Al Intisyar

Journal Information
ISSN / EISSN : 2527-9122 / 2798-1967
Published by: Institut Agama Islam Negeri Langsa (10.32505)
Total articles ≅ 12
Filter:

Latest articles in this journal

Mar'atus Sholehah
Published: 31 December 2021
Al Intisyar, Volume 6, pp 56-67; https://doi.org/10.32505/intisyar.v6i2.3640

Abstract:
Mufradat adalah salah satu unsur bahasa yang paling penting yang harus dikuasi oleh setiap pelajar bahasa asing untuk meningkatkan kemahiran dalam berkomunikasi. Peneliti melihat bahwa banyak dari guru masih menggunakan media pembelajaran yang lama yaitu media buku dan papan tulis saja dalam kegiatan belajar bahasa arab, dan media ini belum mendorong siswa dalam pembelajaran bahasa arab khususnya mufradat, dan mereka mengalami masalah seperti bosan, mengantuk, dan lain-lain. Dan untuk mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan media adobe flash untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mufradat. Pendekatan yang yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas delapan di MTs Swasta Geudubang Aceh. Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data adalah test. Hasil penelitian kemampuan siswa dalam pembelajaran mufradat adalah baik sekali, dan penggunaan media adobe flash untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mufradat efektif.
Published: 31 December 2021
Al Intisyar, Volume 6, pp 27-38; https://doi.org/10.32505/intisyar.v6i2.3359

Abstract:
Peneliti berusaha mengkaji tentang bagaimana evaluasi pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran berlangsung. Selama pandemi berlangsung peneliti melihat bahwa evaluasi di pondok pesantren tersebut berkurang atau masih tergolong rendah, hal ini dikarenakan tidak efektifnya waktu siswa dalam kegiatan belajar mengajar dan dikarenakan minimnya waktu guru tidak memberi evaluasi harian terhadap siswa, sehingga siswa tidak mengetahui sampai dimana pemahaman belajar yang diperoleh. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana standart evaluasi siswa selama pandemi, dan bagaimana guru memberi evaluasi istima’ siswa selama pandemi. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Kualitatif Deskriptif. Penelitian ini dilakukan di pondok pesantren al-ikhwan as-salam Tanjung Pura. Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah: observasi, wawancara dokumentasi, yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, dan guru bahasa Arab istima’. Setelah diperoleh hasil penelitian ini, peneliti mendapatkan data bahwasannya evaluasi pembelajaran Istima’ Selama Pandemi Di Pondok Pesantren Al-Ikhwan As-Salam Tanjung Pura adalah: perbedaan dalam standart evaluasi selama pandemi dan sebelum pandemi tidak ada hanya saja waktu dan jam pembelajaran yang dikurangkan. Adapun guru dalam memberi evaluasi dengan menggunakan video yang terbagi menjadi dua level: level A dan Level B, kemudian murid mendengarkan lafal yang benar sesuai pendengaran masing-masing, dan mengisi titik-titik.
Published: 31 December 2021
Al Intisyar, Volume 6, pp 47-55; https://doi.org/10.32505/intisyar.v6i2.3364

Abstract:
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. penelitian ini membahas tentang Problematika Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Secara Daring di MTsS MIM Langsa selama masa Pandemi Covid-19. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui masalah-masalah yang dihadapi guru dalam proses pelaksanaan kelas daring dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika-problematika tersebut. Penelitian ini dilakukan di MTsS MIM Langsa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini sebagai berikut, 1) Proses pembelajaran Bahasa Arab selama pandemi covid-19 berlangsung secara daring atau online, yaitu guru menyiapkan RPP, smartphone, buku dan media lainya, pelaksanaan pembelajaran guru menyampaikan materi, melakukantanya jawab, dan pemberian tugas. Evaluasi yang dilakukan guru dengan memeriksa tugas yang dikirimkan siswa dengan cara difoto dan dikirimkan melalui whatsapp dan menuliskannya dilaporan. 2) Problematika yang dihadapi guru dalam pelaksanaan kelas daring selama pandemi covid-19 yaitu, tidak semua siswa mempunyai smartphone, keterbatasan kuota internet, koneksi internet yang tidak stabil, kurangnya dampingan orang tua pada saat pembelajaran sehingga menyebabkan siswa kurang disiplin.
Published: 31 December 2021
Al Intisyar, Volume 6, pp 1-12; https://doi.org/10.32505/intisyar.v6i2.3362

