Journal Information
ISSN / EISSN : 0854-1922 / 2355-956X
Current Publisher: Universitas Nusantara PGRI Kediri (10.29407)
Total articles ≅ 46
Filter:

Latest articles in this journal

Tri Asih Wahyu Hartati, Luthfie Lufthansa, Eva Nurul Malahayati
Published: 19 November 2020
Efektor, Volume 7, pp 127-131; doi:10.29407/e.v7i2.14756

Abstract:
Bahan ajar menjadi salah satu faktor yang dapat berpengaruh terhadap kelancaran proses pembelajaran dan hasil belajar mahasiswa (Ardiansyah, Corebima, & Rohman, 2016). Mata kuliah Desain dan Strategi Pembelajaran merupakan Mata kuliah wajib yang diajarkan pada jenjang S1 Program Studi Pendidikan Jasmani kesehatan dan Rekreasi di IKIP Budi Utomo. Bahan ajar Mata kuliah Desain dan Strategi Pembelajaran yang digunakan saat ini terbatas pada bahan ajar cetak yang berisi uraian materi.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebutuhan mahasiswa dalam pembelajaran Mata kuliah Desain dan Strategi Pembelajaran terutama dalam penyediaan sumber belajar di IKIP Budi Utomo. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi IKIP Budi Utomo Angkatan 2018. Sampel penelitian menggunakan random sampling. Pengumpulan data melalui wawancara dengan Dosen Pengampu Mata kuliah dan angket mahasiswa. Hasil wawancara menunjukkan bahwa bahan ajar yang digunakan selama ini masih terbatas pada bahan ajar cetak yang berisi uraian materi desain dan strategi pembelajaran secara umum, belum ada contoh spesifik desain pembelajaran Pendidikan Jasmani dan juga konsep penting pembelajaran penjas. Hasil analisis angket kebutuhan mahasiswa menunjukkan bahwa: 1) bahan ajar yang diperlukan mahasiswa berupa bahan ajar elektronik (e-book), 2) materi di dalam bahan ajar merupakan materi yang terkait dengan spesifikasi bidang ilmu yaitu pembelajaran pendidikan jasmani.
Fina Nurul Baidlok, Elis Irmayanti, Bayu Surindra
Published: 19 November 2020
Efektor, Volume 7, pp 117-126; doi:10.29407/e.v7i2.14918

Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya tingkat pencapaian siswa terhadap suatu mata pelajaran dikarenakan pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah konvensional dan kurang kreatif. Hal tersebut nampak dari rendahnya nilai psikomotor siswa yang akhirnya berdampak pada hasil belajar menjadi rendah. Selain itu, fasilitas sekolah belum merata sehingga memberikan dampak terhadap tingkat antusias siswa untuk mengikuti pembelajaran. Maka dari itu tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses pengembangan perangkat dan model pembelajaran Open Ended Learning melalui media audiovisual dan media grafis pada materi media promosi untuk pemasaran produk. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan dengan subyek penelitian tim ahli/ pakar yang terdiri dari tiga orang ahli pada bidangnya masing-masing. Penelitian dilaksanakan dengan dua tahapan yaitu dua kali uji validasi ahli. Hasil dari penelitian pengembangan ini menunjukan kriteria yang sangat baik dengan nilai tingkat validitas pertama perangkat silabus memperoleh prosentase 86,5%, tahap validasi kedua dengan prosentase 93,5%. Pada tingkat validitas RPP pada uji validitas pertama memperoleh prosentase 88,3%, sedangkan pada tahap kedua memperoleh prosentase 97%. Sedangkan pada uji validitas LKS pada tahap uji validasi pertama memperoleh hasil prosentase 83,3%, sedangkan pada tahap kedua dengan perolehan prosentase 90%.
Aprilia Dwi Handayani, Dema Yulianto, Samijo Samijo, Dian Devita Yohanie, Darsono Darsono
Published: 19 November 2020
Efektor, Volume 7, pp 132-141; doi:10.29407/e.v7i2.14994

