EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Journal Information
ISSN / EISSN : 2622-2329 / 2622-2442
Published by: Universitas Muslim Maros (10.46918)
Total articles ≅ 30
Filter:

Latest articles in this journal

Ernawati Ernawati, Dedy Setyawan, Kasmiati Kasmiati
EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Volume 5, pp 55-63; https://doi.org/10.46918/equals.v5i1.1305

Abstract:
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen untuk melihat apakah ada perbedaan hasil belajar peserta didik kelas X SMAN 4 Maros pada materi persamaan linier dan pertidaksamaan satu variabel. Sampel dalam penelitian ini adalah sejumlah peserta didik dari dua kelas di SMAN 4 Maros yaitu kelas X MIPA 1 dan MIPA 2. Implementasi model pembelajaran kooperatif Index Card Math diterapkan pada kelas X MIPA 1 dan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray (TS-TS) pada kelas X MIPA 2. Instrumen penelitian yang digunakan merupakan tes uraian yang sudah valid oleh tim validator. Peserta didik kelas Eksperimen I diajar menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Model Index Card Math memiliki nilai rata-rata 86,94 dan simpangan baku 7,954, sedangkan peserta didik kelas Eksperimen II diajar dengan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray (TS-TS) memiliki nilai rata-rata 90,83 dan standar deviasi 8,484. Dari hasil analisis hipotesis diperoleh bahwa Ho diterima dan H1 ditolak dengan nilai sig sebesar 0,265 > 0,05 sehingga tidak ada perbedaan rata-rata hasil belajar matematika peserta didik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif Index Card Math dan Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik.
Khadijah Khadijah, Iwan Setiawan Hr, Sutamrin Sutamrin
EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Volume 5, pp 34-45; https://doi.org/10.46918/equals.v5i1.1237

Abstract:
Masa pandemi Covid-19 memaksa pengajar dan pembelajar untuk mampu menggunakan sistem online dalam pembelajaran. Learning Management System (LMS) merupakan salah satu fasilitas pembelajaran online. Agar penilaian proses dalam pembelajaran dapat dilakukan, maka perlu memperhatikan partisipasi online setiap mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk, kualitas dan jumlah partisipasi online dalam Pembelajaran Berbasis Learning Management System (LMS) Pada mata kuliah Pengantar Teori Fuzzi. Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen, dengan perlakuan berupa pembelajaran berbasis Learning Management System (LMS). Teknik pengumpulan data dengan partisipasi online mahasiswa diukur setelah 12 pertemuan dalam LMS dan disusun dalam lima kategori untuk mengukur tingkat partisipasi peserta didik secara objektif dan konsisten ke dalam rubrik khusus. Teknik analisis data partisipasi online mahasiswa dalam LMS dianalisis secara kualitatif dengan melihat bentuk partisipasi mahasiswa dan ketepatan waktu pengerjaan tugas. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa bentuk partisipasi online dalam Pembelajaran Berbasis Learning Management System (LMS) Pada mata kuliah Pengantar Teori Fuzzi yaitu motivasi diri peserta didik ditunjukkan dengan ketepatan dan inisiatif dalam partisipasi belajar dengan tingkat partisipasi rendah yaitu 2,3. Kedua, postingan komentar dengan tata Bahasa yang benar dengan tingkat partisipasi online sebesar 3 dan masuk dalam kategori partisipasi tinggi. Ketiga, kemampuan literasi pembelajar terlihat dari relevansi komentar dengan pembahasan sebelumnya disertai referensi dengan tingkat partisipasi online sebesar 2,75 yaitu tingkat partisipasi tinggi. Keempat, penyajian komentar yang menunjukkan gambaran ide dalam benak peserta didik dan cara penyampaian pendapatnya dengan tingkat partisipasi tinggi yaitu 3. Kelima, kolaborasi peserta didik yang ditunjukkan dengan kontribusinya ke komunitas belajar dengan tingkat partisipasi online sebesar 2,27 dan masuk dalam kategori partisipasi rendah.
Abdul Hadi, Rizky Ramadhana
EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Volume 5, pp 46-54; https://doi.org/10.46918/equals.v5i1.1228

