Among Makarti

Journal Information
ISSN / EISSN: 19797400 / 27745163
Total articles ≅ 103

Latest articles in this journal

Riza Dwi Agni, Era Miftakhul Jannah
Published: 16 August 2022
Journal: Among Makarti
Among Makarti, Volume 15; https://doi.org/10.52353/ama.v15i2.319

Abstract:
Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh langsung dan tidak langsung dari kepemimpinan yang melayani pada perilaku inovasi kerja, dengan variabel aliran di tempat kerja sebagai mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sumber data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner online. Metode purposive sampling digunakan sebagai teknik pengambilan sampel dan diperoleh sebanyak 142 sampel eligible. Analisis data dilakukan dengan metode Structural Equation Modelling Partial Least Square (SEM-PLS) dengan bantuan program SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh langsung yang signifikan dari kepemimpinan yang melayani pada perilaku inovasi kerja. Sementara itu, kepemimpinan yang melayani memiliki pengaruh yang signifikan pada aliran di tempat kerja. Pengaruh signifikan juga ditemukan pada hubungan antara aliran di tempat kerja dengan perilaku inovasi kerja. Selanjutnya peran mediasi aliran di tempat kerja secara signifikan berpengaruh pada hubungan antara kepemimpinan yang melayani dengan perilaku inovasi kerja. Hal ini menunjukkan bahwa peran mediasi aliran di tempat kerja sangat penting karena ketika tidak terdapat aliran di tempat kerja sebagai variabel mediasi, maka hubungan antara kepemimpinan yang melayani dengan perilaku inovasi kerja menjadi tidak signifikan.
Budi Riyanti, Novita Ati Nur Aini
Published: 16 August 2022
Journal: Among Makarti
Among Makarti, Volume 15; https://doi.org/10.52353/ama.v15i2.309

Abstract:
Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada awal pandemi yang diteruskan dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) disinyalir berpengaruh besar terhadap kondisi UMKM, jutaan UMKM lebih rentan dan dalam kondisi sekarat bahkan terpaksa menutup usahanya. Disaat UMKM lain banyak yang jatuh dan gulung tikar, UMKM pada Kampung Singkong ternyata dapat survive dan mempertahankan keberlangsungan usahanya. Adanya UMKM yang survive dan dapat mempertahankan keberlangsungan usahanya selama pandemi merupakan angin segar bagi UMKM-UMKM yang lain, maka perlu dilakukan riset tentang apa saja strategi yang dilakukan UMKM kampung singkong sehingga dapat mempertahankan keberlangsungan usahanya. Tujuan dari riset ini berusaha mengkaji faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keberlangsungan usaha pada UMKM Kampung Singkong. Sampel yang digunakan adalah 32 UMKM yang tergabung dalam paguyuban kampung singkong. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi keuangan, inovasi produk dan insentif pajak berpengaruh positif terhadap keberlangsungan usaha UMKM, sedangkan digital marketing secara statistik tidak berpengaruh terhadap keberlangsungan usaha UMKM.
Puspita Lianti Putri, Kartika Dwi Chandra Sari
Published: 16 August 2022
Journal: Among Makarti
Among Makarti, Volume 15; https://doi.org/10.52353/ama.v15i2.323

Abstract:
Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) merupakan salah satukegiatan usaha yang berkontribusi besar dalam perekonomian nasional. Salah satu kunci untuk memenangkan persaingan terletak pada kemampuan UMKM untuk menciptakan keunggulan bersaing. Strategi yang umum bisa digunakan UMKM  yaitu dengan orientasi pasar dan inovasi. Peneitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai strategi untuk menciptakan keunggulan bersaing dengan orientasi pasar dan inovasi yang telah dilakukan oleh pelaku UMKM binaan Rumah BUMN Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif.Teknik pengumpulan data menggunakan data primer dengan kuesioner dan wawancara langsung terhadap responden pengelola UMKM. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi dan orientasi pasar secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing.
Yanuar Surya Putra, Fitri Wulandini
Published: 16 August 2022
Journal: Among Makarti
Among Makarti, Volume 15; https://doi.org/10.52353/ama.v15i2.329