Abstract:
Perkembangan kognitif yang harus diperhatikan pada anak usia TK diantaranya adalah kemampuan berhitung yang mencakup konsep penjumlahan dan pengurangan. Akan tetapi, dalam prakteknya, konsep matematika yang abstrak tidak selalu dapat diterima dengan baik oleh siswa usia TK. Sebagian siswa TK masih mengalami kesulitan dalam menjumlahkan angka-angka secara abstrak. ada pula siswa yang kurang mampu menuliskan banyaknya jumlah benda ke dalam simbol angka. Oleh karena itu, untuk mendukung perkembangan anak secara optimal diperlukan stimulan yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar untuk memperkenalkan konsep penjumlahan dan pengurangan bagi TK kelompok B dengan menggunakan pendekatan Iceberg. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahan ajar yang disusun termasuk dalam kategori layak dan dapat digunakan untuk menjadi bahan ajar penunjang pembelajaran berhitung pada anak usia TK
Sri Aliami, Ema Nurzainul Hakimah
Published: 19 November 2020
Efektor, Volume 7, pp 98-108; doi:10.29407/e.v7i2.14473

Abstract:
Bisnis pendidikan merupakan bisnis jasa. Membangun dan menjaga kepercayaan serta memberikan nilai kepuasan merupakan prinsip utama berbisnis. Berdasarkan fakta, perguruan tinggi harus dapat mengelola sumber daya untuk memenuhi harapan mahasiswa. Adapun kajian dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran jasa dan citra terhadap kepuasan secara parsial maupun simultan. Bauran pemasaran jasa digambarkan oleh produk, harga, saluran distribusi, promosi, orang yang terlibat dengan perusahaan, lingkungan fisik, dan proses. Citra terdiri atas reputasi, tradisi, dan identitas perguruan tinggi. Kepuasan mahasiswa ditandai dengan adanya hasrat pembelian ulang, rendahnya hasrat mengajukan keluhan, merekomendasi ke orang lain, adanya rasa bangga, dan berusaha tetap mematuhi peraturan. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri. Sampel penelitian sejumlah 81 mahasiswa dengan teknik proportional stratified sampling. Data dikumpulkan melalui angket dengan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini membuktikan apabila bauran pemasaran jasa dan citra berpengaruh signifikan secara terpisah maupun bersama-sama terhadap kepuasan.
Selena Blandina, Alvin Noor Fitrian, Wulan Septiyani
Published: 19 November 2020
Efektor, Volume 7, pp 181-190; doi:10.29407/e.v7i2.15043

Abstract:
Pandemi Covid-19 telah melanda dunia khususnya Negara Indonesia. Pandemi Covid-19 tidak hanya berdampak pada peningkatan korban jiwa, tetapi juga berdampak luas dan langsung terhadap penurunan perekonomian dunia. Data dari Badan Pusat Statistik melaporkan pertumbuhan ekonomi Indonesia mengalami kontraksi sebesar 5,32% pada triwulan II tahun 2020. Kemudian pada triwulan pertama mengalami kontraksi sebesar 6,13% yang merupakan rekor terburuk perekonomian sejak tahun 1999. Prediksi bahwa ekonomi global akan memasuki resesi yang sangat tajam hingga akhir kuartal I tahun 2020 telah diinformasikan oleh International Monetery Fund dan World Bank. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi-strategi yang dapat ditempuh oleh Indonesia dalam menghadapi ancaman resesi ekonomi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dimana data-data diperoleh dari studi literatur yang dianalisis mendalam. Hasil kajian ini diperoleh strategi bagi pemerintah Indonesia untuk menghadapi ancaman resesi antara lain kemampuan fiskal dan moneter pemerintah; perbaikan produktivitas; daya saing; investasi; dan perekonomian dunia. Selain peran pemerintah, masyarakat juga memiliki peran untuk seperti melakukan pengembangan inovasi bisnis startup dan mendukung para pelaku usaha UMKM sebagai upaya mendorong pertumbuhan ekonomi agar tetap berjalan di tengah krisis ekonomi akibat wabah Covid-19.
Rahadian Fatawi, Nur Aini Latifah
Published: 19 November 2020
Efektor, Volume 7, pp 142-147; doi:10.29407/e.v7i2.14983

