ILTEK : Jurnal Teknologi

Journal Information
ISSN / EISSN : 1907-0772 / 2721-3447
Current Publisher: ILTEK : Jurnal Teknologi (10.47398)
Total articles ≅ 49
Filter:

Latest articles in this journal

Suradi Suradi, Ilham Idrus, M. Abrar, A. Imal Adrinur
Published: 5 September 2020
ILTEK : Jurnal Teknologi, Volume 15, pp 28-31; doi:10.47398/iltek.v15i01.505

Abstract:
Pemanfaatan bahan perekat briket dari alam dipandang perlu dilakukan untuk menjamin ketersediaan bahan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan bahan perekat getah kayu dan kanji terhadap kualitas briket ampas tebu yang dihasilkan. Penelitian ini dilakukan dengan membuat Briket dari ampas tebu yang kemudian diukur kualitasnya dengan berbagai parameter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa briket dari ampas tebu dapat dibuat dengan bahan perekat kanji dan getah kayu dengan kualitas yang berbeda dimana briket dengan perekat getah kayu menunjukkan kualitas yang lebih baik dan dapat dilihat dari ketahanan pembakaran selama 36 menit sementara pada kanji hanya 13 menit, Kekerasan yang tinggi sehingga tidak terbaca oleh alat, sedangkan pada kanji hanya 154,3 N. Juga dapat dilihat pada nilai kerapatan dimana briket dengan perekat getah kayu memiliki nilai 0,8 g/cm3, sedangkan pada briket dengan perekat kanji hanya 0,3. Sedangkan, parameter lain menunjukkan nilai yang tidak berbeda jauh. Secara umum perekat getah kayu memenuhi kriteria untuk dijadikan bahan perekat pada pembuatan briket, sehingga penelitian ini dianggap berhasil untuk mencoba menggunakan bahan yang mudah didapatkan dari alam dengan harga yang terjangkau atau tanpa biaya. Kesimpulan yang bisa ditarik dari penelitian ini adalah bahan perekat kanji dan getah kayu mempengaruhi kualitas briket yang dihasilkan dimana secara general getah kayu menunjukkan kualitas briket yang lebih baik dengan perbandingan ratio penggunaan bahan ampas tebu: air: perekat (50:30:20).
Andi Haslinah
Published: 5 September 2020
ILTEK : Jurnal Teknologi, Volume 15, pp 50-53; doi:10.47398/iltek.v15i01.510

Abstract:
Biji kelor mempunyai banyak manfaat, salah satunya dapat berfungsi sebagai koagulan untuk mengeloh air limbah cair. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh ukuran partikel koagulan, konsentrasi dan lama pengendapan terhadap hasil proses koagulasi dan flokulasi limbah cair industri tahu. Pengukuran COD dilakukan dengan spektrofotometer. Dalam menganalisis data digunakan persentase penurunan COD. Hasil yang diperoleh menunjukkan ukuran partikel koagulan yang efektif untuk memperbaiki kualitas limbah cair industri tahu yaitu 120 mesh. Konsentrasi dan lama pengendapan optimum COD, diperoleh pada konsentrasi 4000 mg/L dengan waktu pengendapan 45 menit. Sedangkan Konsentrasi optimum untuk memperbaiki kualitas limbah cair industri tahu berdasarkan COD adalah konsentrasi 4000 mg/L dengan persentase penurunan berturut-turut sebesar 70,2%, 86,4% dan 61,2%, 78,6%. Kesimpulan dari penelitian bahwa Koagulan serbuk biji kelor (Moringa oleifera) dapat memperbaiki kualitas limbah cair industri tahu, bahan baku yang mudah diperoleh.
Suradi Suradi, Fadhli Rahman, Sitti Selvi, Adji Wahyudi
Published: 5 September 2020
ILTEK : Jurnal Teknologi, Volume 15, pp 17-20; doi:10.47398/iltek.v15i01.502

