JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL

Journal Information
ISSN / EISSN : 2716-3768 / 2716-375X
Total articles ≅ 46
Filter:

Latest articles in this journal

Marietta Sigalingging, Nazurty Nazurty, Amir Mukminin
Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, Volume 1, pp 401-410; https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i2.278

Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menulis teks narasi. Hal ini disebabkan kurangnya pemahaman. dan pengajaran terhadap pembelajaran berbasis menulis teks. Kemampuan menulis merupakan keterampilan yang lebih sulit dari pada kemampuan berbicara, menyimak, dan membaca Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif karena menggambarkan, mempelajari dan menjelaskan fenomena yang terjadi dilapangan. menegaskan bahwa penelitian deskriptif tidak dimaksudkan untuk menguji hipotesis tertentu, tetapi hanya menggambarkan “apa adanya” tentang sesuatu variabel, gejala atau keadaan. Penerapan model Picture and Picture dalam menulis paragraf narasi pada siswa kelas VI SD 48/IV Kota Jambi dengan satu guru model dan satu pengamat. Dari penerapan yang telah dilaksanakan guru model telah berhasil dengan baik menerapkan model pembelajaran tetapi belum mampu menerapkan semua unsur-unsur yang terdapat dalam teks narasi. . siswa yang dijadikan penelitian sebagian telah mampu menyusun gambar dan gambar dengan benar dan mampu menuliskan teks narasi secara individu .
Delma Yunita
Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, Volume 1, pp 451-465; https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i2.284

Abstract:
Rendahnya jumlah wirausaha dan meningkatnya angka pengangguran terdidik di Indonesia terutama pada lulusan universitas menunjukkan bahwa berbagai program pembelajaran kewirausahaan di universitas yang sudah dikembangkan selama dua dekade belum berhasil meningkatkan semangat dan jiwa kewirausahaan mahasiswa sehingga keinginan berwirausaha mahasiswa relatif rendah. Tujuan penelitian : untuk mendeskripsikan kesiapan, kreativitas, efikasi diri dan motivasi berwirausaha mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, untuk menganalisis pengaruh kreativitas terhadap kesiapan berwirausaha, Untuk menganalisis pengaruh efikasi diri terhadap kesiapan berwirausaha. Untuk menganalisis pengaruh motivasi terhadap kesiapan kewirausahaan, Untuk menganalisis pengaruh kreativitas, efikasi diri, dan motivasi secara bersama-sama terhadap kesiapan kewirausahaan. Berdasarkan tujuan penelitian, penelitian ini adalah Penelitian yang dilakukan melalui survey dengan menyebarkan angket kepada mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unversitas Jambi, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif.. Hasil analisis data variabel motivasi berwirausaha sebesar 11,428, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000, dikarenakan angka taraf signifikansi < 0,05 (0,000 < 0,05) maka dapat disimpulkan bahwa motivasi berwirausaha berpengaruh terhadap kesiapan berwirausaha mahasiswa., Hasil ini diperoleh angka t hitung variabel motivasi berwirausaha sebesar 21,325, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000, dikarenakan angka taraf signifikansi < 0,05 (0,000 < 0,05) maka dapat disimpulkan bahwa motivasi berwirausaha berpengaruh terhadap kesiapan berwirausaha mahasiswa, melalui hasil uji Anova atau F test dengan menggunakan SPSS 21.0 didapat Fhitung sebesar 176,371 dengan tingkat probabilitas p-value sebesar 0,000, dikarenakan angka taraf signifikansi jauh lebih < 0,05 (0,000 < 0,05) maka dapat disimpulkan bahwa kreativitas, efikasi diri dan motivasi berwirausaha secara bersama-sama (simultan) berpengaruh secara signifikan terhadap kesiapan berwirausaha mahasiswa FKIP Universitas Jambi.
Khairunas Anas
Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, Volume 1, pp 349-353; https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i2.240

