Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi

Journal Information
ISSN / EISSN : 2460-3465 / 2476-8812
Published by: Universitas Andalas (10.25077)
Total articles ≅ 162
Current Coverage
DOAJ
Archived in
SHERPA/ROMEO
Filter:

Latest articles in this journal

Budi Prasojo, Emy Haryatmi
Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi, Volume 7, pp 79-89; https://doi.org/10.25077/teknosi.v7i2.2021.79-89

Abstract:
Perkembangan di Indonesia saat ini tidak terlepas dari pernanan lembaga keuangan dengan salah satunya adalah perbankan. Bank memiliki peran dalam meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan suatu Negara [1]. Perbankan memiliki fungsi sebagai lembaga yang memiliki peran sentral dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi suatu Negara. Dalam melakukan analisa pemberian kredit perbankan harus memerhatikan Prinsip-prinsip pemberian kredit[3]. besar kecilnya tingkat kredit yang disalurkan oleh bank kepada pihak lain ataupun masyarakat dipengaruhi oleh beberapa faktor [4]. Data dalam jumlah besar pada perbankan khususya perkreditan tersebut dapat diolah menggunakan beberapa metode tertentu akan memberikan informasi baru yang dapat mendukung dan membantu perbankan mengambil keputusan atau kebjakan, salah satu kebijakannya adalah dapat memprediksi kelayakan kredit pinjaman secara dini untuk mengetahui nasabah yang layak atau tidak layak, atau menggunakan salah satu teknik melakukan prediksi yang dapat digunakan adalah dengan teknik penggalian data atau data mining menggunakan algoritma random forest. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode klasifikasi dengan algoritma random forest serta menganalisis hasil terbaik dari algoritma random forest pada setiap kreditur. Variable yang dianalisis adalah V1 sampai dengan V20 dilakukan menggunakan perangkat lunak R. Tahapan metode penelitian menggunakan CRIPS-DM. untuk tahap pelatihan menggunakan 70% data dan Pengujian menggunakan 30% data secara acak dari 1000 data. Hasil performa dari algoritma random forest tersebut yaitu memiliki tingkat akurasi sebesar 0,77 atau 77% sehingga termasuk pada kategori klasifikasi fair model.
Renny Puspita Sari, Ahmad Cahyono Adi
Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi, Volume 7, pp 44-51; https://doi.org/10.25077/teknosi.v7i2.2021.44-51

Abstract:
Setiap tahunnya, umat muslim didunia melaksanakan Ibadah Qurban termasuk di Indonesia. Berdasarkan data dari Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan jumlah hewan qurban di Indonesia pada tahun 2020 adalah sekitar 1.802.651 ekor dengan rincian hewan sapi, kerbau, kambing dan domba. Statistik hewan Qurban dari tahun ke tahun mengalami kenaikan. Hewan yang dapat di Qurbankan pada dasarnya memiliki syarat tertentu sesuai dengan fiqih Qurban. Oleh karena itu diperlukan pengecekkan terlebih dahulu apakah hewan tersebut layak jadi hewan Qurban. Tingginya angka Qurban di Indonesia mendorong lahirnya sebuah sistem pendukung keputusan yang dapat membantu dalam mengelompokkan hewan-hewan yang akan di Qurbankan di Indonesia. Sistem ini menerapkan metode perhitungan SAW (Simple Adictive Weighting) yang dapat mengklasifikasikan hewan Qurban yang di inputkan dengan kriteria-kriteria tertentu. Hasilnya semua calon hewan Qurban akan secara otomatis diberi nilai yang memiliki arti tertentu apakah hewan tersebut untuk dapat jadi hewan Qurban. Dengan adanya sistem penentu hewan Qurban, diharapkan dapat mendorong peningkatan kualitas hewan Qurban yang ada di Indonesia.
Eden Renold Mintje, Evi Maria, Penidas Fiodinggo Tanaem
Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi, Volume 7, pp 99-107; https://doi.org/10.25077/teknosi.v7i2.2021.99-107

