Jurnal Multidisiplin Madani

Journal Information
EISSN : 2808-5639
Published by: PT Formosa Cendekia Global (10.55927)
Total articles ≅ 307
Filter:

Latest articles in this journal

Cahayani Asira Putri, Arif Fakhrudin
Published: 30 September 2022
Jurnal Multidisiplin Madani, Volume 2, pp 3561-3572; https://doi.org/10.55927/mudima.v2i9.1308

Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana evaluasi penerapan sistem manajemen keselamatan di Bandar Udara Sultan Muhammad Kaharuddin. Evaluasi dilakukan terkait dengan adanya kenaikan jumlah pengguna angkutan udara di provinsi NTB sehingga memungkinkan meningkatnya resiko kecelakaan penerbangan. Penelitian menggunakan metode kualitatif. Penelitian dimulai dengan mencari basis data dengan membaca dokumen-dokumen manual yang terkait dengan system manajemen keselamatan. Penelitian yang dilakukan menggunakan observasi dan wawancara kepada dua orang narasumber yang merupakan pegawai unit system manajemen keselamatan di Bandar Udara Sultan Muhammad Kaharuddin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bandar Udara Sultan Muhammad Kaharuddin sudah menerapkan sistem manajemen keselamatan dan saat ini sudah dalam tahap operasi, tetapi penerapan sistem manajemen keselamatan di Bandar Udara Sultan Muhammad Kaharuddin sejauh ini masih mengalami beberapa kendala trauma dalam hal sumber daya manusia. Adanya kendala yang muncul tentunya membutuhkan penanganan salah satunya yaitu dengan melakukan evaluasi sehingga penerapan sistem manajemen keselamatan di Bandar Udara Sultan Muhammad Kaharuddin dapat mencapai tingkatan yang diinginkan.
Marsytha Febriyanti Achmar, Syawal K. Saptaputra, Irma Yunawati
Published: 30 September 2022
Jurnal Multidisiplin Madani, Volume 2, pp 3589-3595; https://doi.org/10.55927/mudima.v2i9.1216

Abstract:
Stres kerja adalah ketidakseimbangan antara kemampuan fisik dan psikis dalam melakukan pekerjaan sehingga mempengaruhi beberapa aspek yaitu aspek emosi, berpikir, bertindak dan lainnya dari individu pekerja. Stres dapat berdampak negatif pada kesehatan, menyebabkan masalah seperti penurunan kesehatan dan penyakit. Stres akan berdampak negatif pada kinerja, efisiensi, dan produktivitas kerja.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan beban kerja, dan kelelahan kerja dengan stres kerja pada pekerja di PT X. Penelitian ini adalah penelitian analitik kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 40 orang dengan menggunakan teknik total sampling sehingga sampel pada penelitian ini adalah seluruh jumlah populasi yaitu 40 orang. Analisis data yang digunakan adalah analisis chi-square. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada hubungan antra beban kerja mental (Pvalue=0,000), dan kelelahan kerja (Pvalue=0,000) dengan stres kerja. Simpulan pada penelitian ini yaitu ada hubungan beban kerja dan kelelahan kerja dengan stres kerja pada pekerja CCR di PT X.
Pratiwi Bimalaya, Yulia Aji Puspitasari
Published: 30 September 2022
Jurnal Multidisiplin Madani, Volume 2, pp 3583-3588; https://doi.org/10.55927/mudima.v2i9.1223

Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Petugas Check-in Counter Terhadap Kepuasan Penumpang Maskapai Wings Air Di Bandar Udara Sultan Muhammad Salahuddin Bima. Metode penelitian kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden, jenis kuesioner tertutup. Populasi penelitian ini adalah seluruh penumpang Maskapai Wings Air di Bandar Udara Sultan Muhammad Salahuddin Bima. Teknik Pengambilan Sampel yaitu Probability Sampling. Metode analisis yang digunakan yaitu uji instrumen yang meliputi Uji validitas, Uji reliabilitas menggunakan Spss 23 sebagai alat diikuti oleh pengujian hipotesis meliputi Regresi linier sederhana, Uji t, Koefisien determinasi (R²). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan petugas check-in counter berpengaruh signifikan terhadap kepuasan penumpang Maskapai Wings Air di Bandar Udara Sultan Muhammad Salahuddin Bima.
Nurhadi, Muhammad Ridwan
Published: 30 September 2022
Jurnal Multidisiplin Madani, Volume 2, pp 3543-3550; https://doi.org/10.55927/mudima.v2i9.1143

