Cogito Smart Journal

Journal Information
ISSN / EISSN: 25412221 / 24778079
Total articles ≅ 238

Latest articles in this journal

S.Kom Debby Erce Sondakh, Stenly Richard Pungus
Published: 27 December 2022
Cogito Smart Journal, Volume 8, pp 574-584; https://doi.org/10.31154/cogito.v8i2.452.574-584

Abstract:
Investigating the possibility of lower-level computer programming courses predicting future performance of computer science students has received a lot of attention from scholars. This study mainly aimed to predict the success of computer science students based on their performance in the first two computer programming courses, namely Computer Programming I and Computer Programming II. The study employed a quantitative correlational design. Six years of data from graduating students were analyzed. The results demonstrate that the better the grade on Computer Programming I and II, the shorter the study duration. When further analysis was conducted to find out whether gender diversity exists, the results demonstrated that in Computer Programming I and II, female students outperformed males. Statistically, this difference was only significant in Computer Programming I. A greater proportion of female students graduated on time, yet it is not statistically significant.
Marchel Thimoty Tombeng
Published: 27 December 2022
Cogito Smart Journal, Volume 8, pp 561-573; https://doi.org/10.31154/cogito.v8i2.432.561-573

Abstract:
Aglaonema atau dengan istilah lain Sri Rezeki adalah tanaman hias mengalir dalam keluarga arum Aracae yang banyak diminati oleh masyarakat saat ini dan salah satu kemampuan tanaman aglaonema adalah dapat hidup pada kondisi lingkungan dengan intensitas cahaya rendah yang dapat dipelihara pada ruangan seperti kantor dan dekorasi ruangan. Kunci sukses budidaya aglaonema adalah penyiraman, dan ini harus dilakukan dengan baik. Penyiraman tanaman aglaonema dapat dilakukan secara konvensional yaitu dilakukan oleh manusia. Namun, berdasarkan pengamatan, metode konvensional ini menimbulkan masalah dan kendala utamanya adalah petani kesulitan dalam memeriksa dan memantau intensitas air dan kelembaban di dalam media tanam. Dengan Adanya teknologi IoT (Internet of Things) semua perangkat yang terhubung dengan internet dapat dikendalikan dan dipantau menggunakan smartphone dimanapun kita berada serta pengontrolan penyiraman dapat terjadi secara otomatis. Untuk mengatasi masalah tersebut di atas, kami merancang sistem e-watering yang memungkinkan penyiraman tanaman aglaonema dilakukan secara digital menggunakan IoT. Adapun untuk perancangan prototipe sistem penyiraman elektronik tanaman Aglaonema meliputi Unified Modeling Language, dalam hal ini kita hanya akan fokus pada use case diagram, use case scenario, serta Interface design. Penulis menggunakan model proses prototipe sebagai kerangka konseptual penelitian, namun dalam artikel ini kami hanya membahas pada tahap desain saja. Untuk tahapan konstruksi dan evaluasi akan dibahas pada artikel lain.
, Rizky Wandri, Anggi Hanafiah, Bima Kristian Pranoto, M Rizki Fadhilah
Published: 21 December 2022
Cogito Smart Journal, Volume 8, pp 537-548; https://doi.org/10.31154/cogito.v8i2.407.537-548

