Jurnal PkM MIFTEK

Journal Information
EISSN : 2722-7596
Published by: Institut Teknologi Garut (10.33364)
Total articles ≅ 29
Filter:

Latest articles in this journal

Eko Walujodjati, Ida Farida
Published: 31 July 2021
Jurnal PkM MIFTEK, Volume 2, pp 8-12; https://doi.org/10.33364/miftek/v.2-1.941

Abstract:
Garut sebagai kabupaten yang tidak terlepas dari daerah dengan tingkat kerawanan keruntuhan bangunan yang diakibatkan gempa, membuat inisiatif untuk secara gencar dan masiv mendeliverykan teori teori dan hasil hasil peneltian berkaitan dengan bangunan yang bisa bertahan berdiri dalam merespon adanya gempa. Teori dan hasil penelitian para ahli belum dirasakan kebermanfaatannya di masyarakat. Ini terlihat dari beberapa kejadian gempa yang bahkan tidak terlalu besar namun akibatnya cukup merusak bangunan. Solusinya adalah secara gencar mensosialisasikan Panduan Pembangunan Bangunan Tahan Gempa dalam bentuk Presentasi, pemasangan Poster yang akan digunakan sebagai guidance dalam membangun rumah.. Diharapkan agar poster ini bisa dipajang di setiap desa atau kelurahan.
I Gede Putu Krisna Juliharta, Ni Luh Putu Ning Septyarini Putri Astawa
Published: 31 July 2021
Jurnal PkM MIFTEK, Volume 2, pp 13-18; https://doi.org/10.33364/miftek/v.2-1.952

Abstract:
Pada abad ke-21 ini, perkembangan ilmu pengetahuan teknologi dan komunikasi sangat pesat, termasuk di antaranya adalah koperasi. Koperasi adalah sebuah organisasi ekonomi yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang-seorang demi kepentingan bersama dengan tujuan mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional yang merupakan usaha berdasarkan asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi. Pada masa pandemi covid-19 seperti sekarang ini banyak kegiatan dan interaksi masyarakat yang dibatasi demi untuk mengurangi penyebaran virus, sehingga mau tidak mau segala jenis aspek dalam berkehidupan dipaksa untuk online atau Go Digital. Bagaimana sebuah koperasi bisa melihat keuntungan dari digitalisasi usaha koperasi itu sendiri? Maka dari permasalahan tersebut, penulis mengadakan kegiatan Pelatihan Koperasi Go Digital ini. Kegiatan pelatihan untuk pengurus koperasi se-kota Denpasar tersebut berlangsung pada bulan November 2020. Sekitar 100% dari jumlah peserta 35 orang hadir mengikuti kegiatan. Dapat disimpulkan dari hasil observasi yang dilakukan, tingkat keaktifan peserta tinggi sehingga dapat disimpulkan kegiatan berlangsung dengan baik.
Leni Fitriani, Rina Kurniawati, Zoel Hilmy, Shintya Oktaviani, Ihsan Nugraha, Rizky Safta Maulana, Tina Maryana, Muhammad Iqbal Ismail Safei Pamungkas, Renaldy Alamsyah, Ziadatun Khoirun Nisa, et al.
Published: 31 July 2021
Jurnal PkM MIFTEK, Volume 2, pp 1-7; https://doi.org/10.33364/miftek/v.2-1.876

Abstract:
Pada masa pandemi covid-19 ini, banyak sekali masalah yang dihadapi oleh masyarakat. Salah satu masalah yang dihadapi yaitu mengenai pembelajaran daring yang sekarang sedang di gerakan oleh pemerintah. Permasalahan yang utama dalam pembelajaran daring dimulai dari guru yang hanya memberikan tugas tanpa penjelasan yang jelas kepada siswanya, siswa yang tidak mempunya perangkat teknolologi seperti smartphone, tidak ada nya jaringan internet dan motivasi belajar siswa yang kurang dalam menghadapi pembelajaran daring ini. Program pelatihan dan pendampingan pembelajaran daring ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas guru dalam mengolah materi pembelajaran dan meningkatkan kerjasama siswa dalam menghadapi pembelajaran daring. Metodologi yang digunakan adalah metodologi Integrasi Relawan TIK , dimana dalam metode pelaksanaan nya menggunakan metode kombinasi, namun kegiatan offline lebih mendominasi dikarenakan pendampingan lebih efektif dilakukan dengan metode offline. Hasil yang dicapai yaitu dengan meningkatnya kemampuan guru dalam mengolah materi pembelajaran daring dan siswa dapat mengakses dan memahami materi dalam melaksanakan proses pembelajaran daring.
Ade Sutedi, Dzikri Nursyaban, Cahya Mutiara, Dede Sopiah, Diaz Radhian Salam, Diva Nuratnika Rahayu, Hasfi Syahrul Ramadhan, Ilham Muhamad Ramdan, Intan Sri Fatmalasari, Irsyad Ahmad
Published: 31 July 2021
Jurnal PkM MIFTEK, Volume 2, pp 19-27; https://doi.org/10.33364/miftek/v.2-1.964

