JUDICIOUS

Journal Information
EISSN : 2746-9417
Published by: Neolectura (10.37010)
Total articles ≅ 33
Filter:

Latest articles in this journal

Rudeva Juniawati, Siti Khabibah, Hamzah Robbani
Published: 31 December 2021
JUDICIOUS, Volume 2, pp 92-101; https://doi.org/10.37010/jdc.v2i2.220

Abstract:
Kepemilikan rumah merupakan salah satu kebutuhan dasar bagi setiap konsumen yang masih belum memiliki rumah sedangkan bagi yang sudah memiliki kepemilikan rumah melalui program Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) menjadi alasan untuk berinvestasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor internal dan eksternal perumahan Palm One Residence serta menganalisis strategi pemasaran yang digunakan diantaranya pameran, personal selling dan iklan media online. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis Matris SWOT dengan perhitungan IFAS dan EFAS (IE). Berdasarkan hasil uji analisis SWOT dan IE menggambarkan kondisi Palm One Residence saat ini sangat baik karena memiliki kekuatan yang dapat dimanfaatkan untuk merebut peluang yang menguntungkan dengan strategi grow and build dan memperkuat promosi melalui iklan media online dan personal selling.
Robi Al Ansyori, Ricki Ramadhan
Published: 31 December 2021
JUDICIOUS, Volume 2, pp 109-113; https://doi.org/10.37010/jdc.v2i2.438

Abstract:
Dalam menghadapi persaingan perdagangan yang ketat saat ini, perusahaan diharuskan untuk mampu bersaing dengan kompetitor dalam meningkatkan produktivitas perusahaan di semua bidang. Salah satunya adalah dengan meningkatkan disiplin dan kinerja karyawan, karena pencapaian sebuah perusahaan berawal dari kedisiplinan karyawan dalam melaksanakan tugas-tugasnya. Penelitian ini dilaksanakan di Nippon Paint Bandung, untuk mengetahui bagaimana penerapan disiplin yang dilakukan dalam meningkatkan kinerja dan produktivitas perusahaan. Studi ini menggunakan metode analisis kualitatif atas output penelitian diperoleh bahwasanya Nippon Paint Bandung telah memberlakukan disiplin progresif, disiplin korektif, serta disiplin preventif.
Dian Noviyanti
Published: 31 December 2021
JUDICIOUS, Volume 2, pp 114-121; https://doi.org/10.37010/jdc.v2i2.465

Abstract:
Pembangunan diartikan suatu proses berkesinambungan di semua bidang untuk menuju kehidupan yang lebih baik. Manusia merupakan komponen penting pembangunan yang perlu ditingkatkan kualitasnya. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) merupakan alat untuk mengukur keberhasilan pembangunan. Dinamika IPM selama tahun 2020 perlu diteliti untuk mengetahui dampak pandemi Covid-19 terhadap IPM. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui perkembangan IPM Jawa Barat dan bagaimana pengelompokan kabupaten/kota berdasarkan variabel yang terkait IPM. Metode analisis yang digunakan berupa analisis deskriptif untuk meneliti perkembangan IPM, sedangkan pengelompokan IPM menggunakan analisis gerombol (cluster analysis). Variabel yang digunakan dalam analisis gerombol merupakan komponen penyusun IPM meliputi Usia Harapan Hidup (UHH), Harapan Lama Sekolah (HLS), Rata-Rata Lama Sekolah (RLS), dan Pengeluaran Per Kapita Disesuaikan (PPP). Penelitian ini menghasilkan perkembangan IPM tahun 2020 yang menurun baik nilai maupun laju pertumbuhannya. Pengelompokan kabupaten/kota berdasarkan analisis gerombol menghasilkan dua kelompok yaitu IPM kategori tinggi yang berada di sebagian besar kota dan IPM kategori rendah yang berada di sebagian besar kabupaten Jawa Barat.
Ziko Pratama, Sri Rahayu
Published: 31 December 2021
JUDICIOUS, Volume 2, pp 138-145; https://doi.org/10.37010/jdc.v2i2.457

