E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Journal Information
ISSN / EISSN: 20873565 / 25285041
Total articles ≅ 528

Latest articles in this journal

Mustofa Hilmi, Muhammad Abdul Wahid, Muhammad Habbib Khirzin, Hidayaturrohman Hidayaturrohman, Yushandy Fajar Thriesnanda
E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 13, pp 402-407; https://doi.org/10.26877/e-dimas.v13i3.4177

Abstract:
Kelurahan Kalipuro merupakan terletak di Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi mengalami permasalahan dalam penanganan susu kambing. Penanganan yang dilakukan selama ini belum ada sehingga berdampak pada menurunnya kualitas susu kambing menyebabkan penurunan ekonomi dan mengalami kerugian. Fermentasi merupakan solusi dalam penanganan susu kambing etawa menjadi bernilai jual dengan membuat produk baru yaitu kefir. Kefir dibuat dengan proses fermentasi antara susu segar dan bakteri starter kefir yang dapat meningkatkan kandungan gizi dan dapat digunakan sebagai memacu pertumbuhan karena meningkatkan pencernaan dan penyerapan zat gizi, mengurangi atau membunuh bakteri jahat dalam saluran pencernaan, menormalkan kerja usus besar (mengatasi konstipasi dan diare), memiliki efek anti kanker, mengatasi masalah lactose intolerance, berperan dalam detoksifikasi dan mengatasi stres, serta mengontrol kadar kolesterol dalam darah dan tekanan darah. Hasil pelatihan pengolahan susu kambing Etawa menjadi kefir. Kegiatan ini bertujuan membantu memecahkan permasalahan yang dihadapi oleh UD. Karya Etawa Farm untuk meningkatkan ekonomi dengan mengaplikasikan teknologi fermentasi kefir berbahan susu kambing Etawa khususnya usaha kecil di Kelurahan Kalipuro Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi. Kegiatan ini dilakukan dengan metode ceramah, demontrasi dan latihan pembuatan Kefir. Hasil kegiatan ini menunjukan respon peserta cukup baik dan kegiatan pelatihan pengolahan susu kambing Etawa menjadi kefir merupakan informasi baru bagi karyawan UD. Karya Etawa Farm dan masyarakat sekitar. Penerapan keterampilan pembuatan produk kefir juga mungkin dilakukan oleh para peserta karena alat dan bahan yang digunakan relatif mudah ditemukan dilingkungan tempat tinggal mereka. Sehingga pengolahan susu kambing Etawa menjadi kefir berpotensi menjadi salah satu alternatif yang dapat dijadikan sebagai usaha.
Ririh Sri Harjanti, Bahri Kamal, Anita Karunia, Arifia Yasmin, Hikmatul Maulidah
E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 13, pp 496-501; https://doi.org/10.26877/e-dimas.v13i3.5652

Abstract:
Kemampuan mengisi SPT Masa PPN sangat dibutuhkan demi kelancaran adminsitrasi perpajakan sehingga terhindar dari sanksi pajak. Sebagaimana kita ketahui bahwa di Indonesia menganut system Self Asssesment System, dimana wajib pajak diharapkan mampu menghitung, membayar dan menyampaikan SPT sendiri sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Oleh karena itu sangat peran dari berbagai pihak sangat dibutuhkan untuk mendukung sukses pemungutan pajak yang berlaku di Indonesia tersebut. Salah satu pihak yang tidak kalah pentingnya mensukseskan pelaksanaan perpajakan di Indonesia adalah dari pihak generasi muda khususnya dari dunia pendidikan. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 DukuhturiTegal mempunyai jurusan Akuntansi yang cukup banyak yaitu ada 6 (enam ) kelas. Dalam jurusan Akuntansi ada mata pelajaran perpajakan namun belum dibahas secara mendalam, hanya seputar pengetahuan umum tentang pajak. Dengan adanya kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan judul peningkatan kemampuan perpajakan melalui pelatihan pengisian SPT Masa PPN pada siswa siswi SMK Negeri 1 Dukuhturi Tegal menjadikan siswa-siswi SMK Negeri 1 Dukuhturi Tegal sebagai generasi muda milenial dapat meningkatkan pengetahuan, wawasan dan kemampuan pengisian SPT Masa PPN dengan menggunakan komputer. Metode yang digunakan pada pelatihan ini adalah praktik pengisian SPT Masa PPN secara tutorial menggunakan komputer melalui e-form resmi dari DJP (Direktorat Jenderal Pajak). Dari hasil evaluasi diperoleh bahwa antusiasme dari peserta sangat tinggi, hal ini dapat dilihat dari banyaknya jumlah peserta yang hadir. Dari hasil pengamatan, diskusi dan tanya jawab selama kegiatan PKM ini berlangsung dapat diketahui adanya peningkatan pengetahuan dan kemampuan siswa-siswi SMKN 1 Dukuhturi Tegal dalam pengisian SPT Masa PPN.
Budi Gunawan, Sri Mulyani,
E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 13, pp 565-569; https://doi.org/10.26877/e-dimas.v13i3.11960