Abstract:
Jurnal digital (e-journal) melalui Open Journal System (OJS) menjadi salah satu sarana dalam mempublikasikan hasil penelitian pada lingkup yang lebih luas. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan reputasi yang baik sebagai referensi dari para penulis dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Server adalah tempat untuk menyimpan konten website atau sering juga disebut dengan istilah hosting. Tanpa adanya server, maka sebuah website tidak bisa diakses. Banyak web server yang ada saat ini, cotohnya yang populer adalah Apache dan Nginx. Dua web server ini merupakan web server yang banyak digunakan saat ini oleh banyak website di seluruh dunia. Penelitian ini dilakukan untuk menguji dan menganalisa kinerja dari web server untuk kebutuhan OJS. Sebab, dengan traffic yang tinggi pada OJS, sebuah web server diharapkan mampu untuk menangani permintaan yang tinggi. Dari pengujian yang dilakukan terhadap beberapa parameter, website Open Journal System yang menggunakan web server Apache bekerja lebih optimal daripada website Open Journal Sytstem yang menggunakan web server Nginx sehingga saat diakses menggunakan secure tunnel, web Open Journal System (OJS) gagal memuat file header dan footer sehingga tampilan website jadi kurang menarik dan tidak user friendly.
Bhianta Wijaya, Edi Surya Negara
Published: 21 December 2022
Cogito Smart Journal, Volume 8, pp 524-536; https://doi.org/10.31154/cogito.v8i2.436.524-536

Abstract:
Kabupaten Tulang Bawang Barat dibentuk pada tanggal 20 Maret 1997 melalui UU Nomor 2 tahun 1997 dengan luas daerah 1.201 Km2 atau 22% dari wilayah provinsi Lampung. Dengan luas tersebut, tentu kabupaten Tulang Bawang Barat banyak memiliki kompleksitas permasalahan perkotaan khususnya untuk peningkatan layanan kepada masyarakatnya. Hingga di tahun 2019, melalui MoU yang dilakukan antara pemerintah daerah dengan Pemkab Banyuwangi dalam pengembangan e-government menandai bahwa pemkab tulang bawang barat sudah mulai serius dalam mengurusi persoalaan daerahnya dengan menggunakan bantuan Teknologi Informasi. Dengan menyadari besarnya tantangan dan upaya percepatan pembangunan serta memperpendek rentang kendali pelayanan publik di wilayah Sai Bumi Nengah Nyapur ini. Sejalan dengan permasalahan tersebut, pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat dan stakeholder lainnya berkomitmen untuk melakukan melakukan percepatan pembangunan smart city di Kabupaten Tulang Bawang Barat hal itu tentu perlu dilakukan analisa yang mendalam terhadap aspek kesiapannya karena pembangunan smart city memerlukan biaya yang besar dan efektifitas kerja yang baik agar menghasilkan smart city yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan pemerintah. Atas dasar itulah maka peneliti mencoba untuk meneliti kesiapan Kabupaten Tulang Bawang Barat dalam menerapkan konsep smart city dengan memanfaatkan konsep pengukuran Garuda Smart City Model (GSCM) dimana framework ini biasa digunakan dalam mengukur kematangan sebuah kota dalam mengimplementasikan smart city dengan target penentuan kondisi yang ada, pengembangan rekomendasi, roadmap dan pemeringkatan
Hamidah Hamidah, Okkita Rizan, Hengki Hengki
Published: 21 December 2022
Cogito Smart Journal, Volume 8, pp 549-560; https://doi.org/10.31154/cogito.v8i2.430.549-560

Abstract:
Berdasarkan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 point 14 menyatakan bahwa pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Untuk mendukung pengertian tersebut sangat dibutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas sebagai prioritas pembangunan nasional, kedudukan serta peran guru semakin penting dalam mempersiapkan generasi muda penerus bangsa khususnya dalam menghadapi era global sekarang ini. Permasalahan yang terjadi dalam pemilihan guru berprestasi dalam lingkungan Paud bahwa pemilihan masih bersifat subyektif sehingga menimbulkan kurang adil. Untuk itu diperlukan sistem penunjang keputusan yang dapat mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) sebagai dasar dalam pengambilan keputusan. Adapun metode tersebut menggunakan 5 kriteria yaitu pendidikan, pedagogik, profesionalisme, kepribadian dan sosial. Tujuan adanya sistem pendukung tersebut untuk mempermudah dan mempercepat dalam menentukan guru berprestasi sehingga keputusan bersifat obyektif. Berdasarkan hasil perhitungan dalam penelitian ini, maka diperoleh hasil guru 1 dengan nilai 0.85, guru 2 memperoleh nilai 0.70, guru 3 mendapat nilai 0.9375, guru 4 dengan nilai 0.8625 dan guru 5 dengan nilai 0.7625. Untuk itu, pemilihan guru tingkat taman kanak-kanak diperoleh alternatif terbaik dengan nilai tertinggi adalah guru 3 (V3) dengan nilai 0,9375.
Dani Arifudin, Suliswaningsih Suliswaningsih, Dian Pramesti, Linda Heryanti
Published: 21 December 2022
Cogito Smart Journal, Volume 8, pp 385-397; https://doi.org/10.31154/cogito.v8i2.431.385-397