Abstract:
Awal 2020, dunia dikejutkan oleh penemuan kasus pneumonia misterius di Wuhan, Provinsi Hubei, China. Per 11 Februari 2020, WHO menamakan penyakit ini sebagai Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) dan ditetapkan sebagai pandemic pada 11 Maret 2020. Penyakit ini disebabkan oleh Servere AcuteRespiratory Syndrome Coronavirus-2 (SARS-CoV-2) jenis Coronavirus baru yang tidak pernah teridentifikasi sebelumnya pada manusia. Situasi ini terdampak pada berbagai aspek kesehatan, termasuk pada aspek pembangunan kesehatan yaitu terhambatnya pelaksanaan pelayanan kesehatan di Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi alur pelayanan pemeriksaan radiologi pada saat protokol Covid-19 di rumah sakit Mayapada Jakarta Selatan. Desain penelitian ini kualitatif deskriptif dengan pendekatan telaah dokumen berupa hasil swab serta menggunakan alat CT-Scan 128 Slice. Subjek penelitian adalah pasien perempuan dewasa yang melakukan pemeriksaan CT-Scan 128 Slice di Rumah Sakit Mayapada pada Maret 2021. Data yang dikumpulkan berupa hasil gambaran CT-Scan pada kasus pasien positif Covid-19. Hasil penelitian ini menunjukkan gambaran CT-Scan thorax cukup jelas dan dapat mengidentifikasi alur pelayanan pemeriksaan radiologi pada protokol Covid-19 di Rumah Sakit Mayapada Jakarta Selatan.
Hapsari Widayani, Chandra Fasih
Published: 31 December 2021
JUDICIOUS, Volume 2, pp 146-150; https://doi.org/10.37010/jdc.v2i2.466

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen TCR Sablon dan media promosi serta membantu dalam mengembangkan usaha TCR Sablon tersebut. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan oleh penulis adalah kuesioner, wawancara dan studi pustaka. Setelah data diperoleh dari wawancara dan penyebaran kuesioner, maka setelahnya diolah menjadi sebuah data statistika dengan sampel yang ditentukan adalah konsumen TCR Sablon sebanyak 41 orang. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas produk terhadap kepuasan konsumen TCR Sablon. Hal ini terlihat pada hasil yang menunjukkan bahwa analisis uji reliabilitas variabel kualitas produk (variabel X) menunjukkan hasil yang didapat adalah sebesar 0,9513 dan variabel kepuasan konsumen (variabel Y) adalah sebesar 0,7938, yang di mana kedua hasil tersebut telah memenuhi ketentuan uji reliabilitas yaitu melebihi nilai signifikan ? = 0,05 sebesar 0,3081. Uji regresi linear sederhana memperoleh hasil sebesar Y= 55,685 + 0,326X dan analisis koefisien korelasi diperoleh hasil sebesar 0,569 sehingga disimpulkan bahwa adanya hubungan kuat antara kedua variabel tersebut.
Muhamad Jejen, Ramayani Yusuf
Published: 31 December 2021
JUDICIOUS, Volume 2, pp 102-108; https://doi.org/10.37010/jdc.v2i2.386

Abstract:
Tujuan studi ini adalah dalam mengetahui bagaimana pengaruh pemasaran bauran bagi kepuasan pelanggan pada Toko Elektronik BTM (Bandung Trade Mall) yang terletak di kota Bandung. Studi ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian angket, serta teknis pengambilan data melalui data angket dan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian melalui angket mengambil beberapa populasi pelanggan yang berbelanja di toko elektronik yang terdapat di Bandung Trade Mall. Skala pengukuran dalam penelitian ini menggunakan lima tingkatan dalam penilaian skor dari angka 1-5. Data langsung dalam penelitian ialah output dari kuesioner dari kalangan masyarakat dengan jumlah sampel ada 100 responden. Data sekunder penelitian ini diambil melalui data teoritis penelitian terdahulu yang diambil dari jurnal terdahulu pada internet. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa marketing mix berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan toko elektronik pada Bandung Trade Mall.
Indah Kusumawati
Published: 31 December 2021
JUDICIOUS, Volume 2, pp 122-127; https://doi.org/10.37010/jdc.v2i2.458