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi kelas VIIIA MTs Negeri 2 Makassar. Kemampuan berpikir tingkat tinggi dapat membantu dengan pola berpikir melalui tahapan-tahapan yang dapat membantu menemukan solusi dalam menyelesaikan hal-hal yang berhubungan dengan soal matematika dan permasalahan yang ada. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, desain penelitian Pre Experimental (One-Group Pretest-Posstest Design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 5 kelas yang homogen dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA MTs Negeri 2 Makassar yang dipilih secara random. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui pemberian tes hasil belajar yang terdiri dari 5 soal essay untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif yang diperoleh: 1) Rata-rata pretest sebesar 62,50 berkategori rendah dengan standar deviasi 27,50. 2) Rata-rata postest sebesar 90,83 berkategori tinggi dengan standar deviasi 3,764. 3) Aktivitas siswa selama proses belajar berlangsung sebesar 83,33% berada pada kategori baik; 4) Aktivitas guru selama mengajar sebesar 88,46 berada pada kategori sangat baik; 5) Respons siswa selama proses belajar sebesar 85% berada pada kategori sangat positif; 6) Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari pretest ke posttest dengan nilai gain sebesar 0,70 berada pada kategori tinggi. Dengan menggunakan uji-t dan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung 13,53 dan ttabel 2,01505; thitung > ttabel. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek efektif terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi.
Hajerina Hajerina, Indah Suciati, Wahyuni H. Mailili
EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Volume 5, pp 24-33; https://doi.org/10.46918/equals.v5i1.1238

Abstract:
Penelitian deskriptif eksploratif dengan metode campuran digunakan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kesalahan mahasiswa pada mata kuliah Kalkulus Diferensial dalam menyelesaikan soal turunan. Populasi penelitian ialah mahasiswa pendidikan matematika Universitas Alkhairaat semester I Tahun Akademik 2021/2022 sebanyak 25 orang, sehingga penelitian merupakan penelitian populasi. Subjek penelitian sebanyak 8 mahasiswa dipilih berdasarkan hasil tes diagnostik untuk diwawancarai terkait kesalahan pada soal turunan. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes diagnostik, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan dua cara, yaitu analisis kualitatif dengan menggunakan model interaktif Miles & Huberman dan analisis kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil temuan memperlihatkan bahwa kesalahan konsep dilakukan sebesar 47 %, kesalahan prinsip 32%, dan kesalahan prosedur 21%.
Dyahsih Alin Sholihah
EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Volume 5, pp 13-23; https://doi.org/10.46918/equals.v5i1.1197

Abstract:
Meminimalkan cognitive load siswa khususnya extraneous cognitive load sangat diperlukan agar materi yang diberikan oleh guru dapat dikonstruksi dan diproses oleh siswa menjadi pengetahuan baru yang bermakna. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi mengenai cara dalam mengembangkan dan mendesain strategi pembelajaran yang mampu meminimalkan cognitive load siswa. Penelitian dilakukan dengan menggunakan studi kepustakaan. Teknik penelusuran data secara online digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini. Peneliti memanfaatkan sumber data antara lain Google Cendekia, ScienceDirect, dan Education Resources Information Center (ERIC). Selanjutnya artikel hasil penelusuran dianalisis dengan menggunakan metode analisis isi. Hasil kajian menunjukkan bahwa strategi yang dapat digunakan untuk mendesain pembelajaran matematika berdasarkan prinsip cognitive load theory adalah goal-free effect, worked example effect, split-attention effect, redundancy effect, modality effect, element interactivity effect, imagination effect, dan guidance fading effect.
Sabarno Sabarno, Halini Halini, Rustam Rustam, Dona Fitriawan
EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Volume 5, pp 1-12; https://doi.org/10.46918/equals.v5i1.1196

Abstract:
Penelitian ini mendeskripsikan konsep etnomatematika yang terdapat di Alwatzikhoebillah keraton Sambas untuk dijadikan sebagai sumber pembelajaran matematika dalam bentuk Lembar Kerja Siswa (LKPD). Penelitian ini berawal dari kurangnya kesadaran generasi penerus untuk menjaga bangunan cagar budaya. Tidak hanya itu, pembelajaran matematika di sekolah juga kurang mendukung dalam mengintegrasikan pembelajaran matematika berbasis budaya lokal. Fenomena yang terjadi selama ini, siswa cenderung kurang memahami pembelajaran matematika karena tidak adanya hubungan antara matematika dengan budaya dimana mereka tinggal, padahal matematika dan budaya merupakan dua unsur yang tidak dapat dipisahkan. Etnomatematika merupakan ilmu yang memadukan konsep dalam matematika dengan budaya yang ada di masyarakat, salah satu budaya yang dapat dipelajari adalah kraton Alwatzikhoebillah. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, jenis penelitian kualitatif, dan menggunakan pendekatan etnografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di keraton Alwatzikhoebillah terdapat konsep etnomatematika yaitu menghitung, mengukur, menentukan lokasi, merancang, dan menjelaskan. Konsep etnomatematika ini diintegrasikan ke dalam sumber belajar berupa pembuatan LKS berbasis budaya dengan menggunakan konsep matematika segitiga dan segiempat di kelas VII.
Jumarniati Jumarniati, Muhammad Rusli Baharuddin, Sulfiana Firman
EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Volume 4, pp 123-132; https://doi.org/10.46918/equals.v4i2.1094

