UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi

Journal Information
ISSN / EISSN : 2549-1377 / 2549-1385
Published by: STKIP Nurul Huda (10.30599)
Total articles ≅ 28
Filter:

Latest articles in this journal

Naelul Azmi, Rahardi Mahardika
UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi, Volume 4, pp 8-24; https://doi.org/10.30599/utility.v4i1.632

Abstract:
Salah satu prinsip bekonomi islam yaitu system bermuamalah. Tulisan ini bertujuan untuk menemukan beberapa solusi masalah sosial-ekonomi. Ini berfokus pada konsep ekonomi Islam. Sejarah menunjukkan bahwa sistem ekonomi Islam sangat efektif untuk memulihkan berbagai jenis masalah sosial ekonomi, karena diimplementasikan sesuai Alquran dan Hadist. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hambatan yang dihadapi dalam implementasi system ekonomi islam di Indonesia, problematika yang muncul dan dapat diatasi agar dapat terpecahkan secara signifikan. Metode yang digunakan penelitian adalah Penelitian kepustakaan dengan pendekatan deskriptif-analitik. Hasil penelitian menunjukan bahwa solusi dalam menghadapi problematika ekonomi islam di Indonesia diantaranya adalah Korelasi Institusi Pendidikan dalam Pengembangan Perbankan Syariah, Perhatian dari Pemerintah, Perlihatkan Peran Nyata Ekonomi Syariah, Impelementasu Mata Uang Dinar dan Dirham, Office Network, Impelementasi Regulasi yang Tegas dan Sistematis, Peningkatan Mutu SDM yang Kurang Kompeten dan Profesional, Pelatihan/Pendidikan/Sosialisasi kepada Pegawai dan Masyarakat, Marketing Inovatif, Inovasi Produk, Reorientasi ke Sektor Riil dan Peningkatan Pelayanan dan Profesionalisme.
Selly Damayanti, Rusmiati Rusmiati, Vovi Sinta
UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi, Volume 4, pp 25-34; https://doi.org/10.30599/utility.v4i1.635

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kelompok yang diajar dengan menggunakan metode scramble memiliki minat belajar ekonomi lebih tinggi daripada kelompok yang diajar dengan menggunakan metode ceramah. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen yang diberi perlakuan metode scramble dan kelompok kontrol yang di beri perlakuan metode ceramah. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu metode scramble dan metode ceramah, variabel terikat yaitu minat belajar Ekonomi. Populasi penelitian ini sebanyak 92 siswa Teknik analisis statistik data penelitian menggunakan analisis deskriptif dengan membandingkan rata-rata kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan kelompok yang diajar menggunakan metode scramble memiliki minat belajar Ekonomi lebih tinggi daripada kelompok yang diajar menggunakan metode ceramah pada siswa kelas X SMK Istiqlal Sidomulyo tahun ajaran 2018/2019. Hal ini terlihat dari besarnya skor rata-rata skala minat belajar Ekonomi pada kondisi akhir kelas eksperimen yang lebih besar dibanding kelas kontrol.
Indra Gunawan, Elvina Safitri
UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi, Volume 4, pp 1-7; https://doi.org/10.30599/utility.v4i1.634

Abstract:
Tujuan penelitian untuk mengetahui Pengaruh Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa. Penelitian ini merupakanjenis penelitian kuantitatif korelasional.Teknik pengumpulan data yang peneliti lakukan adalah metode angket dan metode dokumentasi dengan menggunakan uji coba instrumen penelitian,yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, lenieritas dan uji hipotesis dengan bantuan Program IBM SPSS 21. Adapun Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP N Satu Atap 19 Merangin tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari dari 3 kelas dengan jumlah 31 orang tua siswa dan sampel sama dengan jumlah populasi yaitu terdiri dari 31 Orang siswa-siswi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan sosial ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar siswa di SMP N Satu Atap 19 Merangin Tahun Ajaran 2015/2016 yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,726 dan nilai thitung sebesar 5,682 > ttabel 2,045, fhitung sebesar32,273 > ftabel 4,183 , nilai signifikan 0,000 < 0,05 koefisien determinasi sebesar 52,7 % dan persamaan garis regresi Y = 6,225 + 1,999X.
Oktavia Pawari, Vovi Sinta, Miftakhur Rohmah
UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi, Volume 4, pp 35-44; https://doi.org/10.30599/utility.v4i1.633