Abstract:
Proses pembelajaran seringkali siswa dihadapkan pada pembelajaran yang kurang menarik. Setiap guru hendaknya memiliki desain pembelajaran, terutama pembelajaran bahasa asing seperti bahasa arab. pembelajaran bahasa arab yaitu suatu upaya pendidik terhadap peserta didik dalam interaksi belajar bahasa arab supaya siswa dapat mempelajari sesuatu dengan efektif dan efisien. Bahasa tidak dapat dipisahkan dari kosa kata, begitu juga dengan bahasa arab. Karena kosa kata merupakan unsur utama dalam suatu bahasa. Oleh karena itu peneliti mendesain permainan teka-teki silang untuk tingkat Tsanawiyah dalam pembelajaran mufradat. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas desain permainan teka-teki silang, untuk mengetahui respon siswa dan guru terhadap desain permainan teka-teki silang, serta untuk mengetahui bagaimana penerapan desain permainan teka-teki silang untuk tingkat Tsanawiyah dalam pembelajaran mufradat. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D(Research and Development). Pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli, angket, serta pre test dan post test. Hasil penelitian ini berdasarkan nilai rata-rata hasil keseluruhan validasi tim ahli yaitu sangat valid. Hasil angket siswa diperoleh respon sangat tertarik dan hasil angket guru diperoleh respon sangat setuju. Dan dari hasil uji t diperoleh hasil t hitung 2,225 dan t tabel 1,860. Berdasarkan hasil uji t tersebut dapat diketahui bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut juga dapat dilihat dari hasil pre test dan post test diperoleh hasil post test (87,4) lebih baik daripada pre test (55,6), Berdasarkan hasil penelitian tersebut, desain permainan teka teki silang tersebut dapat meningkatkan mufradat siswa kelas VIII di MTsS Mukhtariyah Besitang.
Published: 31 December 2021
Al Intisyar, Volume 6, pp 13-26; https://doi.org/10.32505/intisyar.v6i2.3357

Abstract:
Film Animasi adalah salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran keterampilan berbicara oleh karena itu penulis ingin melakukan penelitian tentang film animasi dan efektivitas penggunaannya dalam pembelajaran keterampilan berbicara di MAN 2 Langsa. Karena media ini belum pernah digunakan di sekolah ini. dengan demikian peneliti ingin menjawab pertanyaan berikut apakah penggunaan Film animasi pada pembelajaran keterampilan berbicara di MAN 2 Langsa efektif? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan film animasi dalam keterampilan berbicara di sekolah ini. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi penelitian yaitu semua kelas 10 sebanyak 6 kelas dengan jumlah 150 orang. Adapun sampenya adalah siswa kelas 10 MIA1 sebagai kelas eksperimen dan 10 MIA2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel adalah dengan purposive sampling. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan tes awal dan akhir dalam pengumpulan data dan sesudah melakukan penelitian hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Film Animasi dalam keterampilan berbicara di MAN 2 Langsa sangat efektif hal ini dibuktikan dengan tes yang dilakukan di dua kelas karena hasil uji t 3,163 lebih besar dari pada 2,021 pada t tabel, maka hal ini menunjukkan bahwa hipotesa diterima.
Published: 31 December 2021
Al Intisyar, Volume 6, pp 39-46; https://doi.org/10.32505/intisyar.v6i2.3410

Abstract:
Quantum adalah model pembelajaran yang memberikan kesempatan yang luas, nyaman, dan menyenangkan bagi siswa untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran. Oleh sebab ini peneliti tertarik mencoba melakukan penelitian tentang model Quantum Learning dan penerapannya dalam pembelajara Bahasa arab di MTsS Bustanul Huda Langsa, adapaun rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Apakah model pembelajaran quantum Larning mampu meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab siswa di MTsS Bustanul Huda Langsa 2) bagaimana hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembealajaran bahasa Arab di MTsS Bustanul Huda?. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, dan yang menjadi populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas II MTsS Bustanul Huda Langsa yang berjumlah 68 siswa pada tahun ajaran 2021-2022 dan tehnik pengambilan sampel non probability sampling dan yang menjadi sampelnya kelas VIII¹ sebagai kelas kontrol dengan jumlah 23 orang dan VIII² kelas ekperiman dengan jumlah 23 orang, dan instrument penelitian observasi, angket dan tes. Setelah data terkumpul maka hasil yang didapat peneliti menunjukan penerapan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Learning di MTsS Bustanul Huda Langsa efektif hal ini dibuktikan dengan hasil dari uji t dengan menggunakan SPSS23 0,087 > 0,05 maka hipotesis ini diterima dan jika kurang dari 0.05 maka hipotesis ini ditolak . dan hasil pembelajaran sebelum diterapkan model belajar Quantum Learning nilai rata-rata 55, 21 di kelas kontrol dan 66,73 kelas eksperimen, dan setalah diterapkan model pembalajaran Quantum L
Nailul Hikmah, Fuji Astuti
Al Intisyar, Volume 6, pp 13-23; https://doi.org/10.32505/intisyar.v6i1.2987