Abstract:
Dengan adanya sistem informasi yang tepat dan akurat dapat mengurangi terjadinya kesalahan yang tidak diinginkan, sehingga dapat meningkatkan kinerja agar lebih efisien dan kecepatan operasional pada suatu instansi atau perusahaan. PT. Fastrata Buana mendukung 400.000 outlet cakupan langsung dengan kemampuan menjangkau seluruh wilayah Indonesia, dan dalam pelaksanaan nya PT. Fastrata Buana menerapkan Sistem Manajemen Mutu berbasis ISO 9001:2008 (UKAS) dan 9001:2008 (KAN). Dalam aktifitas membuat laporan pendataan inventaris kantor, PT. Fastrata Buana belum terkomputerisasi dengan baik yaitu dalam penginputan data, pencarian data dan pemberian informasi masih menggunakan dengan cara manual Sehingga didalam menghasilkan laporan inventaris memakan waktu yang relative lama dan berpotensi terjadi kesalahan data. Sistem informasi inventaris di bangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan menggunakan databases MySql, di kembangkan dengan menggunakan metode prototype serta menggunakan UML ( Unified Modeling Lenguage) untuk pengembangan sistem. Dengan menggunakan metode prototype yang di dalamnya ada pengujian dan masukan dari pengguna, sistem tersebut dapat mempermudah instansi atau perusahaan untuk mendata barang inventaris perusahaan sehingga menjadi lebih efektif dan tidak memerlukan waktu yang lama dalam pendataan barang invertaris.
Tine Ratna Poerwantika, Shylvia Windary, Faturahman Rasyid, Bebby Estefany Santoso
Published: 30 September 2022
Jurnal Multidisiplin Madani, Volume 2, pp 3596-3609; https://doi.org/10.55927/mudima.v2i9.1182

Abstract:
Aartikel ini dimaksudkan untuk menganalisis terkait revisi strategi dan proses transformasi transisi energi post - COP 26 di Indonesia yang dibasiskan kepada metode diplomasi lingkungan. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersumber kepada data sekunder dengan teknik pengumpulan studi literatur dan teknik analisis studi kasus serta konsep transisi energi yang diikuti oleh dua teori yaitu teori Diplomasi dan teori Diplomasi Lingkungan untuk menjadi landasan penelitian. Penelitian berargumen bahwa dengan permasalahan tingkat konsumsi energi, Indonesia mulai melakukan strategi revisi transisi energi post - COP26 berbentuk diplomasi lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Indonesia, khususnya pada masa pemerintahan Jokowi mengeluarkan berbagai kebijakan kerja sama nasional dan luar negeri seperti Rencana Aksi Nasional Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan, Generator Antasena Biohidrogen Indonesia - Tiongkok, serta upaya Indonesia dalam G20 untuk mendukung proses keberhasilan strategi revisi transisi energi.
Sri Wulandari, Arif Fahkrudin
Published: 30 September 2022
Jurnal Multidisiplin Madani, Volume 2, pp 3532-3537; https://doi.org/10.55927/mudima.v2i9.1300

Abstract:
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Metode pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling yang termasuk kedalam non purposive sampling terhadap 100 responden yang adalah pelanggan yang telah menggunakan jasa layanan Bandar Udara Komodo Labuan Bajo. Penelitian menggunakan kuesioner untuk instrument penelitian dan membutuhkan sampel sebanyak 100 responden. Hasil dari pengumpulan data akan diolah menggunakan SPSS untuk mendapatkan hasil. Hasil penelitian menunjukan bahwa, terdapat pengaruh yang cukup signifikan yaitu sebesar 43,8% dari kinerja petugas maskapai citilink terhadap kepuasan penumpang sedangkan sisanya 56,2% dipengaruhi oleh variable lainnya diluar model penelitian ini
Shinta Nurliawan Sari, Ce Gunawan
Published: 30 September 2022
Jurnal Multidisiplin Madani, Volume 2, pp 3538-3542; https://doi.org/10.55927/mudima.v2i9.1084

