Jurnal ABDIMAS Budi Darma

Journal Information
EISSN : 2745-5319
Published by: STMIK Budi Darma (10.30865)
Total articles ≅ 18
Filter:

Latest articles in this journal

, Anda Yanny, Sumiaty Adelina Hutabarat
Published: 8 February 2022
Jurnal ABDIMAS Budi Darma, Volume 2, pp 93-97; https://doi.org/10.30865/pengabdian.v2i2.3711

Abstract:
Koperasi Unit Desa Cahaya terletak di Desa Sinunukan III yang merupakan ibukota kecamatan Sinunukan yang terletak di kab. Mandailing Natal, Prov. Sumatera Utara. Kecamatan ini termasuk kawasan pantai barat Sumatera Utara dengan komoditas utama masyarakatnya pertanian dan perkebunan kelapa sawit. Terdapat beberapa perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan yaitu PT. Sago Nauli dan PT. Gruti. Koperasi Unit Desa Cahaya bekerja sama dengan PT. Sago Nauli untuk mengolah hasil perkebunan kelapa sawit milik warga setempat dengan sistem perkebunan kelapa sawit plasma, yaitu perkebunan kelapa sawit milik warga yang perawatan dan pengembangannya dilakukan oleh PT. Sago Nauli melalui perantaraan Koperasi Unit Desa Cahaya. Koperasi Unit Desa Cahaya mengelola lahan seluas 621 kapling atau setara dengan 1242 hektar lahan kelapa sawit, dan memiliki anggota sebanyak 691 anggota aktif. Dengan banyaknya anggota yang di miliki maka pembuatan surat-menyurat juga harus terdokumentasi dengan baik dengan memanfaatkan fasilitas yang di miliki oleh Koperasi Unit Desa Cahaya. Selama ini pegawai tata usaha Koperasi Unit Desa Cahaya hanya menggunakan Microsoft Office Word untuk membuat surat-menyurat sehingga akan sangat menyulitkan dan memakan waktu yang lama jika ingin membuat surat dalam jumlah yang besar untuk di kirimkan kepada anggota ataupun surat keluar. Dengan melakukan pelatihan kepada pengurus Koperasi Unit Desa Cahaya tersebut maka pengurus dapat memahami cara membuat surat menyurat dengan mudah, cepat, efektif dan efisien dan semua surat dapat terdokumentasi dengan baik
Abdul Sani Sembiring
Published: 8 February 2022
Jurnal ABDIMAS Budi Darma, Volume 2, pp 160-163; https://doi.org/10.30865/pengabdian.v2i2.3850

Abstract:
One of the effects of Covid-19 that has attacked Indonesia, especially in the field of education, is that it requires learning to be carried out using distance learning media. One of these distance learning media is the Zoom online meeting application. Many school children do not understand how to use the features provided in the Zoom application. The provision of information on the use of the features that exist in the zoom is still considered very lacking for school children in general, considering that these school children cannot directly receive training on the use and utilization of the application. Zoom meet is a face-to-face conference platform where educators and students can interact directly like meeting in person in class. In this application there are many features provided and offer the easiest facilities for individuals who want to join.
Henry Kristian Siburian, Lince T Sianturi
Published: 8 February 2022
Jurnal ABDIMAS Budi Darma, Volume 2, pp 114-118; https://doi.org/10.30865/pengabdian.v2i2.3719

Abstract:
Salah satu tugas pokok dan fungsi Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Non Formal (BAN-PNF) adalah melaksanakan Akreditasi terhadap Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Akreditasi adalah Kegiatan Penilaian Kelayakan satuan beserta program PNF berdasarkan atas kriteria yang ditetapkan, PERUMAHAN GEMINI PERKASA DESA TADUKAN RAGA, STM HILIR, KABUPATEN DELI SERDANG Bahwa prinsip dasarnya Akreditasi pelaksanaannya dilakukan oleh pemerintah atau lembaga evaluasi mandiri yang berwenang dibiayai oleh pemerintah dan ini penting untuk memenuhi sifat Akuntabilitas Publik, Objectif, Adil, Transfaran dan komprehensif atas pelaksanaan akreditasi dan tanggung jawab pemerintah dalam memberikan jaminan pelayanan pendidikan bermutu. Tujuan agar layanan bagi Anak Usia Dini terutama di Pedesaann dimana Yayasan Yustisi Mandiri berusaha keras miningkatkan mutu dengan cara melakukan sosialisai peningktanan akreditasi dengan cara melakukan sosialisasi kepada pengurus dan pengajar dalam melakukan pendidikan awal dasar yang kuat baik segi kecerdasan, keseimbangan jasmani dan rohani dan dengan kondisi saat ini kami berusaha keras dapat menumbuhkan pengetahuan dan ketrampilan Anak Usia Dini untuk mempersiapkan dasar dasar secara dini pendidikan anak lebih Ianjut lagi menuju jenjang pendidikan dasar
Rinanda Purba,
Published: 8 February 2022
Jurnal ABDIMAS Budi Darma, Volume 2, pp 98-103; https://doi.org/10.30865/pengabdian.v2i2.3777

