Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services

Journal Information
ISSN / EISSN : 2723-6773 / 2746-0533
Current Publisher: Faculty of Economics, Universitas Sriwijaya (10.29259)
Total articles ≅ 17
Filter:

Latest articles in this journal

Iisnawati Iisnawati, Aslamia Rosa, Dessy Yunita
Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, Volume 2, pp 53-58; doi:10.29259/jscs.v2i1.39

Abstract:
Pandemik Covid-19 yang tengah dihadapi oleh Indonesia saat ini telah memaksa usaha kecil atau mikro yang dulunya belum menggunakan platform digital, kini terpaksa menggunakannya. Kurangnya pengetahuan pelaku usaha kecil atau mikro ini pada platform digital dan persaingan yang menjadi ketat di online karena telah menjadi platform yang paling banyak digunakan pada masa pandemik membuat pelaku usaha kecil atau mikro ini perlu didampingi dalam hal pengelolaan dan teknis penggunaan usaha dengan platform digital. Tujuan dari pendampingan berupa pelatihan ini adalah agar pengetahuan pelaku usaha online terutama usaha kecil mengenai strategi penetapan harga digital (e-price) serta sistem pembayaran e-wallet semakin bertambah dan dapat meningkatkan penjualan hasil usahanya sehingga mampu bersaing dengan industri sejenis lainnya. Tahapan pelatihan dimulai dari pengenalan strategi penerapan harga digital dan kemudian praktek penggunaan aplikasi pembayaran e-wallet. Selanjutnya dilakukan diskusi mengenai materi terkait. Hasil dari pelatihan ini dapat membantu usaha kecil atau mikro meningkatkan penjualan dan mampu bersaing di era digital.
Yuliansyah M. Diah, Lina Dameria Siregar, Nyimas Dewi Murnila Saputri
Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, Volume 2, pp 67-76; doi:10.29259/jscs.v2i1.32

Abstract:
Pasca ditetapkannya sebagai pandemi, Covid-19 memaksa kita untuk merubah pola hidup dan bekerja yang sebelumnya. Data survei LIPI menunjukkan bahwa selama pandemi, 94,69% UMKM mengaku sudah mengalami dampak negatif Covid-19 terhadap bisnisnya dan 75% diantaranya mengalami penurunan penjualan yang signifikan. Penyuluhan strategi mengelola sumber daya manusia unggul dalam tatanan normal baru bagi pelaku UMKM di kota Palembang memiliki tujuan khusus yaitu diharapkan peserta kegiatan pengabdian pada masyarakat ini mampu beradaptasi dengan tantangan normal baru (new normal) sehingga dapat mempertahankan eksistensi bisnis UMKMnya dan meningkatkan produktivitas usahanya. Metode pelaksanaan dilakukan dengan menggunakan pembagian materi, ceramah, dan diskusi/tanya jawab dengan khalayak sasaran yang dipilih adalah pelaku UMKM di kota Palembang.
Deassy Apriani, Bernadette Robiani, Anna Yulianita
Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, Volume 2, pp 1-6; doi:10.29259/jscs.v2i1.23

Abstract:
Kegiatan pengabdian ini dilakukan di Desa Kerinjing Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir yang membahas tentang investasi. Investasi merupakan salah satu cara terbaik untuk melipat gandakan tabungan kita. Untuk berinvestasi banyak cara dan macam-macam investasi yang diinginkan. Masyarakat sekarang ini banyak menginginkan investasi yang cepat dan menguntungkan dengan resiko yang minimal. Hal ini lah yang dimanfaatkan oleh sebagian orang dan biasanya berakhir dengan kerugian karena investasi yang ditawarkan merupakan investasi fiktif atau investasi bodong. Kita harus lebih cermat dan teliti dalam memilih investasi, mengingat bahwa banyak sekali penipuan investasi bodong maupun dengan motif arisan berantai dengan bantuan teknologi.
Efva Octavina Donata Gozali, Yusnaini Yusnaini, Ruth Samantha Hamzah, Nur Khamisah
Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, Volume 2, pp 7-16; doi:10.29259/jscs.v2i1.26

