JUSTIFY : Jurnal Sistem Informasi Ibrahimy

Journal Information
ISSN / EISSN : 2962-3871 / 2962-3642
Published by: LP2M Universitas Ibrahimy (10.35316)
Total articles ≅ 10
Filter:

Latest articles in this journal

Ahmad Lutfi, St. Shofiyah, Lika Hanifa
JUSTIFY : Jurnal Sistem Informasi Ibrahimy, Volume 1, pp 43-50; https://doi.org/10.35316/justify.v1i1.2102

Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran agar dapat dijadikan media tambahan belajar di Asrama Bahasa Syu’batul Lughoh Al-Khoiriyah (SLK) serta merancang dan mendesain media pembelajaran yang bermanfaat untuk tutor dan siswi. Aplikasi ini merancang dan mendesain sebuah media pembelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan aplikasi Adobe Flash CS6. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswi di Asrama Bahasa Syu’batul Lughoh Al-Khoiriyah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) dimana dalam metode ini terdapat lima tahapan yaitu concept, design, material collecting, assembly, dan testing. Manfaat dari media pembelajaran ini adalah dapat membantu perkembangan proses belajar mengajar di SLK dan dapat mempermudah tutor SLK dalam memberikan materi kepada siswi.
Achmad Baijuri, Fasiha Fasiha, Ahmad Musaddad
JUSTIFY : Jurnal Sistem Informasi Ibrahimy, Volume 1, pp 28-33; https://doi.org/10.35316/justify.v1i1.2037

Abstract:
SMK Ibrahimy 1 Sukorejo merupakan pendidikan swasta yang berada dibawah naungan pesantren Salafiyah Syafi’iyah, SMK Ibrahimy 1 Sukorejo yang berdiri pada pada tanggal 30 April 1984 sesuai dengan SK pendirian sekolah dan dinas pendidikan kabupaten Situbondo. Penelitian ini bertujuan untuk memudahkan pencatatan bimbingan dan konseling yang masih menggunakan Microsoft excel dalam membuat data laporan perbulan maupun input data pelanggaran siswa, selain itu masih mengalami kesulitan dalam mencari data skor siswa. Dalam penelitian jenis pengumpulan data dilakukan mellalui dua jenis, yakni action research dan Field research. Penelitian ini menghasilkan Produk Aplikasi yang memudahkan petugas dalam menyelesaikan pencatatan skor, bimbingan dan konseling serta input data pelanggaran siswa.
Firman Santoso, Ach. Zubairi, Mohammad Nastain
JUSTIFY : Jurnal Sistem Informasi Ibrahimy, Volume 1, pp 65-72; https://doi.org/10.35316/justify.v1i1.2153

Abstract:
Pembuatan SPK dan penelitian ini dilatarbelakangi oleh susahnya santri dalam melakukan izin harian di pondok pesantren salafiyah syafiiyah sukorejo situbondo. Dimana Ketika santri akan melakukan izin, mereka harus meminta tanda tangan dari kasubag asrama kemudian ditukarkan dengan surat izin di kantor perizinan putra. Izin harian santri ini di berikan oleh petugas perizinan dengan proses manual sehingga sering terjadi perbedaan pemberian izin antara petugas perizinan yang berakibat tidak tepatnya pemberian izin kepada santri. Dalam penelitian ini timbul beberapa permasalahan yaitu bagaimanakah cara membuat Sistem Pembantu Keputusan (SPK) yang mampu memberikan pertimbangan dan acuan dalam pemberian izin santri sehingga memudahkan santri dalam melakukan izin harian,serta mencari solusi keterlambatan izin santri. Dalam penelitian ini metode yang digunakan merupakan salah satu metode dari Data mining yaitu Naïve Bayes Classifier (NBC) dengan Laplace correction (LC) untuk memprediksi keterlambatan izin santri berdasarkan data yang sudah ada dimasa lalu dan di buat dengan bahsa pemrograman PHP & MYSQL. Kesimpulan dari penelitian ini adalah mempermudah santri dalam melakukan izin, mengurangi terjadinya human error dalam memberikan proses izin serta memprediksi keterlambatan izin santri menggunakan SPK yang dibangun menggunakan Algoritma NBC dengan LC sehingga memberikan akurasi yang tepat dan menjadi acuan dalam memberikan proses izin
Nur Azise, Muhammad Ali Ridla, Nina Sa’Idah Fitriyah, Ahmad Baihaqi
JUSTIFY : Jurnal Sistem Informasi Ibrahimy, Volume 1, pp 58-64; https://doi.org/10.35316/justify.v1i1.2106