Abstract:
In the COVID-19 pandemic, where all lines of human life were affected, we need to think of learning processes and strategies that can reduce face-to-face, where in this process we use online systems because they are more flexible and efficient in meeting learning needs, in related online models, utilization media, learning styles, and types of communication used by students, out of 150 students who were used as research samples from the Faculty of Economics at the Muhammadiyah University of Tangerang in the COVID-19 pandemic, the result was that 70% of the students of the Faculty of Economics at Muhammadiyah University in Tangerang were familiar with various patterns the learning. Students most like the learning system through WhatsApp and Google Classroom, in addition it needs further research to research on this online problem-based, collaborative, and other models.
Yanthi Meitry Gunawan, Atik Atikah, Iwan Setiawan Rofiq
Published: 31 December 2021
JUDICIOUS, Volume 2, pp 128-133; https://doi.org/10.37010/jdc.v2i2.461

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas kehidupan kerja (quality of work life) dan budaya organisasi terhadap kepuasan kerja karyawan. Penelitian ini menggunakan teknik sampling non probabilitas pada sampling jenuh, sehingga diperoleh jumlah populasi dan sampel digabung menjadi satu sebanyak 70 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS versi 25. Hasil penelitian pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa: (1) kualitas kehidupan kerja (quality of work life) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan, dibuktikan dari nilai thitung > ttabel (7,456 > 1,995) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05), (2) budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan, dibuktikan dari nilai thitung > ttabel (7,272 > 1,995) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) dan (3) kualitas kehidupan kerja (quality of work life) dan budaya organisasi bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan, dibuktikan dengan hasil nilai Fhitung > Ftabel (45,093 > 3,16) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) kualitas kehidupan kerja (quality of work life) dan budaya organisasi sebesar mempengaruhi kepuasan kerja karyawan 57,4% sedangkan sisanya sebesar 43,6% dipengaruhi faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam model penelitian. Dengan nilai persamaan regresi berganda Y=3.060 + 0,406 X1 + 0,475 X2 + e.
Dewi Murtiningsih, Widi Wahyudi
Published: 31 December 2021
JUDICIOUS, Volume 2, pp 138-145; https://doi.org/10.37010/jdc.v2i2.462

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas mahasiswa; Untuk mengetahui pengaruh kepercayaan terhadap loyalitas mahasiswa; Untuk mengetahui perceive value terhadap loyalitas mahasiswa; Untuk mengetahui pengaruh kepuasan mahasiswa terhadap loyalitas mahasiswa; Untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan, kepercayaan, perceived value kepuasan mahasiswa terhadap loyalitas mahasiswa. Penelitian ini termasuk dalam jenis explanatory research. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 mahasiswa. Kuesioner digunakan sebagai alat untuk mengambil data responden, yang kemudian diuji menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Alat analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linear dengan software SPSS Versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap loyalitas mahasiswa, kepercayaan tidak berpengaruh terhadap loyalitas mahasiswa, perceived value tidak berpengaruh. terhadap loyalitas mahasiswa, kepuasan mahasiswa berpengaruh terhadap loyalitas mahasiswa, dan untuk mengetahui secara simultan kualitas layanan, kepercayaan, perceived value dan kepuasan mahasiswa berpengaruh terhadap loyalitas mahasiswa.
Siti Juriah
Published: 31 December 2021
JUDICIOUS, Volume 2, pp 134-137; https://doi.org/10.37010/jdc.v2i2.463

Abstract:
PT Kujang Utama Antasena is a shoe industry company specifically for security. The purpose of this study is to forecast or predict sales. This study uses a quantitative method with exponential smoothing, smoothing factor/constant (?) of 0.2. In production activities, forecasting is carried out to determine the amount of demand for a product and is the first step of the production planning and control process to reduce uncertainty so that an estimate that is close to the actual situation is obtained. The exponential smoothing method is a moving average forecasting method that gives exponential or graded weights to the latest data so that the latest data will get a greater weight. In other words, the newer or more current the data, the greater the weight.
Back to Top Top