Jurnal Health Sains

Journal Information
ISSN / EISSN : 2722-7782 / 2722-5356
Published by: Ridwan Institute (10.46799)
Total articles ≅ 412
Filter:

Latest articles in this journal

Zahra Hasiba Mukti, Rusilanti Rusilanti, Yeni Yulianti
Published: 23 March 2022
Jurnal Health Sains, Volume 3, pp 593-606; https://doi.org/10.46799/jsa.v3i3.411

Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media edukasi berbasis video animasi yang layak dan efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan tingkat kesadaran konsumsi makanan mengandung serat pada remaja. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model penelitian yang digunakan adalah DDD-E (Decide, Design, Develop, Evaluate). Analisis data menggunakan uji one to one, uji small group, uji field test. Hasil persentase yang diperoleh dari uji one to one sebesar 96% dengan kategori sangat baik dan tidak perlu direvisi. Uji small group menyatakan persentase sebesar 97% denga kategori yang sangat baik dan tidak perlu direvisi, dan uji field test menyatakan persentase sebesar 98% dengan kategori sangat baik dan tidak perlu direvisi. Media edukasi berbasis video animasi 3 dimensi file video akan dibentuk menjadi sebuah link dan diunggah kedalam google drive
Frederika Rahanra
Published: 23 March 2022
Jurnal Health Sains, Volume 3, pp 569-582; https://doi.org/10.46799/jsa.v3i3.406

Abstract:
Penelitian ini, untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara promosi dengan Pengembangan usaha pariwisata di Kabupaten Maluku Tenggara. Pengumpulan data dilakukan secara wawancara, kuesioner, dan observasi. Data yang berhasil dikumpulkan diolah dan dianalisis secara kualitatif maupun secara kuantiitatif dengan menggunakan analisa statistik Korelasi “Product Moment” Pearson. menyatakan ada pengaruh yang signifikan antara promosi dengan pengembangan usaha parawisata di Kabupaten Maluku tenggara terbukti dan dapat diterima kebenaranya.
Ihfan Rahmawadi, Lalu Muhammad Alditia, Ahmad Abdan Syukron, Lili Kurnia Sapitri, Hafizah Awalia
Published: 23 March 2022
Jurnal Health Sains, Volume 3, pp 638-652; https://doi.org/10.46799/jsa.v3i3.415

Abstract:
Penelitian ini mengkaji tentang persepsi masyarakat terhadap upaya pencegahana dan penanganan Covid-19 di Kabupaten Lombok Timur. Data menunjukkan bahwa Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) merupakan salah satu provinsi dengan angka penyebaran kasus covid-19 yang tergolong masih relatif tinggi di Indonesia. Salah satu kabupaten di Provinsi NTB yang menjadi daerah dengan persebaran kasus Covid-19 tertinggi adalah Kabupaten Lombok Timur. Berdasarkan data dari websitePemerintah provinsi NTB, per tanggal 8 Februari 2021, tercatat angka kasus positif Covid-19 mencapai 939 kasus dan dalam waktu satu bulan terjadi penambahan angka positif sampai 211 kasus (corona.ntbprov.go.id). Hal ini membuat kabupaten Lombok Timur masuk kedalam 5 besar daerah dengan persebaran kasus Covid-19 tertinggi di NTB. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan studi fenomenologi, yaitu studi yang berupaya untuk menginterpretasikan tindakan individu yang menjadi bagian dari fenomena sosial menjadi sesuatu yang memiliki makna. Pemilihan informan dilakukan melalui teknik purposive sampling, yaitu penentuan informan dengan kriteria-kriteria tertentu. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 30 informan yang tersebar di tiga desa yang ada di Kabupaten Lombok Timur, yaitu Desa Masbagik Selatan, Desa Masbagik Utara, dan Desa Paok Motong. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat Kabupaten Lombok Timur memiliki persepsi yang berbeda-beda tekait dengan keberadaan Covid-19 yang kemudian dikategorikan ke dalam tiga kelompok utama, yaitu kelompok yang percaya, ragu, dan tidak percaya.
Djone Georges Nicolas, Mika Simatupang
Published: 23 March 2022
Jurnal Health Sains, Volume 3, pp 519-528; https://doi.org/10.46799/jsa.v3i3.408

