ILTEK : Jurnal Teknologi

Journal Information
ISSN / EISSN : 1907-0772 / 2721-3447
Total articles ≅ 155
Filter:

Latest articles in this journal

Suradi Suradi, Nursuci Putri Husain, Siti Eti Tridamayanti, Mutmainnah Mutmainnah
ILTEK : Jurnal Teknologi, Volume 17, pp 37-46; https://doi.org/10.47398/iltek.v17i1.680

Abstract:
Sistem pengambilan keputusan promosi jabatan sebagai salah satu daya pendorong agar pegawai dapat meningkatkan semangat kerjanya. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sistem pengambilan keputusan promosi jabatan pada kantor camat masalle kab. Enrekang. Metode pada penelitian ini adalah Simple Additive Weighting (S.A.W) dengan pengembangan sistem yang digunakan yaitu SDLC Waterfall. Metode System Development Life Cycle (SDLC) yaitu prototiping terdiri dari beberapa tahapan yaitu login, menginputkan data pegawai, output berupa informasi ranking. Waterfall digunakan dalam pengembangan software dimana pengerjaannya harus dilakukan secara berurutan yang dimulai dari tahap perencanaan konsep, pemodelan (design), implementasi, pengujian dan pemeliharaan. Hasil penelitian ini menampilkan beberapa menu yaitu halaman login, halaman user, halaman kriteria, halaman data pegawai dan halaman ranking serta hasil perancangan di impelementasikan dan diterapkan pada kantor Camat masalle Kab. Enrekang. Kesimpulan dari aplikasi menggunakan metode Simple Additive Weighting (S.A.W) telah berhasil dirancang dan dapat digunakan dengan baik untuk mendukung pengambilan keputusan promosi jabatan pada kantor Camat Masalle Kab. Enrekang.
Andi Haslindah, Andrie Andrie, Irwan Agustiadi
ILTEK : Jurnal Teknologi, Volume 17, pp 1-5; https://doi.org/10.47398/iltek.v17i1.656

Abstract:
Sumber daya manusia (SDM) adalah elemen inti dari sebuah organisasi. Oleh karena itu, pengelolaan dan pengembangan sumber daya manusia sangat penting bagi organisasi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh stress kerja, lingkungan kerja dan pelatihan terhadap kinerja karyawan. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menyebarkan kuesioner lalu menganilisis data SMART PLS software versi 3.0. Hasil analisis data menunjukkan bahwa lingkungan kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan dengan nilai p values menunjukkan angka 0,000 dengan nilai signifikansi < 0,05. Sementara nilai t-statistik sebesar 16.199 > 1,96. Kemudian pelatihan juga berpengaruh terhadap kinerja karyawan dengan nilai p values menunjukkan angka 0,035 dengan nilai signifikansi < 0,05. Sementara nilai t-statistik sebesar 2,120 > 1,96. Sedangkan stress kerja tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan dengan nilai p values menunjukkan sebesar 0,232 dengan nilai signifikansi 0,05. Sementara nilai t-statistik sebesar 1.196 > 1,96. Adapun yang paling berpengaruh terhadap kinerja karyawan adalah lingkungan kerja dengan nilai 1,068. Sehingga dapat di simpulkan bahwa jika karyawan mengalami stress kerja atau tidak maka tidak akan mpengaruhi kinerja mereka, untuk memperoleh hasil kinerja baik maka dibutuhkan lingkungan kerja yang nyaman, aman, harmonis dan juga untuk meningkatkan kinerja dibutuhkan pelatihan untuk karyawan.
Saripuddin M, Andi Haslinah, Syamsul Ma'Ruf, Hendri Gunawan
ILTEK : Jurnal Teknologi, Volume 17, pp 32-36; https://doi.org/10.47398/iltek.v17i1.706