Abstract:
Tulisan ini merupakan hasil penelitian tentang faktor- faktor kesalahan pelafalan Berdasarkan fakta yang terjadi di SMA Negeri 3 Langsa dalam pembelajaran bahasa arab terjadi kesalahan pelafalan oleh siswa, sehingga peneliti tertarik untuk meneliti faktor apa yang menyebabkan siswa salah dalam pelafalan. Dalam hal ini peneliti mengambil judul tentang Faktor- Faktor kesalahan pelafalan dalam belajar bahasa arab di SMA Negeri 3 Langsa. Pertanyaan : Apa faktor-faktor kesalahan pelafalan siswa dalam pembelajaran bahasa arab di SMA Negeri 3 Langsa. Penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2020/2021 untuk mengetahui faktor-faktor kesalahan pelafalan siswa pada pembelajaran bahasa arab di SMA negeri 3 Langsa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dan analisis yaitu metode yang digunakan untuk mengumpulkan berbagai data, karena peneliti ingin menjelaskan segala data yang di dapat. Dan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dan instrumen penelitiannya adalah wawancara dan angket. Adapun hasil dari penelitian Faktor - faktor kesalahan siswa dalam pelafalan adalah faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah siswa malas dalam belajar, kurangnya pemahaman tentang maghrijul huruf, dan tidak selalu melafalkan dan mempraktekkan pelafalan bahasa arab. Faktor eksternal adalah kurangnya perhatian orang tua terhadap anak dalam belajar mengaji (membaca Al-Quran).
Sulaiman, Burhanuddin Sihotang
Al Intisyar, Volume 6, pp 53-61; https://doi.org/10.32505/intisyar.v6i1.2990

Abstract:
MAN 1 Langsa adalah salah satu sekolah yang mempelajari materi Bahasa Arab. Kadang-kadang terdapat beberapa problematika dalam mengajarkannya, umpanya banyaknya siswa yang lulusan SMP yang dimana disana mereka tidak belajar Bahasa Arab dan kurangnya minat siswa dalam mempelajarinya serta lemahnya kemampuan siswa karena tidak menghafal kosakata dan tidak memahami struktur Bahasa. Karena itu peneliti memilih judul problematika guru dalam belajar Bahasa Arab di MAN 1 Langsa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika guru dalam belajar Bahasa Arab di MAN 1 Langsa dan untuk mengetahui usaha guru dalam menghadapi problematika guru dalam belajar Bahasa Arab di MAN 1 Langsa. Dan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Dan populasi penelitian ini seluruh guru pada tahun ajaran 2019/2020 M dan jumlahnya 3 guru. Dan peneliti menggunakan wawancara untuk mengumpulkan data dan informasi. Dan setelah peneliti menganalisis maka hasil penelitian ini adalah problematika guru dalam belajar Bahasa Arab banyaknya siswa yang tidak menghafal kosakata, dan kurangnya waktu yang tersedia untuk belajar Bahasa Arab bagi siswa lulusan bukan pesantren untuk mempelajari dasar dari Bahasa Arab. Dan usaha yang dilakukan guru untuk mengatasi problem tersebut dengan memberikan kosakata untuk dicari maknanya bersama teman-temannya, dan membagikan kartu yang terdapat kosata dan maknanya untuk dihafal di minggu yang akan datang.
Sri Wahyuni,
Al Intisyar, Volume 6, pp 24-38; https://doi.org/10.32505/intisyar.v6i1.2988

Abstract:
Pembelajaran mufradat memiliki hubungan yang kuat dengan pembelajaran maharah kebahasaan yang hadir dalam pembelajaran bahasa arab dari segi memahami judul dan tujuannya sama seperti bahasa penghubung, sama-sama memiliki tujuan yang penting dari segi pembelajaran. Dan tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan permainan berburu harta karun pada pembelajaran mufradat dan untuk mengetahui efektivitas penggunaan permainan berburu harta karun pada pembelajaran mufradat dalam meningkatkan kemampuan siswa.Dan populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas sepuluh yang ada di SMA N 4 Langsa tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa 96 siswa, dan sampel kelas XIPS1 sebagai kelas eksperimen dan XIPS2 sebagai kelas kontrol . Dan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Dan peneliti ini menggunakan observasi, wawancara, dan tes untuk mengumpulkan data dan informasi. Sesudah peneliti melakukan penelitian maka hasil penelitian ini adalah penggunaan permainan berburu harta karun pada pembelajaran mufradat sesuai dengan teori dan penggunaan permainan berburu harta karun efektif pada pembelajaran mufradat dalam meningkatkan penguasaan kosakata siswa dengan bukti thitung lebih besar dari ttabel dengan nilai 7,28>2,000 maka hipotesis di terima.
Isnaini,
Al Intisyar, Volume 6, pp 39-52; https://doi.org/10.32505/intisyar.v6i1.2989

Abstract:
Maharah kalam adalah salah satu maharah pembelajaran pada bahasa Arab.Peneliti melihat bahwa kemampuan mahasiswa pada maharah lemah, akan tetapi jurusan memberikan Upaya-Upaya untuk meningkatkan kemampuan maharah kalam mahasiswa. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor penghambat mahasiswa dalam kalam, faktor penghambat jurusan pendidikan bahasa Arab untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam kalam, dan upaya jurusan pendidikan bahasa Arab untuk meningkatkan kemampuan kalam mahasiswa/i di IAIN Langsa. Metode yang digunakan pada penelitian adalah metode deskriptif dan analisis yaitu metode yang digunakan untuk mengumpulkan berbagai data, karena peneliti ingin menjelaskan segala data yang didapat dan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dan instrumen penelitiannya adalah wawancara dan angket.
Back to Top Top