Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD

Journal Information
EISSN : 2775-5789
Published by: Institut Pesantren Mathali ul Falah (10.35878)
Total articles ≅ 22
Filter:

Latest articles in this journal

Ersila Devy Rinjani, Monica Evi Indriani, Anas Rohman, Ali Imron
Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, Volume 2, pp 79-90; https://doi.org/10.35878/guru.v2i1.316

Abstract:
Motivasi belajar berasal dari dalam diri siswa itu sendiri dan atau berasal dari luar diri siswa itu sendiri. Hal tersebut akan memaksa siswa untuk melakukan kegiatan belajar yang secara nyata dan sukarela. Siswa yang memiliki motivasi belajar diharapkan mampu meningkatkan prestasi belajarnya di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa besar pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas 5 SD Darussalam Semarang. Metode yang digunakan adalah analisis kuantitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan kategori skala yang telah ditentukan. Data variabel x diambil menggunakan instrumen angket, sementara variabel y menggunakan data nilai pts matematika semester II. Hasil yang didapat adalah, motivasi belajar siswa kelas 5 SD Darussalam Semarang berada pada kategori baik. Diperoleh rata-rata nilai motivasi belajar sebesar 59 terletak pada interval 57-62. Nilai rata-rata prestasi belajar matematika siswa kelas 5 sebesar 71,5 terletak pada interval 68-75 termasuk dalam kategori cukup, sehingga tidak ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar dan prestasi belajar matematika siswa kelas 5 SD Darussalam Semarang Tahun 2020/21. Hal ini dapat ditunjukkan dengan bukti hasil perhitungan nilai r observasi (ro) = 0,216 lebih kecil jika dibandingkan dengan nilai r pada tabel (rt) = 0,374 pada taraf signifikan 5% dan rt 0,478 pada taraf signifikan 1%.
Muhammad Fauzan Muttaqin, Hofipah Rizkiyah
Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, Volume 2, pp 43-54; https://doi.org/10.35878/guru.v2i1.342

Abstract:
Gerakan literasi sekolah merupakan program pemerintah yang sedang gencar di terapkan. Gerakan tersebut dilaksanakan melalui Budaya literasi. Adanya budaya literasi sangat membantu para siswa dalam mempengaruhi keterampilan 4C pada diri siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis budaya literasi pada keterampilan 4C siswa. Metode yang digunakan penelitian yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik di mana melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi data/ kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan budaya literasi yang sudah berjalan berlangsung sangat efektif budaya literasi membuat para siswa mempunyai keterampilan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) yang baik.
Lathifatul Azizah, M Sofyan Alnashr
Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, Volume 2, pp 1-12; https://doi.org/10.35878/guru.v2i1.340

Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal wilayah Sragen untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian riset dan pengembangan yang mengacu pada model 4-D. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket, nilai pre-tes dan post-test. Hasil penelitian pengembangan ini berupa bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal yang memenuhi kriteria valid dengan hasil validasi ahli materi mencapai 84%, hasil validasi ahli desain 88%, dan hasil validasi ahli pembelajaran 86%. Hasil uji coba kemenarikan bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal mencapai 72% dan nilai rata-rata post-test siswa mencapai 90,2%. Hasil uji-t pada perhitungan manual dengan tingkat kemaknaan 0,10 diperoleh hasil thitung > ttabel yaitu 1,288 > 0,691 artinya H0 ditokak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan memiliki tingkat efektifitas yang tinggi sehingga layak digunakan dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Ma’arif Slendro Kabupaten Sragen.
Desi Setiyadi, Dewi Fortuna, Anggy Bagas Ramadhan
Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, Volume 2, pp 31-42; https://doi.org/10.35878/guru.v2i1.344