Abstract:
Di era serba digital seperti saat ini, web sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Bahkan, profesi sebagai Web Developer banyak diminati oleh kaum muda yang ingin menjadi freelancer. Oleh sebab itu, banyak kaum muda terutama siswa dan mahasiswa yang kini mulai tertarik untuk mempelajari Web Development. Program pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pembelajaran dasar mengenai Web Development bagi pemula atau masyarakat umum. Metode pelaksanaanya dilakukan secara daring dengan mengadakan sesi webinar setiap minggu dan pembekalan modul secara berkala disertai tugas project yang berlangsung dalam kurun waktu satu bulan. Hasil yang dicapai yaitu dengan meningkatnya pemahaman dan kemampuan para peserta dalam membuat web sederhana.
Leni Fitriani, Rohman Hidayat, Asni Cahya Sn, Gisa Silvia Ditama
Published: 1 August 2020
Jurnal PkM MIFTEK, Volume 1, pp 151-157; https://doi.org/10.33364/miftek/v.1-2.151

Abstract:
Pandemic Covid-19 secara tidak langsung telah mempengaruhi seluruh masyarakat dunia, hal ini mengakibatkan masyarakat untuk bisa menggunakan teknologi, karena semua aktifitas baik bekerja, belajar maupun bersilaturahmi harus dilakukan di rumah dan menggunakan teknologi digital. Media sosial digunakan oleh masyarakat untuk berinteraksi dalam pandemic ini, media social memiliki sisi yang positif bila digunakan dengan bijak, dan sebaliknya memiliki sisi yang negatif jika digunakan untuk hal yang kurang bermanfaat. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengedukasi masyarakat di Desa Sukaratu bagaimanana penggunaan media social yang baik dan sosialisasi new normal. Artikel ini menggunakan metode integrasi relawan TIK dalam system pendidikan tinggi. Kegiatan ini menghasilkan kerjasama dengan masyarakat Desa Sukaratu untuk bersama-sama mengimplementasikan program new normal dari pemerintah dan penggunaan media social dalam pandemic ini.
Rinda Cahyana, Muhammad Rikza Nasrulloh, Leni Fitriani, Fajar Eri Dianto
Published: 1 August 2020
Jurnal PkM MIFTEK, Volume 1, pp 176-180; https://doi.org/10.33364/miftek/v.1-2.176

Abstract:
Pandemi Covid-19 melahirkan protokol jaga jarak fisik. Model pembayaran tanpa sentuhan dan non tunai mendukung pelaksanaan protokol tersebut. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan keterampilan mengoperasikan perangkat lunak aplikasi QRen kepada masyarakat, sehingga model pembayaran tersebut dapat terwujud. Kegiatan berhasil membuat 803 warga mengetahui cara mengoperasikan aplikasi QRen.
Athaya Zhafirah, Gariballah Syarief, Rinrin Siti Ratna Purinur, Rafiqan Moch. Ghilman, Ruly Frans Albar, Maris Bakti Fauzi
Published: 1 August 2020
Jurnal PkM MIFTEK, Volume 1, pp 73-85; https://doi.org/10.33364/miftek/v.1-2.73

Abstract:
Fasilitas umum pencegahan Covid-19 yang diberikan oleh pemerintah desa di Kampung Cimasuk Kidul Kabupaten Garut sudah ada, seperti tempat cuci tangan dan alat penyemprot desinfektan. Namun, masyarakat Kampung Cimasuk Kidul masih tidak dapat menggunakan fasilitas tersebut dengan baik dan masih abai terhadap protokol kesehatan. Hal tersebut dikarenakan kesadaran dan pengetahuan masyarakat Kampung Cimasuk Kidul yang masih kurang. Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik Pencegahan Covid-19 Sekolah Tinggi Teknologi Garut dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan serta kesadaran masyarakat Kampung Cimasuk Kidul dalam pencegahan Covid-19. Metode yang digunakan yaitu identifikasi awal, pemaparan edukasi secara daring dan luring, peningkatan kapasitas, serta kegiatan kemanusiaan. Hasil dari penyelesaian masalah di Kampung Cimasuk Kidul adalah tersalurkan 120 masker, terpasang spanduk informasi pencegahan Covid-19, penyemprotan desinfektan, penambahan fasilitas tempat cuci tangan, dan terpasang 2 buah penyanitasi tangan. Kegiatan Kuliah Kerja Nyata berhasil meningkatkan pengetahuan serta kapasitas masyarakat Kampung Cimasuk Kidul dalam pencegahan Covid-19.
Epril Mohamad Rizaludin, Ghina Ambarrona Rosita, Kiki Indra Nugraha, Mochamad Renaldi Rismawan, Rangga Noprianto, Sri Rahayu
Published: 1 August 2020
Jurnal PkM MIFTEK, Volume 1, pp 158-165; https://doi.org/10.33364/miftek/v.1-2.158

