Journal Information
ISSN / EISSN : 2502-7638 / 2502-8391
Published by: Universitas PGRI Semarang (10.26877)
Total articles ≅ 143
Filter:

Latest articles in this journal

Nur Fauziyah, Eleonora Dwi Wahyuningsih, Ibnu Sina
Published: 30 October 2021
JIPMat, Volume 6, pp 155-164; https://doi.org/10.26877/jipmat.v6i2.9307

Abstract:
Tujuan Penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh pemberian kuis pada pembelajaran dengan menggunakan media audio visual terhadap prestasi belajar matematika peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 2 Kramat tahun ajaran 2020/2021. 2) Untuk mendeskripsikan prestasi belajar peserta didik yang diajar dengan pemberian kuis pada pembelajaran dengan menggunakan media audio visual dapat melampaui nilai KKM diatas 60%. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu metode tes prestasi belajar. Analisis data yang digunakan yaitu Uji – t dan uji proporsi satu pihak kanan dengan taraf signifikansi 5%. Hasil dari penelitian ini diperoleh (1) terdapat pengaruh pemberian kuis pada pembelajaran dengan menggunakan media audio visual terhadap prestasi belajar matematika peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 2 Kramat tahun ajaran 2020/2021 dengan thitung = 1,90 > ttabel (5%) = 1,67. (2) Prestasi peserta didik yang diajar dengan pemberian kuis pada pembelajaran dengan menggunakan media audio visual dapat melampaui nilai KKM diatas 60% yaitu 69%.
Dzunur Aeni Hanarafa, Paridjo Paridjo, Rizqi Amaliyakh Sholikhakh
Published: 30 October 2021
JIPMat, Volume 6, pp 194-202; https://doi.org/10.26877/jipmat.v6i2.9374

Abstract:
Tujuan penelitian : (1) mendeskripsikan kemandirian belajarisiswa di kelas X BDP SMK Negeri 1 Dukuhturi, (2) mendeskripsikan kemampuan koneksi matematika siswa di kelas X BDP SMK Negeri 1 Dukuhturi, (3) mendeskripsikan kemampuan koneksi matematika ditinjau dari kemandirian belajaran siswa kelas X BDP SMK Negeri 1 Dukuhturi pada materi matriks. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan pemeriksaan subjektif. Strategi purposive sampling digunakan untuk mengambil subjek penelitian sebanyak 6 siswa, yang terdiri dari 2 subjek dengan kemandirian belajar tinggi, 2 subjek dengan kemandirian belajar sedang dan 2 subjek dengan kemandirian rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan : (1) kemandirian belajar matematika siswa kelas X BDP SMK Negeri 1 Dukuhturi berada pada kategori normal pada klasifikasi sedang dengan jumlah 25 siswa. (2) kemampuan koneksi matematika siswa kelas X BDP SMK Negeri 1 Dukuhturi pada materi matriks berada dalam klasifikasi sedang karena dapat menjawab beberapa pertanyaan dengan memenuhi 3 sampai 4 indikator, (3) kemampuan koneksi dengan kemandirian belajar tinggi dapat memenuhi 4 sampai 6 indikator, kemampuan koneksi matematika dengan kemandirian belajar sedang dapat memenuhi 3 sampai 4 indikator, dan kemampuan koneksi matematika dengan kemandirian rendah memenuhi 1sampai 2 indikator.
Rama Nida Siregar, Sufyani Prabawanto, Abdul Mujib, Ahmad Nizar Rangkuti
Published: 30 October 2021
JIPMat, Volume 6, pp 250-260; https://doi.org/10.26877/jipmat.v6i2.9196

Abstract:
Keluarga memiliki kontribusi terhadap perkembangan calon mahasiswa khususnya saat memilih jurusan di sebuah perguruan tinggi. Memilih jurusan di sebuah peguruan tinggi bagi setiap calon mahasiswa tidak dapat dipisahkan dari dukungan keluarga. Banyak calon mahasiswa di indonesia ketika memilih jurusan masih dipengaruhi dukungan keluarga saat mengambil sebuah keputusan, hal ini tidak terlepas dari peran keluarga khususnya orangtua sebagai pendidik pertama dan utama dalam kehidupan anaknya terutama ketika seorang anak akan memutuskan suatu hal yang berkenaan dengan pendidikan dan karir nya di masa depan. Penelitian ini bertujuan medeskripsikan faktor dukungan keluarga dalam mempengaruhi minat mahasiswa memilih jurusan pendidikan matematika. Penelitian ini dilaksanakan di IAIN Padangsidimpuan dan partisipan penelitian merupakan 43 mahasiswa program studi tadris/pendidikan matematika di IAIN Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan teknik analisis persentase. Hasil analisis faktor dukungan keluarga dibagi menjadi lima kategori dalam mempengaruhi minat mahasiswa memilih jurusan pendidikan matematika yaitu: a) berpengaruh sangat tinggi 5%, b) berpengaruh tinggi 23%, c) berpengaruh sedang 49%, d) berpengaruh rendah 16%, dan e) berpengaruh sangat rendah 7%.
Denna Auliya, Rina Marlina
Published: 30 October 2021
JIPMat, Volume 6, pp 179-193; https://doi.org/10.26877/jipmat.v6i2.9035

Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa ditinjau dari perbedaan jenis kelamin. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto menggunakan metode kuantitatif survei. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Rawamerta dan sampel diambil dari seluruh siswa kelas VIII B sebanyak 37 siswa, dimana terdapat 18 siswa perempuan dan 19 siswa laki-laki. Teknik analisis data dilakukan denggan menggunakan analisis regresi linear sederhana. Sebagai prasyarat analisis dilakukan uji normalitas data dan uji linearitas data. Data ini diolah menggunakan Software SPSS Versi 25 for wimdows. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa perempuan dan juga terdapat pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar maematika siswa laki-laki. Hal ini ditunjukan dari hasil analisis regeresi linear sederhana yang diperoleh, untuk perempuan memperoleh persamaan regresi Y = -23,252 + 0,960 X, dengan Adjusted R Square sebesar 0,594 atau 59,4% dan untuk siswa laki-laki memperoleh persamaan regresi Y = -67,737 + 1,385 X, dengan Adjusted R Square sebesar 0,807 atau 80,7%. Hal ini membuktikan minat belajar baik siswa perempuan ataupun siswa laki-laki memberikan kontribusi yang positif atau dukungan yang baik dalam usaha meningkatkan hasil belajar matematika.
Irwan Ari Afandi, Eleonora Dwi Wahyuningsih, Mohammad Shaefur Rokhman
Published: 30 October 2021
JIPMat, Volume 6, pp 211-216; https://doi.org/10.26877/jipmat.v6i2.9212

Abstract:
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh video animasi pada pembelajaran daring terhadap pemahaman konsep matematis dari peserta didik. Metode dari penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan uji t sebagai uji hipotesis dari penelitian ini dengan sampel kelas VIIA sebaga kelas eksperimen dan kelas VIIC sebagai kelas kontrol. Hasil dari penelitian ini menunjukkan ada pengaruh dari video animasi matematika terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik yang dapat dilihat pada hasil uji t yaitu t hitung lebih besar dari t tabel.
Muhadzib Shifa, Eleonora Dwi Wahyuningsih, Ibnu Sina
Published: 30 October 2021
JIPMat, Volume 6, pp 261-266; https://doi.org/10.26877/jipmat.v6i2.9084

Abstract:
Penelitian ini untuk mendeskripsikan : 1) Prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantuan google classroom mencapai nilai KKM ≥ 70 sebesar 80%, 2) Prestasi belajar matematika yang diajar menggunakan model discovery learning berbantuan google meet lebih baik dari pada menggunakan model pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII semester genap tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah sampel 105 orang, pengambilan sampel menggunakan teknik purposiv random sampling. Model pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji tsatu pihak kanan . penelitian menujukan bahwa : 1) Prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantuan google classroom mencapai nilai KKM ≥ 70 sebesar 80%, 2) Prestasi belajar matematika yang diajar menggunakan model discovery learning berbantuan google meet lebih baik dari pada menggunakan model pembelajaran konvensional.
Rina Dwi Setyawati, Latifatus Saadah, Fx Didik Purwosetyono
Published: 30 October 2021
JIPMat, Volume 6, pp 285-296; https://doi.org/10.26877/jipmat.v6i2.10022

Abstract:
Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis kemampuan koneksi matematis dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari level kognitif siswa. Subjek penelitian dipilih 3 siswa berdasarkan level kognitif siswa tinggi, sedang, dan rendah. Pengumpulan data dilakukan melalui tes koneksi matematis dalam menyelesaikan masalah matematika dan wawancara. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) siswa dengan level kognitif tinggi kecenderungan mampu memenuhi semua indikator koneksi matematis yaitu koneksi antar konsep matematika, koneksi matematis dengan bidang studi lain, dan koneksi matematis dengan kehidupan nyata, 2) siswa dengan level kognitif sedang belum memenuhi semua indikator koneksi matematis kecenderungan hanya dua indikator yang terpenuhi yaitu koneksi dengan bidang studi lain dan koneksi matematis dengan kehidupan nyata, 3) siswa dengan level kognitif rendah belum dapat memenuhi aspek indikator koneksi matematis kecenderungan hanya satu indikator yang terpenuhi yaitu koneksi dengan kehidupan nyata.
Puji Rahayu, Warli Warli, Imas Cintamulya
Published: 30 October 2021
JIPMat, Volume 6, pp 240-249; https://doi.org/10.26877/jipmat.v6i2.9519

