Journal Information
ISSN / EISSN : 0854-1922 / 2355-956X
Published by: Universitas Nusantara PGRI Kediri (10.29407)
Total articles ≅ 56
Filter:

Latest articles in this journal

Novialita Angga Wiratama, Agustin Agustin
Published: 27 May 2021
Efektor, Volume 8, pp 69-78; https://doi.org/10.29407/e.v8i1.15882

Abstract:
The primary school learning process in implementing the 2013 curriculum is carried out in an integrated manner with the theme of linking between subjects so that it is expected to provide meaningful learning experiences for students. Teachers determine student success in learning so that superior human resources are created through the educational process. The module is a printed teaching material that teachers can use to present learning material. Therefore it is necessary to develop a learning module. The purpose of this development research was to determine the effectiveness of the module with the theme of the solar system, the sub-theme of the change in the appearance of celestial bodies in SDN Gedongombo 6, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban in fourth grade students. The research procedure uses the Four-D model according to Thiagarajan. The data collection instrument for this module development research consists of an assessment instrument for the subject matter expert learning module, an assessment instrument for the linguist learning module, an assessment instrument for the learning module for media experts, and a student questionnaire. From the final results of module development that have been validated by experts, it is obtained data that the module in the content criteria has an SPV value of 85.94%. The assessment of the accuracy of the narrative language was 90.83% after a revision was made according to the suggested validation results. Evidence of the final test data using the module shows the achievement of KKM 75 by 21 students out of 25 students.
Anis Rahmawati, Layna Lutfiani, Zulvita Rahma Yunia, Isma'Iddatur Rofiqoh, Fitri Fatimatuz Zahrok, Destiana Wahyuningtyas
Published: 27 May 2021
Efektor, Volume 8, pp 79-88; https://doi.org/10.29407/e.v8i1.15708

Abstract:
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif deskriptif. Tujuan peneltian ini, untuk mengetahui bagaimana pengaruh adannya pandemi Covid 19 terhadap indeks pembangunan ekonomi inklusif. Untuk melakukan penelitian tersebut, metode yang digunakan yakni metode kuantitatif dengan uji statistika antar variabel dependen denganvariabe independen guna memberikan hasil yang dapat dijelaskan dengan angka. Hal tersebut didasarkan pada analisis data dan tekhnik pengumpulan data yang sudah relevan yang diperoleh dari berbagai penelitian terdahulu dan situs resmi yang mengeluarkan data tersebut. Sumber data dalam penelitian menggunakan data sekunder. Data tersebut berupa dokumen-dokumendan laporan-laporan, yang berupa suatu gambaran umum mengenai lokasi penelitian serta data yang relevan dengan sebuah penelitian. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dari berbagai literature jurnal ilmiah yang ditelaah serta diolah. Hasl uji menunjukkan bahwasannya adannya pengaruh yang signiikan antara covid 19 terhadap pertumbuhan ekonomi inklusi jawa timur. Dimana pandemi Virus Covid-19 telah menimbulkan berbagai dampak yang cukup signifikan di sektor perekonomian domestic dan pada keberadaan UMKM di negara dan bangsa. Dampak dari Covid-19 yang sudah menyebabkan economic shock, juga sangat berpengaruh terhadap ekonomi,baik secara perorangan usaha mikro kecil menengah, perekonomian negara yang mencangkup dari local, nasional serta global.
Veny Iswantiningtyas
Published: 27 May 2021
Efektor, Volume 8, pp 9-20; https://doi.org/10.29407/e.v8i1.15835

Abstract:
Pendidikan anak usia dini merasakan dampak buruk akibat adanya pandemi covid-19. Pemerintah mengambil kebijakan untuk melakukan kegiatan pembelajaran jarak jauh. Agar anak usia dini tetap mendapatkan haknya berupa pendidikan, guru dan orang tua menggunakan pendekatan belajar di rumah. Selama kegiatan belajar di rumah guru dan orang tua mempunyai tantangan yang harus di hadapi. Orang tua memegang peran penting akan pendidikan selama anak belajar di rumah, misalnya untuk mengembangkan kognitif anak. Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan kognitif adalah lingkungan sekolah. Dimasa pandemi ini, hampir seluruh sekolah melakukan kegiatan belajar mengajar menggunakan sistem daring, sehingga sedikit banyak akan dapat mempengaruhi capaian perkembangan kognitif anak. Tujuan dilakukan penelitian untuk mengetahui capaian perkembangan kognitif anak usia dini selama belajar dirumah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subyek anak kelompok B TK Kusuma Mulia Sidomulyo I Puncu kediri, dimana dalam penggumpulan data menggunakan lembar penilaian capaian perkembangan kognitif dengan melibatkan guru, alasan utama peneliti memilih guru karena peneliti tidak dapat melakukan pengamatan secara langsung kepada anak tentang capaian perkembangan kognitif. Pengisian lembar penilaian capaian perkembangan kognitif yang dilakukan oleh guru berdasarkan data yang diperoleh selama 1 semester, hasil penelitian membuktikan bahwa selama belajar di rumah capaian perkembangan kognitif anak tetap tercapai.
Diah Puspita Andini, Marlinah Marlinah, Nurchahyani Nurchahyani, Sesiyana Apriyanti, Esnirani Silaban, Irma Yuliantina
Published: 27 May 2021
Efektor, Volume 8, pp 89-97; https://doi.org/10.29407/e.v8i1.15880

