Refine Search

New Search

Advanced search

Journal JOURNAL OF INFORMATICS AND TELECOMMUNICATION ENGINEERING

-
31 articles
Page of 4
Articles per Page
by
Insidini Fawwaz, Agus Winarta
JOURNAL OF INFORMATICS AND TELECOMMUNICATION ENGINEERING, Volume 2, pp 114-121; doi:10.31289/jite.v2i2.2169

Abstract:Games have the basic meaning of games, games in this case refer to the notion of intellectual agility. In its application, a Game certainly requires an AI (Artificial Intelligence), and the AI used in the construction of this police and thief game is the dynamic programming algorithm. This algorithm is a search algorithm to find the shortest route with the minimum cost, algorithm dynamic programming searches for the shortest route by adding the actual distance to the approximate distance so that it makes it optimum and complete. Police and thief is a game about a character who will try to run from police. The genre of this game is arcade, built with microsoft visual studio 2008, the AI used is the Dynamic Programming algorithm which is used to search the path to attack players. The results of this test are police in this game managed to find the closest path determined by the Dynamic Programming algorithm to attack players
Muhathir Muhathir, Susilawati Susilawati, Rizki Muliono
JOURNAL OF INFORMATICS AND TELECOMMUNICATION ENGINEERING, Volume 2, pp 92-98; doi:10.31289/jite.v2i2.2166

Abstract:Automatic speech recognition merupakan kemampuan untuk menerima dan mengidentifikasi kata-kata yang diucapkan dengan mengubah sinyal analog ke digital, dan mengekstraksi karakteristik vokal unik seperti pitch, frekuensi, nada dan irama untuk membentuk model speaker atau sampel suara. Sampel suara yang digunakan yaitu voice register, voice register adalah pembagian wilayah suara manusia berdasarkan sumber suara, sensasi ruang resonansi, bentuk, warna, timbre suara, dan tinggi rendahnya nada yang dihasilkan. Fast Fourier Transform digunakan sebagai transformasi untuk mengolah sample suara yang akan diklasifikasi. FFT dalam mentransormasikan sinyal voice register hanya mampu mengklasifikasikan dengan rata-rata true positive rate 65.4%.
Sugandi Chau, Jepri Banjarnahor, Dikky Irfansyah, Sinta Kumala
JOURNAL OF INFORMATICS AND TELECOMMUNICATION ENGINEERING, Volume 2, pp 69-76; doi:10.31289/jite.v2i2.2133

Abstract:Pencatatan kehadiran mahasiswa merupakan salah satu faktor penting dalam pengolahan kedisiplinan, kewajiban, dan ketaatan mahasiswa dalam mengikuti proses perkuliahan. Pencatatan kehadiran mahasiswa sebelumnya dilakukan dengan cara manual yaitu dengan menggunkan tanda tangan, pencatatan kehadiran dengan cara manual dapat menjadi penghambat pemantauan kedisiplinan, ketaatan mahasiswa dalam hal ketepatan waktu datang mahasiswa. Pencatatan kehadiran mahasiswa secara manual dapat diganti dengan pencatatan kehadiran mahasiswa secara terkomputerisasi yang menggunakan proses indentifikasi teknologi biometrik, untuk mengidentifikasi pola wajah mahasiswa digunakan metode bilateral filter, canny edge detection, haar-like feature, integral image, cascade classifier adaboost. Dari hasil pengujian, tingkat keberhasilan pencatatan kehadiran mahasiswa berdasarkan pola wajah dari masing-masing mahasiswa sebesar 70.43%.
Dedy Ristanto Hulu, Denny Irvan Sinuhaji, Mardi - Turnip
JOURNAL OF INFORMATICS AND TELECOMMUNICATION ENGINEERING, Volume 2, pp 141-145; doi:10.31289/jite.v2i2.2141