Abstract:
Penanganan sampah kota adalah biaya operasional yang tinggi dan sulitnya ruang pembuangan sampah. Tujuan dari penelitian ini, merancang bangun prototype alat pengangkut sampah otomatis berbasis Arduino Uno dan melakukan pengujiaan perancangan prototype alat pengangkut sampah otomatis dengan mengukur respon sensor dan waktu tempuh sampah. Metode yang digunakan meliputi pengumpulan data melalui studi laboratorium, analisa data mengenai daya yang diperlukan untuk menggerakkan konveyor, menghitung gaya beban dari sampah, menguji waktu tempuh sampah dan respon sensor ultrasonic terhadap jarak sampah. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berupa alat pengangkut sampah otomatis dengan menggunakan arduino uno dan sensor ultrasonic sebagai media pendeteksi sampah pada proses pengangkutan. Pengujian diperoleh pada jenis sampah styrofoam membutuhkan waktu selama 9 second, sampah kayu selama 10 detik, Botol air minum plastic dan kaleng almunium selama 8 detik. Kesimpulan dari penelitian alat pengangkut sampah yang dihasilkan yaitu sistem otomatis yang berbasis arduino dalam proses kerja yang mengefesienkan tenaga manusia dan daya motor. Dengan torsi 5,55 Nm, gaya dari sampah sebesar 0,37 Newton.
Saripuddin M, Kamal K, Lary Septisari Malajong, Hasrah Mahmud
ILTEK : Jurnal Teknologi, Volume 17, pp 25-31; https://doi.org/10.47398/iltek.v17i1.705

Abstract:
Pertumbuhan teknologi terkhusus pada bidang telekomunikasi memotivasi berkembangnya berbagai jenis perangkat lunak yang berguna untuk kehidupan manusia, salah satunya pada sistem absensi di era saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk membangun serta menerapkan Aplikasi Absensi Siswa menggunakan QR-Code dalam membantu proses absensi belajar mengajar pada Sekolah Menengah Kejuruan YAPMI Makassar. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode R&D (Research and Development) atau penelitian serta pengembangan. Sumber data penelitian berupa data siswa, data guru, data kelas serta data mata pelajaran. Data yang diperoleh kemudian dianalisa. Berdasarkan hasil pengujian Black Box yang dilakukan adalah absensi menggunakan QR-Code, Setiap guru membuat QR-Code sesuai mata pelajaran yang diajarkan serta siswa login menggunakan NISN, kemudian masuk di menu scanner yang akan mendeteksi QR-Code. Siswa yang telah melakukan scanQR-Code akan secara otomatis hadir dalam mata pelajaran tersebut. Kesimpulan adalah aplikasi ini dapat membantu guru serta operator sekolah dalam melakukan rekap absen serta dapat digunakan sebagai arsip, namun belum efisien dalam segi waktu karena siswa harus menghadap satu per satu pada guru yang mengajar untuk proses scanning.
Andi Haslindah, Rizal Syarifuddin, Syamsul Darmawan, Muh Aedil Khaerul
ILTEK : Jurnal Teknologi, Volume 17, pp 20-24; https://doi.org/10.47398/iltek.v17i1.704

Abstract:
Supply Chain Management merupakan suatu pendekatan yang digunakan secara efektif untuk mengintegrasikan pemasok, pabrik, gudang, serta tokoh-tokoh sehingga produk yang dibuat dapat di distribusikan dalam jumlah, posisi, serta waktu yang pas. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu ntuk mengetahui pengadaaan bahan baku pada proses produksi PT. PP. London Sumatra indoneisa tbk dan untuk mengetahui dampak penerapan metode AHP pada supply chain management PT. PP. London Sumatra indoneisa tbk. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara kepada staff perusahaan, dan studi pustaka. Pengolahan data yang digunakan yaitu editing, pemberian kode (coding), dan tabulasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian ini peneliti menemukan bahwa bahan baku diperoleh dari dua lahan sendiri yang dikelola oleh perusahaan tersebut dengan total karet berkisar 200,000 – 400,000 ton/bulan. Karet tersebut diproduksi di pabrik dengan kapasitas pabrik 5 ton setiap sekali produksi dalam 2 kali shift per hari. Adapun kesimpulan dari penelitian ini yaitu dapat meningkatkan keuntungan serta memaksimalkan nilai keseluruhan yang dihasilkan untuk memenuhi kebutuahan dan permintaan costumer serta meminimumkan biaya secara keseluruhan seperti biaya pemesanan, penyimpanan, dan transportasi.
Saripuddin M, Jamaluddin J, Darmadi Azis, Andi Haslinah
ILTEK : Jurnal Teknologi, Volume 17, pp 15-19; https://doi.org/10.47398/iltek.v17i1.703