Abstract:
Kemiskinan masih menjadi permasalahan yang cukup serius bagi Indonesia. Pemerintah RI terus berupaya untuk menanggulangi masalah ini melalui berbagai program, diantaranya adalah Program Keluarga Harapan (PKH). PKH diselenggarakan oleh Kementerian Sosial RI untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama dalam bidang pendidikan dan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan PKH di salah satu kecamatan di Sukabumi, Jawa Barat, yaitu Kecamatan Sukaraja. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan PKH di Kecamatan Sukaraja telah berjalan dengan baik. Masyarakat merasa sangat terbantu dan dapat merasakan manfaat dari adanya PKH ini.
Sri Sulastri, M.Harja Efendi, Mukminah
Published: 30 September 2022
Jurnal Multidisiplin Madani, Volume 2, pp 3524-3531; https://doi.org/10.55927/mudima.v2i9.985

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD Biologi terintegrasi Al-Qur’an yang valid, menarik dan efektif untuk meningkatkan pemahaman peserta didik. pengembangan LKPD Biologi terintegrasi Al-Qur’an menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analysis, design, development, implementation, and evaluation. Subjek uji coba pada penelitian adalah peserta didik kelas X MA Hidayatullah Mataram. pada uji coba kelompok kecil terdiri dari 10 peserta didik. Hasil uji validitas LKPD Biologi terintegrasi Al-Qur’an dilakukan oleh tiga validator dengan memperoleh nilai rata-rata 75% dengan kategori layak dan sangat layak, sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD Biologi terintegrasi Al-Qur’an layak digunakan di sekolah untuk meningkatkan pemahaman peserta didik
Riski Putri Anjayani, Intan Rike Febriyanti
Published: 30 September 2022
Jurnal Multidisiplin Madani, Volume 2, pp 3610-3617; https://doi.org/10.55927/mudima.v2i9.1175

Abstract:
UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) mempunyai peranan penting dan strategis dalam pertumbuhan ekonomi, maka perlu adanya strategi untuk meningkatkan volume penjualan UMKM. Bauran pemasaran merupakan strategi pemasaran yang menekankan pada berbagai faktor yang dikenal dengan istilah 4P (product, price, place, promotion). Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah strategi pemasaran di UMKM YJS dapat meningkatkan jumlah penjualan produknya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif yang bersifat deskriptif untuk menyelidiki keadaan, kondisi secara sistematis, faktual dan akurat, sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi bauran pemasaran yang diterapkan dapat meningkatkan jumlah penjualan UMKM YJS Sukabumi.
Nadia Mangendre, Falimu, Suanti Tunggala, Gisela Laugi Septiana
Published: 30 September 2022
Jurnal Multidisiplin Madani, Volume 2, pp 3515-3523; https://doi.org/10.55927/mudima.v2i9.1110

Abstract:
Salah satu tujuan komunikasi adalah untuk menyampaikan informasi tentang produk dalam suatu perusahaan. Komunikasi bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis dan terdiri dari berbagai bentuk komunikasi linguistik dan nonverbal untuk mencapai tujuan tertentu sesuai dengan kepentingan bisnis. Komunikasi bisnis yang baik akan menyelesaikan atau bahkan menghilangkan hambatan dan masalah dengan baik untuk meningkatkan citra Eigerstore dalam masyarakat. tujuan penelitian yaitu bagaimana strategi komunikasi bisnis Eigerstore dalam meningkatkan niat beli konsumen. Untuk memperoleh data yang diperlukan sebagai dasar penelitian, penulis mengumpulkan data lapangan menggunakan teknik penelitian diantaranya observasi, kuisioner dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengklasifikasikan data ke dalam pola, kategori, dan deskriptor dasar untuk menemukan tema dan membuat hipotesis. Skala Likert digunakan untuk mengubah variabel metrik menjadi indikator variabel. Metrik tersebut kemudian digunakan sebagai tolak ukur untuk menyusun item berupa tanggapan untuk setiap item perangkat pada skala Likert. Berdasarkan hasil penelitian bahwa strategi komunikasi bisnis di Eiger store sangat baik dengan presentase 82,09%. Dari ketentuan di atas, dapat disimpulkan bahwa strategi komunikasi bisnis Eiger store sangat baik, mengingat minat beli konsumen yang terus meningkat
Back to Top Top