ELECTRA : Electrical Engineering Articles

Journal Information
ISSN / EISSN : 2745-598X / 2747-0539
Published by: Universitas PGRI Madiun (10.25273)
Total articles ≅ 30
Filter:

Latest articles in this journal

Lintank Dewi Prameswari, Ridam Dwi Laksono
Published: 30 September 2022
Electra : Electrical Engineering Articles, Volume 3, pp 28-34; https://doi.org/10.25273/electra.v3i01.13645

Abstract:
Penelitian ini ditujukan untuk memudahkan manusia untuk mengendalikan alat elektronik secara otomatis melalui jarak jauh, karena saat ini masih banyak yang menggunakan sklar manual dan banyak yang masih terkendala pada akses jaringan internet. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji sampel pada pengaturan on/off otomatis pada peralatan elektronik berbasis mikrokontroller dengan menggunakan google assistant dan web io.adafruit untuk mendapatkan data hasil pengujian. Pengambila data dilakukan secara langsung dengan mengukur jarak pengendalian google assistant dengan google maps yang sudah tersedia di handphone. Adapun data yang dianalisis yaitu jarak mulai dari 100 meter sampai 500 meter. Hasil dari penelitian ini adalah alat pengaturan on/off otomatis pada peralatan elektronik berbasis mikrokontroller dengan google assistant dan web io.adafruit berhasil dirancang dan hasil pengujian jarak 100meter sampai dengan 500meter alat dapat bekerja dengan baik, google assistant dapat mengirimkan dan menerima informasi/data sesuai yang diperintahkan oleh penggunanya. Serta nodeMCU dapat bekerja dengan baik dalam menerima dan menjalankan perintah. Namun pada relay1 terdapat kendala saat mengirim perintah untuk menyalakan lampu1 karena kurangnya tegangan yang diberikan pada relay1 tersebut dan membuat relay harus diberi tekanan kecil agar lampu1 dapat menyala. Kesimpulan pada penelitian ini bahwa peneliti berhasil merancang alat pengaturan on/off otomatis pada peralatan elektronik berbasis mikrokontroller dengan google assistant dan web io.adafruit dan peralatan elektronik yang dirancang dapat dikendalikan dengan pengaturan on/off nya dengan baik pada jarak 100 meter sampai dengan 500 meter melalui google assistant.
Zainal Abidin, Mohammad Nadhif, Machnun Arif
Published: 30 September 2022
Electra : Electrical Engineering Articles, Volume 3, pp 35-42; https://doi.org/10.25273/electra.v3i01.13976

Abstract:
In this study, the authors designed the control of temperature and humidity detection in chicken coops using the IoT-based Fuzzy method. Control prototype design and detection of temperature and humidity of broiler cages using IoT-based fuzzy methods, and can be monitored remotely with a smartphone using several components, namely NodeMCU ESP32 as a data processor and controller between the Dht-11 temperature sensor and the output in the form of an LCD to determine the temperature of the cage. directly and also in the form of Smartphone communication data via the internet network with Blynk software. the DHT-11 sensor is in charge of reading the temperature and humidity of the chicken coop, the LCD serves to provide a direct display of the results of the temperature and humidity monitoring data parameters, the blynk application itself is tasked with displaying sensor parameters remotely on a smartphone which in the blynk software can monitor or get notification if the temperature state is crossing a predefined threshold. All components require 24V voltage generated by the 220V SMPS power supply to 24V DC. The use of fuzzy rules in temperature and humidity control can regulate the output performance of lights and fans that work according to the specified rules.
Dwiki Fitrianto, Churnia Sari
Published: 30 September 2022
Electra : Electrical Engineering Articles, Volume 3, pp 19-27; https://doi.org/10.25273/electra.v3i01.13642

Abstract:
Pada saat ini petani kebun sangat kesusahan mencari sebuah alat karena tidak adanya sosialisasi tentang tekhnologi alat ukur suhu dan kelembaban dan alat ukur suhu dan kelembaban yang sudah ada termasuk mahal. Penelitian ini dilaksanakan di Perkebunan Teh Kemuning Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar dan Perkebunan Jagung dan Tebu di Desa Soco Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini observasi untuk mengetahui suhu dan kelembaban pada lahan perkebunan. Pengukuran suhu tanah menggunakan sensor suhu tanah DS18B20, kelembaban tanah menggunakan sensor sensor soil moisture (Kelembapan Tanah) YL-69 dan Arduino Uno sebagai mikrokontroller. Uji kelayakan alat dengan menghitung hasil dari penelitian dengan perhitungan MAPE (Mean Absolute Percentage Error). Pengujian di kebun teh kemuning didapat rata-rata suhu tanah 19°C, kelembaban 37.24%-42.22% dengan perhitungan MAPE 0.047%. Pengujian di kebun jagung didapat rata-rata suhu tanah 29.75°C, kelembaban 79.56%-84.26% dengan perhitungan MAPE 0.050%. Pengujian di kebun tebu didapat rata-rata suhu tanah 29.87°C, kelembaban 24.14%-32.94% dengan perhitungan MAPE 0.066%. Kesimpulan yang diambil Arduino Uno sebagai mikrokontroler, sensor suhu tanah menggunakan sensor suhu tanah DS18B20, sensor kelembaban tanah menggunakan sensor sensor soil moisture (Kelembapan Tanah) YL-69, LCD sebagai output dari mikrokontroler bekerja dengan sangat baik di dukung dengan perhitungan MAPE <10%.
Muhammad Syafi'Ul Anam, Ina Sunaryantiningsih, Irna Tri Yuniahastuti
Published: 30 September 2022
Electra : Electrical Engineering Articles, Volume 3, pp 08-18; https://doi.org/10.25273/electra.v3i01.13485