Abstract:
Sepeda motor membutuhkan perawatan terutama pada mesin, dengan selalu memanaskan sepeda motor sebelum digunakan maupun tidak digunakan. Namun, terkadang seseorang malas untuk memanaskan mesin sepeda motor. Tujuannya yaitu untuk memudahkan pengguna untuk melakukan pemanasan mesin sepeda motor guna menghindari kerusakan pada mesin dan mempermudah pengguna sepeda motor jika starter elektrik pada motor mengalami kerusakan. Metode penelitian menggunakan aplikasi android berbasis arduino uno, yaitu mikrokontroler ATMega328p yang terkoneksi dengan smartphone android melalui bluetooth untuk menstarter sepeda motor secara otomatis. Berdasarkan hasil penelitian, jarak maksimal yang dapat dijangkau bluetooth untuk terkoneksi dengan smartphone adalah 17 meter, dan jarak minimal yang dapat dijangkau adalah 1 meter. Bluetooth dapat terhubung secara horizontal maupun vertical. Kesimpulan penelitian adalah sistem starter sepeda motor dengan sistem kendali smartphone dapat menghindari kerusakan pada mesin sepada motor, dan mempermudah pengguna dalam menyalakan sepeda motor jika starter elektrik mengalami kerusakan.
Saripuddin Muddin, Herlinah Baharuddin, Muhammad Rizal H, Ardillah Ardillah
Published: 5 September 2020
ILTEK : Jurnal Teknologi, Volume 15, pp 21-24; doi:10.47398/iltek.v15i01.503

Abstract:
Adanya kesulitan pergantian air keruh khususnya pada pemelihara ikan dan peningkatan pertumbuhan ikan tidak efisien dikarenakan adanya kesibukan, khususnya jika mereka berpergian jauh. Di antaranya pada penggantian air yang berkala karena semakin lama air dalam akuarium maka kejernihannya semakin berkurang. Tujuan rancang alat untuk menghasilkan suatu alat yang dapat mengatur atau mengontrol pergantian air keruh secara otomatis pada akuarium. Sistem dibuat untuk dapat memajukan fasilitas pemelihara ikan untuk meningkatkan pertumbuhan ikan secara efisien. Metode Sistem Kontrol Pergantian Air Keruh otomatis yang dapat memudahkan pemeliharaan ikan menggunakan Arduino uno sebagai mikrokontroller pengatur komponen yang saling terhubung. Hasil dari penelitian ini adalah terbentuknya Rancang Alat Sistem Kontrol Pergantian Air Keruh dapat melakukan proses pergantian air keruh pada Standar kekeruhan air ditetapkan antara 10-25 NTU sensor turbidity dan pompa SP-1200 sebagai penguras air dengan daya dorong 0.8 meter (max) dengan debit air 700 L/jam (max)=11.66 L/menit. Kesimpulan Penelitian yaitu dapat mengatur atau mengontrol pergantin air keruh secara otomatis agar dapat memudahkan dan meningkatkan pemelihara maupun pertumbuhan ikan secara efisien.
Syarifuddin Baco, Rosmiati Rosmiati, Aswar Lahamid, Jumra Jumra
Published: 5 September 2020
ILTEK : Jurnal Teknologi, Volume 15, pp 32-38; doi:10.47398/iltek.v15i01.506

Abstract:
Evaluasi hasil belajar siswa terkadang belum siap dilaporkan kepada orang tua atau wali siswa dikarenakan tenaga pendidik masih mengggunakan metode manual dalam pengerjaannya. Tujuan penelitian yaitu untuk merancang dan menguji sebuah aplikasi evaluasi hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D), dimana metode ini menggunakan pendekatan penelitian untuk menghasilkan produk baru atau menyempurnakan produk yang sudah ada. Sistem didesain untuk menyampaikan nilai secara lebih cepat. Aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman java dan PHP dengan Database yang menggunakan aplikasi MySQL. Hasil aplikasi ini terdiri dari lima user yang dapat melihat data siswa, di antaranya admin, kepala sekolah, wali kelas dan guru mata pelajaran serta siswa/wali siswa. aplikasi ini juga dapat memberikan laporan khusus kepada kepala sekolah mengenai perkembangan belajar siswa setiap kelas. Dalam aplikasi ini terdapat fitur untuk chatting antara guru wali kelas dan orang tua atau wali siswa. Pada aplikasi ini juga laporan hasil belajar siswa dapat diakses secara langsung oleh kepala sekolah tanpa meminta data kepada guru wali kelas. Aplikasi evaluasi hasil belajar siswa berbasis android dapat memudahkan orang tua siswa dalam memonitoring perkembangan proses belajar siswa tiap semester.
Suradi Suradi, Andrie Andrie, Muh. Rizal Reskiadi, Rafsanjani Rafsanjani
Published: 5 September 2020
ILTEK : Jurnal Teknologi, Volume 15, pp 47-49; doi:10.47398/iltek.v15i01.509