Abstract:
Bagi siswa SMK dunia kerja adalah keinginan ketika menapaki dan memilih dalam melanjutkan studi. Bisa dikatakan mayoritas siswa SMK mempunyai cita-cita dan keinginan yang sama yakni tamat dari SMK untuk mendapatkan pekerjaan. Karena sesuai tujuan, pendidikan di SMK dirancang untuk menciptakan tenaga Terampil siap kerja kelas menengah. Maka tidak heran bila siswa SMK berkeinginan kuat untuk sebisa mungkin mendapatkan pekerjaan setelah lulus sekolah. Maka untuk membantu keinginan kuat dari para siswanya SMK diharapkan merancang sebuah Strategi untuk membantu memasarkan ke Dunia Usaha dan Dunia Industri. Dimana strategi ini diharapkan dapat disusun secara komprehensif dan terus menerus serta disesuaikan dengan kebutuhan Dunia Usaha dan Dunia Industri. Selain menyusun strategi, SMK juga harus membangun Networking Dunia Usaha dan Dunia Industri yang sesuai dengan Program Keahlian yang dipunyai SMK. Maka, kolaborasi pengembangan strategi pemasaran dan membangun networking dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri diharapkan lulusan SMK semaksimal mungkin dapat diserap di Dunia Kerja.
Ika Vidiasari Aristawati
Published: 19 November 2020
Efektor, Volume 7, pp 171-180; doi:10.29407/e.v7i2.14944

Abstract:
Penelitian Tindakan Kelas ini dilatar belakangi kurangnya keaktifan siswa terutama kelas X TKRO 01 SMK Negeri 1 Trenggalek tahun pelajaran 2018/2019 dalam bersikap ilmiah dan ketuntasan belajar klasikal yang rendah. Berdasarkan perolehan data prosentase keaktifan siswa sebesar 42,86 %. Karena hal tersebut maka mempengaruhi hasil belajar siswa yang cenderung rendah sekitar 54,29 % dari hasil yang diharapkan atau batas standar minimum ketuntasan. Hal tersebut didasarkan dari perolehan hasil belajar pada materi sebelumnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas menggunakan model penelitian adaptasi dari gabungan Sanford dan Kemmis. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, satu siklus dilaksanakan sebanyak dua kali tindakan penelitian. Subjek penelitian adalah kelas X TKRO 01 sebanyak 35 siswa.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan hasil observasi dan tes tulis. Data berupa hasil belajar dalam bentuk penilaian ketiga aspek antara lain sikap, keterampilan dan pengetahuan dengan menggunakan instrumen tes dan rubrik pengamatan. Hasil tes pada siklus I berdasarkan data perolehan prosentase ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 74,29 % dengan rata-rata hasil perolehan nilai 71,81. Prosentase ketuntasan tersebut masih di bawah standar ketuntasan minimun secara klasikal. Sedangkan untuk penilaian keaktifan, prosentase keaktifan siswa dalam bersikap ilmiah mencapai 71,43 % dengan jumlah siswa aktif 25 dari 35 siswa. Penilaian keterampilan mencapai prosentase 71,43 % dengan nilai rata-rata keterampilan sebesar 63,81. Hasil tes pada siklus II berdasarkan data perolehan prosentase ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 85,71 % dengan rata-rata hasil perolehan nilai 76,00. Sedangkan untuk penilaian keaktifan, prosentase keaktifan siswa dalam bersikap ilmiah mencapai 85,71 % dengan jumlah siswa aktif 30 dari 35 siswa dan penilaian keterampilan mencapai prosentase 82,86 % dengan nilai rata-rata keterampilan sebesar 77,14. Berdasarkan perolehan prosentase nilai hasil belajar dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 11,42 % untuk nilai pengetahuan, sedangkan keaktifan siswa dalam bersikap ilmiah meningkat sebesar 11,43 %, sedangkan keterampilan siswa meningkat sebesar 14,28 % sehingga pembelajaran dengan metode brainstroming dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Dewi Puspita Sari, Ika Wahyu Priratmaningtyas, Komala Sari, Ismi Nur Afifah, Halisa Halisa, Tri Astuti
Published: 19 November 2020
Efektor, Volume 7, pp 164-170; doi:10.29407/e.v7i2.15042