Abstract:
Media sosial merupakan suatu sarana digital marketing yang paling mudah untuk dimanfaatkan. Sebelum sebuah usaha memiliki situs, tidak jarang menemukan terutama di pasar seperti Indonesia bahwa mereka telah memulai memasuki ranah dunia maya melalui media sosial. Perkembangan sosial media yang begitu pesat dimanfaatkan oleh peternakan Arjuna Farm. Arjuna Farm merupakan sebuah usaha peternakan domba dan kambing dengan konsep wisata edukasi peternakan. Para pengunjung di Arjuna Farm dapat melihat koleksi dari berbagai jenis kambing dan domba, dan Arjuna Farm juga melayani Aqiqah, kurban, serta susu kambing murni. Selain biaya yang murah dan tidak perlunya keahlian khusus dalam melakukan inisiasi awal, media sosial dianggap mampu untuk secara langsung meraih (engage) calon konsumen. Potensi pemanfaatan digital marketing ini mengharuskan masyarakat untuk melek teknologi, oleh karena itu diperlukan sosialisasi dan pelatihan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi ini. Kegiatan pengabdian masyarakat mengenai pemanfaatan digital marketing ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman serta dapat menginspirasi pelaku peternakan serupa dalam memanfaatkan teknologi internet dan jejaring sosial sebagai alat untuk menjalankan bisnisnya.
Ade Priyatna, Sanwani Sanwani, Eko Setia Budi, Eva Zuraidah, Besus Maula Sulthon
Published: 8 February 2022
Jurnal ABDIMAS Budi Darma, Volume 2, pp 110-113; https://doi.org/10.30865/pengabdian.v2i2.3572

Abstract:
Yayasan Al-Muhajairin yang berlokasi di kota Bogor merupakan sebuah yayasan pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan setingkat sekolah pertama , dimasa pandemi seperti ini pemanfaatan teknologi sangat diperlukan dalam proses belajar mengajar , salah satunya adalah pemanfaatan teknologi software google form . Permasalahan timbul terkait keterbatasan pemahaman mengenai pemanfaatan teknologi google form untuk proses pengajaran kususunya pembuatan soal ujian pada yayasan tersebut menjadi alasan, oleh karena itu Universitas Nusa Mandiri membuat solusi dengan melaksanakan Pengabdian Masyarakat berupa Pelatihan Pemanfaatan Google Form Untuk Pembuatan Soal di Yayasan Al-Muhajirin Kota Bogor. Dengan harapan pelatihan tersebut dapat membantu para pendidik untuk bisa mengimplementasikan pemanfaatan teknologi Google Form pada yayasan tersebut.
, Sumiaty Adelina Hutbabarat, Melda Panjaitan
Published: 8 February 2022
Jurnal ABDIMAS Budi Darma, Volume 2, pp 126-131; https://doi.org/10.30865/pengabdian.v2i2.3785

Abstract:
Pandemi Covid-19 membuat dan memaksa para siswa dan siswi untuk tetap belajar dengan kondisi di dalam rumah, mulanya system seperti ini sangat disukai dan diterima siswa dan siswi, namun seiring berjalannya waktu lama kelamaan siswa dan siswi mulai jenuh dan bosan, apalagi saat diberikan tugas oleh para guru. Ada beberapa tugas yang belum dipahami siswa dan siswi, namun mereka kurang paham jika bertanya melalui perantara bantuan alat seperti telepon atau aplikasi sosial media. Hal inilah yang membuat mereka menjadi stress untuk mengerjakannya, sementara tekanan dari keluarga agar mereka menyelesaikan semua tugas yang diberikan membuat mereka semakin stress. Sosialisasi Manajemen stress ini membantu mereka untuk mengurangi stress, beban tugas, mengajarkan mereka cara agar menghadapi tugas agar jangan sampai numpuk yang ujungnya pasti mereka sendiri akan stress duluan saat akan memulai mengerjakannya. Kegiatan ini mengajarkan pada mereka bahaya stress, cara mengatasi stress, terutama stress menghadapi tugas yang diberikan guru dengan membuat jadwal kegiatan sehari hari dan cara mematuhinya, dan terakhir cara mengatasi stress dengan mengalihkannya ke hal hal yang positif.
Titin Setiawati, Muhammad Sabri
Published: 8 February 2022
Jurnal ABDIMAS Budi Darma, Volume 2, pp 87-92; https://doi.org/10.30865/pengabdian.v2i2.3689