Abstract:
Keselamatan dan kesehatan kerja (K3) karyawan merupakan faktor penentu keberhasilan perusahaan, baik yang bergerak dalam bidang produksi barang maupun jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan keselamatan dan kesehatan kerja terhadap produktivitas kerja karyawan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei. Jumlah sampel sebanyak 88 orang diperoleh dari jumlah populasi sebanyak 110 orang dengan menggunakan rumus slovin, sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan sampel acak sederhana. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel keselamatan kerja (X1) dan kesehatan kerja (X2) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap produktifitas kerja karyawan PT. Pelangi Sukses Indonesia dimana didapatkan nilai produktivitas Y adalah 1,877, untuk nilai koefisien kesehatan kerja (X1) sebesar 0,201 dan keselamatan kerja (X2) sebesar 0,227. Sehingga variabel independen tersebut mempunyai pengaruh positif terhadap produktivitas karyawan di PT. Pelangi Sukses Indonesia Makassar (Y), dimana setiap adanya kenaikan variabel independen, variabel dependen produktivitas karyawan (Y) akan semakin meningkat pula.
Saripuddin Muddin, Andi Haslindah, Rahmayanti Manatha, Sartika Sartika
Published: 5 September 2020
ILTEK : Jurnal Teknologi, Volume 15, pp 13-16; doi:10.47398/iltek.v15i01.501

Abstract:
Perpustakaan pada Universitas Islam Makassar sekarang ini mengolah data anggota, buku, serta peminjaman-pengembalian buku, namun pengolahan datanya termasuk peminjaman dan pengembalian buku masih bersifat manual, sehingga dibutuhkan sistem informasi agar pencarian dan pengolahan data lebih efisien. Penelitian ini bertujuan untuk membantu peningkatkan pelayanan perpustakaan dengan membuat sebuah sistem informasi berupa website yang memudahkan user untuk melihat daftar buku yang terdapat di perpustakaan. Metode penelitian yang digunakan yaitu sistem informasi berbasis web yang mana dalam pembuatannya menggunakan HTML, PHP dan Boostrap sebagai bahasa pemrograman, dengan MySQL sebagai database manajemennnya. Hasil dari perancangan sistem informasi yaitu pada halaman utama user dapat melihat daftar buku-buku serta daftar skripsi yang terdapat di perpustakaan. Adapun untuk admin, dapat mengubah data-data pada perpustakaan seperti data buku, anggota perpustakaan, proses peminjaman dan pengembalian, serta data-data pendukung lainnya. Dengan adanya sistem informasi tersebut maka dapat memudahkan petugas perpustakaan dalam mengelola data perpustakaan serta memudahkan dalam proses pelaporan secara menyeluruh, serta memudahkan pencarian data dengan adanya tombol pencarian yang terdapat pada sistem.
Muh. Syahrir Habiba, Darmulia Darmulia, Muh. Husni Mubarak, Rizal Rizal
Published: 5 September 2020
ILTEK : Jurnal Teknologi, Volume 15, pp 25-27; doi:10.47398/iltek.v15i01.504

Abstract:
Alat penebar benih padi berperan penting bagi para petani dan alat ini sangat berguna untuk meringankan beban para petani dalam bidang pertanian, kegiatan penanaman merupakan salah satu kegiatan yang cukup penting dan juga menentukan hasil pertanian. Tujuan perancangan alat penebar benih padi dengan penggerak motor bensin. Jenis penelitian dengan metode kuantitatif. Dengan menggunakan besi siku 30 mm x 30 mm, dan mesin pembabat rumput. Perhitungan ini menggunakan struktur rangka dengan bantuan aplikasi SAP2000. Hasil penelitian ini diketahui pada pembebanan rangka atas dengan nilai Av = 5,5 kg, Bv = 5,5 kg, dan nilai momen = 412,5 kg. Hasil perhitungan pada rasio gear diperoleh data kecepatan mesin 6500 rpm, diameter gear mesin (d1) sebesar 6,8 cm, diameter gear poros penghubung mesin (d2) sebesar 16,5 cm, diameter gear penghubung poros ke pipa (d3) 6,8 cm, diameter gear pada poros pipa (d4) 17,5 cm. Perancangan alat penebar benih padi mengetahui nilai tekanan pada rangka (Poros penghubung 457,5 kg, tabung benih padi 616 kg, dudukan mesin 412,5kg), rasio perbandingan gear (kecepatan sudut sprocket satu = 6500 rpm, sprocket dua = 2678,78 rpm, sprocket tiga = 6485,29 rpm, sprocket empat = 2514,28 rpm) (kecepatan linear sprocket satu 3,83 m/s, sprocket dua = 3,683 m/s, sprocket tiga = 3,673 m/s, sprocket empat = 3,665 m/s dan tekanan maksimal pada rangka penebar benih padi yang hasil tekanan maka diketahui beban maksimal yang bisa diangkut pada alat ini adalah + 50kg. Sehingga dapat disimpulkan bahwa prototype perancangan alat penebar benih padi dapat mengetahui nilai tekanan pada strtuktur rangka dan rasio perbandingan gear.
Hammada Abbas, Suradi Suradi, Ayyub Maulana, Nurul Uyuni Baharuddin
Published: 5 September 2020
ILTEK : Jurnal Teknologi, Volume 15, pp 9-12; doi:10.47398/iltek.v15i01.500