Abstract:
Kesetiaan merupakan suatu nilai yang dijunjung tinggi di dalam area kehidupan apa pun, termasuk di dalam bidang rohani. Namun, kesetiaan juga merupakan perkara yang sudah digumuli sejak zaman dahulu dan yang justru lebih dari pada sebelumnya menjadi langkah di masa sekarang, termasuk dalam kehidupan orang-orang yang mengaku beriman kepada Yesus Kristus. Tujuan yang ingin dicapai penelitian ini adalah menganalisis kesetiaan Rut dan apa yang menjadi upah kesetiaannya. Pendekatan yang digunakan adalah metode kualitatif hermeneutik dengan kritik narasi, dengan pengumpulan data melalui berbagai sumber seperti Alkitab, jurnal, buku yang mempunyai keterkaitan dengan topik kajian. Hasilnya, pertama orang yang setia akan hidup dalam agenda rencana Allah. Kedua, orang yang setia menerima pujian. Ketiga, orang yang setia menjadi agen bagi penggenapan rencana Allah di bumi. Kesimpulan, orang percaya dalam perjalanan kehidupan mereka harus tetap setia kepada Allah dan juga kepada manusia, sebab kesetiaan orang percaya tidaklah sia-sia, dan justru dibalik kesetiaan mereka terdapat upah yang tidak terduga. Kesetiaan Rut kepada Allah dan kepada manusia membuahkan: Pertama, kasih Naomi sebagai mertua kepadanya. Kedua, penebusan dari Boas, pujian serta doa semua orang. Ketiga, namanya tercatat sebagai pahlawan iman dalam Alkitab, dan ia menjadi bagian penting dalam rencana keselamatan yang dari Allah.
Erny Erny
Published: 23 March 2022
Jurnal Health Sains, Volume 3, pp 490-505; https://doi.org/10.46799/jsa.v3i3.407

Abstract:
Penyelidikan tanah dibutuhkan untuk data perancangan fondasi bangunan. Penyelidikan tanah ada di lapangan Cone Penetration Test (CPT) dan California Bearing Ratio (CBR) lapangan alat Dynamic Cone Penetrometer (DCP) dan laboratorium (CBR laboratorium), peneliti sebelumnya Rahardjo (1995) memperoleh korelasi CBR dan tahanan konus (qc) pada alat CPT Pada tanah lempung yang dipadatkan CBR= ½ qc dan Schmertmann tanah pasir sebesar CBR = ⅓ qc CBR (In-situ). Berdasarkan data analisis objek penelitian di lokasi pembangunan PKS PT. Inecda (ST.03, ST.04 dan ST.05) di Indragiri Hulu dan pembangunan Jalan Nasional Propinsi Riau (STA 0+600, STA 6+000, dan STA 17+000) di Pekanbaru dengan Pelaksanaan CBR lapangan alat uji DCP sesuai Departemen Pekerjaan Umum tahun 2008 dan CBR laboratorium sesuai SNI-03-1744-1989. Klasifikasi tanah pada CPT berdasarkan cone resistant (qc) dan friction Ratio (fr) di plotkan pada gambar Robertson dan Campanella (1986). Hasil penelitian didapat korelasi CBR laboratorium dengan CBR lapangan alat uji DCP, nilai CBR alat uji yang diperoleh selalu nilai DCP lebih kecil dari CBR laboratorium, Rasio nilai CBR uji DCP berbanding CBR laboratorium berkisar 72% - 90%, dimana pada tanah lempung memiliki nilai lebih tinggi (tanah lempung rasio mendekati CBR laboratorium) dan korelasi nilai tahanan konus dengan CBR laboratorium pada penelitian nilai lebih mendekati teori Schmentmaan pasir CBR= ⅓ qc dan CBR untuk lempung Raharjo (1995) CBR= ½ qc, pada penelitian pasir 0,26 qc dan lempung 0,48 qc sedangkan CBR alat uji DCP pasir 0,21 qc dan lempung 0,42 q dan nilai perbandingan CBR/qc semakin kecil diperoleh jenis tanah baik dan semakin jelek jenis tanah yang di peroleh maka nilai CBR/qc semakin tinggi.
Ridha Hasanah Purba, Emeliano Maria Gusmão de Oliveira
Published: 23 March 2022
Jurnal Health Sains, Volume 3, pp 456-475; https://doi.org/10.46799/jsa.v3i3.405