Abstract:
Peningkatan pembelajaran pada RA Al Muttaqin melalui kegiatan motorik kasar dengan Aplikasi Whats App. Kegiatan penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode luring (Visit School) dan daring (Aplikasi Whats App) sebagai pemecah masalah kegiatan belajar mengajar (KBM) di RA Al Muttaqin di masa pandemi covid-19. Berdasarkan hasil kegiatan fisik motorik melalui pembelajaran berbasis whatsapp tatap terlaksana sesuai harapan, dengan membuat vidio pembelajaran untuk mengetahui perkembangan motorik kasar pada anak. Secara umum, pembelajaran daring berbasis whatsapp menantang kreatifitas guru, dalam merencanakan program pembelajaran yang menarik dan menyenangkan dengan membangun kerjasama antara guru, orang tua dan peserta yaitu menjadi solusi terbaik di pandemi covid-19 yang menuntut untuk jaga fisik.
Pupung Puspa Ardini, Saskiawati Yusup, Setiyo Utoyo
Published: 27 May 2021
Efektor, Volume 8, pp 53-58; https://doi.org/10.29407/e.v8i1.15879

Abstract:
Tujuan penelitian untuk mengkaji data empirik pengaruh kegiatan menganyam pada tingkat konsentrasi seorang anak. Metode penelitian dipilih jenis Eksperimen dengan pre-experimental (one group pretest-posttest design. Hasil perolehan penelitian dengan jumlah sampel 30 anak terdapat adanya terkait perbedaan rata-rata hasil pretest beserta posttest. Hal ini dapat dilihat pada data pretest memperoleh 15,97 dan standar deviasi 1,47352. Hasil data posttest memperoleh 29,07 dan standar deviasi 2.09981. Hasil tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikansi pra dan setelah perlakuan. Tampilan analisis uji hipotesis diketahui bahwa thitung ≤ ttabel yaitu 0,000 ≤ 0,05 pada taraf signifikan 5% maka hipotesis dinyatakan diterima. Sehingga hipotesis bunyi penelitian diperoleh bahwa terdapat adanya pengaruh kegiatan menganyam pada konsentrasi anak.
Marina Nur Cahyaningrum, Norida Canda Sakti
Published: 27 May 2021
Efektor, Volume 8, pp 21-33; https://doi.org/10.29407/e.v8i1.15804

Abstract:
Penelitian ini dilaksanakan atas dasar permasalahan karena sedikitnya pilihan media pembelajaran yang digunakan oleh guru pada bahasan materi yang kompleks. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menentukan kelayakan media, respon peserta didik, dan hasil belajar peserta didik sesudah difungsikannya media pembelajaran interaktif berbasis android. Penelitian ini mengadopsi model pengembangan 4D yang hanya sampai pada tahap pengembangan (develop). Penelitian ini dilaksanakan pada 20 peserta didik kelas XI IPS di SMAN 5 Tuban dengan cara wawancara dan angket yang dianalisis menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian yaitu media pembelajaran interaktif berbasis android yang berformat APK pada materi APBN dan APBD. Hasil validasi memperoleh simpulan sangat layak yang terdiri dari ahli materi 100%, ahli media 97,5%, ahli evaluasi 78,67%, ahli kepraktisan media 100%, dan ahli efektivitas media 100%. Peserta didik memberikan respon positif dengan hasil 97% dan dapat mendorong meningkatnya hasil belajar yang tinggi dengan perolehan nilai rata-rata Gain Score 0,72 dan ketuntasan klasikal posttest mencapai 95%. Jadi, media pembelajaran interaktif berbasis android mampu meningkatkan hasil belajar.
Andri Pitoyo
Published: 27 May 2021
Efektor, Volume 8, pp 59-68; https://doi.org/10.29407/e.v8i1.15868

Abstract:
Penelitian ini menekankan pada deskripsi pemakaian (1) kohesi leksikal berupa repetisi pada rubrik Pembaca Menulis Koran Jawa Pos, (2) kohesi leksikal berupa sinonim pada rubrik Pembaca Menulis koran Jawa Pos, dan (3) kohesi leksikal berupa antonim pada rubrik Pembaca Menulis koran Jawa Pos. Koran merupakan sumber berita tertulis yang dapat dibaca setiap saat. Selain menyajikan berita yang terjadi di sekitar masyarakat, koran juga menjadi tempat untuk menuangkan aspirasi, salah satunya adalah rubrik Pembaca Menulis koran Jawa Pos edisi Mei dan Juni 2020.Wacana yang baik dan utuh mensyaratkan kalimat-kalimat yang kohesif baik secara gramatikal maupun leksikalnya. Sumber data penelitian ini adalah koran koran Jawa Pos bulan Mei dan Juni 2020 yang diambil secara random. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan rancangan analisis wacana kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam rubrik Pembaca Menulis koran Jawa Pos edisi Mei dan Juni 2020 terdapat repetisi, sinonim, dan antonim.
Desti Pujiati, Dema Yulianto
Published: 27 May 2021
Efektor, Volume 8, pp 45-52; https://doi.org/10.29407/e.v8i1.15857

