Jurnal Teknik, Komputer, Agroteknologi Dan Sains

Journal Information
ISSN / EISSN : 2830-2427 / 2830-2419
Published by: PT. Marosk Zada Cemerlang (10.56248)
Total articles ≅ 8
Filter:

Articles in this journal

Ohti Sohmoda Karina Bancin
Jurnal Teknik, Komputer, Agroteknologi Dan Sains, Volume 1, pp 1-9; https://doi.org/10.56248/marostek.v1i1.7

Abstract:
Sistem Pendukung Keputusan adalah bagian dari sistem informasi berbasis komputer termasuk sistem berbasis pengetahuan atau manajemen pengetahuan yang di pakai untuk mendukung pengambilan keputusan di dalam suatu organisasi atau perusahaan. Saat ini pengelolaan data penilaian karyawan perusahaan masih dilakukan dengan manual, sehingga semakin besar resiko kesalahan dalam mengelola data dan membutuhkan waktu yang relatif lama. Untuk mempermudah perhitungan penentuan kinerja karyawan terbaik maka penulis menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Metode simple additive weighting ini di pilih karena metode ini menentukan nilai bobot untuk setiap atribut, kemudian dilanjutkan dengan proses perangkingan yang akan menyeleksi alternatif-alternatif yang sudah di tentukan seperti etika atau kepribadian, kedisplinan, absensi, tanggung jawab, kerja sama, kemampuan memimpin, kecepatan kerja, ketelitian kerja dan kualitas hasil kerja. Dengan metode perangkingan tersebut, diharapkan penilaian akan lebih tepat karena didasarkan pada nilai kriteria dan bobot yang sudah ditentukan sehingga akan mendapatkan hasil yang lebih akurat terhadap siapa yang akan menerima reward/penghargaan tersebut.
Kebenaran Wau
Jurnal Teknik, Komputer, Agroteknologi Dan Sains, Volume 1, pp 10-23; https://doi.org/10.56248/marostek.v1i1.8

Abstract:
Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan sebuah sistem informasi persediaan gudang berbasis website dengan menggunakan metode waterfall. Tahapan model pengembangan sistem yang dilakukan mulai dari analisa, desain, code generation, testing dan support. Teknik pengumpulan data yang diterapkan dalam penelitian yaitu: observasi, wawancara, dan studi pustaka. Ruang lingkup subjek penelitian tentang sistem persediaan gudang yaitu pada toko sugi teknik. Di mana ruang lingkup meliputi merancang sistem persediaan gudang untuk mengelola stok barang, proses pencatatan, proses pendataan pasokan barang di toko sugi teknik hingga pembuatan laporan barang keluar dan masuk, proses laporan data transaksi dari supplier dan konsumen. Sistem informasi ini berisi pencatatan barang masuk dan keluar, laporan penjualan, laporan pembelian, laporan retur atau operasional dan serta laporan pendapatan laba sehingga memudahkan mendapatkan informasi dengan cepat, jelas dan akurat.
Yermias Duha
Jurnal Teknik, Komputer, Agroteknologi Dan Sains, Volume 1, pp 69-76; https://doi.org/10.56248/marostek.v1i1.15

Abstract:
Penelitian ini untuk mengimplentasikan Presisi dalam bentuk aplikasi pelayanan cepat dan tepat Kepolisian Republik Indonesia dengan konsep prediktif, responsibilitas, transparan dan berkeadilan (PRESISI). Konsep presisi terdapat pencegahan atau prediktif perlu dilakukan dalam upaya pencegahan kejahatan. Kemudian terkait responsibilitas menekankan bahwa kepolisian memang harus cepat tanggap untuk menangani kasus hukum terkait dengan ketertiban dan keamanan di masyarakat. Dengan era 4.0 penggunaan teknologi informasi dapat membantu kepolisian untuk cepat merespons dan segera menangani segala bentuk laporan yang masuk. Bencana yang melanda dunia pandemic Covid-19 yang membatasi ruang lingkup berkumpul dalam suatu tempat untuk menghindari tertularnya virus covid-19. Implemtasi aplikasi Presisi adalah menjadi sousi yang tepat dalam melayani perpanjngan SIM. Aplikasi ini di desain untuk memangkas waktu antrian sehingga masyarakat yang memperpanjang surat izin mengemudi tanpa turun dari kenderaan dengan konsep drive trhu.
Danyl Mallisza, Harry Setya Hadi, Annisa Tri Aulia
Jurnal Teknik, Komputer, Agroteknologi Dan Sains, Volume 1, pp 24-35; https://doi.org/10.56248/marostek.v1i1.9

Abstract:
Tujuan dari penelitian ini untuk mengimplementasikan implementasi model waterfall dalam perancangan sistem surat perintah perjalanan dinas berbasis website dengan metode SDLC. Perancangan sistem Surat Perintah Perjalanan Dinas pada Badan Pusat Statistik Kabupaten Pesisir Selatan bertujuan untuk mengkomputerisasikan pembuatan dan pengolahan data Surat Perintah Perjalanan Dinas secara efisien dan efektif. Pengelolaan SPPD ini di rancang menggunakan teknologi informasi berbasis website. Metode perancangan yang akan digunakan yaitu metode SDLC dengan model waterfall yang prosesnya secara sistematis atau berurutan. Sistem mempermudah efektivitas kinerja proses pembuatan SPPD di Badan Pusat Statistik Kabupaten Pesisir Selatan, serta penyimpanan data yang telah di buat tersimpan dengan baik, keamanan data lebih terjamin dan bisa di akses kapan pun dan di mana pun, serta menyelesaikan permasalahan yang ada pada Badan Pusat Statistik Kab. Pesisir Selatan dalam melakukan penginputan data dan pembuatan laporan yang akurat dan tepat waktu
Cut Dona Kordelia, Armizoprades Armizoprades
Jurnal Teknik, Komputer, Agroteknologi Dan Sains, Volume 1, pp 77-84; https://doi.org/10.56248/marostek.v1i1.21