Abstract:
Model pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Buay Pemuka Peliung bersifat terpusat yang mengakibatkan hasil belajar peserta didik rendah Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPS peserta didik melalui implementasi model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS). Penelitian ini penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin yang dilakukan dalam 3 siklus. Subjek penelitian peserta didik kelas VIII-2 berjumlah 34 orang. Teknik pengumpulan data observasi dan tes. Analisis data deskriptif kuantitatif menghitung ketuntasan belajar peserta didik tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar mata pelajaran IPS sebelum tindakan hanya mencapai 17,65% (rendah) dengan nilai rata-rata 40,00. Hasil belajar mata pelajaran IPS peserta didik setelah tindakan mencapai 94,12% dengan nilai rata-rata 80,00. Implementasi model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dapat meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Buay Pemuka Peliung setiap siklusnya sebesar 25,49%.
Asriani Asriani, Miftakhur Rohmah, Sigit Priyono
UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi, Volume 4, pp 44-55; https://doi.org/10.30599/utility.v4i1.628

Abstract:
Penelitian ini betujuan untuk mengetahui penerapan metode Spontaneous Group Discussion (SGD) terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi Bisnis peserta didik kelas X SMK. penelitian eksperimen dengan desain postest control group design. Pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi, analisis data menggunakan uji t polled varians. Hasil penelitian yang diperoleh untuk penerapan metode Spontaneous Group Discussion (SGD) pada pembelajaran Ekonomi Bisnis di kelas X SMK dikategorikan. Hasil belajar mata pelajaran Ekonomi Bisnis peserta didik dengan menerapkan metode Spontaneous Group Discussion (SGD) masuk dalam kategori sedang dengan presentase 62,07%. Hasil belajar tanpa menerapkan metode Spontaneous Group Discussion (SGD) dalam kategori sedang dengan presentase 76,92%. Sedangkan pengaruh penerapan metode Spontaneous Group Discussion (SGD) terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi Bisnisdiperoleh hasil dengan harga thitungl 6,27 sedangkan ttabel 2,00. Karena thitung 6,27 tidak terletak diantara – ttabel < thitung < +ttabel yaitu -2,00 dan +2,00 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.
Miftakhur Rohmah
UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi, Volume 4, pp 56-70; https://doi.org/10.30599/utility.v4i1.631

Abstract:
Kurikulum dan pembelajaran merupakan dua sisi dari satu mata uang. Artinya, dalam proses pendidikan dua hal itu tidak dapat dipisahkan. Kurikulum tidak akan berarti tanpa diimplementasikan dalam proses pembelajaran; sebaliknya pembelajaran tidak akan efektif tanpa didasarkan pada kurikulum sebagai pedoman. Tujuan evaluasi pembelajaran adalah untuk menghimpun informasi yang dijadikan dasar untuk mengetahui taraf kemajuan, perkembangan, dan pencapaian belajar siswa, serta keefektifan pengajaran guru. Evaluasi pembelajaran kurikulum 2013 dilakukan sebelum pembelajaran (pre test) dan sesudah pembelajaran (post test) . Penerapan Kurikulun 2013 ditujukan agar guru memperoleh ruang yang lebih leluasa untuk mengembangkan potensi siswa secara seimbang dalam tiga aspek, yaitu aspek kognitif, psikomotorik dan afektif. Kurikulum ini harus dikawal dengan kebijakan yang sinergis. Dan akhirnya siswa dapat belajar dengan semangat, antusias, tidak bosan dan mampu menyerap nilai-nilai moral yang terkandung secara tersitat dalam setiap materi.
Heni Purwa Pamungkas, Mohamad Arief Rafsanjani
UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi, Volume 3, pp 67-74; https://doi.org/10.30599/utility.v3i2.621

