Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam

Journal Information
ISSN / EISSN: 20852487 / 26143275
Total articles ≅ 81

Latest articles in this journal

Nirwan Il Yasin, Amir Syarifuddin
Published: 15 September 2022
Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, Volume 8, pp 1033-1049; https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i3.313

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan beberapa refleksi tentang praksis pembelajaran ditengah pandemic global da n wawasan sejarah digital sebagai solusi alternative yang dapat digunakan untuk mahasiswa bahkan masyarakat lokal. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengoptimalkan perkuliahan Sejarah Kebudayaan Melayu program studi Ilmu Sejarah tahun ajaran baru ganjil 2021 melalu ipendekatan konstruktivis digital historis, dan (2) Melihat model pembelajaran matakuliah sejarah melayu berbasis kostruksi digital historis untuk mahasiswa prodi ilmu sejarah. Metode Penelitian yang digunakan ialah Metode mix method (campuran), dengan pendekatan Kualitatif deskriptif (melalui studi pustaka dan wawancara) dan Kuantitatif (kuisioner). Pembelajaran sejarah dalam situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya ini. Dengan demikian,masalah penelitian dirumuskan, data (terutam a dar iartikel peer-review) dikumpulkan, dikuatkan, disajikan dan dibaha ssesuai. Studi ini menemukan bahwa Covid-19 telah mengubah lans kappendidikan diseluruh dunia ,termasuk Indonesia. Mengingat kondisi pandemi yang tidak menguntungkan, banyak lembaga pendidikan mengalihkan pengajaran dan pembelajarannya keonline. Inimemberikan berbagai tantangan sekaligus peluang untuk menggunakan berbaga imedia digital baru dalam pendidikan, termasuk sejarah digital. Muncul pada akhirabad ke-20, sejarah digital memberikan peluang bagi para dosen atau pendidik sejarah untuk memanfaatkannya sebagai sumber pembelajaran sejarah, khususnya sejarah lokal. Menggunakan berbagai sumber utama yang tersedia secara online, dosen dapat merancang bahan ajar baru atau pembelajaran berbasis proyek tentang sejarah lokal.
Firman Firmansah, Desty Endrawati Subroto, Desi Kristanti, Arifin
Published: 15 September 2022
Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, Volume 8, pp 1113-1129; https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i3.312

Abstract:
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pelaksanaan pendidikan karakter pada pada sekolah boarding yaitu MA Hubulo, dimana madrasah tersebut mempunyai visi-misi terkait dengan pendidikan karakter yang diwujudkan melalui aktifitas pembelajaran baik di sekolah, kelas dan asrama sehingga menarik untuk dilakukan penelitian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan rancangan studikasus. Data riset diperoleh melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Data yang terkumpul ditabulasi dan dianalisis untuk mengetahui impelementasi pendidikan karakter yang di laksanakan di MA Hubulo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai karakter yang di kembangkan dengan model yang habituasi, integrasi, keteladanan serta manajamen lingkungan yang kondusif dalam pelaksanaan penguatan pendidikan karakter. Penelitian ini juga menunjukan bahwa Pelaksanaan pendidikan karakter pada sekolah boarding terbukti efektif di tengah-tengah kemajuan teknologi saat ini.
Siti Maryam Munjiat Maryam, Abdullah Faqih, Umihani
Published: 15 September 2022
Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, Volume 8, pp 973-986; https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i3.311