Abstract:
Ayam petelur merupakan jenis ayam yang rentan dengan risiko stres dan berpengaruh pada penurunan jumlah produksi telur. Oleh karena itu pemberian minum dilakukan secara rutin dan biasa dilakukan secara manual. Tujuan rancang bangun ini yaitu merancang dan menguji pengisian air minum pada kandang ayam ternak secara otomatis yang berbasis Arduino. Metode yang digunakan yaitu berbasis Arduino Uno. Hasil dari penelitian ini yaitu alat bekerja dimulai dari pembacaan jarak antara sensor ultrasonik dengan kapasitas air kurang atau sama dengan 3 cm, maka sensor ultrasonik akan mengirim data ke Arduino, kemudian data diteruskan sebagai perintah ke motor servo untuk berputar 90º berlawanan arah jarum jam sehingga keran air bergerak tertutup dan mengaktifkan LED hijau sebagai lampu indikator. Apabila pembacaan jarak antara sensor ultrasonik dengan kapasitas air lebih dari 3 cm, maka sensor ultrasonik akan mengirim data ke Arduino, kemudian data diteruskan sebagai perintah ke motor servo untuk berputar 90º searah jarum jam sehingga keran air bergerak terbuka dan mengaktifkan LED merah sebagai lampu indikator. Kesimpulan dari hasil perancangan ini yaitu: alat otomatisasi pengisian air minum pada kandang ayam ternak yang berbasis Arduino mengisi air pada tempat air minum ayam apabila jarak antara sensor ultrasonik dengan air / ketinggian air kurang dari 3 cm.
Zulkifli Mangguluang, Jamaluddin Jamaluddin, Edi Purnomo, Hairul Anwar
Published: 5 September 2020
ILTEK : Jurnal Teknologi, Volume 15, pp 39-41; doi:10.47398/iltek.v15i01.507

Abstract:
Perkembangan teknologi otomatisasi pada penghapus papan tulis dapat meningkatkan tingkat kebersihan dan kesehatan, karena dengan sistem otomatisasi kegiatan menghapus papan tulis dapat dijalankan secara otomatis tanpa menghirup tinta spidol dan tidak mengotori tangan. Tujuan rancang bangun penghapus papan tulis otomatis dan mekanisme kerja penghapus papan tulis otomatis dengan menggunakan arduino uno. Metode rancangan penghapus papan tulis otomatis dibuat dengan menggunakan arduino uno sebagai mikrokontroler yang mengendalikan motor DC untuk menggerakkan penghapus. Perakitan mekanisme alat penghapus papan tulis dilakukan dengan menyiapkan prototype papan tulis yang telah dipasang pada rangka besi. Kemudian, memasang rel atas dan rel bawah. Dilanjutkan dengan memasang roda atas dan bawah pada rel atas dan rel bawah yang telah di rekatkan pada penjepit penghapus. Hasil rancangan sebuah alat penghapus papan tulis otomatis berbasis arduino uno, mampu memudahkan pengajar maupun pelajar dalam proses pembelajaran berlangsung dimana dalam waktu 1,71 detik dengan jarak 0,5 m dengan kecepatan 0,29 m/s dapat menghapus tinta spidol pada papan tulis. Kesimpulan perancangan ini yaitu alat penghapus papan tulis otomatis dapat bekerja sesuai dengan program yang dimasukkan dalam arduino uno dan mekanisme kerja penghapus papan tulis berfungsi dengan baik untuk menghapus tinta spidol yang ada pada papan tulis dengan daya sebesar 26,67 watt.
Back to Top Top