Abstract:
Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) terbukti mampu membuat perusahaan bersaing dalam era revolusi industri 4.0 dan bertahan ditengah pandemi COVID-19. TIK digunakan perusahaan untuk menjaga interaksi perusahaan dengan pelanggan, seperti di PT Klik DNA Mandiri (KlikDNA). Tujuan riset ini adalah untuk membuat desain model E-CRM untuk mengelola interaksi pelanggan di KlikDNA menggunakan aplikasi Zoho. Interaksi pelanggan di KlikDNA memiliki masalah terkait lamanya waktu tunggu dan waktu penanganan keluhan pelanggan. Pemodelan proses bisnis menggunakan aplikasi E-CRM, yaitu Zoho yang dihasilkan dalam riset diharapkan bisa menjadi solusi masalah interaksi perusahaan dan pelanggan di KlikDNA. Metode riset terdiri dari 4 tahapan, yaitu identifikasi masalah, pengumpulan data, analisis dan pengolahan data, dan yang terakhir adalah pemodelan E-CRM untuk KlikDNA. Aplikasi Zoho dapat mengintegrasikan media komunikasi KlikDNA dan pelanggan yang selama ini digunakan dalam satu paket agar data pelanggan dan keluhannya dapat dikelola dalam satu sistem terintegrasi. Pemodelan dilakukan dengan memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia yaitu portal pengguna,live chat,ticket, didalam aplikasi Zoho. Hasil riset ini adalah terciptanya desain proses bisnis interaksi pelanggan yang dirancang berdasarkan proses bisnis yang ada di KlikDNA dengan menggunakan aplikasi Zoho yang sudah diatur untuk terintegrasi dengan website KlikDNA.
Erwin Yudi Hidayat, Raindy Wicaksana Hardiansyah, Affandy Affandy
Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi, Volume 7, pp 108-118; https://doi.org/10.25077/teknosi.v7i2.2021.108-118

Abstract:
Dalam menaikkan kinerja serta mengevaluasi kualitas, perusahaan publik membutuhkan feedback dari masyarakat / konsumen yang bisa didapat melalui media sosial. Sebagai pengguna media sosial Twitter terbesar ketiga di dunia, tweet yang beredar di Indonesia memiliki potensi meningkatkan reputasi dan citra perusahaan. Dengan memanfaatkan algoritma Deep Neural Network (DNN), neural network yang tersusun dari layer yang jumlahnya lebih dari satu, didapati hasil analisa sentimen pada Twitter berbahasa Indonesia menjadi lebih baik dibanding dengan metode lainnya. Penelitian ini menganalisa sentimen melalui tweet dari masyarakat Indonesia terhadap sejumlah perusahaan publik dengan menggunakan DNN. Data Tweet sebanyak 5504 record didapat dengan melakukan crawling melalui Application Programming Interface (API) Twitter yang selanjutnya dilakukan preprocessing (cleansing, case folding, formalisasi, stemming, dan tokenisasi). Proses labeling dilakukan untuk 3902 record dengan memanfaatkan aplikasi Sentiment Strength Detection. Tahap pelatihan model dilakukan menggunakan algoritma DNN dengan variasi jumlah hidden layer, susunan node, dan nilai learning rate. Eksperimen dengan proporsi data training dan testing sebesar 90:10 memberikan hasil performa terbaik. Model tersusun dengan 3 hidden layer dengan susunan node tiap layer pada model tersebut yaitu 128, 256, 128 node dan menggunakan learning rate sebesar 0.005, model mampu menghasilkan nilai akurasi mencapai 88.72%.
Andriea Jelita Putri, Salahudin Salahudin
Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi, Volume 7, pp 70-78; https://doi.org/10.25077/teknosi.v7i2.2021.70-78

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan lebih dalam terkait dengan perencanaan pembangunan kota pintar. Penulis menggunakan metode deskriptif dengan bantuan aplikasi VosViewers dalam mencari artikel terkait dan menghasilkan 53 artikel yang berhasil disaring dari 62 artikel yang ditemukan dan menghasilkan 5 cluster didalamnya dengan 3 tema dominan. Penelitian ini menemukan bahwa perkembangan teknologi menyebabkan kebutuhan masyarakat menjadi kompleks dan beragam. Dengan demikian, smart city hadir sebagai bentuk tuntutan zaman yang diharapkan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat dan menyediakan fasilitas publik secara lebih inovatif dan efisien. Untuk mencapai tujuannya, perencanaan pembangunan kota pintar memerlukan kerjasama antar pemangku kepentingan yaitu pemerintah, masyarakat dan pihak swasta. Dalam hal ini peran serta masyarakat sangat penting untuk menentukan keberhasilan konsep smart city. Dengan melibatkan masyarakat dalam proses perumusan dan perumusan kebijakan, pemerintah dapat benar-benar mengetahui kebutuhan masyarakat sehingga tujuan smart city dan smart governance yang telah ditetapkan dapat tepat sasaran.
Evasaria Magdalena Sipayung, Cut Fiarni Fiarni, Sherly Sutopo
Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi, Volume 7, pp 52-60; https://doi.org/10.25077/teknosi.v7i2.2021.52-60