Abstract:
Pembelajaran di era abad ke 21 berpusat pada peserta didik (student center learning). Pembelajaran diupayakan untuk membiasakan mahasiswa agar menjadi pebelajar sepanjang hayat (lifelong learning). Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui keefektifan ice breaking dan model Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar serta keaktifan mahasiswa dalam prose pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas dengan metode eksperimen. Dalam penelitian ini, ada dua kelas yang dibandingkan, yaitu: kelas kontrol dan kelas eksperimen dimana masing-masing kelas mendapatkan perlakuan (treatment) yang berbeda. Instrumen penelitian berupa lembar observasi keaktifan belajar, angket mahasiswa, serta soal pre test dan post test. Analisis data dilakukan secara kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat keaktifan belajar dan hasil belajar antara kelas control dengan kelas eksperimen. Selain itu, kenaikan hasil belajar di kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol.
Miftakhur Rohmah
UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi, Volume 3, pp 85-94; https://doi.org/10.30599/utility.v3i2.616

Abstract:
Pendidikan di Indonesia tidak terlepas dari ajaran Pancasila, nilai-nilainya dapat diinternalisasikan kedalam pendidikan ekonomi.Ekonomi Pancasila yang berorientasi pada sila I yakni ekonomi harus mendasarkan diri pada moralitas, karena Tuhanlah sesungguhnya pemilik dan penguasa atas semuanya, sila ke-II ekonomi itu harus bersifat manusiawi dan adil serta, sila ke-III adalah bentuk nasionalisme ekonomi bahwa setiap kebijakan harus sejalan dengan napas nasionalisme, sila ke-IV merupakan bentuk prinsip demokrasi ekonomi, dan sila ke-V yakni mencapai keadilan bersama untuk menuju kemamuran bangsa Indonesia. Karakter yang dibentuk dalam pendidikan ekonomi Pancasila yakni peserta didik yang memiliki karakter, pola pikir, pola sikap, dan pola perilaku yang sesuai dengan norma dan nilai-nilai Pancasila dalam berekonomi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi pustaka atau biasa disebut dengan penelitian Liberary Research.
Ari Setiawan, Mursilah Mursilah, Miftakhur Rohmah
UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi, Volume 3, pp 104-115; https://doi.org/10.30599/utility.v3i2.624

Abstract:
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh media student worksheet terhadap hasil belajar IPS kelas VIII di SMP Terpadu Pondok Pesantren Nurul Huda. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Variabel penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik, media student worksheet. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII di SMP Terpadu Pondok Pesantren Nurul Huda sebanyak 115 peserta didik, sampel dalam penelitian ini terdapat dua kelas yaitu kelas VIII.B sebagai kelas ekperimen berjumlah 28 siswa sedangkan kelas VIII.D sebagai kelas kontrol berjumlah 27 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Metode analisis yang digunakan adalah uji t. Dari hasil penelitian Pengaruh media student worksheet berpengaruh terhadap hasil belajar IPS kelas VIII di SMP Terpadu Pondok Pesantren Nurul Huda yang ditunjukkan dengan nilai kuesioner kedua kelas VIII.B eksperimen memiliki nilai tertinggi sebesar 89,3% sedangkan kelas VIII.D kontrol sebesar 74,1% dari nilai tersebut terlihat bahwa hasil belajar eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Sig sebesar 0,000. Karena nilai sig ˂ 0,05 maka H0 diterima.
Husni Mubarak
UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi, Volume 3, pp 75-84; https://doi.org/10.30599/utility.v3i2.622

Abstract:
Artikel ini fokus pada pembukuan entri ganda (DEB). Fokus penilaian dari artikel ini adalah pada pengembangan penggunaan persamaan akuntansi Aset = Kewajiban + Ekuitas (A = L + E). Mereka yang biasa digunakan untuk pendekatan untuk memahami akuntansi dan pengembangan. Konsep ini adalah perubahan dalam persamaan A = L + E menjadi A-E = L untuk transformasi dari kompleksitas transaksi. Persamaan akuntansi ini (A-E = L atau L = A-E) hanya hanya konsep untuk pemahaman kompleks dan totalitas menggunakan bagian dari konsep akuntansi. Artikel ini menjelaskan DEB dalam penggunaan untuk keuangan publik, pemerintah, dan lembaga sosial. Arah transformasi penyederhanaan konsep ini adalah untuk memahami kompleks dan totalitas persamaan dan penggunaan akuntansi dari kewajiban.
Back to Top Top