Abstract:
Ketika hasrat ingin berbelanja muncul, pahami apa yang akan dibeli tersebut menjadi kebutuhan atau hanya sekedar keinginan. Berfikir agar bisa membedakan dengan rasional apakah produk tersebut sangat dibutuhkan atau hanya ingin memenuhi hasrat ingin membeli. Impulse buying merupakan salah satu kebiasaan yang banyak dimiliki oleh kalangan shopper, yang mudah terpengaruh disaat membuka situs online shop dan berusaha untuk memiliki produk tersebut sehingga melakukan berbagai cara agar keinginan itu dapat terpenuhi tanpa berfikir panjang mengenai bahaya serta konsekuensi yang akan di dapatkan.
Khairinal Khairinal, Farida Kohar, Dina Fitmilina
Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, Volume 1, pp 379-387; https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i2.276

Abstract:
Penelitian ini mengkaji mengenai hasil belajar siswa yang dipengaruhi oleh motivasi belajar, disiplin belajar, dan lingkungan teman sebaya.Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif yang dilakukan melalui survei dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket.Populasi dan sampel adalah seluruh siswa kelas XI IPS tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 72 siswa. Pengolahan data menggunakan bantuan aplikasi statisticSPSS 20.0 for windows. Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa, (2) untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa (3) untuk mengetahui pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar siswa (4) untuk mengetahui pengaruh secara simultan motivasi belajar, disiplin belajar dan lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian menyimpulka: (1) Motivasi belajar memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 0.385, t hitung > t tabel yaitu 3.726>1.666, (2) Disiplin belajar memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 0.283,t hitung > t tabel yaitu 2.671 > 1.666, (3) Lingkungan teman sebaya memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 0.265, t hitung > t tabel yaitu 2.434> 1.666, (4) Secara simultan motivasi belajar, disiplin belajar, dan lingkungan teman sebaya memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 0.373, dengan taraf signifikan 0.000. Kesimpulan pada penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara motivasi belajar, disiplin belajar dan lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar ekonomi kelas XI IPS SMAN Titian Teras.
Susmawati Susmawati
Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, Volume 1, pp 411-421; https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i2.279

Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat baca dan belum adanya ketersediaan media untuk mengenal budaya Jambi. Tujuan penelitian ini; 1) Mengembangkan produk berupa buku dongeng berbasis kearifan lokal Jambi. 2) Mengetahui kevalidan dan kemenarikan buku dongeng berbasis kearifan lokal Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, menggunakan model 4-D modifikasi Trianto (Define, Design, Development, and Dessiminate). Validasi dilakukan kepada Ahli Media, Ahli Bahasa dan materi untuk mengetahui kevalidan produk. Skor rata-rata yang diperoleh dari Ahli media 4.48 dengan kategori sangat baik, validasi bahasa dan materi memperoleh skor >85% dengan kategori sangat baik, dan respon guru 98% dengan kategori sangat praktis. Hasil tersebut menunjukkan bahwa produk valid dan menarik untuk di uji cobakan pada kelas II. Berdasarkan hasil wawancara, sebagian besar siswa memberikan respon positif dengan menyatakan bahwa buku dongeng berbasis kearifan lokal Jambi sangat menarik dan praktis.
Ramayani Yusuf, Heny Hendrayati, Lili Adi Wibowo
Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, Volume 1, pp 506-515; https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i2.289

Abstract:
Penelitian ini bertujuan mengetahui konten Shopee terhadap keputusan pembelian customer. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini ada lima, yaitu Design (X1),berita terkini(X2), pengalaman menarik saat membaca(X3), waktu penayangan(X4) dan kesesuaian berita (X5). Pengumpulan data diperoleh melalui penyebaran kuesioner secara online (e-kuesioner) pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Bisnis Politeknik Piksi Ganesha yang pernah menggunakan aplikasi Shopee. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 170 orang responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel design (X1),berita terkini (X2), pengalaman saat membaca (X3), waktu penayangan (X4), kesesuaian berita (X5) secara bersama-bersama berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y). Hasil Uji Simultan atau Bersama-sama (Uji F) menunjukkan bahwa berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat yaiitu Struktur Keputusan Pembelian (Y). Hal ini terbukti dari hasil nilai sig. F (0,018) < sig. α (0,05) dan hasil koefisien determinasi (Adjusted R Square) sebesar 0,281 atau setara dengan 28,1 % yang artinya variabel bebas dapat memengaruhi variabel terikat sebesar 28,1 % sedangkan 71,9 % sisanya dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini, sebaiknya Shopee melakukan inovasi konten yang telah dilakukan untuk semakin memperkuat keputusan pembelian produk.
Afrianti Afrianti
Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, Volume 1, pp 388-400; https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i2.277