Abstract:
Sabut kelapa merupakan bahan penguat alami dalam pengembangan komposit berpenguat serat alam. Dalam penelitian mengenai sabut kelapa sebagai penguat divariasikan dengan berbagai ukuran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh variasi fraksi volume komposit serat sabut kelapa bermatrik resin polyester terhadap kekuatan lentur dan untuk mengetahui kekuatan maksimal komposit serat sabut kelapa bermatrik polyester. Metode yang dingunakan adalah metode esperimen untuk membuat komposit serat sabut kelapa. Komposit serat sabut kelapa yang digunakan yaitu dengan variasi fraksi volume 25%, 30% dan 40%. Dibuat variasi ukuran penguat dari serat dan kemudian dibuat komposit dengan melakukan perendaman sabut kelapa menggunakan larutan alkali NaOH 5% selama 2 jam. Selanjutnya dilakukan uji spesimen. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa komposit dengan fraksi volume 40% memiliki kekuatan bending maksimal sebesar 61,967 (Mpa) dan yang paling rendah adalah komposit dengan fraksi volume 25% memiliki kekuatan bending sebesar 36,575 (Mpa). Sehingga disimpulkan bahwa semakin kecil fraksi volume pada komposit maka akan semakin kecil kekuatan bending yang dihasilkan, kemudian semakin besar fraksi volume komposit maka semakin besar kekuatan bending yang dihasilkan.
Saripuddin M, Haris Tehuayo, Muchtar Hasriadi, Nurul Fadhilah
ILTEK : Jurnal Teknologi, Volume 17, pp 11-14; https://doi.org/10.47398/iltek.v17i1.663

Abstract:
Cooling tower merupakan mesin pendingin air yang banyak digunakan pada industri, pada cooling tower salah satu instrumen yang cukup penting adalah alat pengukur suhu air pada jalur output cooling tower, yang mana pada umumnya masih menggunakan sika thermocouple yang pembacaan suhunya yang masih manual sehingga membatasi ruang lingkup pemantauan suhu air cooling tower. Tujuan penelitian adalah merancang dan menguji alat pengukur suhu air berbasis IoT dengan menggunakan thingspeak channel sebagai salah satu penyedia layanan IoT dan menampilkan pembacan suhu air ke applikasi virtuino. Metodologi yang digunakan adalah Research and Development dan metode blackbox dimana metode ini menggunakan beberapa cara dengan mencoba program yang telah dibuat sehingga menghasilkan tingkat keefektifan yang mampu mempermudah proses pemantauan suhu air pada mesin cooling tower melalui smartphone operator. Berdasarkan hasil pengujian terhadap alat pengukur suhu air cooling tower menghasilkan proses perancangan prototype cooling tower, melakukan perancangan alat, membuat rancangan project pada applikasi virtuino, dan melakukan pengujian sistem. Hasil penelitian berupa alat pengukur suhu air menggunakan sensor thermocouple yang dikombinasikan dengan nodemcu untuk mengirimkan hasil pengukuran suhu air ke thingspeak channel, dan memonitoring suhu air cooling tower melalui applikasi virtuino. Kesimpulan bahwa dengan adanya alat pengukur air, sistem monitoring mesin cooling tower dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun.
Andi Haslindah, Basri Modding, Roslina Alam, Junaidin Zakaria
ILTEK : Jurnal Teknologi, Volume 17, pp 59-67; https://doi.org/10.47398/iltek.v17i1.708

Abstract:
Pekerja atau buruh merupakan bagian dari tenaga kerja yaitu tenaga kerja yang bekerja di dalam hubungan kerja, dibawah perintah pemberi kerja. Tujuan Penelitian ini menguji dan menganalisis secara empiris Pengaruh Kompetensi, Motivasi, Lingkungan Kerja terhadap Kepuasan Kerja, Pengaruh Kompetensi, Motivasi Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pekerja melalui kepuasan kerja. Desain penelitian ini Pendekatan penelitian yang dilakukan yaitu pendekatan kualitatif deskriptif dan kuantitatif. Jumlah Sampel 300 Pekerja. Metode analisis data yang digunakan dalam pengujian hipotesis adalah Structural Equation Modeling (SEM) AMOS. Hasil Penelitian bahwa kompetensi tidak berpengaruh terhadap kinerja melalui kepuasan pekerja proses panen padi pada kelompok tani di Kabupaten Pinrang tidak dapat memberikan hasil yang optimal kepada kelompok tani yang disebabkan kurang efesien, kualitas hasil kerja masih rendah, ketarampilan, penempatan posisi kerja. Hal ini terjadi karena kepuasan pekerja tidak adanya perbedaan upah yang diterima antara kompetensi yang dimiliki oleh pekerja, Motivasi pekerja memberikan pengaruh terhadap kinerja melalui kepuasan pekerja dimana dihargainya kinerja bila mencapai target baik jumlah maupun kualitas kerja yang telah ditetapkan oleh kelompok tani, hal ini menunjukkan kepuasan pekerja merasa puas dengan penghargaan yang diberikan atas hasil kerja, dan Lingkungan kerja berpengaruh terhadap kinerja melalui kepuasan pekerja dapat dijadikan parameter kepuasan pekerja. Lingkungan kerja berpengaruh terhadap kinerja pekerja dimana hasil yang diperoleh pekerja sangat optimal tidak terpengaruh oleh kondisi alam sedangakan pengaruh lingkungan kerja non fisik dapat meningkatkan kinerja atau hasil dengan kerjasama dan komunikasi yang baik.
Andi Haslindah, Musrawati Musrawati, Usi Rosida, Muhammad Nur Sasly Taslim
ILTEK : Jurnal Teknologi, Volume 17, pp 47-51; https://doi.org/10.47398/iltek.v17i1.679

