INFOTECH journal

Journal Information
ISSN / EISSN : 2460-1861 / 2615-4250
Published by: Universitas Majalengka (10.31949)
Total articles ≅ 30
Filter:

Latest articles in this journal

Jabbarmuhammad Jabbar
Published: 1 April 2022
INFOTECH journal, Volume 8, pp 70-75; https://doi.org/10.31949/infotech.v8i1.2280

Abstract:
This inventory information system was created to obtain information on goods that were sold in large quantities and those that were not sold (less desirable) in order to reduce the buildup of unsold goods and minimize losses caused by goods that were not in demand, therefore we made an application of the inventory information system using the method clustering KMeans case study RMD Store using PHP Laravel and MySqli.
Tri Ferga Prasetyo, Neng Siska Intantria, Dadan Dadan Zaliluddin
Published: 30 March 2022
INFOTECH journal, Volume 8, pp 60-69; https://doi.org/10.31949/infotech.v8i1.2214

Abstract:
Game merupakan sebuah media interaktif yang dapat di manfaatkan dalam pembelajaran pengenalan kesenian sampyong bergenre game fighting. Dalam perancangan game fighting pengenalan kesenian sampyong menggunakan metode agile development yang terdiri dari enam tahapan yaitu: planning, design, coding, testing, review dan release. Serta mengimplentasikan algoritma Breadth First search dalam menentukan rule pada game. Model yang terdapat pada game fighting ini berupa objek 2D. Game yang dirancang dapat diunakan pada sistem operasi android dan minimal versi marshmallow. Penelitian ini dilakukan untuk memperkenalkan kembali serta mempertahankan kesenian tradisional sampyong di Kabupaten Majalengka.
Suhendri Suhendri, Dadan Zaliluddin, Agus Muharom
Published: 30 March 2022
INFOTECH journal, Volume 8, pp 53-59; https://doi.org/10.31949/infotech.v8i1.2232

Abstract:
Komputer adalah seperangkat alat atau peralatan elektronik yang bekerja bersama-sama secara otomatis, menerima input dan memproses data sehingga menghasilkan output secara logis, cepat dan tepat berdasarkan perintah-perintah tertentu (Abdillah, 2015). Karena manfaat dan fungsinya, banyak sekali orang yang menginginkan sebuah komputer pribadi yang sesuai dengan budget dan komponen terbaik. Namun, ketika ingin membeli sebuah komponen PC, ada masalah berupa kesesuaian harga dengan kualitas komponen dan rata-rata masyarakat tidak mengetahui cara memilih komponen yang baik antara komponen satu dengan yang lainnya. Dari permasalahan yang telah disebutkan, maka dari itu harus ada sebuah sistem rekomendasi (recommendation system) yang dapat memberikan saran ataupun rekomendasi Personal Computer berdasarkan ketertarikan dan kebutuhan dalam pencarian referensi. Algoritma atau metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Collaborative filtering dengan mengambil metode Item-Based Collaborativefiltering. Metode item based collaborative filtering juga memiliki kelebihan diantaranya mampu untuk mengeksplorasi asosiasi implisit yaitu asosiasi yang salah satunya bisa dihasilkan dari riwayat pilihan pengguna, sehingga dengan kelebihan ini dapat meningkatkan ketepatan rekomendasi objek yang dihasilkan. Pada penelitian ini algoritma untuk Collaborative filtering menggunakan Adjusted-Cossine Similarity untuk menghitung kemiripan antar user dan algoritma Weighted Sum untuk perhitungan prediksinya.
Priati Assiroj
Published: 29 March 2022
INFOTECH journal, Volume 8, pp 41-52; https://doi.org/10.31949/infotech.v8i1.2239

Abstract:
Perkembangan pengguna internet Indonesia yang semakin meningkat tiap tahun membuat fungsi mesin pencari sebagai alat utama untuk mencari informasi di internet oleh pengguna internet. Informasi keimigrasian pada search engine result pages (SERP) didominasi oleh situs web non-pemerintah yang infonya tidak resmi, kurang update dan semua orang bisa membuat situs web. Pengelola situs web pemerintah banyak yang tidak terlalu memperdulikan peringkat situs web dikarenakan kepercayaan bahwa situs web pemerintah akan selalu mendapatkan peringkat pada mesin pencari tanpa harus mengikuti pedoman dan algoritma hasil pencarian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peringkat situs web Imigrasi Wonosobo pada Google Penelusuran serta melakukan implementasi metode search engine optimization (SEO) dan mengetahui perbedaan peringkat situs web Imigrasi Wonosobo pada Google Penelusuran sebelum dan sesudah diterapkan SEO. Penelitian menggunakan metode implementasi SEO dengan planning, analysis, design, implementation, testing dan maintenance. Implementasi SEO mampu meningkatkan peringkat dari situs web Imigrasi Wonosobo yaitu https://kanimwonosobo.kemenkumham.go.id/, meningkatkan nilai audit SEO pada Semrush dan Ahrefs serta meningkatkan jumlah pengguna, sesi dan tayangan halaman situs web.
Fahmi Sulaiman, Nana Suarna, Iin
Published: 25 March 2022
INFOTECH journal, Volume 8, pp 34-40; https://doi.org/10.31949/infotech.v8i1.2234