Abstract:
Kegiatan pengabdian ini ditujukan kepada mahasiswa jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya kekhususan audit dalam bentuk pelatihan praktik kerja auditor yang dihubungkan dengan indikator-indikator dari kualitas audit. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk menambah pengetahuan dan membuka wawasan, disamping teori yang telah diperoleh di dalam kurikulum dan materi perkuliahan, sehingga mahasiswa memahami alur dalam proses kerja audit yang terjadi di lapangan. Metode presentasi dan pendampingan digunakan dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian ini. Materi pelatihan dan praktik audit dilaksanakan oleh tim pengabdian serta praktisi audit (auditor) dari KAP yang berafiliasi dengan KAP big four menggunakan aplikasi virtual meetings yaitu zoom. Hasil dari pelatihan ini menunjukkan bahwa setelah diberikan pelatihan yang berkaitan dengan profesi akuntan, praktik kerja audit dan kualitas audit, mahasiswa mampu mengisi lembar aktivitas berupa kasus yang menjadi tolok ukur peningkatan pengetahuan mahasiswa akan praktik kerja audit.
Achmad Soediro, Media Kusumawardani, Muhammad Farhan, Fardinant Adhitama, Hasni Yusrianti
Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, Volume 2, pp 39-46; doi:10.29259/jscs.v2i1.34

Abstract:
Pengabdian ini termasuk pada kegiatan pada bidang aplikasi iptek dan pengembangan seni budaya lokal yang berfokus pada pemberian materi dengan tema ekonomi islam sesuai pada kebutuhan mitra yaitu SMA IT Bina ilmi yang melibatkan guru dan murid di sekolahan tersebut. Kegiatan ini direncanakan dilakukan di bulan November.
Yusnaini Yusnaini, Burhanudin Burhanudin, Nur Khamisah
Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, Volume 2, pp 77-84; doi:10.29259/jscs.v2i1.35

Abstract:
This Community Service Activity aims to train the Management (Ta'mir) and youth of mosques at the mosque in Kerinjing Village to (a) understand the importance of financial statements as a form of responsibility for the mandate they carry out, and (b) understand the importance of Standard financial statements in order to provide more macro benefits, and (c) practice compiling mosque financial statements in accordance with generally accepted regulations by utilizing information technology. The method applied is training through workshops within a certain time. The workshop will provide 3 main materials, namely: (1) understanding the importance of financial reporting in accountability, transparency and good governance; (2) training in manual preparation of mosque financial statements; and (3) training on the preparation of mosque financial statements using information technology, namely by using Microsoft Excel. After attending the workshop, it is expected that there will be a better understanding of the Management (Ta'mir) and youth of mosque on the importance of preparing mosque financial statements and at the same time having adequate competence to compile periodic financial statements, namely monthly, quarterly, semester and annually.
Defia Riski Anggarini, Dhiona Ayu Nani, Wendy Aprianto
Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, Volume 2, pp 59-66; doi:10.29259/jscs.v2i1.59

Abstract:
Abstrak: Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk menumbuhkan kemandirian GAPOKTAN dalam penjualan hasil panen dengan memberikan pemahaman tentang institusi kelembagaan sehingga memudahkan para anggota Gapoktan dalam membuat proposal pendampingan yang dapat diajukan pada instansi-instansi terkait, memberikan pemahaman dalam pengelolaan keuangan melalui pelatihan pembukuan, serta memberikan pemahaman tentang Online Marketing melalui pelatihan penjualan secara online pada platform marketing digital yaitu Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan Blibli. Hasil PKM ini ditunjukkan dengan pengetahuan dan pemahaman para anggota GAPOKTAN tentang penyusunan proposal sudah mulai bertambah semenjak mengikuti pelatihan, antusiasme ditunjukkan melalui keaktifan mereka saat mengikuti pelatihan, pengetahuan masyarakat mengenai pengelolaan keuangan melalui pencatatan keuangan ketika panen sudah meningkat, serta pengetahuan masyarakat mengenai penjualan secara online melalui platform digital sudah meningkat.Kata Kunci: Pengabdian Kepada Masyarakat, GAPOKTAN, Institusi Kelembagaan, Pengelolaan Keuangan, Online Marketing.
Hera Febria Mavilinda, Akhmad Nazaruddin, Nofiawaty Nofiawaty, Lina Dameria Siregar
Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, Volume 2, pp 17-28; doi:10.29259/jscs.v2i1.29