Abstract:
Hutan Kemasyarakatan (HKm) sebagai sebuah konsepsi yang mempertemukan beberapa kepentingan yaitu kesejahteraan masyarakat, produktivitas sumber daya hutan dan kelestarian fungsi hutan merupakan pendekatan yang diharapkan mampu menjadi alternatif solusi dalam kegiatan pengelolaan hutan. Melalui konsep ini bisa lebih luas dijabarkan dalam pola-pola manajemen lahan hutan yang mampu secara efektif melibatkan masyarakat secara langsung dalam sistem pengelolaan hutan, memberikan kontribusi secara real bagi kesejahteraan masyarakat, secara teknis maupun meningkatkan produktivitas sumber daya hutan dan secara ekologis mampu menjamin kelestarian fungsi hutan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ekonomi masyarakat dalam memanfaatkan lahan HKm, mengindentifikasi keberlanjutan pelaksanaan HKm dalam menjaga kelestarian, dan menganalisis strategi pengelolaan HKm. Metode yang digunakan yaitu metode survei, yang merupakan salah satu pendekatan penelitian yang pada umumnya digunakan untuk pengumpulan data yang luas dan banyak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden dengan persentase 100% bermata pencaharian sebagai petani, dengan luas lahan yang dimanfaatkan responden dikategorikan lahan sedang. Jumlah pendapatan rumah tangga responden yang diperoleh dari hasil hutan kemasyarakatan dan hasil dari pekerjaan sampingan sebesar Rp. 883.560.000/tahun, dengan pendapatan perkapita yang diperoleh sebesar 8.495.769,23/kapita/tahun atau setara dengan Rp. 707.980,77/kapita/bulan yang artinya angka tersebut menunjukkan bahwa kondisi ekonomi masyarakat yang memanfaatkan hutan kemasyarakatan di Desa Kelilik tergolong sejahtera.
Anni Maria
Published: 23 March 2022
Jurnal Health Sains, Volume 3, pp 546-555; https://doi.org/10.46799/jsa.v3i3.404

Abstract:
Penelitian ini bertujuan: (1) Mengembangkan modul pembelajaran Bahasa Inggris SMP yang berorientasi pada globalisasi dan lokalisasi teks-konteks. (2) Menguji kelayakan modul pembelajaran Bahasa Inggris SMP yang berorientasi pada globalisasi dan lokalisasi teks-konteks. Penelitian pengembangan ini mengacu langkah yang dikembangkan oleh Branch (2009) yang meliputi: (a) Analisis, (b) Desain, (c) Pengembangan, (d) Penerapan, (e) Evaluasi, ditambah dengan (f) Muatan globalisasi dan lokalisasi. Subjek uji coba operasional adalah sepuluh peserta didik kelas VIII SMP Bhinneka Tunggal Ika National Plus Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif deskriptif. Penilaian tingkat kelayakan modul pembelajaran dilakukan oleh ahli materi dan peserta didik. Penilaian modul oleh ahli materi memperoleh nilai kategori “Sangat Layak” dengan persentase 100%. Penilaian modul oleh peserta didik memperoleh nilai kategori “Sangat Layak” dengan persentase 40% dan nilai kategori “Layak” dengan persentase sebesar 60%.
Santoso Santoso, Syahfirin Abdullah, Soehatman Ramli
Published: 23 March 2022
Jurnal Health Sains, Volume 3, pp 476-489; https://doi.org/10.46799/jsa.v3i3.401