Abstract:
Berdasarkan data yang disampaikan Biro Pusat Statistik (BPS), tingkat pengangguran terbuka lulusan universitas naik sebesar 1,13 persen dibandingkan Februari 2017. Dari 5,18 persen menjadi 6,31 persen (Tirto.id. (2019). Kondisi saat ini cenderung semakin memburuk dalam situasi persaingan global, karena lulusan perguruan tinggi di Indonesia harus bersaing dengan lulusan dari universitas lain dari seluruh dunia. Thurik dan Wennekers (2004) menyimpulkan bahwa kewirausahaan adalah instrumen yang efektif untuk mengurangi masalah social (Thurik, R. and Wennekers, S., 2004). Nawaser et al. (2011) menyatakan bahwa ada hubungan positif antara kewirausahaan dan pengurangan kemiskinan. Tujuan penelitian : Menjelaskan pengaruh pendidikan ekonomi keluarga terhadap literasi ekonomi mahasiswa universitas jambi.. Menjelaskan pengaruh teman pergaulan terhadap literasi ekonomi mahasiswa universitas jambi. Menjelaskan pengaruh Pendidikan ekonomi kelauarga, teman pergaulan terhadap Literasi ekonomi mahasiswa universitas jambi. Berdasarkan tujuan penelitian, penelitian ini adalah penelitian penjelasan (eksplanatory research) yaitu untuk menjelaskan keadaan masing-masing variabel. Penelitian ini juga termasuk kedalam golongan asosiatif kausalitas. Digolongkan asosiatif karena penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya hubungan atau pengaruh antar variabel yang diteliti, Dalam penelitian ini menggunakan model analisis jalur (Path Analysis) karena diantara variabel independent dengan variabel dependent terdapat mediasi yang mempengaruhi.Berdasarkan pengujian hipotesis yang dilakukan, pendidikan ekonomi keluarga berpengaruh positif terhadap literasi. Hasil ini diperoleh nilai t hitung sebesar 7.422 > 1.983 maka secara parsial pendidikan ekonomi keluarga memiliki pengaruh terhadap literasi , Berdasarkan pengujian hipotesis yang dilakukan, teman pergaulan berpengaruh positif terhadap literasi. Hasil ini diperoleh nilai t hitung sebesar 7.327 > 1.983 maka secara parsial teman pergaulan memiliki pengaruh terhadap literasi, Berdasarkan hasil olah data penelitian, telah ditemukan bahwa terdapat pengaruuh yang positif dan signifikan antaran pendidikan ekonomi keluarga, Teman Pergaulan terhadap Literasi mahasiswa Universitas Jambi
Trysna Indah Utama, Syaiful Syaiful
Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, Volume 1, pp 422-436; https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i2.280