Abstract:
Tingkat kekeruhan air merupakan salah satu parameter yang dijadikan kelayakan air baik untuk dikonsumsi maupun keperluan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menguji alat pendeteksi kadar kekeruhan air berbasis arduino yang dapat mendeteksi air yang keruh lalu memfilternya menjadi air bersih. Metode yang digunakan yaitu nephelometri, sensor akan mendeteksi air keruh yang di masukkan pada wadah pertama dan menampilkan hasilnya pada LCD, apabila hasilnya >25 maka pompa akan otomatis menyala ke filtarasi lalu di sensor kembali untuk mengetahui hasil filtarasi. Hasil penelitian menunjukkan pendeteksi kekeruhan air telah berhasil dibuat menggunakan arduino dengan menggunakan sampel yang telah ditentukan dan melakukan pengujian melalui tahap pembacaan sensor lalu hasil dari pembacaan sensor tersebut akan tampil di LCD, apabila nilai kekeruhan yang tampil pada LCD di wadah satu >25 NTU maka arduino akan mengirimkan output/keluaran untuk mengirim perintah ke relay yang nantinya akan menyalakan pompa untuk memindahkan air dan melakukan tahap filterasi ke wadah dua dan akan dilakukan kembali proses pembacaan tingkat kekeruhan air yang akan tampil pada LCD di wadah dua, jika nilai yang ditampilkan <25 NTU maka air sudah dapat dinyatakan bersih kemudian dipindahkan ke wadah ketiga. Kesimpulan adalah perancangan alat sistem kontrol pendeteksi air keruh ini akan mempermudah masyarakat untuk mengetahui tingkat kekeruhan air dan juga menjadi solusi untuk mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari serta meminimalisir berbagai macam penyakit akibat air keruh.
Suradi Suradi, Andi Haslinda, Meylinda Indirwan, Alma Yanti
ILTEK : Jurnal Teknologi, Volume 17, pp 6-10; https://doi.org/10.47398/iltek.v17i1.676

Abstract:
Pemerintah desa tibona saat ini sudah berkembang dengan adanya anggaran dana desa dari pemerintah pusat yang bertujuan untuk memajukan dan mengembangkan desa, pembangunan desa saat ini tidak terlepas dari dukungan teknologi informasi, hampir disetiap desa membutuhkan teknologi informasi guna meningkatkan layanan kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan agar dapat menghasilkan sistem informasi desa tibona kabupaten bulukumba berbasis web dan android, serta mengetahui hasil pengujian dan implementasi sistem informasi desa tibona kabupaten bulukumba berbasis web dan android. Metode penelitian yang digunakan yaitu sistem informasi berbasis web dan android yang mana pembuatannya menggunakan RAD (Rapid Application Development). Hasil dari perancangan sistem informasi yaitu pada halaman user dapat melihat tampilan halam utama, profil desa, sejarah desa, visi misi, struktur desa, hasil bumi, penerima bantuan dan layanan persuratan. Adapun untuk admin dapat mengubah data-data yang ada di halamn utama, profil desa, sejarah desa, visi misi, serta data-data pendukung lainnya. Dengan adanya sistem informasi desa Tibona berbasis web dan android ini dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sehingga informasi dapat di akses dengan mudah dan akurat, sistem ini sudah sesuai dengan konsep sistem informasi dan menu aplikasi berfungsi dengan baik yaitu memberikan informasi.
Back to Top Top