Journal Industrial Engineering & Management (JUST-ME)

Journal Information
ISSN / EISSN : 2723-0341 / 2745-7303
Current Publisher: ILTEK : Jurnal Teknologi (10.47398)
Total articles ≅ 5
Filter:

Articles in this journal

Ahmad Hanafie, Andi Haslindah, Ayu Septiani, Moh. Firman Hidayat
Journal Industrial Engineering & Management (JUST-ME), Volume 1, pp 6-9; doi:10.47398/just-me.v1i1.496

Abstract:
Kabupaten pangkajene dan kepulauan adalah salah satu kabupaten Sulawesi selatan yang memiliki nilai potensial mengolah hasil tangkapan ikan kering yang berupa ikan asin dan ikan kering tawar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses produksi ikan kering terhadap kemasannya. Dengan menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD) untuk mengetahui pengembangan dan kualitas produk kemasan ikan kering. Studi kasus dilakukan pada Nelayan di Kab. Pangkep. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan menyebarkan kuisioner kepada 30 orang responden yang dianggap sebagai konsumen potensial. Analisis data yang dilakukan yaitu tahap pengumpulan Voice Of Customer, SPSS 25, serta penyusunan House Of Quality. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menujukkan bahwa untuk melakukan pengembangan produk kemasan ikan kering, terdapat 14 atribut, atribut yang diprioritaskan adalah jenis ikan dengan nilai 5,1762 dan tingkat keasinan dengan nilai 4,1736. Peningkatan kualitas produk kemasan ikan kering sesuai dengan rumah mutu kualitas (House Of Quality).
Andi Haslindah, Rizal Syarifuddin, Muhammad Iswandi, Kartika Amika Pratiwi
Journal Industrial Engineering & Management (JUST-ME), Volume 1, pp 10-14; doi:10.47398/just-me.v1i1.497

Abstract:
Kepuasan dan motivasi karyawan sangat penting bagi perusahaan karena dapat meningkatkan kinerja karyawan yang dapat berimbas pada peningkatan produktivitas perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kepuasan karyawan dan motivasi kerja dapat mempengaruhi produktivitas kerja karyawan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 200 responden yang ditujukan kepada karyawan PT Tirta Sukses Perkasa.Variabel yang diukur dalam penelitian ini adalah variabel eksogen (motivasi dan kepuasan) dan variabel endogen (produktivitas). Untuk mengukur variabel- variabel tersebut menggunakan skala likert dimana peneliti memberikan lima alternatif jawaban untuk dijawab responden. Metode penelitian ini menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan program AMOS 24. Hasil analisis motivasi kerja terhadap produktivitas kerja karyawan menunjukkan nilai probabilitas 0,962 (p < 0,05) dan nilai C.R -0,048 tidak memenuhi syarat C.R > 1,96. Beda halnya dengan kepuasan kerja terhadap produktivitas kerja menunjukkan nilai probabilitas 0,001 (p < 0,05) dan nilai C.R 3,393 (C.R > 1,96). Kesimpulan dari penelitian ini dimana motivasi kerja tidak berpengaruh positif terhadap produktivitas sedangkan kepuasan berpengaruh positif terhadap produktivitas kerja karyawan.
Andi Haslindah, Andrie Andrie, Yulihasti Yulihasti, Rismawati Rismawati
Journal Industrial Engineering & Management (JUST-ME), Volume 1, pp 15-19; doi:10.47398/just-me.v1i1.495