Abstract:
The transportation sector is heading to a new futuristic era, the fully-autonomous vehicles. Radar, lidar, and Sonar are considered critical aspects of self-driving technology. However, these sensors come with inherent danger. Their exposure has a hazardous impact on humans and living things. A forecast made using the level of service classification shows that there will be excessive radiation exposure when these cars dominate the traffic. This prediction must be taken into account when designing a level-five autonomous fleet.
Suwita Suwita, Rasyidin Rasyidin, Yolandus Berkanis
Jurnal Teknik, Komputer, Agroteknologi Dan Sains, Volume 1, pp 44-58; https://doi.org/10.56248/marostek.v1i1.11

Abstract:
Tujuan Penelitian yaitu mendesain Villa Terapung di Pulau Kera yang mengambil unsur budaya lokal dengan pendekatan Arsitektur Vernakuler agar dapat memenuhi berbagai aspek seperti dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata dan rekreasi alam. Jenis penelitian yang digunakan pada perencanan dan perancangan vila terapung di Kawasan Pulau Kera Propinsi NusaTenggara Timur adalah penelitian kualitatif deskriptif yang mampu mendeskripsikan serta menganalisa kegiatan atau data yang bersifat alamiah. Variabel penelitian Perencanaan dan Perancangan Villa Terapung Di Pulau Kera Dengan Pendekatan Arsitektur Vernakular Timor Nusa Tenggara Timur terdiri dari Parameter dan Indikator yang telah ditentukan berdasarkan pada kajian yang dilakukan. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan untuk memperoleh data yang relevan maka beberapa teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, studi literatur, studi banding. Teknik analisis data yang digunakan untuk adalah analisis kualitatif model interaktif yang diajukan oleh Milles dan Huberman. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu meningkatkan daya tarik wisatawan terhadap Propinsi Nusa Tenggara Timur, Kabupaten Kupang khususnya Kawasan Pulau Kera dan menjadi bahan masukan dan pertimbangan bagi pihak-pihak yang memerlukan.
Elviyanti Elviyanti
Jurnal Teknik, Komputer, Agroteknologi Dan Sains, Volume 1, pp 36-43; https://doi.org/10.56248/marostek.v1i1.10

Abstract:
Kabupaten Pasaman Barat berada di Proponsi Sumatera Barat, ibu kota-nya adalah di Simpang Ampek. Potensi kawasan Simpang Ampek ini merupakan kawasan strategis sebagai pusat pemerintahan, pusat pertumbuhan ekonomi dan sosial budaya masyarakat Pasaman Barat, jika pertumbuhan semua sektor ini tidak berdasarkan Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan yang sudah di rencanakan maka akan berdampak negatif di segala bidang. Di Kawasan Pemerintahan ini terdapat Peruntukan lahan Sebagai Ruang Terbuka Hijau berada pada zona II di kawasan Pemerintahan Pasaman Barat Padang Tujuh. Perencanaan Ruang Terbuka Hijau untuk publik seharusnya mengacu kepada kelestarian Lingkungan alam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan konsep rancangan ekopark dan ekowisata untuk menunjang kelestarian alam. Metode yang digunakan adalah dengan metode deskriptif kualitatif yang menganalisa studi lapangan maupun literatur, dengan cara mengidentifikasikan masalah-masalah yang ada di lokasi penelitian atau site dan sekitar site sehingga mendapatkan hasil dari pemecahan masalah, untuk menemukan sebuah Konsep Rancangan Ekopark dan Ekowisata pada Peruntukan lahan Ruang Terbuka Hijau.
Kiki Amelia, Migusnawati Migusnawati
Jurnal Teknik, Komputer, Agroteknologi Dan Sains, Volume 1, pp 59-68; https://doi.org/10.56248/marostek.v1i1.14

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh reinokulasi jamur dan bakteri pada Tithonia sebagai pagar lorong dalam memperbaiki sifat fisika tanah. Metoda yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 3 kelompok. Hasil penelitian di uji secara statistik dengan uji F, bila berbeda nyata dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Jujur (BNJ) pada taraf 5 %. Adapun perlakuan di lapangan yaitu: A = Kontrol (titonia tanpa perlakuan mikroba), B = Mikoriza (campuran) + Azospirillum + Azotobakter, C = Tanpa pagar lorong titonia, D = Mikoriza (campuran) + JPF, E = Mikoriza (campuran) + BPF, F = Mikoriza (campuran) + BPF + JPF. Percobaan menggunakan 6 perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa titonia sebagai pagar lorong yang direinokulasi dengan gabungan mikoriza + Jamur Pelarut Fosfat mempunyai kemampuan terbesar dalam mengurangi aliran permukaan sekitar 165.2 m3/ha (73.86 %) dan tanah tererosi sebanyak 0.81 ton/ha (82.65 %). Sedangkan Berat volume tanah tertinggi diperlihatan oleh perlakuan C (tanpa pagar lorong titonia) sebesar 0.83 g/cm3 dan yang terendah pada perlakuan D (mikoriza + JPF) sebesar 0.72 g/cm3.
Back to Top Top