ELECTRA : Electrical Engineering Articles

Journal Information
ISSN / EISSN : 2745-598X / 2747-0539
Published by: Universitas PGRI Madiun (10.25273)
Total articles ≅ 18
Filter:

Latest articles in this journal

Banang Mufti Harnansyah, Ina Sunaryantiningsih, Bayu Fandidarma
ELECTRA : Electrical Engineering Articles, Volume 2, pp 9-15; https://doi.org/10.25273/electra.v2i1.10499

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk memudahkan petani atau seseorang mengendalikan pompa air sawah sesuai kebutuhan yang diinginkan cukup mengendalikan dengan smartphone dari manapun dan kapanpun. Tujuan penelitian ini yaitu untuk memberi solusi petani yang terkendala jarak sawah dan rumah pemilik yang jauh, pemilik sawah harus menyeberang sungai menggunakan perahu, pemilik sawah sudah memiliki pekerjaan tetap sehingga jarang ke sawahnya dan memperkenalkan kepada petani tentang manfaat menggunakan Internet of Things (IoT). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Prototype Pengontrol Dan Monitoring Pompa Air Otomatis Untuk Pengairan Sawah Berbasis Internet of Things (IoT) berhasil dijalankan. Bahasa pemrograman yang digunakan yaitu bahasa C. Hasil dari pengujian prototype ini dapat berjalan dengan cukup baik tetapi masih memiliki kekurangan antara lain saat menggunakan prototype ini harus menunggu delay kurang lebih 5 detik, sensor kelembaban tanah dan ketinggian air bila digunakan terus - menerus kurang akurat, dan sambungan internet yang digunakan harus stabil supaya memperoleh data secara real time dan berjalan dengan baik.
Bayu Fandidarma, Ridam Dwi Laksono, Krisna Warih Bintang Pamungkas
ELECTRA : Electrical Engineering Articles, Volume 2, pp 31-38; https://doi.org/10.25273/electra.v2i1.10522

Abstract:
Mobil Remote Control (RC) ini dirancang guna untuk membantu tim relawan dalam mencari korban bencana alam gempa bumi dan juga mengurangi resiko tim relawan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Mobil RC ini dikendalikan oleh IoT dari ESP 32 Cam yang menjadi otak dari sebuah mobil RC ini dari analisis yang di dapatkan mobil bergerak dengan lancar dan tidak ada masalah dan semua fungsi nya berjalan dengan lancar. Driver L298N sebagai penggerak motor dc untuk dapat berjalan maju, mundur, kanan, kiri.
Bambang Supriyadi, Rindy Clarita, Yudhi Yudhi, Oscirendi Oscirendi, Sidhiq Andriyanto
ELECTRA : Electrical Engineering Articles, Volume 2, pp 1-8; https://doi.org/10.25273/electra.v2i1.9801

Abstract:
Pasang surut air laut merupakan fenomena alam yang disebabkan oleh perubahan ketinggian air laut di waktu tertentu setiap harinya dan memberikan pengaruh besar dalam melihat karakteristik perairan laut Indonesia. Informasi mengenai pasang surut sangat berguna bagi kegiatan manusia yang berhubungan dengan kelautan seperti menangkap ikan maupun kegiatan lainnya. Maka dari itu diperlukan alat yang dapat memonitoring aliran arus pasang surut air laut. Tujuan pembuatan alat ini adalah untuk membuat alat yang dapat mengukur kecepatan arus dan ketinggian air laut menggunakan basis Arduino. Metode pengukuran kecepatan arus berdasarkan prinsip putaran turbin air dengan pembacaan oleh sensor optocoupler sedangkan pengukuaran ketinggian air laut berdasarkan prinsip konstanta dengan pembacaan sensor ultrasonik. Alat ini dapat merekam hasil pengukuran ke dalam media penyimpanan data SD card dan ditampilkan di LCD. Dari hasil pengujian sensor optocoupler dengan perbandingan alat dan tachometer didapatkan persentase kesalahan 1,17%. Untuk pengujian sensor ultrasonik dalam pembacaan jarak untuk menentukan ketinggian air laut dengan membandingkan nilai sensor terhadap penggaris didapatkan rata-rata error 1,01%. Alat monitoring aliran arus pasang surut air laut melakukan pengujian sebanyak 3 kali pengujian dengan hasil pengukuran kecepatan arus sebesar 0,78% kesalahan alat dan akurasi 99.22% sedangkan pengukuran ketinggian air laut sebesar 0,38% kesalahan alat dan akurasi alat 99.62% yang didapat dari membandingkan alat monitoring dengan alat ukur tachometer dan meteran.
Dody Susilo, Churnia Sari, Galas Widya Krisna
ELECTRA : Electrical Engineering Articles, Volume 2, pp 23-30; https://doi.org/10.25273/electra.v2i1.10504