Abstract:
Pengendalian kualitas produksi yang dilakukan oleh PT. Tirta Sukses Perkasa-Takalar mulai pengawasan dari awal, proses produksi sampai dengan produk akhir telah dilakukan dengan baik, akan tetapi masih ditemukan banyak produk cacat atau rusak yang dihasilkan perusahaan tiap produksi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Quality Control terhadap resiko kerusakan produk Air Mineral Club serta mencari solusi perbaikan. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen Taguchi. Hasil dari penelitian ini memperoleh dari hasil analisis rancangan metode Taguchi untuk dapat mengetahui faktor-faktor yang paling dominan mempengaruhi kerusakan produk. Karakteristik yang digunakan adalah signal to noise ratio (SNR) mengunakan SN smaller the better, karena semakin kecil nilai yang didapat maka akan semakin baik. faktor yang paling berpengaruh dan paling berkontribusi besar terhadap kerusakan produk adalah faktor proses labeling 5000 pcs/jam, faktor proses packing 10000 pcs/jam, faktor proses heatering 10000 pcs/jam, faktor coding 5000 pcs/jam, dan faktor air 600 ml.
Andi Haslindah, Ilham Idrus, Try Agung Basuki, Sultan Saiful
Journal Industrial Engineering & Management (JUST-ME), Volume 1, pp 1-5; doi:10.47398/just-me.v1i1.490

Abstract:
Kabupaten Pangkep merupakan salah satu daerah penghasil marmer di Indonesia, pada proses penambangannya marmer digunakan untuk kebutuhan furniture dan lain sebagainya sehingga pada prosesnya menghasilkan limbah. Pemanfaatan limbah potongan marmer dapat meminimalisir jumlah tumpukan limbah yang dapat mencemari kesuburan tanah dan lingkungan. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui pembuatan produk paving block dan hasil uji kuat tekan dengan memanfaatkan limbah marmer. Dengan menggunakan rumus uji kuat tekan untuk mengetahui nilai MPanya apakah produk memenuhi standar SNI 03-0691-1996 pada uji kuat tekannya. Hasil dari penelitian ini Paving block yang memanfaatkan limbah marmer dari bentuk fisiknya mempunyai tampilan yang lebih menarik dengan adanya tambahan aksen marmer pada permukaannya dan juga sebagai tulangan, dalam proses pengujian ini paving yang memanfaatkan limbah memiliki nilai tertingginya 30,36 MPa masuk dalam standar SNI 03-0691-1996 mutu B. Kesimpulannya pemanfaatan limbah marmer menjadi produk paving block memiliki pengaruh besar terhadap hasil penguji kuat tekannya dikarenakan limbah marmer yang diletakan pada paving menjadi tulangan, sehingga produk paving block memiliki nilai uji kuat tekan yang tinggi yang dapat digunakan baik, ditaman, trotoar, maupun digarasi kendaraan pribadi.Kata Kunci : Limbah, Marmer, Paving Block.
Andi Haslindah, Andrie Andrie, Sri Aryani, Feisar Nur Hidayat
Journal Industrial Engineering & Management (JUST-ME), Volume 1, pp 20-24; doi:10.47398/just-me.v1i1.511

Abstract:
Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) merupakan upaya untuk menciptakan suasana bekerja yang aman dan nyaman. Tujuan penelitian mengetahui potensi bahaya. risiko bahaya, dan tingkat risiko di lingkungan kerja bagian produksi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, menggunakan metode Hazop (Hazard and Operability). Identifikasi bahaya dengan metode Hazop dilakukan berdasarkan alur proses produksi. Langkah selanjutnya setelah proses identifikasi adalah penilaian risiko pada masing-masing titik kajian. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui terdapat risiko rendah, sedang, tinggi dan ekstrim. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan pembagian kuesioner kepada karyawan. Hasil dari penelitian ini menemukan beberapa risiko dengan tingkat risiko seperti, terpleset (pada saat membersihkan di ruang filling) dengan risiko sedang, terjepit forklift dengan risiko sedang, kesetrum (pada saat pengecekan mesin) dengan risiko tinggi. Kesimpulan yang dihasilkan dalam penelitian ini yaitu: terdapat, 4 sumber bahaya yang tergolong risiko tinggi, 16 sumber bahaya yang tergolong risiko sedang, dan 2 sumber bahaya yang tergolong rendah.
Back to Top Top