Abstract:
Pendidikan seni memiliki peranan krusial dalam membantu pendewasaan peserta didik, Suatu kecerdasan yang matang barangkali hanya bisa ditunjukkan dengan cara mengimbangkan (equilibrium) antara kemampuan mengoptimalkan fungsi otak belahan kanan dan kiri. Hal ini berarti bahwa kecerdasan intelektual yang bersumber pada pengoptimalan fungsi otak belahan kiri harus sebanding dengan pengembangan fungsi otak belahan kanan sebagai sumber potensi emosi dan seni. Dalam tulisan ini ’mandala’ dimengerti sebagai ’diagram magis’, artinya sebuah peta pembagian ruang, wilayah, kawasan kehidupan guna menentukan bagian-bagian mana yang memiliki kekuatan mistis-magis yang lebih daripada yang lainnya. Mandala , (Sanskrit: "lingkaran") dalam Tantrisme Hindu dan Buddha, gambarajah simbolik yang digunakan dalam pelaksanaan upacara suci dan sebagai alat meditasi. Mandala pada dasarnya adalah representasi alam semesta, daerah yang dikuduskan yang berfungsi sebagai tempat untuk para dewa dan sebagai titik pengumpulan kekuatan sejagat. Manusia (mikrokosmos), dengan "memasuki" mandala secara mental dan "melangkah" menuju pusatnya, dengan analogi dipandu melalui proses-proses kosmik disintegrasi dan reintegrasi.
, Burhanuddin Al-Butary, Sari Wulandari
Published: 8 February 2022
Jurnal ABDIMAS Budi Darma, Volume 2, pp 164-167; https://doi.org/10.30865/pengabdian.v2i2.3876

Abstract:
Bisnis rumahan didefinisikan sebagai usaha ekonomi produktif mandiri yang dijalankan oleh individu dan kelompok. Kegiatan ini dibuat dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat untuk pembangunan desa di Desa Tanjung Sipokis, Kecamatan Galang, Kabupaten Deli Serdang. Kegiatan ini difokuskan pada kelompok ibu-ibu yang memproduksi atau membuat jamu tradisional yang ada di desa tanjung siporkis. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pengabdian ini terutama ditujukan kepada masyarakat desa. Kegiatan ini dirancang untuk membekali ibu-ibu di desa tanjung siporkis dengan pengetahuan dan keterampilan tentang pentingnya efisiensi dan efektivitas dalam produksi dan pemasaran online yang baik. Melalui kegiatan ini diharapkan para ibu lebih siap menjalankan bisnis yang sudah ada dan memasarkannya secara online. Kegiatan pendampingan ini dimulai dengan memberikan teori berupa materi produksi dan pemasaran. Materi disampaikan melalui ceramah, diskusi dan tanya jawab. Peserta akan belajar bagaimana mengelola bisnis. Beberapa pengusaha jamu dan warga desa setempat ikut serta dalam pelatihan. Hasil kegiatan ini mampu memberikan keterampilan dan pemahaman terkait pengelolaan usaha produksi dan pemasaran secara online, sehingga memungkinkan para peserta untuk mengembangkan usaha sendiri atau memulai usaha baru khususnya dalam produksi jamu dan pemasaran yang baik serta up to date.
, Burhanuddin Al-Butary, Sari Wulandari
Published: 8 February 2022
Jurnal ABDIMAS Budi Darma, Volume 2, pp 168-171; https://doi.org/10.30865/pengabdian.v2i2.3877

Abstract:
Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan keterampilan yang dimilikinya dalam bidang mengolah limbah plastik melalui kerja sama dengan banyak pemangku kepentingan di Desa Tanjung Siporkis di Kecamatan Galang Kabupaten Deli Serdang. Metode pelaksanaan yang digunakan adalah praktek langsung pada masyarakat sekitar. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa dalam membangun jiwa wirausaha para warga desa oleh mahasiswa dibutuhkan keuletan dan kesabaran dalam pengajarannya. Dengan adanya pelatihan jiwa berwirausaha ini harapan kami adalah warga desa mampu mencukupi kebutuhannya dengan memanfaatkan limbah plastik sekitar.
Ikwan Ikwan, , Edward Robinson Siagian
Published: 8 February 2022
Jurnal ABDIMAS Budi Darma, Volume 2, pp 132-137; https://doi.org/10.30865/pengabdian.v2i2.3837

Abstract:
The importance of horizontal communication skills is something that MAS teachers Nurul Hadina Patumbak II must possess. This is because horizontal communication ability is one of the competencies of teachers that can be used as a medium in the process of interaction with the community as an effort to provide understanding to the community about the importance of the role of Madrasah Aliyah Nurul Hadina Patumabak II in preparing students' resilience in the face of changing times. and carry out Islamic da'wah in seeking to develop the independence of students in learning, working, and entrepreneurship. Lately, very few teachers are able to implement horizontal communication skills, not only personally but also in teamwork, this greatly affects the personality of the teachers in socializing both on campus and in the midst of society. Ideally teachers should be able to implement horizontal communication skills both theoretically and practically, for that it is necessary to have a comprehensive and actual understanding, one of the principles rarely possessed by good teachers is the lack of integrity in socializing in the campus environment. To find the solution above, a training to improve horizontal communication skills was held both in the form of practical and theoretical understanding, which was held through zoommeeting, this training will be held in February 2022. The implementation of service activities takes place on Thursday from 08.15 to 10.30 WIB, with attended by 37 participants. The activity is in the form of delivering material in the form of a Webinar. Where this service activity has relevance to the developing situation in the field. Based on the survey results before the training, students who have horizontal communication skills during the pandemic are still low. So with this training, it is hoped that students in the campus environment can have good horizontal communication skills
Back to Top Top