Abstract:
Saat ini dunia sedang menghadapi situasi pandemi akibat adanya wabah Corona Virus Disease2019 (COVID-19) yang berdampak mendalam terhadap berbagai sektor ekonomi terutama pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Dalam survey yang dilakukan oleh MicroMentor terhadap 250 UMKM, tercatat bahwa 67% pendapatan UMKM menurun. Dampak Pandemi COVID-19 juga turut dirasakan oleh pelaku UMKM di Kota Palembang. Data pemerintah kota Palembang mencatat bahwa ada sekitar 35 ribu UMKM yang mengalami penurunan Omzet sejak pandemi COVID-19. Memasuki era New Normalterjadi perubahan perilaku konsumen dimana hampir sebagian besar kegiatannya menggunakan pemanfaatan teknologi. Hal ini menjadi tantangan bisnis kedepan sekaligus peluang besar bagi para pelaku UMKM khususnya di Kota Palembang untuk meningkatkan kembali penjualan produk yang mengalami penuranan cukup tajam selama masa pandemi COVID-19 melalui optimalisasi strategi pemasaran digital. UMKM harus memiliki daya saing yang unggul agar dapat mempertahankan bisnisnya. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjadi UMKM Unggul di era new normalini adalah dengan pemanfaatan dan pengoptimalisasian strategi pemasaran berbasis digital. Strategi pemasaran digital dapat berpengaruh hingga 78% terhadap keunggulan bersaing pelaku UMKM dalam pemasaran produk. Namun demikian, permasalahan yang terjadi saat ini adalah tidak semua pelaku UMKM di Kota Palembang yang dapat menggunakan pemasaran digital secara optimal, bahkan masih banyak pelaku UMKM yang belum memanfaatkan teknologi digital dalam menjalankan usahanya. Sehingga dengan pelatihan strategi pemasaran digital di era new normal bagi para pelaku UMKM di Kota Palembang diharapkan dapat membantu pelaku UMKM dalam memahami dan menerapkan serta mengoptimalisasikan strategi pemasaran digital untuk menjadi “UMKM Unggul”.
Muhammad Syahri Ramadhan, Yunial Laili Mutiari, Muhammad Zainul Arifin, Irsan Irsan, Meria Utama
Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, Volume 2, pp 29-38; doi:10.29259/jscs.v2i1.30

Abstract:
Perundungan atau biasa dikenal oleh masyarakat umum yaitu bullying, merupakan fenomena yang masih dianggap biasa bahkan dianggap suatu tindakan yang dapat menghibur bagi pelaku maupun korban atas tindakan perundungan tersebut. Hal inilah yang melatarbelakangi tim penyuluhan hukum Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya mengadakan kegiatan penyuluhan hukum tentang Perundungan dalam Kalangan Remaja Di SMK Bina Latih Karya Bandar Lampung, Provinsi Lampung pada Sabtu, 24 Oktober 2020, Pukul 10.00 WIB sampai dengan Pukul 12.00 WIB dan dilakukan via daring (memanfaatkan aplikasi Zoom Meeting). Tujuan dari kegiatan penyuluhan hukum ini ialah memberikan pemahaman kepada siswa – siswi SMK Bina Latih Karya bahwa tindakan perundungan tidak hanya menyangkut ke permasalahan sosial tetapi juga berdampak kepada permasalahan hukum. Adapun manfaat dari kegiatan ini ialah dapat memberikan manfaat praktis dan manfaat sosial. Perundungan atau biasa dikenal oleh masyarakat umum yaitu bullying, tidak boleh lagi dianggap tindakan yang dapat menghibur bagi pelaku maupun korban maupun dianggap tradisi yang biasa saja. Para siswa – siswi juga memahami apa maksud dari aturan di dalam Undang - Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang perlindungan Anak dan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak, setelah penyuluh menyampaikannya dengan cara memberi contoh sederhana tindakan perundungan yang biasa mereka terima.
Isni Andriana, Lina Dameria Siregar, Hera Febria Mavilinda
Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, Volume 1, pp 93-100; doi:10.29259/jscs.v1i2.17

Abstract:
Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada perangkat desa di desa kerinjing sehingga diharapkan hasil dari penyuluhan ini dapat diterapkan oleh para perangkat desa untuk mewujudkan pemerintahan desa yang berintegritas dalam menjalankan tugasnya menyelenggarakan pemerintahan desa, pelaksanaan pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat desa yang berintegritas
Back to Top Top