Abstract:
SMK Negeri 1 Situbondo adalah salah satu sekolah menengah kejuruan yang ada di kabupaten Situbondo. SMK Negeri 1 Situbondo memiliki beberapa jurusan dan tentunya juga mempunyai banyak siswa, dengan banyaknya siswa tersebut, tidak menutup kemungkinan untuk terjadi banyak pelanggaran kedisiplinan yang dilakukan oleh siswa di SMK Negeri 1 Situbondo tersebut. Seiring dengan banyak siswa yang melakukan, pencatatan semua pelanggaran dan absensi tersebut masih menggunakan cara yang manual yaitu dicatat di buku Commulatif Record dan jurnal absensi kelas yang berisi data-data pelanggaran siswa dan data absensi siswa di setiap kelasnya, sehingga dibutuhkan Sistem Informasi Pelanggaran Siswa yang bisa membantu pekerjaan petugas TU dan BK. Setiap hari petugas TU dan BK disibukkan dengan mencatat data absensi dan pelanggaran siswa. Setiap terjadi pelanggaran yang dilakukan oleh siswa petugas merasa kebingungan. Jadi, dengan adanya Sistem Informasi Pelanggaran Siswa pekerjaan petugas lebih efektif dan efisien.
Miftahur Rahman, Moh. Dasuki
JUSTIFY : Jurnal Sistem Informasi Ibrahimy, Volume 1, pp 1-7; https://doi.org/10.35316/justify.v1i1.1958

Abstract:
Pesatnya ilmu pengetahuan teknologi modern, seperti halnya smartphone pada era saat ini, tentunya ada dampak positif dan juga ada dampak negatifnya. Dampak positifnya, antara lain adalah kemudahan orang dalam memperoleh informasi, pengetahuan secara praktis dan dinamis. Sedangkan dampak negatifnya adalah dalam menggunakan smartphone itu sendiri, seperti membuka situs-situs yang tidak pantas dilihat oleh pengguna, kecanduan game online, sehingga terjadi malas belajar, menghambat dalam beraktifitas, dan lain sebagainya. Selain itu juga terdapat masalah yang signifikan yaitu banyak orang yang sudah melupakan rukun islam, banyak dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa belum mengetahui tentang rukun islam. Untuk menanggulangi masalah tersebut diusulkan solusi pembuatan aplikasi yang berisi informasi pengetahuan Rukun Islam yang ditambah fitur kumpulan do'a yang mana dengan dibuatkannya aplikasi rukun islam berbasis android ini diharapkan bermanfaat bagi masyarakat dalam mempelajari materi didalamnya. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan rekayasa perangkat lunak waterfall dan untuk pembuatan aplikasi ini menggunakan perangkat lunak yang open sourceyaitu bahasa pemrograman java dengan IDE Eclipse indigo . Sehingga dihasilkan program aplikasi media pembelajaran Rukun Islam dan Kumpulan Do'a berbasis android yang memudahkan masyarakat pada umumnya dalam mempelajari informasi pengetahuan Rukun Islam dan Kumpulan Do'a harian yang lebih bermanfaat.
Amiruddin, Fajriyanto, Farihin Lazim
JUSTIFY : Jurnal Sistem Informasi Ibrahimy, Volume 1, pp 51-57; https://doi.org/10.35316/justify.v1i1.2103