Abstract:Denyut Nadi pengembangan yang teraba pada pergelangan tangan diatas arteri radialis berupa gelombang tekanan yang mengembangkan dinding arteri pada saat gelombang tersebut menjalar. Dalam dunia medis dan olahraga, tekanan denyut nadi sangatlah penting karena dapat mengevaluasi dengan cepat kesehatan dan juga kebugaran seseorang secara umum serta dapat mengidentifikasi penyakit secara dini. namun jika ingin mengukur denyut nadi, kita harus pergi ke rumah sakit untuk mengetahui tekanan nadi tersebut, terutama pada olahragawan, sehingga dapat memakan biaya dan waktu yang cukup banyak. Oleh karena itu kami merancang alat deteksi denyut nadi berbasis android secara realtime yang dapat dioperasikan kapan saja dan dimana saja. Metode pengukuran denyut nadi ini menggunakan mikrokontroler dan berbasis android. Dimana perancangan deteksi nadi menggunakan cara sistem monitoring detak nadi yang meliputi perancangan perangkat keras dan sistem protokol komunikasi, Sedangkan perancangan software membuat diagram alir terlebih dahulu dari perangkat lunak yang akan direalisasikan (flowchart). Tujuan dari penelitian ini adalah dapat membantu semua orang atau tenaga medis dalam melakukan perhitungan denyut nadi secara digital. Tahapan-tahapan dari penelitian ini adalah meletakkan alat pada bagian tubuh seperti pada jari, telinga dan dahi yang selanjutnya diproses oleh Arduino UNO. Data hasil pengukuran yaitu Beat Per Minute (BPM) akan ditampilkan ke android, sehingga dapat memudahkan seseorang untuk memantau denyut nadi tanpa memakan waktu dan biaya yang banyak.
Amalia Ramadani, Tio Riris Rouli Sihombing, Iin - Parlina
JOURNAL OF INFORMATICS AND TELECOMMUNICATION ENGINEERING, Volume 2, pp 122-127; doi:10.31289/jite.v2i2.2160

Abstract:Pengembangan bisnis asuransi di saat yang berkembang pesat, dimana ini bisa membuat bingung dalam menentukan calon pelanggan untuk memilih opsi asuransi jiwa yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan mereka. Asuransi jiwa adalah bisnis dijasa yang memberikan jaminan kepada pelanggan ketika mereka mengalami perisitiwa yang beresiko hilang produktivitasnya menjadi keuangan. Namun, sebagian besar pelanggan benar-benar menyesal menjadi nasabah asuransi karena kurangnya pemahaman mereka untuk asuransi itu sendiri. Sistem informasi berbasis komputer dapat digunakan dalam memecahklan masalah pengambilan keputusan sering disebut sistem pendukung keputusan yang dapat membantu setiap orang dalam pilihan masalah yang dihadapi. Metode ini dapat digunakandalam pemilihan asuransi jiwa dinilai metode proses analisis dimana setiap alternatif akan dilakukan perengkingan untuk mendapatkan hasil terbaik. Sistem pendukung keputusan diharapkan dapat membantu calon pelanggan untuk memilih asuransi jiwa yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.
Buchari Herza, Reyhan Achmad Reyhan
JOURNAL OF INFORMATICS AND TELECOMMUNICATION ENGINEERING, Volume 2, pp 99-104; doi:10.31289/jite.v2i2.2163

Abstract:Pengenalan suara merupakan suatu teknik terapan bidang ilmu dari proses pengolahan sinyal digital yang telah banyak digunakan saat ini untuk berbagai macam keperluan, misalnya saja teknologi di bidang telekomunikasi sudah tidak hanya mampu menyediakan layanan pengiriman data text, tetapi juga sudah mampu melayani pengiriman data dengan menggunakan suara. Suara adalah fenomena fisik yang dihasilkan oleh getaran suatu benda yang berupa sinyal analog dengan amplitudo yang berubah secara kontinyu terhadap waktu. Artikel ini memaparkan pengenalan alat musik Batak Toba yang terdiri dari: alat musik taganing, serune, hasapi dan seruling. Adapun tujuan dilakukanya proses sampling suara yaitu untuk mendapatkan karakteristik dari suara tersebut yang akan digunakan sebagai pola acuan. Hasil percobaan menggunakan metode discrete cosine transform mampu mengenali 86% untuk kategori suara taganing, 77% untuk suara serune, 81% untuk suara hasapi, dan 79% suara seruling. Rata-rata hasil pengujian pada percobaan ini adalah 82% True Detection dan 18% False Detection.
Tommy Simatupang, Marselim Hengki Putra Edria Zendrato, Adhyaksa Putra Soaloon, Asido Silitonga, Fadhillah Azmi
JOURNAL OF INFORMATICS AND TELECOMMUNICATION ENGINEERING, Volume 2, pp 52-61; doi:10.31289/jite.v2i2.2158