Abstract:
Pekan Siaga Bencana Pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) merupakan program yang dilaksanakan untuk menjawab permasalahan yang dihadapi oleh Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa Manunggal Slawi. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui perkembangan pengetahuan dan keterampilan ABK melalui program pekan siaga bencana secara daring dengan memberikan pelatihan pada Anak Berkebutuhan Khusus tentang siaga bencana melalui aplikasi zoom dan youtube; Memberikan pelatihan pada Anak Berkebutuhan Khusus untuk bertindak cepat dalam penyelamatan diri melalui aplikasi zoom; Memberikan kegiatan pada Anak Berkebutuhan Khusus tentang siaga bencana melalui aplikasi zoom dan youtube. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipasi yang dilakukan melalui aplikasi teleconference zoom yang dilaksanakan oleh peneliti bersama ABK. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus-September 2020. Melalui program pekan siaga bencana, pengetahuan dan keterampilan ABK tentang kebencanaan menjadi meningkat. Program ini dapat dikatakan berhasil dan dapat dijadikan percontohan bagi pihak lain dalam melaksanakan pendidikan siaga bencana kepada ABK secara daring.
Alfa Reza Silvia Putri, Gamaliel Septian Airlanda
Published: 19 November 2020
Efektor, Volume 7, pp 109-116; doi:10.29407/e.v7i2.14978

Abstract:
Berdasarkan hasil observasi terdapat permasalahan pada peserta didik sekolah dasar yaitu kurang maksimalnya hasil belajar pada materi operasi hitung pecahan matematika. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan media game PEKA (Pecahan Matematika) yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada materi pecahan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Media game PEKA dibuat untuk memudahkan penyampaian materi dan pemahaman peserta didik dalam materi pecahan. Dalam penelitian dan pengembangan ini penulis menggunakan model yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah: (1) Penelitian dan pengembangan informasi awal, (2) Perencanaan, (3) Pengembangan draf produk awal, (4) Uji coba awal, (5) Revisi produk. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan media game PEKA mendapat skor dengan kriteria sangat baik sehingga layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Rata-rata yang diperoleh dari ahli materi adalah 84% dengan kriteria penilaian sangat baik dan rata-rata yang diperoleh dari ahli media adalah 92% dengan kriteria penilaian sangat baik.
IS Fadhillah, Tri Wulan
Published: 19 November 2020
Efektor, Volume 7, pp 148-163; doi:10.29407/e.v7i2.15233

Abstract:
Saat ini tenaga pendidik mempunyai tugas besar dalam peranannya terhadap keberhasilan anak bangsa. Salah satu permasalahan yang mendasar saat ini yang banyak terjadi di kalangan mahasiswa sebagai generasi penerus adalah kecenderungan terjadinya degradasi moral .Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman tenaga pendidik terhadap fenomena sosial yang terjadi pada jati diri mahasiswa, sehingga perlu diterapkannya program pembentukan character building pada mahasiswa sebagai upaya pengembangan identitas diri mahasiswa, serta mengidentifikasi upaya apa saja yang dilakukan tenaga pendidik dalam mengimplementasikan character building dalam diri mahasiswa Sekolah Tinggi Kesehatan Ganesha Husada Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus, pada kerangka ini analisis paradigmatik teori konstruksi sosial yang digunakan dalam menganalisis bahan data dari character building. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam. Hasil penelitian diperoleh, langkah konstruksi sosial mengenai character building di lingkungan kampus Stikes Ganesha Husada Kediri diantaranya yang paling menonjol adalah setting kurikulum. Modal dari keteladanan pada diri setiap dosen, internalisasi character building yang menjadi ikon plus dengan cepat mudah difahami dan dipraktekkan mahasiswa. Oleh karena itu, nilai-nilai implementatif dari character building pada akhirnya dapat menjadi budaya baru bagi mahasiswa Stikes Ganesha Husada Kediri
Back to Top Top