Abstract:
Penggunaan internet di dunia sudah meluas dan telah banyak menghasilkan sebuah konsep terbaru yang bernama Internet Of Things konsep ini berdasarkan dengan meluasnya pengguna internet dan keuntungan dari konsep ini bisa mengembangkan mikrokontroler dan sensor oleh karena itu hadir sebuat perancangan sistem kendali Lampu pada Smart Home berbasis Iot (Internet of Things) dengan menggunakan Web Browser yang dapat mengendalikan dengan mudah peralatan elektronik khusunya pada lampu pada perancangan ini menggunakan Iot yaitu Node MCU yang tersambung dengan relay metode yang dipakai yaitu dengan menekan status pengaturan On/Off pada halaman web dan sistem kendali akan merepon permintaan halaman web dengan mengubah nya menjadi sebuah reaksi pada sistem kendali On/Off pada lampu .untuk mengakses nya ke web halaman browser sistem kendali lampu dengan mengunakan IP Addres yang terhubung dengan wifi kita sambungan kan sehingga sistem kendali dapat diguanakan melalui internet.hasil yang didapat dari sistem kendali lampu dengan web browser berhasil dan sesuai dengan keinginan peneliti dan jarak yang dapat di tempuh bisa sampai 50 meter dan jika jarak yang di tempuh terdapat penghalang makan sistem akan mengalamin gangguan atau ketidak stabilan sinyal.
Ridam Dwi Laksono, Irna Tri Yuniahastuti, Asdi Putra Prigas Prakoso
ELECTRA : Electrical Engineering Articles, Volume 2, pp 39-45; https://doi.org/10.25273/electra.v2i1.10525

Abstract:
Skenario perhitungan keandalan pembangkit listrik ini bertujuan untuk menentukan keandalan sistem pembangkit tenaga listrik pada wilayah Bali dengan kehilangan beban sesuai standart dari PT. PLN dalam satu tahun dengan menggunakan metode perhitungan LOLP (Loss Of Load Probability). Analisa data dilakukan melalui pengambilan data primer dan sekunder dengan menggunakan perhitungan LOLP. Hasil analisa dan pembahasan diperoleh bahwa nilai keandalan dengan peritungan LOLP dari sistem 150kV di wilayah Bali yaitu sebesar 6.184 hari/tahun. Skenario yang telah dilakukan dengan penambahan 1 pembangkit sebesar 380 MW yaitu PLTU Celukan Bawang sebesar 380MW dapat memperkecil nilai LOLP hingga menjadi 1.78 hari/tahun. Nilai LOLP tersebut telah hampir memenuhi standar nasional PT PLN yaitu 1 hari/tahun.
Reza Aditya Putra, Irna Tri Yuniahastuti, Ridam Dwi Laksono
ELECTRA : Electrical Engineering Articles, Volume 2, pp 16-22; https://doi.org/10.25273/electra.v2i1.10500

Abstract:
Indeks keandalan sistem tenaga listrik dikatakan baik atau handal yaitu ketika sistem tenaga listrik dapat menjamin ketersedian energi listrik bagi konsumen. Faktor yang menentukan tingkat keandalan sistem tenaga listrik salah satunya adalah nilai dari forced outage rate (FOR). Tingkat keandalan suatu sistem pembangkit energi listrik dapat diketahui dengan cara perhitungan LOLP (Loss of Load Probability). Pembangkit Listrik Tenaga Hibrid (PLTH) Pantai Baru Pandansimo di ketahui dengan perhitungan (Loss of Load Probability) memiliki nilai LOLP sebesar 51,3627 hari/tahun. Hal ini menunjukan sistem PLTH Pantai Baru Pandansimo tidak sesuai dengan standart PLN yaitu 1 hari/tahun. Dengan permasalahan tersebut maka dibuatlah skenario perbaikan 1 dan 2 nilai keandalan LOLP. Didalam perhitungan LOLP skenario 1 yaitu menganti grup KKP dengan unit pembangkit baru dan didapatkan lah nilai LOLP sebesar 9,6908 hari/tahun. Pada skenario 2 yaitu menambah unit pembangkit baru jadi skenario di PLTH Pantai Baru Pandansimo memiliki 4 pembangkit dan di dapatkan nilai LOLP sebesar 6,8186 hari/tahun. Pada skenario 1 dan 2 nilai nya sudah lebih baik dari pada sebelumnya tetapi belum memenuhi standart PT.PLN yaitu sebesar 1 hari/tahun
Dwiki Fitrianto, Ridam Dwi Laksono
ELECTRA : Electrical Engineering Articles, Volume 1, pp 1-6; https://doi.org/10.25273/electra.v1i2.8958