Abstract:
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal aritmetika sosial berdasarkan gender. Subjek penelitian dipilih berdasarkan gender yaitu terdiri dari 2 subjek dengan rincian 1 perempuan dan 1 laki-laki siswa sekolah dasar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes Kemampuan literasi matematis dan pedoman wawancara. Tes Kemampuan numerasi disajikan dalam bentuk soal cerita sebanyak 2 nomor dan setiap nomornya akan mengungkap 4 indikator yaitu (1) Mampu mengidentifikasi masalah, (2) Membuat rencana penyelesaian, (3) Menyelesaikan permasalahan dan (4) Menyimpulkan. Hasil Penelitian menunjukkan Kemampuan literasi Matematis siswa subjek gender perempuan dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial menunjukkan bahwa subjek mampu mengerjakan dan menyelesaikan soal sesuai prosedur pengerjaan soal sampai selesai dan mengungkap 4 indikator yaitu mengidentifikasi masalah, merencanakan penyelesaian, menyelesaikan masalah, dan menarik kesimpulan. sedangkan pada subjek laki-laki mengungkap 3 indikator yaitu mengidentifikasi masalah, merencanakan penyelesaian dan menyelesaikan masalah.
Muhammad Rusli Baharuddin, Fitriani A., Febriana Nasir
EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Volume 4, pp 105-111; https://doi.org/10.46918/equals.v4i2.1093

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi minimum siswa melalui penerapan pembelajaran berbasis proyek bagi kelas VA SDN 29 Songka. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Jumlah subjek dalam penelitian ini 21 siswa dari kelas VA yang terdiri dari 10 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan lembar observasi keterlaksanaan dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian yang dilakukan pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata tes numerasi siklus I ialah 59,04 dengan kriteria rendah dan nilai tertinggi 80 dan terendah 30, sedangkan nilai rata-rata literasi siklus I ialah 61,42 dengan kriteria rendah dan nilai tertinggi 80 dan terendah 30. Nilai rata-rata numerasi pada tes siklus II ialah 82,85 dengan kriteria sedang dan nilai tertinggi 90 dan terendah 70, sedangkan nilai rata-rata literasi siklus II ialah 85,23 dengan kriteria tinggi dan nilai tertinggi 90 dan terendah 80. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek efektif diterapkan pada pembelajaran siswa baik dilakukan secara daring maupun luring kepada siswa kelas VA SDN 29 Songka.
Muthmainnah Asmal, Akbar Taufik
EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Volume 4, pp 112-122; https://doi.org/10.46918/equals.v4i2.1128

Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah Menghasilkan pengembangan bahan ajar multimedia interaktif berbasis aplikasi Powtoon terintegrasi dengan Microsoft Office Powerpoint pada materi koordinat kartesius yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dan prosedur pengembangan 4-D (Four D-Models) dari Thiagarajan yang memiliki 4 tahapan. Tahapan tersebut terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Karossa Kabupaten Mamuju Tengah tahun pelajaran 2020/2021 pada siswa kelas VIII. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif yaitu dengan mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan bahan ajar multimedia interaktif berbasis aplikasi Powtoon terintegrasi dengan Microsoft Office Powerpoint pada materi koordinat kartesius. Hasil dari penelitian ini berdasarkan kajian teori serta didukung oleh hasil penelitian serta tujuan penelitian adalah media pembelajaran aplikasi powtoon terintegrasi dengan microsoft office powerpoint yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran, dengan rincian 1) media pembelajaran aplikasi powtoon terintegrasi dengan microsoft office powerpoint valid ditinjau dari hasil penilaian ahli, 2) media pembelajaran aplikasi powtoon terintegrasi dengan microsoft office powerpoint sangat praktis ditinjau dari hasil penilaian siswa, 3) media pembelajaran aplikasi powtoon terintegrasi dengan microsoft office powerpoint efektif ditinjau dari hasil pekerjaan siswa.
Shelly Agustiani, Nur Agustiani, Novi Andri Nurcahyono
EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Volume 4, pp 67-78; https://doi.org/10.46918/equals.v4i2.966

Abstract:
Kemampuan berpikir literasi matematika merupakan salah satu keterampilan abad 21 yang penting untuk dimiliki oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir literasi matematika siswa SMP berdasarkan kemandirian belajar. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 3 orang siswa kelas VIII pada salah satu MTs. di Kota Sukabumi di mana setiap siswa mewakili masing-masing kategori kemandirian belajar, yaitu: rendah, sedang dan tinggi. Pengumpulan data menggunakan metode angket, tes serta wawancara. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Siswa dengan kemandirian belajar rendah memenuhi dua indikator dari menafsirkan, menerapkan dan mengevaluasi hasil matematika, 2) Siswa dengan kemandirian belajar sedang memenuhi semua indikator dari merumuskan situasi secara matematis dan menerapkan konsep matematika, fakta, prosedur dan penalaran matematika 3) Siswa dengan kemandirian belajar tinggi memenuhi semua indikator proses berpikir literasi matematika.
Back to Top Top