Abstract:
Penggunaan teknologi informasi merupakan kebutuhan dasar yang dibutuhkan suatu organisasi. Pengujian pada sistem informasi adalah suatu hal yang penting untuk menentukan kualitas perangkat lunak. Salah satu cara untuk menguji kualitas perangkat lunak adalah dengan menggunakan metode kinerja produk McCall, di mana item yang diuji adalah faktor Correctness, Reliability, Efficiency, Integrity, dan Usability. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan kepada karyawan PT Jasa Marga Cabang Palikanci yang terdiri dari 20 responden dan memuat faktor kualitas perangkat lunak yang akan digunakan. Dari hasil pengujian menunjukan bahwa secara keseluruhan kualitas sistem informasi pengarsipan dokumen laporan jalan tol berada pada level 69,0% termasuk pada kategori baik menurut skala presentase kategori faktor kualitas. Namun jika hasil dilihat dari item yang diuji, masih terdapat kekurangan pada faktor Correctness, Reliability dan Usability. Sedangkan pada faktor Efficiency dan Integrity dapat dinyatakan bahwa sistem informasi pengarsipan dokumen laporan jalan tol telah memenuhi factor kualitas perangkat lunak
Ade Bastian, Dadan Zaliluddin, Muhammad Syifa Al Maroghi
Published: 24 March 2022
INFOTECH journal, Volume 8, pp 28-33; https://doi.org/10.31949/infotech.v8i1.1878

Abstract:
Teknik untuk mengurangi noise pada citra digital agar citra digital terlihat lebih halus dapat menggunakan metode Low-Pass Filter, karena metode ini dapat menghaluskan transisi tajam pada citra digital serta mengurangi noise yang ada. Teknik pengolahan citra digital yang memperbaiki kualitas cahaya pada citra digital sehingga mudah diinterpretasikan oleh mata manusia dapat menggunakan metode Histogram Equalization, karena metode ini memungkinkan area kontras yang rendah menjadi lebih tinggi, sehingga nilai derajat keabuan pada suatu citra digital menjadi rata, serta menjadikan perbaikan kontras yang lebih efektif. Pada tulisan ini, diterapkan teknik paralel sehingga pemrosesan citra digital berjalan lebih cepat. Teknik pemrograman paralel menggunakan platform OpenMP yang diterapkan mampu mempercepat proses pengolahan citra digital dengan rata-rata sebesar 1.7x lebih cepat sehingga proses pengolahan citra digital yang dilakukan lebih menghemat waktu.
Harun Sujadi
Published: 24 March 2022
INFOTECH journal, Volume 8, pp 22-27; https://doi.org/10.31949/infotech.v8i1.1883

Abstract:
Twitter is often used to express opinions about a topic or issue that is trending. In the early 2020 period in Indonesia, Twitter was enlivened by the issue of the COVID-19 virus caused by SARS-CoV-2. Many Twitter users have expressed their views on the COVID-19 issue, which has attracted the attention of several parties to be used as a reference in making new decisions or policies. Therefore, it is necessary to do a sentiment analysis to determine the polarity of the sentiments that are in the contents of the tweets. This study uses the Naïve Bayes Classifier (NBC) and Support Vector Machine (SVM) methods. with a total dataset of 1652 tweets. From the results of classification using the NBC method, the classification accuracy value is 78.3%. While the accuracy value obtained by the SVM method is 81.6%. While the results of the accuracy test using the Cross Validation method with 10 K-Fold CV results in an average accuracy value of the NBC method of 69.8% and an average accuracy value of the SVM method of 74.4%. It can be concluded that the SVM method is proven to have a higher accuracy value than the NBC method.
Ai Musrifah
Published: 8 January 2022
INFOTECH journal, Volume 8, pp 5-12; https://doi.org/10.31949/infotech.v8i1.1663