Abstract:
Penelitian ini merupakan eksperimen untuk mengembangkan model ketahanan psikologis keluarga melalui peran kepemimpinan spiritual dan keterikatan keluarga. Oleh karena itu responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah anggota keluarga yang berada di Salatiga. Data dikumpulkan dari 171 anggota keluarga menggunakan kuesioner. Alat analisis yang digunakan adalah path analysis, dan hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa spiritual leadership dan family attachment memiliki hubungan yang signifikan dan positif terhadap resiliensi psikologis. Kedua, family well-being sebagai konstruk mediasi, sepenuhnya memediasi hubungan antara kepemimpinan spiritual dan keterikatan keluarga terhadap ketahanan psikologis keluarga. Akhirnya penelitian ini menawarkan bukti empiris tentang bagaimana mengembangkan ketahanan psikologis keluarga di Salatiga. Fakta lain yang perlu digarisbawahi dari penelitian ini adalah ketahanan psikologis merupakan salah satu kunci untuk menciptakan ketahanan di masa pandemi ini.
Astohar Astohar, Dhian Andanarini Minar Savitri, Yuyun Ristianawati, Prihasantyo Siswo Nugroho
Published: 16 August 2022
Journal: Among Makarti
Among Makarti, Volume 15; https://doi.org/10.52353/ama.v15i2.334

Abstract:
Perkembangan teknologi keuangan di Indonesia saat ini sangat pesat. Perkembangan fintech memunculkan inovasi beberapa aplikasi dalam layanan keuangan seperti alat pembayaran, alat pinjaman dan lain-lain mulai dikenal pada masa digital ini. Pada pelaku bisnis seperti UMKM  di Kabupaten Demak juga sebagian sudah memanfaatkan teknologi keuangan ini (fintech) ini untuk kemudahan bisnis yang dijalankan. Pada hasil survey menunjukkan para UMKM masih belum maksimal dalam penggunaan fintech demikian juga untuk tingkat inklusinya juga masih tergolong rendah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh UMKM di Kabupaten Demak. Pengumpulan data menggunakan data cross section dengan metode pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Alat analisis menggunakan regresi berganda double step dengan melakukan pengujian lainnya seperti uji normalitas, uji penyimpangan asumsi klasik, uji goodness of fit dan uji koefisien determinasi. Untuk pengujian interveningnya menggunakan sobel test dengan program SPSS dan www.danielsoper.com. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan berpengaruh positif signifikan terhadap inkluasi keuangan (H1 terbukti) dan juga berpengaruh terhadap layanan keuangan berbasis fintech (H2 terbukti). Layanan keuangan berbasis fintech berpengaruh posifit signifikan terhadap inkluasi keuangan (H3 terbukti). Layanan keuangan berbasis fintech mampu memediasi pengaruh literasi keuangan terhadap inklusi keuangan pada UMKM di Kabupaten Demak
Windi Tyas Oktavia, Siti Aliyah
Published: 16 August 2022
Journal: Among Makarti
Among Makarti, Volume 15; https://doi.org/10.52353/ama.v15i2.322

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris fektor yang mempengaruhi penerapan transparansi peaporan keuangan daerah di kabupaten Jepara. Penelitian ini menggunakan populasi OPD Kabupaten Jepara dengan metode purposive sampling, yang berjumlah responden 78 yang merupakan kepala bagian dan staf keuangan. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tekanan eksternal, komitmen manajemen, akuntabilitas, tingkat pengungkapan laporan keuangan, sistem pengendalian intern pemerintah, faktor politik, kompetensi sumber daya manusia tidak berpengaruh terhadap penerapan transparansi pelaporan keuangan daerah sedangkan ketidakpastian lingkungan berpengaruh terhadap penerapan transparansi pelaporan keuangan daerah.
Putri Hardanti Gita Larasati, Veronika Agustini Srimulyani, Florentina Anif Farida
Published: 16 August 2022
Journal: Among Makarti
Among Makarti, Volume 15; https://doi.org/10.52353/ama.v15i2.302

Abstract:
Salah satu dampak pandemi Covid-19 adalah perubahan pada waktu kerja dan perubahan pola kerja yang harus disikapi secara positif oleh manajer dan karyawan agar tetap bekerja secara professional dan berpikiran inovatif dalam bekerja. Pemimpin harus berperan aktif menyiapkan karyawan menghadapi perubahan tersebut, sehingga tetap terlibat aktif, bersemangat, dan produktif meskipun banyak kendala selama masa pandemi ini. Pandemi tersebut menjadi momentum penting bahwa work engagement sangat berharga bagi perusahaan. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh transformational leadership terhadap work engagement melalui meaning in work dan personal resources sebagai mediasi. Sampel penelitian ini berjumlah 134 karyawan tetap CV Industri Kreatif Madiun. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)transformational leadership berpengaruh signifikan positif terhadap work engagement; 2) transformational leadership berpengaruh sigifikan positif terhadap meaning in work; 3) meaning in work berpengaruh signifikan positif terhadap work engagement; 4)meaning in work sebagai partial mediating pengaruh transformational leadership terhadap work engagement; 5) transformational leadership berpengaruh signifikan positif terhadap personal resources; 6) personal resources berpengaruh signifikan positif terhadap work engagement; 7) personal resources sebagai partial mediating pengaruh transformational leadership terhadap work engagement.
Astika Ulfah Izzati, Claudya Nurcahaya
Published: 16 August 2022
Journal: Among Makarti
Among Makarti, Volume 15; https://doi.org/10.52353/ama.v15i2.305