Abstract:
Artikel ini mengkaji tentang teori kemampuan membuktikan pernyataan dengan strategi scaffolding berbasis komputer. Kajian yang tertulis dalam artikel mempunyai tujuan untuk memberikan penjelasan bagaimana kemampuan membuktikan pernyataan dengan strategi scaffolding berbasis komputer. Strategi scaffolding dapat membantu mahasiswa dalam memahami bagaimana cara menyelesaikan permasalahan dengan bertahap yang cocok dengan zone of proximal development mahasiswa. Melalui kegiatan komputer mahasiswa bisa memandang konsep-konsep matematika yang abstrak dari sisi kongkrit sehingga bisa meningkatkan nilai tes retensi serta memecahkan sebuah masalah. Dengan memanfaatkan komputer, pembelajaran dapat efektif dan efisien sehingga sangat cocok jika scaffolding yang diberikan dalam pembelajaran mendayagunakan teknologi komputer. Bentuk scaffolding yang diberikan dengan memanfaatkan penggunaan komputer dalam membuktikan sebuah pernyataan bisa berbentuk video, gambar dan animasi. Dengan demikian aktivitas komputer bisa menjadikan matematika jadi lebih bermakna dan meningkatkan motivasi mahasiswa dalam membuktikan pernyataan. Teori yang telah dirangkum oleh penulis dalam artikel ini terdiri dari berbagai sumber dan teori, serta artikel yang telah ditulis penulis sebelumnya yang dapat dijadikan sebagai acuan dalam menguatkan sebuah pendapat.
Mohammad Iqbal, Ponoharjo Ponoharjo, Ahmadi Ahmadi
Published: 30 October 2021
JIPMat, Volume 6, pp 228-239; https://doi.org/10.26877/jipmat.v6i2.9037

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi motivasi belajar matematika siswa di masa pandemi di SD. Subjek pada penelitian ini adalah 29 siswa kelas VB SD Negeri Demangharjo 01 yang berada di Desa Demanghajo, Kecamatan Warureja, Kabupaten Tegal. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan kondisi motivasi belajar matematika siswa di masa pandemi memiliki rata-rata sebesar 68,96% yang termasuk dalam kategori cukup, berdasarkan dari 6 indikator yaitu 1.) 65,52% yang dikategorikan tinggi, 2.) 58,62% yang dikategorikan cukup, 3.) 41,38% yang dikategorikan cukup, 4.) 58,62% yang dikategorikan cukup, 5.) 41,38% yang dikategorikan rendah, 6.) 55,17% yang dikategorikan rendah. Maka dapat disimpukan bahwa motivasi belajar matematika di masa pandemi siswa kelas VB SD Negeri Demangharjo 01 termasuk dalam kategori cukup, walaupun masih diperlukan peningkatan seperti pada cara mengajar yang menarik, kondisi lingkungan yang dimana perhatian dari orang tua perlu diberikan untuk anak agar motivasi belajar mereka di masa pandemi saat ini tetap tinggi.
Ernawati Ernawati, Widya Putri Ramadhani
Published: 30 October 2021
JIPMat, Volume 6, pp 267-276; https://doi.org/10.26877/jipmat.v6i2.9251

Abstract:
Penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif dengan tujuan menganalisis kemampuan komunikasi matematis dalam menyelesaikan soal-soal program linear ditinjau dari tingkat penguasaan matematika. Terdapat 3 subjek penelitian ini yaitu satu siswa penguasaan matematika tinggi (ST), satu siswa penguasaan matematika sedang (SR), dan satu siswa penguasaan matematika rendah (SR). Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah instrumen soal tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan penguasaan matematika tinggi mampu mencermati informasi yang tersedia pada permasalahan dengan baik. Hal ini menunjukkan bahwa siswa mampu mengkomunikasikan hasil pekerjaannya dengan alur yang detail. Sedangkan siswa dengan penguasaan matematika sedang memapu mencermati informasi yang tersedia dalam permasalahan, namun kurang mampu untuk memahami permasalahan tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa siswa masih kurang mampu untuk mengkomunikasikan hasil pekerjaannya secara detail dan siswa dengan penguasaan matematika rendah mampu mengetahui informasi yang terdapat dalam soal, namun kurang mampu memahami soal. Hal ini menunjukkan bahwa siswa belum mampu untuk mengkomunikasikan hasil pekerjaannya.
Back to Top Top