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meninjau bagaimana media pembelajaran matematika pada kelas tinggi saat era pandemi. Subyek penelitian ini berada pada kelas VI SD di daerah Cipondoh. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu survei, dokumentasi, dan wawancara guru matematika kelas VI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saat pandemi covid-19 ini sulit sekali untuk menjelaskan secara detail tentang satuan volume dan bab lainnya dikarenakan KBM dilaksanakan secara online. Guru kemudian memanfaatkan media berupa video kreatif dan media sosial youtube, agar peserta didik tertarik untuk belajar. Dari kedua media tersebut, yang paling sering digunakan oleh peserta didik adalah youtube. Dalam pelaksanaannya terdapat beberapa kendala disebabkan fasilitas peserta didik yang kurang memadai seperti tidak memiliki handphone, kuota belajar, dan orang tua yang belum menguasai teknologi.
Alif Arfian Syah
Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, Volume 2, pp 91-100; https://doi.org/10.35878/guru.v2i1.349

Abstract:
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan strategi sekolah dalam mengkomunikasikan pengelolaan siswa berkebutuhan khusus. Metode yang digunakan adalah dengan metode kualitatif, dengan rencana penelitian studi kasus. Tempat penelitian ini di SLB Negeri Cendono Kudus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode wawancara secara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi sekolah dalam mengkomunikasikan pengelolaan siswa berkebutuhan khusus adalah melalui kelas orang tua berkomunikasi dengan guru bayangan, dan wali kelas berkomunikasi langsung dengan siswa orang tua. Strategi menggunakan pemanfaatan media elektronik seperti media sosial, buku penghubung serta pertemuan langsung dengan orang tua siswa, pemberdayaan guru bayangan dan perantara antara sekolah dengan orang tua, dan penggunaan beberapa media sebagai penghubung orang tua dengan sekolah.
Nurul Anifah, Yunus Yunus
Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, Volume 2, pp 13-30; https://doi.org/10.35878/guru.v2i1.304

Abstract:
Pada masa pandemi, dunia pendidikan harus mampu beradaptasi dengan tetap melakukan pembelajaran sesuai situasi dan kondisi. Penelitian ini mengambarkan Konsep Ta’dib Muhammad Naquib Al-Attas dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan pedagogis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep Ta’dib menurut Muhammad Naquib Al-Attas, konsepTa’dib titik tekan pada penguasaan ilmu yang benar dalam diri seseorang agar menghasilkan kemantapan amal dan tingkah laku yang baik yang berlandaskan keimanan. Konsep Ta’dib, pertama, sebagai kompetensi moral (akhlak) yang harus dimiliki oleh pendidik maupun peserta didik, kedua, pembentukan kepribadian agar karakteristik psikologis seseorang yang berkaitan dengan kecendrungan untuk berhubungan sosial dengan orang lain, khususnya yang berkaitan dengan; keramahan, pengendalian diri, implementasi bisa dikatakan berhasil karena pendidikan adab yang diterapkan dalam kehidupan peserta didik, namun harus diakui juga dimasa pademik pendidikan Ta’dib mengalami sedikit kendala, seperti tingkat pendidikan, Lingkungan, Budaya, Tingkat sosial ekonomi dan pembelajaran Daring.
Siti Aisah, Seta Rini
Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, Volume 2, pp 67-78; https://doi.org/10.35878/guru.v2i1.348

Abstract:
Latar belakang dari penelitian ini adalah kurangnya kemampuan literasi siswa terutama keterampilan membaca setelah sekian lama pembelajaran dilaksanakan secara daring, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat penggunaan big book dalam kegiatan pembiasaan kelas 1 MI Darussalam Sumowono dalam bidang kemampuan literasi. Penelitian ini dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subyek penelitian siswa Kelas I MI Darussalam Sumowono, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang. Hasil dari penelitian ini adalah setelah guru memanfaatkan media big book untuk kegiatan membaca, kemampuan literasi siswa meliputi keterampilan menyimak, berbicara, membaca dan menulis sangat baik, hal ini dibuktikan dengan keterampilan membaca lancar siswa kelas I MI Darussalam mencapai 65 % dalam kategori cukup, keaktifan siswa dalam unjuk kerja malalui diskusi kelompok, produk berupa buku kecil atau mini book serta evalauasi akhir mencapai 89.28 % dalam kategori baik.
Dhian Nuri Rahmawati, Ana Fitrotun Nisa, Dwi Astuti, Fajariyani Fajariyani, Suliyanti Suliyanti
Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, Volume 2, pp 55-66; https://doi.org/10.35878/guru.v2i1.335