Abstract:
Literasi digital merupakan hal penting dan mendasar untuk mendukung perkembangan era Society 5.0 karena di era ini masyarakat dituntut untuk hidup berdampingan dengan teknologi. Agar terciptanya bijak dalam penggunaan teknologi diperlukan pehaman akan literasi penggunaan teknologi salah satunya pemahaman akan literasi digital. Salah satu pihak yang dituntut untuk mengikuti perkembangan era adalah UMKM agar proses bisnisa dapat terus berkembang dan berkelajutan. Pemahaman literasi digital ini juga turut didukung oleh Pemerintah Indonesia dimana pemerintah mengukur indeks literasi digital nasional, agar angka indeks ini terus meningkat diperlukan penyuluhan dan pemberian materi agar paham akan pentingnya literasi digital. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada peningkatan pengetahuan atau literasi khususnya literasi digital pada obyek penelitian. Metode yang dilakukan dengan memberikan pertanyaan sebelum dan sesudah pemberian materi kepada obyek penelitian. Hasilnya adalah ada peningkatan literasi digital obyek penelitian sebelum dan sesudah diberikan materi.
Yulfan Arif Nurohman, Rina Sari Qurniawati, Fahri Ali Azhar
Published: 16 August 2022
Journal: Among Makarti
Among Makarti, Volume 15; https://doi.org/10.52353/ama.v15i2.333

Abstract:
Pemerintah menganjurkan kepada masyarakat untuk melakukan transaksi non tunai saat pandemi covid-19 melanda Indonesia agar penularan dapat teratasi. Saat ini pemerintah sudah melonggarkan kebijakan terkait penanganan virus covid-19 sehingga masyarakat sudah berangsur melakukan aktivitas secara normal. Penelitian ini dilakukan untuk menguji faktor-faktor yang memengaruhi minat ulang masyarakat menggunakan aplikasi pembayaran non tunai pada masyarakat Muslim di Solo Raya. Adapun sampel dalam penelitian ini sejumlah 100 responden masyarakat Muslim yang melakukan transaksi non tunai. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Analisi data yang digunakan menggunakan regresi linier berganda. .Hasil dari pengujian menunjukan bahwa persepsi kemanfaatan, persepsi kemudahan, kualitas layanan digital, dan e-trust berpengaruh terhadap minat ulang masyarakat Muslim Solo Raya untuk melakukan transaksi non tunai. Digital payment system dapat diandalkan untuk memudahkan aktivitas masyarakat
Sonia Aprilia Saputri, Ivo Novitaningtyas
Among Makarti, Volume 15; https://doi.org/10.52353/ama.v15i1.243

Abstract:
Beragamnya peredaran produk kosmetik di pasar mendorong beberapa perusahaan kosmetik untuk saling bersaing satu sama lain melalui strategi peningkatan kualitas produk dan kerjasama dengan beauty vlogger. Perusahaan bersaing agar produk andalannya mampu menarik minat beli konsumen dan menguasai pangsa pasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari kualitas produk dan ulasan produk yang diberikan oleh beauty vlogger terhadap keputusan membeli produk kecantikan Scarlett. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan penyebaran kuesioner secara daring melalui google formulir kepada 100 responden sebagai sampel. Data primer yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda dan diolah menggunakan software SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kualitas produk dan ulasan produk berpengaruh positif terhadap keputusan membeli. Hasil penelitian memberikan implikasi bagi perusahaan kosmetik untuk meningkatkan kualitas produk dan bekerja sama dengan beauty vlogger yang dipersepsikan baik serta dikenal oleh konsumen. Dengan menerapkan strategi tersebut, diharapkan agar keputusan pembelian konsumen terhadap produk dapat ditingkatkan.
Back to Top Top