Abstract:
Salah satu lembaga pendidikan yang mengajarkan kewirausahaan adalah Sekolah Menengah Kejuruan. Sejalan dengan hal tersebut tujuan pembelajaran kewirausahaan sebenarnya untuk menjadi seorang wirausaha yang berdasarkan dengan adanya jiwa wirausaha. Dengan adanya semangat dan jiwa kewirausahaan dapat mendorong kesuksesan seseorang. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh langsung intensitas pergaulan teman sebaya terhadap efikasi diri, Mengetahui pengaruh langsung sikap terhadap terhadap efikasi diri, Mengetahui pengaruh langsung intensitas pergaulan teman sebaya terhadap jiwa kewirausahaan, Mengetahui pengaruh langung sikap terhadap jiwa kewirausahaan, Mengetahui pengaruh langsung efikasi diri terhadap jiwa kewirausahaan, Mengetahui pengaruh tidak langsung intensitas pergaulan teman sebaya terhadap jiwa kewirausahaan melalui efikasi diri. Mengetahui pengaruh tidak langsung sikap terhadap jiwa kewirausahaan melalui efikasi diri. Penelitian ini termasuk dalam golongan asosiatif kausalitas. Teknis analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (path analisys) yang bantu menggunakan alat SPSS 21.0. for windows yang digunakan dalam pengembangan model dan pengujian hipotesis. Hasil analisis yang dilakukan, terdapat pengaruh langsung intensitas pergaulan teman sebaya terhadap efikasi diri sebesar 5,728, terdapat pengaruh langsung sikap terhadap efikasi diri sebesar 6,654, terdapat pengaruh langsung intensitas pergaulan teman sebaya terhadap jiwa kewirausahaan sebesar 3,184, terdapat pengaruh langsung sikap terhadap jiwa kewirausahaan sebesar 4,118, terdapat pengaruh langsung efikasi diri terhadap jiwa kewirausahaan sebesar 6,437, terdapat pengaruh tidak langsung intensitas pergaulan teman sebaya terhadap jiwa kewirausahaan melalui efikasi diri sebesar 3,182, terdapat pengaruh tidak langsung sikap terhadap jiwa kewirausahaan melalui efikasi diri sebesar 4,542
Titin Herawati, Muazza Muazza
Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, Volume 1, pp 437-450; https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i2.281

Abstract:
Tujuan penelitian untuk menganalisis: 1) pengaruh langsung dan tidak langsung kompetensi professional guru terhadap motivasi belajar; 2) pengaruh langsung dan tidak langsung pemanfaatan sumber belajar terhadap motivasi belajar; 3) pengaruh kompetensi professional guru dan sumber belajar secara bersama-sama terhadap motivasi belajar; 4) pengaruh langsung dan tidak langsung kompetensi professional guru terhadap hasil belajar; 5) pengaruh langsung dan tidak langsung pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar; 6) pengaruh langsung dan tidak langsung motivasi belajar terhadap hasil belajar; dan 7) pengaruh kompetensi professional guru dan sumber belajar secara bersama-sama melalui motivasi belajar terhadap hasil belajar. Teknis analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (path analisys) yang bantu menggunakan alat SPSS 21.0. Hasil penelitian ini menyimpulkan: 1) Kompetensi professional guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa; 2) Pemanfaatan sumber belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa; 3) Kompetensi professional guru dan pemanfaatan sumber belajar secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa; 4) Kompetensi professional guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa; 5) Pemanfaatan sumber belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa; 6) Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa; 7) Kompetensi profesional guru, pemanfaatan sumber belajar dan motivasi belajar secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa; dan 8) Kompetensi professional guru dan pemanfaatan sumber belajar secara bersama-sama melalui motivasi belajar dapat berpengaruh langsung dan tidak langsung terhadap terhadap hasil belajar siswa pada SMA Negeri 1 Bayung Lencir.
Endang Pamuji
Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, Volume 1, pp 494-505; https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i2.288

Abstract:
Suatu perusahaan yang memilliki peranan dalam bidang farmasi yang tentunya berpartisipasi di dunia kesehatan dan berhubungan dengan konsumen langsung maupun konsumen tidak langsung, mitra bisnis, distributor, dan sebagainya. Etika bisnis tentunya sangat diperlukan dan harus dijadikan sebagai landasan dalam berjalannya bisnis pada perusahaan PT. SI. Memiliki tujuan usaha yang bukan hanya sekedar mencari keuntungan tetapi juga harus memiliki tanggungjawab sosial dan kemanusiaan di dalam lingkungan internal maupun eksternal.
Back to Top Top