Abstract:
Dalam memilih tempat kos terdapat beberapa kriteria yang harus diperhatikan, pada penelitian ini digunakan tujuh kriteria dalam memilih tempat kos, diantaranya adalah fasilitas kamar, ketersediaan listrik dan air, jarak tempat kos ke kampus, akses tempat kos ke jalan protokol, kebersihan tempat kos, aman dari banjir, dan reputasi tempat kos. Setiap orang tentunya memiliki perbedaan akan tingkat penilaian (preferensi) antara satu kriteria dan kriteria lainya dan setiap tempat kos pun memiliki harga dan fasilitas yang berbeda-beda. Hal inilah yang terkadang membuat seseorang sulit untuk membandingkan kos yang satu dengan lainya. Pada sistem yang ada saat ini, rekomendasi yang diberikan hanya berupa list tempat kos berdasarkan pencocokan antara inputan dengan database saja dan tidak memperlihatkan urutan kos yang menjadi alternatif terbaik. Pada penelitian dilakukan penentuan preferensi terhadap kriteria untuk memilih tempat kos dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Sistem rekomendasi tempat kos dilakukan dengan melakukan filter input harga tempat kos dan penilaian terhadap kriteria preferensi fasilitas utama, ketersediaan listrik dan air, jarak tempat kos ke kampus, akses tempat kos ke jalan protokol, kebersihan tempat kos, lingkungan keadaan banjir dan reputasi yang telah ditentukan oleh user. Perhitungan bobot preferensi masing-masing kriteria terhadap alternatif tempat kos sehingga dihasilkan total nilai masing-masing alternatif kos. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, rekomendasi yang diberikan tergantung dari penilaian preferensi setiap kriteria. Hasil yang diberikan berupa rangking alternatif tertinggi ke rangking terendah sesuai dengan preferensi yang dipilih untuk mempermudah mahasiswa menentukan tempat kos yang sesuai dengan kebutuhannya.
Fitriyani Fitriyani
Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi, Volume 7, pp 61-69; https://doi.org/10.25077/teknosi.v7i2.2021.61-69

Abstract:
Diabetes merupakan penyakit yang mengancam kehidupan dengan pertumbuhan tercepat dan jika tidak diobati atau diindentifikasi akan menyebabkan komplikasi lain. Diabetes setiap tahunnya mengakibatkan kematian sebanyak 3.8 juta jiwa dan telah mempengaruhi 422 juta orang di seluruh Dunia. Dataset diabetes yang digunakan dalam penelitian ini adalah dataset publik, dataset ini akan diolah menggunakan model yang diusulkan. Dataset diabetes memiliki permasalahan seperti adanya fitur-fitur yang tidak relevan, fitur-fitur yang tidak relevan dapat menurunkan kinerja dari model yang digunakan. Seleksi fitur Greedy Forward Selection adalah seleksi fitur yang sangat efisien dan cepat dalam prosesnya. Algoritma Naïve Bayes merupakan algoritma yang mudah dan sederhana ketika diimplementasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Naïve Bayes dan Greedy Forward Selection mendapatkan nilai akurasi tertinggi sebesar 91.73%, sedangkan model Naïve Bayes tanpa seleksi fitur Greedy Forward Selection hanya mendapat nilai akurasi sebesar 87.69%
Anggia Okta Yorizka, Hafid Yoza Putra, Fajril Akbar
Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi, Volume 7, pp 90-98; https://doi.org/10.25077/teknosi.v7i2.2021.90-98