Abstract:
Beberapa penelitian mengenai pemilihan model pembelajaran bertema game disimpulkan dapat menghilangkan kejenuhan dalam proses pembelajaran, sehingga siswa antusias dan berperan aktif mengikuti pelajaran, pembelajaran bertema game ini disebut Game Based Learning. Yaitu metode pembelajaran yang memiliki konsep menggabungkan konten pendidikan atau prinsip-prinsip belajar dengan game yang bertujuan untuk menarik siswa untuk belajar. Dalam perancangan game based learning, tentunya harus terstruktur dan terkonsep dengan baik, serta memenuhi standar penerapan konsep game ke dalam pembelajaran. Metode yang bisa merekam dan mendokumentasikan setiap detail dari desain gameplay dan perancangan game based learning adalah Game Design Document (GDD). Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan GDD dalam perancangan game based learning, dengan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Diharapkan penelitian ini dapat menghasilkan kesimpulan mengenai standar perancangan pembelajaran berbasis game yang terdokumentasi dalam GDD.
Valerian Leony Bianto, Jay Idoan Sihotang
Published: 21 December 2022
Cogito Smart Journal, Volume 8, pp 514-523; https://doi.org/10.31154/cogito.v8i2.421.514-523

Abstract:
Karena dampak dari pandemi Covid-19, para pelajar harus melakukan proses belajar mengajar secara online. Microsoft Teams adalah platform yang banyak digunakan orang untuk melakukan pembelajaran secara online. Dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kepuasan pengguna dari Microsoft Teams sebagai sarana e-learning. Data yang diperlukan diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan kepada user Microsoft Teams di SMA Advent Purwodadi. Lalu data tersebut diolah dan dianalisis dengan Pieces framework dengan meliputi 6 aspek Pieces yaitu: performance, information, economic, control, efficiency, dan service. Dan kuesioner dibagikan kepada 152 responden dengan menggunakan metode Slovin untuk mencatat jumlah sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan rata-rata tingkat kepuasan pengguna terhadap semua variabel mencapai kategori kepuasan terhadap pelayanan yang diberikan dengan skor 3,83. Dimana nilai kinerja 3,82, informasi 3,77, ekonomi 3,66, kontrol 3,86, efisiensi 3,95 dan pelayanan 3,95.
Rajnaparamitha Kusumastuti, Elfandry Bayunanda, Anggi Muhammad Rifa’I, Muhamad Ryandy Ghonim Asgar, Fahma Inti Ilmawati,
Published: 21 December 2022
Cogito Smart Journal, Volume 8, pp 501-513; https://doi.org/10.31154/cogito.v8i2.438.501-513