Abstract:
Proses penilaian belajar siswa merupakan komponen penting sebagai upaya memperoleh informasi capaian pembelajaran. Pemanfaatan teknologi (komputasi) membuat proses ini lebih efektif. Quizizz menjadi salah satu platform yang diharapkan mampu menarik minat, dan menambah konsenterasi siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menggambarkan kondisi minat dan konsentrasi belajar siswa kelas VI di SDN Banjarharjo. Penelitian ini menggunakan berbagai insturmen untuk mengumpulkan data (1) lembar obeservasi, (2) kuesioner/angket respon peserta didik; (3) lembar pedoman wawancara sebagai pendukung hasil kuesioner respon peserta didik. Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa aplikasi Quizizz dapat meningkatkan minat dan konsentrasi siswa dalam mengerjakan soal penailian untuk mencapai hasil yang maksimal.
Hela Dhera Antafani, Kartika Yuni Purwanti
Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, Volume 1, pp 149-162; https://doi.org/10.35878/guru.v1i2.299

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media video sound based core untuk meningkatkan kemampuan penalaran dalam materi volume bangun ruang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan Desain pretest- posttest control group design. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi, wawancara,angket kemampuan penalaran. Data dianalisis dengan uji normalitas, uji homogenitas,uji independent sampel t test, uji paired sample test, uji t dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitan menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media video sound based core terhadap kemampuan penalaran dalam materi volume bangun ruang, hal ini dibuktikan dengan taraf siginfikansi 0,000 < 0,005 dengan std.Error Mean kelas eksperimen lebih dari std.Errorr Mean kelas kontrol yaitu 0,641 > 0,625 sehingga Ha dapat diterima (2) Terdapat perbedaan penggunaan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media video sound based core terhadap kemampuan penalaran dalam materi volume bangun ruang, hal ini dibuktikan dengan signifikasi < 0,05, yaitu 0,02 < 0,05, dan 0,000 < 0,05 dan (3) Model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media video sound based core efektif dalam meningkatkan kemampuan penalaran dalam materi volume bangun ruang, hal ini dibuktikan dengan taraf siginfikansi 0,000 < 0,005 dengan std.Error Mean kelas eksperimen lebih dari std.Errorr Mean kelas kontrol yaitu 0,641 > 0,625.
Ulya Hariroh
Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, Volume 1, pp 177-192; https://doi.org/10.35878/guru.v1i2.291

Abstract:
Nilai Dasar Shalih Akram (NDSA) merupakan nilai-nilai pesantren yang menjadi landasan pengembangan bagi Institut Pesantren Mathali’ul Falah (IPMAFA) Pati. NDSA dengan 9 nilai + 1 harus diaktualisasikan dalam kehidupan kampus, termasuk bagi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan menjelaskan bagaimana aktualisasi nilai Hirs dan Amanah (bagian dari NDSA) terhadap perilaku mahasiswa PGMI Fakultas Tarbiyah IPMAFA. Penelitian diskriptif dengan pendekatan kualitatif ini menggunakan wawancara mendalam, dokumentasi, dan penelusuran online untuk mengumpulkan data. Selanjutnya dilakukan analisis interaktif dengna teorinya Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktualisasi nilai hirs dan amanah dalam konsep NDSA terhadap perilaku mahasiswa PGMI Fakultas Tarbiyah IPMAFA sudah diupayakan dengan ikhtiyar dari berbagai pihak. Adapun langkah-langkah aktualisasinya yakni dengan adanya keteladanan, kedisplinan, pembiasaan, serta program integrasi dan internalisasi.
Back to Top Top