Abstract:
PT XYZ adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang minyak dan gas bumi dan memiliki 2 blok ekplorasi dan 1 blok ekploitasi yang berada di Jambi. Dalam kegiatan operasinya, banyak kendala teknis dan non-teknis yang dihadapi oleh PT XYZ, hal ini dikarenakan PT XYZ belum melakukan proses manajemen risiko untuk mengidentifikasi potensi risiko-risiko dalam kegiatan operasional perusahaannya. Pada penelitian ini akan merancang kerangka manajemen risiko untuk PT. XYZ dengan menerapkan Enterprise Risk Management (ERM) dengan pendekatan ISO 31000: 2018. Proses perancangan manajemen risiko melewati tahapan identifikasi risiko, analisa risiko, evaluasi risiko, perlakukan risiko, pemantauan dan tinjauan. Tahap identifikasi risiko, perlakuan risiko dan uji sensitifitas menggunakan metode Risk Breakdown Structure (RBS) dengan mekanisme branstroming dan Focus Group Discussion (FGD). Tahap analisa dan evaluasi risiko menggunakan metode Probability Impact Matrix (PIM). Tahapan identifikasi kejadian risiko (risk event) dari 13 departemen didapat 32 kejadian risiko, pada tahap identifikasi pemicu risiko (risk agent) dari 32 risk event didapatkan 50 risk agent, sedangkan di tahapan analisa risiko menghasilkan 6 risiko yang masuk kategori tidak dapat diterima dan 2 risko yang masuk dalam kategori dalam batasan kapasitas risiko perusahaan, sedankan pada tahapan evaluasi risiko didapat 2 risiko yang masuk kategori tidak dapat diterima dan 4 risko yang masuk dalam kategori dalam batasan kapasitas risiko perusahaan. Tahap terakhir yaitu uji sensitifitas, dimana pada tahap ini didapatkan data sebagai berikut; R1 memiliki risiko proyek dan keekonomian berupa pembatalan proyek. R30 tidak memiliki pengaruh kepaada risiko proyek, namun berdampak significan terhadap keekonomian karena dapat mengubah asumsi dasar keekonomian proyek, R8 memiliki risiko proyek penambahan biaya proyek 4Q, NPV -$21,3 jt, IRR -9,1% dan GOI - $7,0 jt.
Petrus Tekege
Published: 23 March 2022
Jurnal Health Sains, Volume 3, pp 626-637; https://doi.org/10.46799/jsa.v3i3.414

Abstract:
Tujuan Penulisan dalam artikel ini adalah untuk mengaanalis dan mengemukakan apa kata Kitab Cuci dan apa kata Teori tentang kebebasan manusia dan bagaimana Negara berperan melaksanakan kewajiban pokoknya sebagai organisasi kekuasaan tertinggi dalam menegakkan Hukum dan HAM. Dalam kenyataanya Negara belum berperan maksimal dalam melindungi, menghormati dan memenuhi hak dasar setiap manusia karena terlihat disana-sini begitu banyak pelanggaran HAM terjadi dan belum terselesaikan seperti di Papua pada kabupaten Nguga, Intan Jaya, Puncak Jaya dan pelanggaran HAM masa lalu seperti Wasior Tahun 2001, Wamena Tahun 2003 dan Paniai tahun 2014. Agar harkat dan martabat manusia dijungjung tinggi maka Negara diharapkan berperan kongkrit untuk menyelesaikan berbagai pelanggaran HAM sesuai hukum yang berlaku dengan menempatkan nilai, harkat dan martabat setiap manusia sebagai ciptaan Tuhan diatas kekuasaan Negara dan kekuasaan Negara harus dipakai untuk melindungi, menghormati dan memenuhi kebutuhan setiap warga Negara sesuai amanah Kitab suci dan dasar hukum kodrat yang ada dalam mengembang kebebasan ekspresia orang Papua sebagai bagian dari Indonesia.
Muh Safar
Published: 23 March 2022
Jurnal Health Sains, Volume 3, pp 556-568; https://doi.org/10.46799/jsa.v3i3.409

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model Think Talk Write dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi siswa kela XI SMA Negeri 16 Bone. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksprimen dengan teknik pengumpulan data yaitu tes dan non tes (pengamatan). Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI yaitu kelas XI IPS 1 sebanyak 30 dan kelas XI IPS 2 sebanyak 30. Untuk mengetahui efektivitas model Think Talk Write maka dipilih dua kelas yaitu kelas eksprimen dan kelas kontrol. kelas eksprimen mendapat pelakuan model Think Talk Write sedangkan kelas control tidak menggunakan model. Hasil penelitian ini menggunakan uji t. Data yang disajikan diperoleh angka sebesar t-hitung 12,351 sedangkan t-tabel dengan dk 58 sebesar 2,002 sehingga t-hitung > t-tabel yaitu 12,351 > 2,002. Berdasarkan perhitungan maka dapat dikatakan Ha diterima. Analisis akhir kemampuan menulis teks eksplanasi dengan mode Think Talk write pada siswa kelas XI SMA Negeri 16 Bone terdapat adanya perbedaan nilai rata-rata antara kelas eksprimen dan kelas control. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Think Talk Write efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi pada siswa kelas XI SMA Negeri 16 Bone.
Back to Top Top