Abstract:
Kebakaran hutan di Indonesia setiap tahunnya masih sering terjadi. Dalam menanggulangi kebakaran hutan sendiri, para peneliti belakangan ini semakin fokus untuk melakukan pengembangan sistem yang mampu melakukan prediksi kebakaran hutan. Selain melakukan prediksi mengenai kebakaran hutan, antisipasi yang dapat dilakukan untuk membantu menangani pencegahan kebakaran hutan salah satunya adalah melakukan pengelompokkan terhadap wilayah yang memiliki potensi kebakaran. Pada penelitian ini melakukan Clusterisasi titik panas (hotspot) untuk membagi wilayah yang berpotensi untuk terbakar. Pengelompokkan wilayah dilakukan berdasarkan cluster kebakaran rendah, sedang, dan tinggi. Clusterisasi wilayah dilakukan menggunakan algoritma Agglomerative Hierarchical Clustering (AHC). Data yang digunakan pada perhitungan ini menggunakan wilayah Kalimantan Barat dengan menggunakan variable longitude, latitude, frp, confidence, dan curah hujan untuk menentukan clustering wilayah kebakaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengcluster titik panas kebakaran hutan berdasarkan wilayah yang berpotensi terjadi kebakaran hutan sehingga memiliki peluang untuk segera ditindaklanjuti. Dari hasil pengujian diperoleh pembentukan 2 cluster yang dimana menunjukkan terbentuk 2 pengelompokkan titik panas (hotspot) pada kelas sedang dan tinggi dengan nilai evaluasi silhouette coefficient 0,771. Kata kunci— Clustering, titik panas, Agglomerative Hierarchical Clustering
Wilsen Grivin Mokodaser, Monica Dwijayanti, Samidi Samidi
Published: 21 December 2022
Cogito Smart Journal, Volume 8, pp 335-345; https://doi.org/10.31154/cogito.v8i2.415.335-345

Abstract:
Kebutuhan layanan rawat jalan rumah sakit yang dapat diakses dengan cepat oleh masyarakat merupakan aspek yang sangat penting. Dengan melihat keterpurukan yang disebabkan oleh pandemi Covid-19 yang melanda dunia sejak tahun 2019 dan berdampak pada berbagai aspek ekonomi termasuk layanan rumah sakit, digitalisasi sistem rumah sakit harus diterapkan untuk dapat menjadi solusi dalam memberikan layanan yang cepat bagi pasien yang datang berobat. sistem informasi tersebut bukannya tanpa kendala, seiring bertambahnya jumlah data sehingga pemilihan basis data yang tepat termasuk penggunaan kueri yang tepat dapat membantu memberikan output yang tepat dan cepat. metode indexing dapat diterapkan pada tabel dengan jumlah basis data yang besar. penggunaan subquery sebagaimana dengan penelitian yang telah dilakukan sebelumnya menunjukkan peningkatan performance akses data.
Yayang Eluis Bali Mawartika, Mohammad Guntur
Published: 21 December 2022
Cogito Smart Journal, Volume 8, pp 295-307; https://doi.org/10.31154/cogito.v8i2.413.295-307

Abstract:
Kurangnya pengetahuan siswa SMA mengenai minat dan bakat yang dimiliki menyebabkan siswa kesulitan ketika memilih jurusan kuliah. Siswa cenderung hanya mengikuti jurusan kuliah yang saat ini banyak diminati, bahkan jurusan kuliah tersebut berdasarkan pilihan orang tua mereka. Penerapan teknologi komputer dapat membantu siswa untuk mengetahui minat dan bakat yang dimilikinya sehingga siswa bisa memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan minat dan bakat. Penerapan teknologi komputer tersebut salah satunya dengan menerapkan sistem pakar. Penelitian ini menghasilkan sebuah perangkat lunak sistem pakar sebagai alat untuk merekomendasikan jurusan kuliah berdasarkan minat dan bakat siswa dengan mengimplementasikan metode Case Based Reasoning (CBR) yang merupakan metode untuk menyelesaikan masalah dengan mencari nilai kedekatan antara kasus lama dengan kasus baru. Atribut yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 56 butir ciri-ciri minat dan bakat, yang kemudian dikelompokkan ke dalam 8 jenis minat bakat. Basis kasus pada penelitian ini sebanyak 8 basis kasus yang dibandingkan dengan kasus baru untuk mencari nilai kemiripan atau similarity. Sistem pakar yang dihasilkan dari penelitian ini mampu mendeteksi minat dan bakat yang dimiliki oleh siswa, kemudian setelah memperoleh hasil mengenai minat dan bakat, selanjutnya sistem pakar akan merekomendasikan jurusan kuliah yang sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki oleh siswa.
Back to Top Top