Abstract:Pengenalan wajah (face recognition) memiliki banyak aplikasi seperti pada pemeriksaan keamanan, pencarian kembali gambar, dan sebagainya. Dengan metode aplikasi pengenalan wajah yang ada sekarang kebanyakan sistem pengenalan hanya menggunakan gambar wajah dengan satu macam ekspresi saja. Untuk itu dibutuhkan suatu aplikasi pengenalan wajah yang mampu mengenali wajah dengan berbagai ekspresi, seperti senyum, tertawa, marah, dan ekspresi lainnya. Aplikasi ini bukan hanya mampu mengenali ekspresi wajah tapi juga dapat mencari identitas personal seseorang dengan tingkat keakuratan yang lebih baik. Untuk mempercepat proses pencocokkan wajah, maka ciri wajah tersebut dapat disederhanakan lagi dengan membuang data yang kurang relevan. Metode pengenalan wajah ini dikenal dengan nama metode Feature Reduction. Tools yang digunakan untuk melakukan analisis dan desain adalah Unified Modeling Language. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi untuk mengenali wajah manusia dengan menggunakan metode Feature Reduction.
Susilawati Susilawati, Muhathir Muhathir
JOURNAL OF INFORMATICS AND TELECOMMUNICATION ENGINEERING, Volume 2, pp 77-91; doi:10.31289/jite.v2i2.2162

Abstract:Restricted boltzmann machines (RBM) merupakan algoritma pembelajaran jaringan syaraf tanpa pengawaas (unsupervised learning) yang hanya terdiri dari dua lapisan yang visible layer dan hidden layer. Kinerja RBM sangat dipengaruhi oleh parameter-parameternya seperti fungsi aktivasi yang digunakan untuk mengaktifkan neuron pada jaringan dan learning rate serta momentum untuk mempercepat proses pembelajaran. Pemilihan fungsi aktivasi yang tepat sangat mempengaruhi kinerja dalam menentukan Mean Square Error (MSE) pada jaringan saraf RBM. Fungsi aktivasi yang digunakan pada jaringan RBM adalah fungsi aktivasi sigmoid. Beberapa varian dari fungsi aktivasi sigmoid seperti fungsi sigmoid biner dan sigmoid tangen hiperbolik (tanh). Dengan menggunakan dataset MNIST untuk pembelajaran dan pengujian, terlihat bahwa tingkat keberhasilan untuk klasifikasi pada fungsi aktivasi sigmoid biner, ditentukan oleh nilai MSE yang kecil. Berbeda dengan fungsi aktivasi tangen nilai MSE menaik seiring bertambahnya jumlah epoch. Fungsi aktivasi sigmoid biner dengan learning rate 0.05 dan momentum 0.7 memiliki tingkat pengenalan tulisan tangan yang tinggi sebesar 93.42%, diikuti dengan learning rate 0.01 momentum 0.9 yakni 91.92%, learning rate 0.05 momentum 0.5 yakni 91.31%, learning rate 0.01 momentum 0.7 sebesar 90.56% dan terakhir learning rate 0.01 momentum 0.5 sebesar 87.49%.
Fadhillah Azmi, David David, Sherly Sherly, Sirano Lahagu
JOURNAL OF INFORMATICS AND TELECOMMUNICATION ENGINEERING, Volume 2, pp 62-68; doi:10.31289/jite.v2i2.2157

Abstract:Citra digital memiliki noise yang menyebabkan citra menjadi kurang halus, kesalahan dalam mengambil citra yang menyebabkan citra terlalu terang atau gelap, serta ketidakjelasan gambar. Oleh sebab itu perlu ada perbaikan citra yang merupakan bagian dari pengolahan citra, yaitu salah satu algoritma retinex yang digunakan untuk memperbaiki ketetapan warna (color constancy), dan histogram equalization digunakan untuk memodifikasi histogram citra, yaitu dengan mengubah derajat keabuan citra dengan pixel baru. Dengan algoritma retinex diperoleh nilai SNR adalah 14.5157 dan dengan menggunakan histogram equalization nilai SNR adalah 10.7565.
Trismalia Hasanah, Hany Juliana S.Sitio, Iin - Parlina
JOURNAL OF INFORMATICS AND TELECOMMUNICATION ENGINEERING, Volume 2, pp 128-131; doi:10.31289/jite.v2i2.2161

Abstract:Sistem Pendukung keputusan adalah sebuah sistem yang dapat digunakan untuk membantu seseorang maupun lembaga dalam pengambilan keputusan. Penentuan jurusan merupakan kegiatan strategis, terutama sangat berguna bagi masyarakat yang ingin mendaftar ke Yayasan Muhammad Nasir. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan adalah dengan menggunakan metode Multi-Objective Optimization on the basis of Ratio Analysis atau biasa disebut MOORA. Metode MOORA ini metode yang memiliki kalkulasi yang sederhana. Dan dari penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metode MOORA didapatkan bahwa A4 merupakan jurusan terbaik.
Page of 4
Articles per Page
by