Abstract:
Tantangan bidang pendidikan yang perlu diupayakan melalui TI (Teknologi Informasi) saat pandemi Covid-19. Teknologi informasi dikalangan pendidikan, pendidik dan program sekolah masih menjadi bahan diskusi yang menarik. Kuota gratis dari Kemendikbud sebagai upaya membantu proses pembelajaran peserta didik. Mulai dari jenjang usia PAUD hingga jenjang perguruan tinggi. Metode penelitian kombinasi, menggunakan teknik pengambilan sampel purposive samplingdigunakan pada penelitian ini. Cara mengumpulkan data dengan melakukan pembagian kuisioner dan wawancara. Pembelajaran selama pandemi Covid-19 para pendidik di Kabupaten Banyumas mulai mengembangkan dan memperdalam kapabilitas Teknologi Informasi yang sangat dibutuhkan. Hasil yang didapat pemanfaatan IT di Kabupaten Banyumas yang sudah tersedia sangat baik, signal yang mendukung kuota penuh disubsidi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Fasilitas media yang digunakan menggunakan Hp, laptop, aktivitas media sosial fb, Instagram, whattshap group, email, zoom, dan google meet. Segala upaya dilakukan untuk memperjuangkan keberhasilan pendidikan di setiap kecamatan di Kabupaten Banyumas. Sejalan dengan ahli pendidikan abad 21 memiliki empat keterampilan dalam pembelajaran komunikasi aktif, kolaboratif, pemikiran yang lebih tinggi dan pemecahan masalah dalam kaitannya dengan dunia pendidikan. Beberapa upaya yang telah dilakukan dapat berupa peningkatan pembelajaran dan pengembangan kreativitas pendidikan. Keberhasilan pembelajaran komponen satu dengan yang lain saling mempengaruhi.
Nur Lailiyah, Favorita Kurwidaria, Farida Indri W, Sumarlam Sumarlam
Published: 27 May 2021
Efektor, Volume 8, pp 34-44; https://doi.org/10.29407/e.v8i1.15481

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis unsur teks, interpretasi dan eksplanasi menggunakan pendekatan analisis wacana kritis. Strategi tekstual berfokus tentang pemilihan kosakata yang tepat dan penggunaan tata bahasa tertentu. Metode yang digunakan adalah, metode simak-bebas-libat-cakap (SBLC) dengan teknik catat. Jenis penelitian kualitatif deskriptif, sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan mengacu pada kerangka dimensi analisis wacana Fairclough yaitu: analisis teks yaitu deskripsi, interpretasi dan eksplanasi yang akan digunakan sebagai teknik dalam analisis data. Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: pertama, jenis kalimat yang digunakan meliputi direktif, interogatif dan imperatif yang juga merupakan strategi bagi pemroduksi teks dalam menunjukkan ideologinya, serta penilaian secara tidak langsung terhadap partisipan. Kedua, kosakata yang digunakan memiliki tujuan untuk menegaskan, dan mengaburkan maksud yang sebenarnya. Selain kosakata tersebut, analisis tekstual juga meliputi aspek ketatabahasaan dengan mendayagunakan ketransitivan, kalimat positif-negatif, dan modalitas, serta men-dayaguna-kan struktur tekstual yang sesuai dengan piramida terbalik dengan menggunakan pola konstruksi teks berita. Sehingga dalam dimensi sosial-kultural adanya perubahan situasi, perubahan instritusi dan perubahan sosial.
Nadhirotul Laily, Ima Fitri Sholichah
Published: 26 May 2021
Efektor, Volume 8, pp 1-8; https://doi.org/10.29407/e.v8i1.15916

Abstract:
Pengembangan pembelajaran berdasarkan potensi inteligensi anak usia dini sangat terbatas Riset ini memiliki tujuan supaya bisa memahami deskripsi potensi inteligensi anak usia dini, yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Ada 5 anak yang menjadi subjek pada riset ini. Penggunaan instrumen adalah tes inteligensi, pengamatan dan dokumentasi. Analisis data dalam riset ini yaitu model analisis interaktif. Luaran riset menujukkan jika 5 anak (2 laki-laki dan 3 perempuan) memiliki kemampuan IQ dengan kategori di bawah rata-rata sampai dengan kategori superior. Berdasarkan asesmen inteligensi tersebut dapat menjadi acuan bagi lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) untuk merancang kurikulum berbasis perkembangan anak dan ditinjau dari potensi inteligensi untuk meningkatkan proses belajar-mengajar. Pemanfaatan pendidikan berbasis perkembangan anak dapat meningkatkan kemampuan anak untuk menunjang perkembangan di masa yang akan datang.
Back to Top Top