Abstract:
Pada era industrialisasi saat ini tentunya menuntut organisasi untuk senantiasa bergerak cepat untuk menyesuaikan dengan perkembangan teknologi informasi. Penerapan teknologi informasi pada kegiatan promosi dan pemasaran merupakan salah satu cara bagi sebuah usaha untuk membantu memperkenalkan produk yang dihasilkan kepada masyarakat. Tyara Craft merupakan UMKM yang bergerak dalam industri kreatif di daerah Kabupaten Pati dari Desa Sarirejo adalah UKM Tyara Craft yang memanfaatkan bahan limbah yaitu ‘bonggol jagung’ yang diproduksi menjadi aneka barang kerajinan yang mempunyai nilai ekonomis tinggi. Pada saat ini metode promosi dan pemasaran produk kerajinan tersebut masih dilakukan secara konvensional dengan pembuatan cetak brosur katalog produk sehingga perlu dikembangkan dengan penerapan sarana teknologi informasi dalam bentuk aplikasi website guna memperluas cakupan promosi dan pemasaran produk yang dihasilkan oleh UMKM Tyara Craft. Dalam pembuatan aplikasi website promosi dan pemasaran produk ini dilaksanakan dengan empat tahapan, yaitu: pengambilan data, perancangan aplikasi, pendampingan serta evaluasi kegiatan. Hasil akhir yang diperoleh adalah terbentuknya aplikasi website guna memperluas cakupan promosi dan pemasaran produk UMKM Tyara Craft.
Yosafat Aji Pranata, Deni Setiawan, Jimmy Agustian Loekito
E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 13, pp 539-548; https://doi.org/10.26877/e-dimas.v13i3.11453

Abstract:
Kendala dan kesulitan yang dialami oleh warga Kampung Stamplat, Dusun Ciparay, Desa Indragiri, Kelurahan Ciwidey, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung secara khusus dalam konteks pendidikan adalah minimnya koneksi/jaringan internet, perangkat komputer untuk sistem pembelajaran daring, serta bangunan sarana ruang belajar anak-anak. Hal ini menjadi perhatian serius mengingat pendidikan adalah hal sangat penting bagi anak-anak dan pelajar. Di satu sisi, salah satu potensi yang dimiliki warga adalah adanya pemuda dan orang tua (pria) yang dapat diberdayakan untuk secara ber-swadaya menggunakan tenaganya untuk membangun bangunan dengan fungsi untuk fasilitas publik. Berdasarkan pertimbangan bahwa Kabupaten Bandung sebagian besar wilayahnya termasuk dalam kategori wilayah gempa dengan intensitas moderat, maka implementasi bangunan kayu tahan gempa tepat untuk diterapkan di Kampung Stamplat, sekaligus menjawab kendala yang dialami warga yaitu kebutuhan terhadap bangunan sarana ruang belajar. Dalam kegiatan ini, implementasi hasil penelitian yang telah dilakukan sebelumnya akan dilakukan di Kampung Stamplat. Penelitian yang dimaksud adalah rumah modular berbasis material kayu tahan gempa. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) adalah implementasi hasil penelitian sebelumnya, yaitu pengembangan komponen penyusun rumah kayu tahan gempa menjadi bangunan publik yang berfungsi untuk fasilitas umum yaitu ruang belajar anak-anak dan pelajar Kampung Stamplat. Kegiatan direncanakan berjalan dalam kurun waktu bulan Desember tahun 2021. Sasaran kegiatan PkM adalah dua kelompok yaitu warga Kampung Stamplat dan Karang Taruna Desa Indragiri. Kegiatan bertempat di Kampung Stamplat, Dusun Ciparay, Desa Indragiri, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat. Metode yang digunakan dalam kegiatan adalah implementasi hasil penelitian dalam bentuk produk rumah kayu sebagai sarana belajar/fasilitas umum. Hasil penelitian rumah kayu tahan gempa menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi kendala Kampung Stamplat yang berada di daerah rawan gempa. Bangunan kayu yang direalisasikan dalam kegiatan ini sangat tepat untuk menyelesaikan permasalahan kebutuhan fasilitas umum untuk sarana belajar. Hasil nyata dari kegiatan ini adalah hilirisasi hasil penelitian dalam bentuk bangunan kayu gedung tahan gempa bagi warga Kampung Stamplat.
Joni Joni
E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 13, pp 388-401; https://doi.org/10.26877/e-dimas.v13i3.4155