Abstract:
Sistem informasi bagian dari suatu perangkat lunak yang dibutuhkan oleh suatu organisasi dalam kegiatan pengelolaan manajemen organisasi. Fakultas Teknik adalah Salah satu Fakultas yang ada di lingkungan Universitas Suryakancana yang memiliki tiga Program Studi yaitu Teknik Informatika, Teknik Industri dan Teknik Sipil. Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat merupakan bagian dari Tridarma Perguruan Tinggi yang harus dilakulan oleh setiap dosen. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan rancangan sistem informasi pengajuan dan pengelolaan data penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dapat membantu proses monitoring dan mendokumentasikan hasil dari penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Metode perancangan yang digunakan untuk menghasilkan sistem yang digunakan adalah waterfall, sistem yang akan dibangun berbasis website dengan framework Laravel, menggunakan text editor visual studio code, DBMS yang digunakan adalah MySQL. Sistem informasi pengajuan dan pengelolaan data penelitian dan pengabdian kepada masyarakat membantu LPPM dalam menginformasikan jadwal pelaksanaan hibah fakultas, mengelola, meminitoring dan mendokumentasikan hasil penelitian dan pengabdian yang dilakukan oleh dosen di lingkungan Fakultas Teknik dan membantu dosen dalam proses pengajuan proposal hibah Fakultas.
Ardi Mardiana, Dede Abdurahman, Puput Putriani
Published: 8 January 2022
INFOTECH journal, Volume 8, pp 13-21; https://doi.org/10.31949/infotech.v8i1.1664

Abstract:
Beasiswa Bank Indonesia adalah beasiswa yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia dalam bentuk pengabdian Bank Indonesia kepada dunia pendidikan. Beasiswa Bank Indonesia diperuntukkan bagi mahasiswa yang kurang mampu dari segi ekonomi, sekurang-kurangnya telah menyelesaikan 40 sks atau tengah menjalani semester 3, maksimal berusia 23 tahun pada saat ditetapkan sebagai penerima beasiswa, tidak sedang menerima beasiswa dari lembaga lain. Di Universitas Majalengka proses seleksi penerimaan beasiswa tersebut masih dilakukan secara manual dan memerlukan banyak waktu. Berdasarkan hal tersebut, dibutuhkan sistem pendukung keputusan untuk membantu proses seleksi beasiswa menjadi lebih cepat dan efisien.
Ii Sopiandi, Deffy Susanti, Wahyuno
Published: 8 January 2022
INFOTECH journal, Volume 8, pp 1-4; https://doi.org/10.31949/infotech.v8i1.1609

Abstract:
Pemeringkatan e-Government Indonesia (PeGI) merupakan kegiatan yang diadakan oleh Direktorat e-Government, Direktorat Jenderal Aplikasi dan Telematika, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kementerian KOMINFO) yang melibatkan instansi-instansi Pemerintah di seluruh wilayah Indonesia. Kegiatan PeGi ini merupakan kegiatan yang diadakan dalam rangka melihat peta kondisi pemanfaatan Teknologi Informasi dam Komunikasi (TIK) oleh lembaga pemerintah secara nasional. Departemen Komunikasi dan Informatika (DEPKOMINFO) melalui Direktorat e-Government, Direktorat Jenderal Aplikasi Telematika telah melaksanakan kegiatan Pemeringkatan e-Government Indonesia (PeGI) pada pertama kalinya di tahun 2007. PeGi diharapkan dapat meningkatkan pengembangan dan pemanfaatan TIK di lembaga Pemerintah di seluruh wilayah Indonesia. Penelitian ini bertujuan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat terkait administrasi dan Agar pengolahan data, pengelolaan informasi, sistem manajemen dan proses kerja secara elektronis. Penelitian ini dimulai dengan uji instrument validitas dan reabiliti terhadap 30 responeden yang dilakukan di lokasi yang berbeda dengan lokasi penelitian. hasil uji validitas pada semua dimensi, diperoleh nilai r hitung (Corrected Item-Total Correlation) > r tabel pada n=30 (0,362), maka seluruh item pertanyaan semua dimensi diyatakan valid (r hitung > r tabel). Pengukuran dengan pendekatan kuantitatif analisis faktor diperoleh bahwa untuk setiap dimensi PeGI yakni pada atribut kebijakan, kelembagaan, infrastruktur, aplikasi, dan perencanaan mempunyai variabel (atribut) yang valid dan reliabel berdasarkan nilai r hitung yang tinggi dan koefisien reliabilitas Cronbach Alpha
Back to Top Top