Abstract:
Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro adalah pembangkit listrik yang menggunakan air sebagai penggerak utama turbin dan generator. Daya yang dihasilkan oleh PLTMH bergantung dengan debit air yang mengaliri dan tinggi jatuh air yang tersedia pada Bendungan Gonggang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi daya pembangkitan listrik dengan memanfaatkan sumber daya air pada Bendungan Gonggang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi lapangan untuk mengetahui data sekunder dan data primer berdasarkan studi literasi yang sudah dilakukan. Penelitian ini memberikan gambaran mengenai potensi daya pembangkitan listrik pada Bendungan Gonggang dengan melakukan observasi lapangan selama 4 bulan. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil rata-rata potensi daya pembangkitan listrik di Bendungan Gonggang yaitu sebesar 492 kW
Hasan Basri, Ujang Wiharja
Published: 30 September 2022
Electra : Electrical Engineering Articles, Volume 3, pp 01-07; https://doi.org/10.25273/electra.v3i01.12505

Abstract:
PT. PLN (Persero) at the Customer Service Implementing Unit (Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan, UP3) Pondok Gede, in order to make the loss reduction program more effective, first find out whether the biggest contribution to shrinkage in Pondok Gede UP3 is technical or non-technical. By using the shrink formula method, Jogja has several mechanisms to perform the analysis. The results of the Jogja Formula Shrinkage are presented in the Dupont Chart which divides losses into two parts, namely non-technical losses and technical losses, while technical losses are divided into four parts, namely medium voltage network losses, distribution substation losses, low voltage network losses, and house connection losses. So that we can evaluate and analyze these losses and the program's efforts to reduce losses are on target. In the calculation of the cumulative loss of UP3 Pondok Gede globally in the first quarter of 2020, it is 58,403,338 kWh or 12.27%. After performing a calculation simulation using the Jogja Formula, it was obtained with a technical loss composition of a total of 34,813,582 kWh or 7.31% (this technical loss cannot be avoided or eliminated because it is a shrinkage caused by the components of the equipment used), and non-technical losses. engineering of 23,589,757 kWh or 4.95%.
Dody Susilo, Anita Miftahul Maghfiroh
Published: 30 September 2022
Electra : Electrical Engineering Articles, Volume 3, pp 43-50; https://doi.org/10.25273/electra.v3i01.13983

Abstract:
Sensor pengukuran kecepatan putaran motor adalah alat yang digunakan di sebagian besar mesin-mesin industri yang bekerja berdasarkan perputaran motor untuk memonitoring kecepatan motor tersebut. Dimana salah satu sensor yang digunakan dalam pengukuran kecepatan motor adalah sensor optocoupler. Informasi tentang laju perputaran motor diperlukan oleh seorang operator untuk mengontrol dan mengatur laju putaran motor sesuai dengan yang diharapkan. Pada proyek akhir ini digunakan optocoupler sebagai sensor pengukur kecepatan putaran motor dan potensiometer digunakan sebagai pengontrol kecepatan motor. Dari pengontrolan dan pembacaan pulsa optocoupler data diolah di mikrokontroler setelah itu data dikirim dan ditampilkan di LCD dalam satuan RPM (Rotation Per Minute). Dari hasil pengujian yang telah dilakukan Tingkat keakurasian hasil pembacaan didapatkan dalam kondisi hampir mendekati kecepatan maksimum dan pada saat kecepatan maksimum. Dimana pada motor 1 kecepatan putaran maksimalnya 250 RPM dimana error yang didapat 4 % serta dan motor 2 kecepatan maksimalnya 180 RPM dimana error yang didapat 2,97 %.
Dody Susilo, Ridam Dwi Laksono, Yovie Eri Ardiansyah
Electra : Electrical Engineering Articles, Volume 2, pp 12-22; https://doi.org/10.25273/electra.v2i2.12232