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk memetakan potensi dan permasalahan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Desa Sirnajaya, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Kemudian, penelitian ini bermaksud untuk memajukan BUMDes melalui program-program spesifik, inovatif, dan berkelanjutan yang mampu menangkap potensi dan menjawab permasalahan yang ada di desa. Melalui proses wawancara dan survei lapangan yang telah dilakukan, Saya menemukan bahwa permasalahan utama yang dihadapi oleh BUMDes Sirnajaya adalah kualitas SDM yang rendah motivasi dan kompetensi sehingga banyak usaha yang dijalankan tidak beroperasi dengan baik. Oleh karena itu, saran praktis yang dapat dilakukan adalah merancang sistem perekrutan, pendampingan, renumerasi, dan pengawasan yang baik sebelum mengaktifkan kembali usaha yang telah diinisiasi. Beberapa usaha yang dapat diaktifkan kembali adalah usaha penjualan ATK dan penjualan bensin melalui pom bensin mini. Sedangkan usaha peretanian bunga sedap malam dapat dilakukan negosiasi ulang mengenai harga dan hal-hal teknis lainnya. Alternatif lain adalah mencari pasar tanaman sedap malam dan melakukan pemasaran langsung tanpa malalui sistem ijon. Kemudian BUMDes Sirnajaya dapat melakukan investasi terhadap jenis usaha yang dapat memberikan nilai tambah atas hasil alam yang ada sebagai solusi jangka panjang untuk meningkatkan PADes.
Wiyaka Wiyaka, Entika Fani Prastikawati, Ab Prabowo Ka, Maria Yosephin Wl
E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 13, pp 570-577; https://doi.org/10.26877/e-dimas.v13i3.12030

Abstract:
Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah memperkenalkan guru taman kanak-kanak (TK) pada nursery rhymes sebagai media dalam pengajaran bahasa Inggris bagi anak-anak TK. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan adanya hasil observasi dan survey yang dilakukan oleh tim pengabdian pada beberapa TK di kelurahan Sukorejo-Gunungpati, Jawa Tengah. Survey sebelumnya menungkap bahwa para guru TK masih menggunakan media gambar sederhana dan metode dril dalam memperkenalkan bahasa Inggris ke siswa mereka. Sayangnya, para guru TK tersebut masih melakukan kesalahan dalam pengucapan selama praktik drilling. Untuk itulah, penting untuk mengatasi permasalahan tersebut melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Dengan melakukan serangkaian pelatihan, tim pengabdi kepada masyarakat mengajak dua puluh guru TK yang dating dari beberapa TK di Sukorejo untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini. Berdasarkan hasil pelatihan yang telah dilaksanakan, para guru TK sangat tertarik pada penggunaan nursery rhymes dalam memperkenalkan bahasa Inggris bagi siswa mereka. Hal ini dikarenakan para guru menganggap bahwa nursery rhymes merupakan media yang sangat tepat dan cocok dengan karakter siswa di TK. Dalam sesi praktik, para guru TK dapat mengimplementasikan bagaimana menggunakan nursery rhymes di kelas mereka. Hal ini menunjukan bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat berjalan dengan baik.
, Hendra Hendra, Wawan Budi Darmawan
E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 13, pp 472-478; https://doi.org/10.26877/e-dimas.v13i3.5493

Abstract:
Kewirausahaan identik dengan proses perancangan, peluncuran, dan pelaksanaan bisnis baru yang dibangun melalui jiwa kemandirian dan kapasitas mengembangkan kemampuan untuk mendapatkan keuntungan. Saat ini, bentuk kewirausahaan berbasis daring telah menjadi salah satu solusi penting dalam mendorong perekonomian. Dengan mengolah dan mengelola sumber daya yang ada di desa, baik manusia, alam, maupun bahan produksi, warga desa diharapkan meningkatkan taraf kesejahteraan. Artikel ini mendeskripsikan kegiatan pendampingan pengembangan kewirausahaan berbasis online yang dilakukan oleh tim dosen dan mahasiswa Universitas Padjadjaran di Desa Gudang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang. Kegiatan pendampingan dilakukan dalam bentuk Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang terintegrasi dengan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) selama Juli 2019. Adapun target sasarannya adalah warga Desa Gudang yang telah memiliki usaha dan potensi usaha yang kemudian difasilitasi pemasarannya oleh tim KKN melalui media daring, antara lain laman situs toko daring dan media sosial (Facebook dan Instagram). Dari hasil kegiatan ini, disimpulkan bahwa unit-unit usaha desa memiliki peluang usaha yang menjanjikan apabila pengelolaannya tidak hanya dilakukan secara konvensional tetapi juga memanfaatkan model daring.
Yunita Dwi Setyoningsih, Alif Yuanita Kartini
E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 13, pp 557-564; https://doi.org/10.26877/e-dimas.v13i3.11736