Abstract:
Tujuan penelitian ini menjelaskan peran Pesantren Al-Ishlah Tajug dalam menunjang pemahaman keislaman Santri-santrinya, menjelaskan tentang pelaksanaan pembelajaran Fiqih Ibadah bagi santri NTT dan Papua, dan mendeskrisikan tentang kesulitan yang dihadapi dalam proses pembelajarannya. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dan menggunakan pendekatan analisis deskripstif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dekomentasi. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan wawancara kepada pihak-pihak yaitu Asatidz dan Ustadazah pesantren Al-Ishlah Tajug. Hasil penelitian ini diantaranya adalah Peran pesantren Al-Ishlah Tajug dalam menunjang pemahaman santri dengan menerapkan program pembelajaran pesantren dan melakukan Implementasi nilai-nilai keislaman dalam setiap kegiatan kepesantrenan. Pelaksanaan pembelajran fiqih ibadah dengan kitab Fathul Qorib sebagai sumber belajar dilaksanakan setiap hari rabu setelah sholat subuh, menerapkan metode ceramah, tanya jawab dan praktek dalam pembelajarannya, dan m3lakukan evaluasi setelah pembelajaran. Kesulitan yang didapati dalam prosesnya adalah Rendahnya pemahaman dasar keislaman dan sebagian muallaf, dan Perbedaan budaya dan kebiasaan.
Devy Habibi Muhammad, Reza Hilmy Luayyin, Ummul Karimah
Published: 15 September 2022
Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, Volume 8, pp 915-930; https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i3.300

Abstract:
Tujuan penelitian ini agar anak-anak mampu menunjukkan perkembangannya dalam kemampuan baca tulis Al-Qur’an melalui metode Qur’ani Sidogiri. Membaca sendiri merupakan suatu aktivitas yang sangat penting bahkan dianjurkan bagi seluruh umat islam. Dengan membaca kita akan mengetahui banyak ilmu pengetahuan ataupun berbagai macam informasi. Sama halnya dengan membaca kitab umat islam Al-Qur’an yang mana mampu membentuk langkah awal untuk mengenal dan memahami makna serta kandungan Al-Qur’an itu sendiri sehingga Al-Qur’an akan menjadi petunjuk untuk mencapai kesejahteraan umat manusia. Dalam membaca Al-Qur’an tentu harus dengan benar dan tepat, baik dari segi tajwid maupun makhrajnya. Penelitian yang dilakukan kali ini menggunakan metode PTK (Classroom Action Research). Dalam pengumpulan data penulis menerapkan beberapa teknik yaitu melakukan observasi, memberikan tes, serta dokumentasi. Setelah data yang dibutuhkan terpenuhi lalu penulis menganalisis data-data yang terkumpul. Dari hasil penelitian menunjukkan hasil yang baik dan diserap dengan baik, dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil prosentase ketuntasan di setiap tahapan siklusnya yaitu Pra-siklus ada 2 santri 13,3%, siklus I ada 6 santri 40%, dan siklus II ada 15 santri 99,9%.
Bramastia, Nurhadi Yasin
Published: 15 September 2022
Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, Volume 8, pp 1070-1083; https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i3.325

Abstract:
Problematika pendidikan madrasah sangat kompleks, salah satunya yaitu problem mutu dan kualitas input-proses-output. Penelitian ini dilakukan dengan fokus analisis pada problem yang terjadi di lembaga pendidikan, seperti madrasah yang terkait mutu dan kualitas. Mengetahui problem yang ada memberikan pelajaran dan pengalaman guna memperbaiki manajamen mutu dan kualitas di madrasah ke depannya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan teknik Pendekatan library research. Penelitian ini menunjukkan bahwa problematika manajemen mutu dan kualitas madrasah yaitu: rendahnya kualitas pendidik, kinerja pendidik yang tidak optimal, kerusakan sarana dan prasarana, kurang jumlah tenaga pendidik, jumlah dan kualitas buku belum memadai, keterbatasan anggaran, kinerja pengawas, dan manajemen struktural yang kurang kompeten.
Muslimatul Faiqoh, Humaidi, Anna Karma Yuhana
Published: 15 September 2022
Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, Volume 8, pp 1084-1097; https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i3.328