Abstract:
Asrama Universitas Andalas merupakan salah satu fasilitas tempat tinggal yangberada lingkungan kampus Limau Manis, Padang. Saat ini memiliki 6 asrama yang masing-masing terbagi atas 4 asrama putri dan 2 asrama putra. Setiap tahun akademik baru, pengelola asrama harus melayani proses pengelolaan check-in dan check-out mahasiswa yang terdiri dari verifikasi dokumen masih dilakukan secara langsung untuk setiap calon penghuni. Proses ini dijadwalkan berlangsung selama 5-7 hari kerja. Perbaikan proses bisnis dengan melakukan automasi di beberapa proses yang berlangsung akan mempersingkat waktu pelaksanaan. Aplikasi berbasis web memudahkan interaksi pengguna dengan sistem. Sebuah aplikasi sistem informasi berbasis web dikembangkan dengan menerapkan model Waterfall. 29 kebutuhan fungsional dirumuskan berdasarkan analisis proses bisnis yang berjalan dan dokumen. Pada tahap perancangan dihasilkan rancangan proses dengan use-case diagram dan use-case scenario. Rancangan struktur database dan relasinya serta rancangan antar muka juga dilakukan untuk kebutuhan aplikasi. Pada tahap implementasi digunakan bahasa pemograman PHP dengan framework Laravel dan basis data MySQL. Pengujian dilakukan dengan model Blackbox Testing dengan membandingkan data input dan data yang tersimpan di dalam basisdata. Pengujian semua fungsional dilakukan untuk memastikan semua fungsional berjalan sesuai dengan rancangan. Dari hasil pengujian didapatkan semua fungsional telah sesuai dengan kebutuhan sistem.
Luthfi Ramadani
Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi, Volume 7, pp 1-7; https://doi.org/10.25077/teknosi.v7i1.2021.1-7

Abstract:
Sistem informasi adalah bidang multidisiplin dimana dalam aktivitas penelitiannya peneliti berinteraksi dengan objek manusia sebagai responden baik individu maupun organisasi. Dalam keberjalanan proses dan aktivitas penelitian tersebut, berbagai isu etik muncul seperti privasi dan kerahasiaan data, risiko terhadap objek penelitian, bahkan hingga ke aspek legal. Aspek etik juga muncul dalam berbagai topik penelitian sistem informasi seperti etik dalam big data, sistem informasi kesehatan, dan asosiasi profesi. Akan tetapi, walaupun berbagai isu etik telah dikenali di disiplin sistem informasi, penerapannya di dalam pengelolaan penelitian di negara menengah dan berkembang masih sangat terbatas. Terlebih lagi, acuan terhadap penerapan etik umumnya masih eksklusif di negara atau institusi riset yang sudah mapan, sehingga sangat urgent adanya publikasi panduan terutama untuk institusi riset dan pendidikan di negara ketiga terkait protokol atau tatanan baku pengelolaan penelitian berbasis etik. Berdasar pada isu ini, studi ini melakukan tinjauan pustaka naratif untuk mereview dan mengkonseptualisasi domain etik dalam penelitian sistem informasi. Studi ini kemudian menyajikan panduan dan rekomendasi terkait kapabilitas organisasi penelitian berbasis etik, proses manajemen pengelolaan, serta standar acuan penerapan etik di penelitian berdasarkan best practice yang digunakan di negara dan institusi riset yang sudah menerapkan etik. Secara keseluruhan, studi ini memberikan kontribusi terhadap institusi dan komunitas/asosiasi dalam bentuk pondasi dasar pengelolaan penelitian berbasis etik di Indonesia.
Alizar Hasan, Fifi Nadhroh, Prima Fithri
Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi, Volume 7, pp 27-34; https://doi.org/10.25077/teknosi.v7i1.2021.27-34

Abstract:
Perkembangan teknologi yang sangat pesat memberikan banyak kemudahan pada berbagai lini kegiatan bisnis. secara umum permasalahan yang dialami perusahaan adalah tinggi nya biaya logistik. Proses logistik yang hanya melakukan satu perjalanan dalam transportasi barang mengakibatkan biaya logistik yang tidak efisien. Aplikasi Logistik “X”adalah solusi digital logistik terintegrasi yang memberikan nilai tambah bagi perusahaan. kondisi aplikasi X saat ini masih belum mampu mendukung pelayanan kepada pengguna secara optimal khususnya fitur transaksi pembayaran otomatis. Solusi untuk mengatasi permasalah tersebut adalah usulan dilakukannya pengembangan fitur aplikasi logistik X untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model conceptual Customer Knowledge Management (CKM) berdasarkan fase Customer Relationship Management (CRM) dan proses Knowledge Management (KM). penelitian ini menghasilkan perbandingan fitur hasil pemetaan berdasarkan fase Customer Relationship Management (CRM) dan proses Knowledge Management (KM). Hasil perbandingan fitur yang telah dirumuskan dengan fitur yang tersedia pada aplikasi X tersebut kemudian menjadi acuan untuk menentukan usulan fitur-fitur yang disarankan kepada PT X untuk diterapkan pada aplikasi logistik X. Sehingga nantinya dapat memudahkan dalam pengembangan fitur-fitur aplikasi berdasarkan kebutuhan pengguna aplikasi logistik X.
Back to Top Top