Abstract:
Pemberdayaan masyarakat ini dilakukan sebagai salah satu program pengabdian masyarakat dari kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) sebagai wujud melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang nyata dari tugas dosen dan mahasiswa, maka terwujud sinergi Perguruan Tinggi Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro dengan masyarakat Desa Banjarjo yang mengambil tematik 2022 pencegahan Covid-19 dan pemulihan ekonomi masyarakat di masa pandemi yang dilaksanakan selama 30 hari mulai tanggal 18 januari hingga 18 febuari 2022. Salah satu program unggulan “ISTANA CERIA” mencoba untuk menyelesaikan permasalahan di masyarakat dalam bidang pendidikan. Tujuan membuat eduction center dengan manfaatkan lahan kosong yang tidak terawat untuk mengenalkan pembelajaran smart learning, fun leraning, meningkatkan minat belajar serta membaca anak melalui metode ABCD. Metode penelitian menggunakan deskripsi kualitatif melalui observasi dan wawancara. Hasilnya adalah membantu warga masyarakat Desa Banjarjo RT 07 RW 001 untuk mengetahui aset lingkungan potensial yang dimiliki guna mengembangkan eksistensinya dibidang pendidikan dengan memfasilitasi melalui program unggulan.
Asmaul Khusna, Anis Usfah Prastujati, Nuraini Lusi
E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 13, pp 434-437; https://doi.org/10.26877/e-dimas.v13i3.4891

Abstract:
Kelompok ternak Ijen Makmur merupakan kelompok ternak yang menggeluti pemeliharaan sapi perah sehingga susu menjadi komoditi utama dari hasil kegiatan mereka. Permasalahan yang timbul pada peternakan ini adalah kuantitas serta kualitas susu yang diproduksi kurang dapat memenuhi permintaan konsumen terutama PT. Nestle. Sehingga hal tersebut menjadi tantangan untuk dapat diselesaikan yakni dengan menganalisa beberapa faktor yang dapat mempengaruhi rendahnya kuantitas dan kualitas produksi susu kemudian diberikan beberapa solusi untuk menyelesaikan permasalahn tersebut. Susu dengan kualitas rendah yang ditolak oleh PT. Nestle dapat diolah menjadi produk fermentasi bernilai gizi serta ekonomi yang cukup tinggi dibandingkan dengan susu segar. Sehingga anggota kelompok ternak Ijen Makmur mendapatkan pelatihan mengenai penanganan pascapanen susu yaitu dengan cara mengolah susu segar menjadi yogurt. Untuk permasalahan selanjutnya yaitu mengenai rendahnya kuantitas susu yang dihasilkan oleh ternak sapi perah mereka dapat diatasi dengan melakukan manajemen pemeliharaan ternak yang baik salah satunya adalah dengan melakukan recording untuk memantau masa birahi ternak sehingga proses pengawinan ternak maupun proses IB tidak mengalami keterlambatan dan ternak dapat segera bunting dan masa laktasi dapat dilakukan pada waktu yang tepat sehingga dapat membantu meningkatkan produksi susu. Kegiatan penyuluhan mengenai kesehatan reproduksi ternak sapi perah kepada anggota kelompok ternak Ijen Makmur telah dilaksanakan dengan baik.
Saidatun Nafisah, Anastasia Dewi Anggraeni, Helda Jolanda Pentury
E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 13, pp 408-415; https://doi.org/10.26877/e-dimas.v13i3.4202

Abstract:
Kegiatan ini berjudul PKM Pemberdayaan Perempuan melalui Peningkatan Keterampilan Literasi Digital dan Entrepreneurship. Mitra dari kegiatan ini adalah Yayasan Rumpun Bambu dengan sasarannya adalah kelompok ibu rumah tangga yang tidak berpenghasilan khususnya dari kalangan menengah kebawah. Tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang literasi digital dan kewirausahaan dengan memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kesejahteraan hidup mereka. Kegiatan dikemas dalam bentuk KULWAP (kuliah whatsapp) sehingga kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring melalui grup whatsapp. Setelah mengikuti kegiatan ini diharapkan peserta mempunyai wawasan baru mengenai literasi digital dan entrepreneurship dan dapat memanfaatkan teknologi sebagai sarana untuk meningkatkan kesejahteraan hidup.
Back to Top Top