Abstract:
Selama terjadi pandemi Covid 19 banyak sekali inovasi pembelajaran yang dilakukan para guru untuk terlaksananya pembelajaran yang bisa mencapai tujuan pendidikan Nasional. Karena masa pademi covid-19 telah mengganggu proses pembelajaran secara konvensional, maka para pendidik memiliki kebijakan yang bermacam-macam sebagai solusi untuk menjawab permasalahan tersebut. Salah satunya adalah dilaksanakannya kombinasi pembelajaran secara daring (online) dan luring (offline). Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang pelaksanaan kombinasi pembelajaran daring dan luring selama masa pandemi covid 19 di MI Al Hidayat Pakis Malang. Subjek penelitian adalah guru dan siswa MI Al Hidayat Pakis Malang. Data dikumpulkan dengan wawancara dan observasi. Analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis interaktif Miles & Huberman. Analisis data penelitian tahap reduksi data merupakan tahap mengumpulkan seluruh informasi yang dibutuhkan dari hasil wawancara lalu di kelompokkan datanya. Tahap display data merupakan pemaparan data yang diperlukan dalam penelitian dan yang tidak perlu dibuang. Tahap penarikan dan verifikasi kesimpulan adalah tahap interpretasi data penelitian untuk ditarik kesimpulan berdasarkan fenomena yang didapatkan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Guru melaksanakan pembelajaran secara daring dengan menggunakan bermacam-macam cara, diantaranya yaitu dengan pembelajaran online melalui zoom meting dan google meet, Pembelajaran dengan pembuatan video, dan pembelajaran dengan menggunakan google classroom dan google form; (2) Beberapa guru melaksanakan pembelajaran secara luring dengan teknik home visit atau kunjungan belajar kelompok sesuai lokasi dan menggunakan teknik tatap muka bergiliran. Adapun salah satu kendala implementasi pembelajaran daring dan luring selama pandemi covid 19 di MI Al Hidayat adalah Guru mengalami kesulitan dalam mengelola pembelajaran jarak jauh yang masih terfokus dalam penuntasan kurikulum. Dan yang menjadi pendukung Pembelajaran Berbasis Daring dan Luring Selama Masa Pandemi Covid 19 di MI Al Hidayat adalah Guru dan siswa dapat berkomunikasi secara mudah melalui internet secara kapan saja kegiatan berkomunikasi itu dilakukan tanpa dibatasi oleh jarak, tempat, dan waktu.
Eko Murtiasih
Published: 15 September 2022
Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, Volume 8, pp 1018-1032; https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i3.327

Abstract:
Flipped classroom adalah sebuah metode pedagogis inovatif yang berfokus pada pengajaran yang berpusat pada peserta didik dengan membalik sistem pembelajaran kelas tradisional yang selama ini dilakukan oleh pengajar. Artinya peserta didik diberi bekal materi pada hari sebelum pembelajaran dilaksanakan melalui daring, yang disebut dengan “Kelas Terbalik”. Metode flipped classroom adalah metode yang menggabungkan pembelajaran blended (melalui interaksi tatap muka dan virtual/online). Pembelajaran tatap muka disebut juga dengan istilah sinkron (synchronous) dan pembelajaran mandiri atau online disebut juga dengan istilah askinkron (asynchronous). Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dan Jenis Penelitian ini menggunakan deskriptif, dengan instrumen pengumpulan data melalaui wawancara, pengamatan dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode flipped classroom pada masa pandemi covid 19 tepatnya pada masa PTM Terbatas, dapat menjadi solusi pembelajaran yang efektif dan efisien serta mengarah pada pembelajaran era digital yang menjadi salah satu ikon pembelajaran modern.
Farida, Lailatul Izzah, Ulil Hidayah
Published: 15 September 2022
Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, Volume 8, pp 931-944; https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i3.307

Abstract:
The purpose of this study is to increase students' interest in learning through the implementation of a method of discussing fiqh subjects at MI Nurul Ulum Probolinggo. The mission of education is to create a learning atmosphere so that students always learn well and enthusiastically. A demikain learning atmosphere will create positivity in learning by achieving maximum learning outcomes. The research method used is class action research (PTK) and observation using observer sheets. Based on the results of the study, it can be seen that student learning outcomes can increase if they apply the discussion learning model from cycle I to cycle II which is seen from student learning outcomes, in cycle I student learning outcomes obtain an average percentage of 70% which is an unfinished grade, but in cycle II, student learning performance increases with an average win rate of 80% with full marks. Thus, it can be concluded that the application of a discussion-based learning model can improve the fiqh learning outcomes of grade 1 MI Nurul Ulum students.
Ismatul Maula Ramadhani, Hastik Oktavianur Rahmawati, Fairuz Zubady Al Farizy
Published: 15 September 2022
Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, Volume 8, pp 902-914; https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i3.304

