khusunya Bahasa inggris untuk PAUD. Masalah yang dihadapi oleh para guru yang mengajar di PAUD tersebut adalah para anak- anak Bahasa inggris sehingga mudah ditiru oleh guru guru kurang menguasai Bahasa inggris, maka diperlukan aplikasi media pembelajaran seperti pelafalan angka dalam Bahasa iggris dengan audio, atau nyanyian, dan untuk memudahkan guru dalam mengajarkan bahasa inggris dengan menarik dan tidak membosankan kepada anak sejak dini. Aplikasi pembelajaran ini dirancang untuk mengatasi dampak negatif penggunaan smartphone pada anak dan mengenalkan bahasa Inggris sejak dini sebagai salah satu materi pembelajaran. Media pembelajaran interaktif ini dirancang untuk membantu anak menajamkan daya ingat dan meningkatkan fokus mereka pada layanan pembelajaran. Selain memberikan pengetahuan dan pembelajaran, juga dapat memberikan hiburan bagi pengguna atau anak. Media pembelajaran interaktif ini memberikan gambaran yang jelas tentang bahasa Inggris sejak dini, membantu anak menguasai pengenalan bahasa Inggris sejak dini, dan memudahkan anak-anak untuk belajar bahasa asing, terutama pengenalan bahasa Inggris ini. Harap dipahami pada usia dini. Perancangan media pembelajaran interaktif pengenalan bahasa Inggris ini mengikuti metodologi MDLC pengembangan multimedia yang terdiri dari enam tahap meliputi konsep, perancangan, dokumentasi materi, pengembangan aplikasi, pengujian, dan penyampaian hasil akhir aplikasi yang menggunakan versi Luther-Sutopo. Prototype atau tujuan aplikasi ini merupakan media pembelajaran interaktif untuk memperkenalkan bahasa Inggris ke pendidikan anak usia dini.
Fahmi Fadlillah, Ade Sutedi, Yoga Handoko Agustin
Published: 1 November 2022
Journal: Jurnal Algoritma
Jurnal Algoritma, Volume 19, pp 493-504; https://doi.org/10.33364/algoritma/v.19-2.1130

Abstract:
Gangguan psikologis adalah kondisi pikiran yang ditandai dengan perilaku yang tidak dapat diprediksi, suasana hati yang tidak stabil, dan masalah mental yang tidak dianggap sebagai bagian normal dari perkembangan manusia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sistem pakar yang dapat digunakan oleh masyarakat umum di bawah bimbingan psikolog untuk mendiagnosis masalah kejiwaan dan membuat keputusan yang sesuai dengan aturan. Mesin inferensi yang digunakan yaitu metode ForwardChaining dan metodologi yang digunakan dalam pengembangan aplikasi ini adalah RatinoalUnifiedProcess (RUP) dengan tahapan Inception, Elaboration, Contruction, dan Transition. Model dan perancangan dalam penelitian ini menggunakan UnifiedModelingLanguange (UML). Hasil dari penelitian ini berupa Sistem Pakar Psikologi Umum Berbasis Web yang dapat mendiagnosa penyakit berdasarkan gejala yang didiagnosis menggunakan Metode Forward Chaining.
Back to Top Top