Abstract:
Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Syafi’iyah,merupakan lembaga pendidikan yang bernaung di bawah Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo.Latar belakang berdirinya,tentunya tidak terlepas dengan latar belakang berdirinya Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah yang dirintis dan didirikan oleh KHR. Syamsul Arifin secara resmi disahkan oleh bupati situbondo pada tahun 1914 M.Kegiatan Pengimputan data pada MTs Salafiyah Syafi’iyah putra,belum sepenuhnya terkomputerisasi dan masih ada yang menggunakan cara manual untuk mendukung kegiatan operasional sehari-hari baik pendataan guru, siswa dan penjadwalan.Hal ini mangakibatkan dapat memperlambat kinerja para apparat madrasah dalam menyajikan infromasi secara cepat dan tepat. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian yang sudah dilakukan untuk menyusun laporan ini yaitu : 1.Observasi Yaitu dengan mengamati, melihat secara langsung situasi dan kondisi kinerja para petugas MTs Salafiyah Syafi’iyah. 2.Wawancara Pengumpulan data melalui tatap muka dan tanya jawab langsung dengan sumber data atau pihak yang berkepentingan yang berhubungan dengan penelitian. Menerapkan teknologi sistem informasi akademik berbasis web untuk memmermudah guru dalam melihat jadwal pelajaran secara online di MTs Salafiyah Syafi’iyah Puta,Dengan adanya sistem informasi akademik berbasis web ini dapat membantu mempermudah kinerja guru dan bagian Akademik di MTs Salafiyah Syafi’iyah Putra. Serta untuk memberikan informasi yang lebih cepat dan akurat. Pembuatan sistem informasi Akademik ini merupakan salah satu bentuk upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang ada di MTs Salafiyah Syafi’iyah. Dari proses dan hasil penelitian ini, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: a. Sistem informasi berhasil dibuat sesuai dengan ketentuan dan prosedur yang sudah ada. b. Sistem informasi ini juga, sudah membantu petugas dalam mencatat data siswa,guru,dan jadwal pelajaran c. Sitem Informasi yang di buat sudah bisa memberikan informasi yang cepat dan tepat.
Ulil Fajriyah, Abd. Ghofur, Hermanto
JUSTIFY : Jurnal Sistem Informasi Ibrahimy, Volume 1, pp 34-42; https://doi.org/10.35316/justify.v1i1.2061

Abstract:
Pemanfaatan teknologi informasi dalam pelayanan bimbingan konseling siswa di SMA Ibrahimy Wongsorejo sangatlah penting untuk dibangun dan dikembangkan dengan berdasar pada proses bisnis pelayanan bimbingan konseling yang saat ini yang masih menggunakan media konvensional berupa kertas, mengakibatkan memakan banyak tempat, waktu serta biaya. Selain itu, konselor harus merekap semua data pelanggaran dan prestasi siswa pada setiap bulannya sehingga diperlukan sistem informasi yang membantu pelayanan bimbingan konseling. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sistem informasi bimbingan konseling berbasis web. Metode pengembangan sistem yang digunakan yaitu metode Waterfall. Sistem informasi yang dibangun dapat mengolah data siswa, data orang tua siswa serta data bimbingan siswa. Disamping itu konselor dan kepala sekolah dapat melihat riwayat bimbingan konseling yang dilakukan secara langsung oleh siswa di sekolah.
Ahmad Lutfi, Zia Beti Januba
JUSTIFY : Jurnal Sistem Informasi Ibrahimy, Volume 1, pp 22-27; https://doi.org/10.35316/justify.v1i1.2018