Abstract:
Pelaksanaan desain pembelajaran di sekolah masih banyak yang tidak sama dengan materi pokok yang diberikan. Oleh sebab itu, dalam menguasai materi pokok masih rendah sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai. Maka guru harus menggunkan desain pembelajaran yang dapat merubah siswa menjadi aktif ketika proses pembelajaran, kemudian membimbing siswa untuk bekerja sama dengan teman sebayanya. Maka guru disini dapat menggunakan desain pembelajaran yaitu desain kooperatif Student Teams Achievement Division. Pendekatan yang digunakan oleh peneliti yaitu pendekatan kualitatif menggunakan data yang bersumber dari guru, peserta didik serta wali murid. Pengumpulan hasil data dengan menggunakan teknik observasi berupa aplikasi zoom metting, wawancara melalui handphone dan berupa dokumentasi. Berikut adalah langkah-langkah dalam melaksanakan desain pembelajaran model kooperatif tipe STAD ini diantaranya adalah: Langkah utama. Persiapan mengenai perencanaan materi kemudian dilanjut dengan membentuk anggota. Langkah yang kedua. Tahap kegiatan inti adalah menjelaskan materi pokok pelajaran, sub tema materi, indikator pembelajaran, presentasi kelas kemudian membentuk kelompok yang setara. Langkah ketiga. Evaluasi berupa tes tulis dan lisan kemudian dijadikan dalam bentuk kuis. Langkah keempat. Pemberian punishment kepada individu dan juga kelompok dengan berdasarkan tingkatan kemampuan. Hasil data yang lain telah menunjukkan bahwa model desain pembelajaran tipe stad ini dapat mempengaruhi peningkatan pada minat belajar peserta didik.
Makmur Solahudin, Heru Sujiarto, Usep Kosasih, Achmad Mudrikah, Sutaryat Trisnamansyah
Published: 15 September 2022
Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, Volume 8, pp 597-572; https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i3.314

Abstract:
Memasuki era new normal saat ini, banyak perubahan pada di sektor kehidupan termasuk di dalamnya perubahan pada sektor pendidikan. Perkembangan teknologi digital dan dampak dari pandemic covid 19 mempercepat perubahan metoda pembelajaran. Saat ini pembelajaran bisa dilakukan baik secara daring, luring maupun hybrid, sehingga proses pembelajaran dapat harus selalu bertatap muka. Kondisi ini menjadikan harapan sekaligus tantangan tersendiri bagi mahasiswa dalam menyelesaikan tugas-tugas perkuliahan. Penelitian ini bertujuan menganalisa pengaruh dukungan sosial terhadap resiliensi akademik mahasiswa baik secara langsung maupun melalui efikasi diri mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pendekatan analisa jalur. Populasi adalah seluruh mahasiswa yang kuliah di Kota Depok dengan sampel sejumlah 410 mahasiswa yang diambil secara random sampling. Hasil penelitian menunjukan pengaruh langsung dukungan sosial terhadap resiliensi akademik sebesar 0,261, nilai sig. 0.000, pengaruh efikasi diri terhadap resiliensi akademik sebesar 0,233, sig. 0.000, pengaruh tidak langsung dukungan sosial terhadap resiliensi akademik melaui efikasi diri sebesar 0.099, pengaruh tidak langsung 0,233 < 0,261 (pengaruh langsung). Kesimpulan dukungan sosial berpengaruh langsung positif signifikan terhadap resiliensi akademik mahasiswa, namun efikasi diri tidak mampu memediasi berpengaruh dukungan sosial terhadap resiliensi mahasiswa secara signifikan.
Back to Top Top