Abstract:
Peran teknologi untuk menunjang pertumbuhan dan budidaya tanaman dapat dilakukan dengan memanipulasi kondisi lingkungan tanaman. Proses manipulasi kondisi lingkungan tanaman dapat dilakukan dengan teknologi dimmer berbasis mikrokontroller arduino. Teknologi dimmer menggunakan sensor suhu maupun sensor cahaya untuk mengatur suhu dan pencahayaan ruangan tempat budidaya tanaman. Sehingga tanaman dapat tumbuh dan berkembang dengan baik tanpa ada pengaruh perubahan iklim maupun cuaca. Dalam hal ini, teknologi dimmer akan diterapkan untuk budidaya tanaman bunga krisan. Tanaman bunga krisan termasuk jenis tanaman hias dengan waktu pendek yang membutuhkan suhu dan pencahayaan tertentu. Dengan penerapan teknologi dimmer, diharapkan bunga krisan dapat tumbuh segar dan indah sepanjang waktu serta dapat dikembangbiakkan dalam jumlah yang banyak.
Iman Rizky Juliana, Ina Sunaryantiningsih
ELECTRA : Electrical Engineering Articles, Volume 1, pp 27-33; https://doi.org/10.25273/electra.v1i2.8963

Abstract:
Artikel ini disusun berdasarkan pembelajaran berbasis proyek pada mata kuliah Energi terbarukan yang diaplikasikan pada Lampu Penerangan Solar Cell pada kawasan Lab.terpadu UNIPMA. Pembelajaran berbasis proyek selaian sebagai cara belajar memcahkan masalah yang timbul juga merupakan cara memotivasi mahasiswa untuk meningkatkan rasa percaya diri, berkolaborasi dengan tim serta dapat bertanggung jawab untuk menyelesaikan suatu proyek secara kelompok atau tim. Pemanfaatan lampu jalan solar cell sebagai penerangan kawasan Lab.terpadu dengan menggunakan komponen lampu dc 40 watt input dengan tegangan Vdc, dengan viewing engle 120o dengan panel surya Monocrystalline 60 watt. Dengan sistem penerangan otomatis menggunakan sensor microwave dan dimer.
Krisna Warih Bintang Pamungkas, Bayu Fandidarma
ELECTRA : Electrical Engineering Articles, Volume 1, pp 34-40; https://doi.org/10.25273/electra.v1i2.8964

Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengajarkan kepada mahasiswa supaya dapat melakukan pengaturan pada suatu sistem mass-spring-damper (MSD) nonlinier dengan cara yang lebih mudah yaitu menggunakan metode linierisasi pada sistem tersebut. Sistem MSD yang telah dilinierisasi untuk selanjutnya akan disimulasikan pada Simulink MatLab dengan menggunakan kontroler PI dan Fuzzy untuk mengatur posisi benda m pada sistem supaya sesuai dengan set-point yang diinginkan. Pengujian dilakukan berdasarkan dua kontroler yang dipakai. Selanjutnya kedua hasil pengujian dibandingkan dan dianalisa. Kontroler PI berhasil menghasilkan respon yang lebih baik dibandingkan respon dari kontroler Fuzzy. Hal ini dikarenakan kontroler PI yang cocok dipakai pada sistem yang simpel dan linier. Sedangkan kontroler Fuzzy lebih cocok untuk sistem yang lebih kompleks dan nonlinier.
Beto Olanda, Dody Susilo
ELECTRA : Electrical Engineering Articles, Volume 1, pp 7-12; https://doi.org/10.25273/electra.v1i2.8959

Abstract:
Listrik adalah salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi manusia dan sebagai sumber daya ekonomis yang paling utama bagi manusia. Dalam waktu yang akan datang kebutuhan listrik akan semakin meningkat sesuai dengan perkambangan teknologi, penggunaan listrik merupakan suatu hal yang penting dalam kehidupan baik itu dalam sektor rumah tangga, penerangan, komunikasi, industri dan lain sebagainya. Pada bidang kelistrikan, instalasi listrik merupakan suatu rangkaian dari perlatan listrik yang berhubungan antara satu dengan yang lainnya dalam satu lingkup tenaga listrik. Instalasi yang baik adalah instalasi yang aman bagi manusia, bahwa listrik juga dapat membahayakan dan berdampak negatif bagi manusia. Maka dari itu agar tidak terjadi hal yang dapat membahayakan manusia seorang teknisi listrik dapat memahami tentang instalasi listrik sesuai dengan peraturan dan teknis pemasangan yang sesuai dengan PUIL. Metode penelitian yang digunakan yaitu merancang instalasi listrik sederhana yang sesuai dengan PUIL. Dari hasil pengujian oleh alat ukur Avo meter digital didapatkan setelah rangakain di aliri listrik, dan di ukur oleh multi meter pada stop kontak Frekuensi 50,00 Hertz dan Tegangan 222,1 Volt.
Back to Top Top