Abstract:
Asrama Nurul Qoni’ Putri merupakan salah satu asrama yang berada dalam naungan Pondok PesantrenSalafiah Syafi’iah Sukorejo Situbondo yang mana memiliki lembaga pendidikan non formal salah satunyalembaga qiroatuna. Dimana dalam pengolahan data memanfaatkan microsoft excel, namun dalam pengolahannilai masih menggunakan cara manual, dan dalam hal penyimpanan data belum memanfaatkan fungsi database,sehingga dari segi keamanan data kurang terjamin karena sering mengalami hilang data, dan tak jarang jugaterdapat data ganda. Beberapa hal tersebut menghambat beberapa proses pengolahan data yang terjadi, sepertihalnya pengolahan data siswi dan pengolahan nilai siswi hingga proses pelaporan, selain itu juga memperlambatdalam pencarian data yang dibutuhkan. Oleh karena itu penulis mengambil masalah dalam bidang pengolahandata siswi hingga pelaporan nilai siswi. Dengan ini diharapkan dapat membantu sekolah dalam baik dalamproses penglahan data dan pencarian data yang diinginkan maupun proses pelaporan nilai siswi. Metodepengembangan sistem yang digunakan yaitu metode Systems Development Life Cycle (SDLC), dengan metodepenelitian observasi, interview, dan literatur. Bahasa pemrograman yang digunakan yaitu PHP dan pengolahandatabase memanfaatkan MySQL.
Sahwari Sahwari, Untung Jasuli
JUSTIFY : Jurnal Sistem Informasi Ibrahimy, Volume 1, pp 8-16; https://doi.org/10.35316/justify.v1i1.1993

Abstract:
Kemajuan teknologi membuat sebuah perangkat komputer memiliki kemampuan yang tinggi untuk meningkatkan kinerja dalam pengolahan data menjadi informasi. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah memanfaatkan teknologi tersebut untuk memasukkan data kedalam komputer. Banyak sekali teknik yang dapat memudahkan pengguna untuk memasukkan data ke dalam komputer salah satunya adalah menggunakan webcam untuk pengambilan gambar yang selanjutnya bisa diproses atau disimpan dalam komputer. Tidak menutup kemungkinan bagi seorang pengguna yang awalnya melakukan pembuatan pola tulisan tangan menggunakan touch screen atau menggunakan mouse, sekarang menggunakan webcam sebagai alat input pembuatan pola tulisan tangan tersebut. Untuk itulah perlu diadakan penelitian untuk membuktikan kemungkinan tersebut yaitu pengenalan pola dari isyarat yang diberikan pengguna melalui webcam dengan warna sebagai acuan untuk penulisan pola. Pola tersebut ditulis melalui webcam menggunakan acuan warna yang diklasifikasikan dengan metode L*a*b* color space berdasarkan karakteristik warna yang telah dipilih. Dalam penelitian ini telah dihasilkan aplikasi yang mampu melakukan pembuatan pola tulisan tangan yang diisyaratkan melalui webcam berdasarkan warna sebagai acuan untuk melakukan pembuatan pola tulisan tangan.
Cindy Nur Dina Alifia, Zaehol Fatah, Neny Yuli Susanti
JUSTIFY : Jurnal Sistem Informasi Ibrahimy, Volume 1, pp 17-21; https://doi.org/10.35316/justify.v1i1.1994

Abstract:
Abstrak Evaluasi kinerja merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengatur standar penilaian kesehatan di kecamatan Asembagus Situbondo untuk yang melakukan pemeriksaan di Puskesmas Asembagus. Proses penginputan data masih menggunakan cara manual yaitu dengan cara pencatatan menggunakan Microsoft Office Excel dan dilakukan oleh satu analisis data. Selain itu penginputan data dibutuhkan waktu yang lama, dikarenakan terdiri dari 7 program kesehatan dan 12 indikator bidang kesehatan. Dengan adanya sistem informasi evaluasi kinerja diharapkan petugas analis data dapat dengan mudah melakukan penginputan data secara terstruktur dan efesien.
Back to Top Top