Abstract:
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sudah sangat pesat ini, sudah hampir banyak memakai dan menggunakan peralatan secara otomatis untuk membantu kerja manusia menjadi lebih efisien. Saat ini sistem penggunaan bel sekolah masih dilakukan secara manual, yaitu dengan menekan bel setiap jam masuk atau jam pertukaran pelajaran. Fungsi bel sekolah adalah untuk memberi tanda kepada siswa secara berkala. Oleh sebab itu dibuat rancang bangun sistem bel sekolah otomatis berbasis Mikrokontroller menggunakan ISD4003 yaitu bel sekolah otomatis. Alat ini terdiri dari bagian RTC yang digunakan untuk mengirim data berupa waktu yang akurat ke mikrokontroller. Waktu bel sekolah akan ditampilkan pada LCD 16x2. Pada jadwal tertentu suara bel juga diikuti oleh rekaman suara yang telah diatur pada IC Perekam suara. Dari hasil pengujian alat diketahui bahwa mikrokontroler dapat melakukan pembacaan waktu yang dihasilkan oleh RTC dengan tepat, sehingga secara aplikatif dapat digunakan untuk penunjukan tanggal dan waktu pada aplikasi bel sekolah otomatis. Pengujian sistem secara keseluruhan dengan memasukan jadwal hari senin sampai sabtu menghasilkan tingkat keberhasilan mencapai 100%, artinya sistem berjalan sesuai dengan jadwal.
Bayu Fandidarma, Ina Sunaryantiningsih, Abdi Pratama
Electra : Electrical Engineering Articles, Volume 2, pp 01-11; https://doi.org/10.25273/electra.v2i2.12246

Abstract:
Ditandai dengan munculnya PLC (Programmable Logic Controller) sebagai pengganti sistem kendali konvensional. Selanjutnya lahirlah sistem SCADA (Supervisory Control and Data Acqusition) yang memungkinkan manusia untuk mengendalikan dan memonitor kerja PLC secara real time dan remote dengan menggunakan protocol Modbus TCP/IP.Arsitektur dasar SCADA terdiri dari lima komponen penting yaitu plant berupa mesin yang diamati, RTU (Remote Terminal Unit), MTU (Master Terminal Unit), HMI (Human Machine Interface), dan database server.Dalam penelitian SCADA yang dirancang, RTU menggunakan sebuah PLC Twido TWDLCAE40DRF untuk mengendalikan sebuah plant berupa modul Temperatur Controlled System – Leybold 734 12 yang dapat dikendalikan dengan pengendalian PID. Sedangkan MTU menggunakan PLC Modicon M340 BMX P4 2030. Kemudian HMI dirancang menggunakan perangkat lunak Wonderware Intouch 10.1 versi demo. HMI menampilkan proses pengendalian dan trend pengendalian. Data pengendalian kemudian dicatat pada suatu database. Sistem SCADA ini berhasil memiliki fungsi untuk memantau dan mengendalikan plant lalu mencatat hasilnya pada sebuah database.
Ahmad Zaki, Irna Tri Yuniahastuti, Ina Sunaryantiningsih
Electra : Electrical Engineering Articles, Volume 2, pp 23-28; https://doi.org/10.25273/electra.v2i2.12253

Abstract:
Sistem distribusi memiliki peran yang sangat besar dalam memberikan jaminan serta kualitas penyaluran energi listrik, sehingga dapat memenuhi standart baik secara teknis maupun non teknis pada konsumen. Untuk melakukan perhitungan keandalan sistem pembangkit listrik salah satunya dengan menggunakan metode SAIDI dan SAIFI. Berdasarkan hasil perhitungan, nilai SAIDI pada masing – masing penyulang di ULP Maospati dengan nilai 2,018480854 jam/pelanggan/tahun. Nilai SAIFI pada masing – masing penyulang di ULP dengan nilai 5,233709981 kali/pelanggan/tahun. Perhitungan nilai CAIDI, nilai tertinggi pada penyulang Tegalarum dengan nilai 0,914285714 jam/tahun serta nilai terendah pada penyulang Karas dengan nilai 0 jam/tahun
Muhammad Yusuf Anshori, Ina Sunaryantiningsih, Prabakti Endramawan
Electra : Electrical Engineering Articles, Volume 2, pp 29-35; https://doi.org/10.25273/electra.v2i2.12260

Abstract:
Banyaknya Pengguna Kendaraan Bermotor para pengendara banyak yang belum mencukupi umur untuk berkendara khusunya pada sepeda motor. masalah lainnya kebanyakan kehilangan kendaraan yang disebabkan kejahatan untuk itu pemasangan Gps tracker sebagai pengontrol lokasi kendaraan agar lebih mudah. Penelitian pembuatan alat E-KTP Sebagai kunci Kontak Sepeda Motor Berbasis Arduino ini untuk membantu pengguna sepeda motor agar lebih terkontrol untuk penggunakannya. penelitian ini dilaksanakan di labolatorium Teknik Elektro Universitas PGRI Madiun selama 5 bulan yang bertujuan untuk mengetahui perancangan dan cara kerja alat E-KTP Sebagai Kunci Kontak Sepeda Motor Berbasis Arduino. pengujian alat ini dapat bekerja dengan baik bagi pengguna yang sudah cukup umur (E-KTP) dan juga alat ini dilengkapi Gps tracker untuk mengetahui lokasi kendaraan bermotor.
Back to Top Top