Abstract:
Di era modern ini literasi digital begitu penting bagi masyarakat, khususnya masyarakat yang belum melek digital, apalagi dengan adanya pandemi Covid-19 ini mengharuskan masyarakat untuk melek digital karena sistem pembelajaran ataupun pekerjaan akan menggunakan sistem daring atau online tidak terkecuali Desa Cintakarya yang terletak di Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut. Namun permasalahan yang terjadi masyarakat tidak peduli tentang pengetahuan dan edukasi mengenai virus Covid – 19 juga upaya untuk mencegah virus tersebut, maka dibutuhkan sosialisasi dengan melakukan webinar juga pembuatan poster untuk memberikan pemahaman bahaya virus Covid-19 juga bukti nyata seperti pembuatan wastafel di beberapa titik di Desa Cintakarya juga pelatihan penggunaan aplikasi online untuk bekerja dan sekolah. Adanya sosialisasi melek digital di Desa Cintakarya melalui kegiatan kuliah kerja nyata diharapkan dapat mewujudkan masyarakat melek digital sekaligus menjadi salah satu cara untuk mengabdi kepada masyarakat. Hasil dari kegiatan tersebut berupa peningkatan kesadaran masyarakat terkait literasi digital dan peningkatan kepedulian masyarakat terhadap virus Covid – 19.
Asri Mulyani, Mita Hidayani Putri, Astri Yuliastri, Ai Karlina, Gina Muhtari
Published: 1 August 2020
Jurnal PkM MIFTEK, Volume 1, pp 68-72; https://doi.org/10.33364/miftek/v.1-2.68

Abstract:
COVID-19 yaitu virus baru dan penyakit yang diketahui berawal menjadi wabah di Wuhan, Tiongkok, bulan Desember 2019. COVID-19 ini sekarang menjadi sebuah pandemi yang terjadi di banyak negara di seluruh dunia. Dalam rangka mencegah penyebaran virus pandemic yang terjadi saat ini, maka dilakukan literasi digital kepada masyarakat Desa Keresek, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut. Tujuan literasi digital ini yaitu memanfaatkan teknologi modern untuk menyebarluaskan informasi dan pengetahuan mengenai COVID-19 kepada masyarakat yang dapat diakses melalui media internet. Literasi Digital dilakukan dengan cara mengukur pengetahuan masyarakat melalui penyuluhan mengenai COVID-19 diawali Pre-Test, penyampaian materi, kemudian Post-Test. Dengan adanya Literasi Digital diharapkan masyarakat mampu memahami dan menggunakan informasi dalam berbagai bentuk dan berbagai sumber sehingga dapat menanggulangi dan mencegah penyebaran virus COVID-19.
Ayu Latifah, Sely Waladiah, Yogi Permana Hidayatullah, Muhammad Resa Agustina, Rosy Elisa, M Albi Awaludin
Published: 1 August 2020
Jurnal PkM MIFTEK, Volume 1, pp 86-93; https://doi.org/10.33364/miftek/v.1-2.86

Abstract:
Situasi pertumbuhan kasus Covid-19 sangat cepat di Indonesia. Upaya pencegahan yang dilakukan oleh tim Kuliah Kerja Nyata dari Sekolah Tinggi Teknologi Garut menjadi salah satu solusi dalam upaya pencegahan karena sampai saat ini belum ada obat untuk penyakit ini. Pencegahan yang dapat dilakukan berupa sosialisasi yang dilakukan dengan menerapkan etika batuk serta melalui perlindungan khusus yang dilakukan dengan cara menggunakan dan bagi bagi masker, membersihkan tangan dan social distancing. Pada masa pandemi covid-19 juga, setiap individu perlu menguasai bahwa literasi digital merupakan hal penting yang dibutuhkan untuk dapat berpartisipasi di dunia modern dan mengantisipasi penyebaran informasi negatif pada masa pandemi covid-19. Literasi digital akan menciptakan tatanan masyarakat dengan pola pikir dan pandangan yang kritis dan kreatif. Artikel ini hasil dari gerakan literasi digital yang dapat dilakukan pada masa pandemi covid-19 adalah gerakan literasi digital bagi pelajar dan masyarakat. Gerakan literasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kreatif dan positif dalam menggunakan media digital dalam kehidupan sehari-hari. Artikel ini juga menawarkan konsep antisipasi berita hoaks pada masa pandemi covid-19. Literasi teknologi mencakup segala pengetahuan dan keterampilan dalam memanfaatkan teknologi, mulai dari mengenal perangkatnya, mengoperasikannya, mengolah dan mengkomunikasikan informasi sehingga masyarakat memiliki pengetahuan yang lebih baik akan hal tersebut.
Back to Top Top